cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2020)" : 12 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ASERA Devitriana Devitriana; La Ndia La Ndia; Fahinu Fahinu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16600

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Asera. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Asera yang terdistribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih dua kelas sebagai sampel, yakni kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan  model pembelajaran SSCS dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran PBL. Desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulsn tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Asera.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP DENGAN BANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KENDARI Awaluddin Awaluddin; Rahmat Rahmat; Muhammad Juliarta Syahbruri
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran daring melalui aplikasi WhatsApp dengan bantuan video dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan melalui Teknik non tes berupa lembar observasi dan teknik non-tes berupa tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran daring di kelas VIII7 SMP Negeri 12 Kendari berkategori baik; (2) Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan setelah diajar melalui aplikasi WhatsApp dengan bantuan video; (3) Melalui pengujian hipotesis disimpulkan bahwa pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp dengan bantuan video efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KENDARI Ikhwatun Muzayarah Ode; Muhammad Sudia; Kodirun Kodirun
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBLterhadap kemampuan pemecahanmasalah matematis siswa kelas VIIISMP Negeri 17Kendari.Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIIISMP Negeri 17Kendari tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 7kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII4 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model PBLdan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model Discovery Learning. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif daninferensial terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil Penelitian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model PBLterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KENDARI Nirda Nirda; Fahinu Fahinu; Utu Rahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16601

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Rancanganpenelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas yang terdiri atas 4 kelas parallel dengan jumlah siswa 139 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling,  kemudian dipilih 2 kelas sebagai sampel secara random.Sampel penelitian ini terdiri dari 64 orang, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen I berjumlah 32 orang dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen II berjumlah 32 orang. Data diperoleh menggunakan lembar observasi dan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen  adalah 71,88 sedangkan pada kelas kontrol adalah 60,69. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5Kendari
STUDI EKSPLORASI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA KELAS VII SMP NEGERI 14 KENDARI Wa Ode Siti Marlina; Jafar Jafar; Muhammad Sudia
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan kecemasan matematika pada kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa yang berasal dari kelas VII yaitu subjek kecemasan matematika normal, kecemasan matematika ringan, kecemasan matematika sedang, dan kecemasan matematika ringan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan berikut: (1) Siswa dengan kecemasan matematika normal dapat melaksanakan prosedur pemecahan masalah matematis dengan sangat baik yang meliputi semua tahapan pemecahan masalah matematis; (2) Siswa dengan kecemasan matematika ringan dapat melalui 2 tahapan pemecahan masalah matematis dengan baik yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaian; (3) Siswa dengan kecemasan matematika sedang dapat melalui 2 tahapan pemecahan masalah matematis dengan cukup baik yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaian; serta (4) Siswa dengan kecemasan matematika berat melaksanakan prosedur pemecahan masalah matematis dengan kurang baik karena tidak dapat melalui semua tahapan pemecahan masalah matematis.
PENGARUH VARIASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KENDARI Hajrah Hajrah; Zamsir Zamsir; Mohammad Salam
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16603

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang terdiri dari 11 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu: (1) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan variasi model pembelajaran  problem based learning dan discovery learning  tergolong sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran  discovery learning  tergolong sangat baik, (3) hasil belajar matematika siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan variasi model pembelajaran problem based learning dan discovery learning memiliki nilai maksimum 90, nilai mean 76.91, (4)  hasil belajar matematika siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning  memiliki nilai mean 74.79, (5) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan variasi model pembelajaran problem based learning dan discovery learning secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning
PENGARUH METODE KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN 2 KONKEP Heriyanti Heriyanti; Arvyaty Arvyaty; Ikman Ikman
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16598

Abstract

Jenis penelitian adalah ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Kumon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Konkep tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel penelitian 21 siswa. Teknik pengumpulan data yakni Observasi dan tes tertulis. Data yang dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang negatif antara Kumon terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi (????) sebesar -0,437, artinya pengaruh metode Kumon terhadap hasil belajar matematika siswa termasuk dalam kategori negatif yang sedang dengan kontribusi metode Kumon dilihat pada koefisien determinasi sebesar 19,1% menyatakan besar pengaruh Kumon terhadap hasil belajar yang dapat dijelaskan selebihnya di luar penelitian. Metode Kumon juga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 130,639 - 0,869 X. Koefisien X -0,420 menyatakan bahwa setiap, setiap kenaikan satu satuan skor metode Kumon maka akan diikuti dengan penurunan kemampuan hasil belajar matematika sebesar -0,869.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI Leni Melani; Hafiludin Samparadja; Hasnawati Hasnawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih dua kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan  kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen 2 model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TPS. Desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning setting kooperatif  tipe TSTS dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK SOAL NON RUTIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOLAWE Jusriawan Jusriawan; Hafiludin Samparadja; Saleh Saleh
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika untuk soal non rutin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Molawe. Penelitian ini berjenis eksperimen semu post-test only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika siswa yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung berkategori baik, (2) hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata 53,33 dan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata 43,91, (3) terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika untuk soal non rutin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Molawe.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT DEVELOPMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KENDARI Rosita Julianti; Fahinu Fahinu; La Misu La Misu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 8, No 3 (2020)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v8i3.16599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran concept development terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 yang tersebar pada 5 kelas yaitu kelas VIII1 sampai VIII5. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Diperoleh kelas VIII1 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran concept development dan kelas VIII2 sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization. Desain penelitian menggunakan the pretest-posttest control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes pemahaman matematis siswa berbentuk soal uraian. Teknik analis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran concept development terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari.

Page 1 of 2 | Total Record : 12