cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 24427063     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 20 Documents clear
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGAJARAN GURU SMP NEGERI 1 SUNGGAL Feronika Rismaida; Akrim Akrim; Faisal Rahman Dongoran
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16765

Abstract

This research is a qualitative research in the form of a case study. This research was conducted at SMP Negeri 1 Sunggal in Deli Serdang Regency. The purpose of this study was to find out how the principal's management improves teacher teaching performance at SMP Negeri 1 Sunggal District. The respondents of this study were school principals, vice principals, teachers and students. Data collection techniques by observation, interviews and documents. The results of this study are that SMP Negeri 1 Sunggal has implemented policies quite well to improve teacher teaching performance and is trying to improve the program so that it can be more easily implemented by teachers and students by involving all school stake holders . The work arrangement for the Principal of Sunggal 1 Public Middle School is carried out by the principal by forming a school management team where the management section will formulate the main tasks and functions of each group in the school organizational structure by dividing tasks according to the existing school organizational structure. Supervision of the principal of SMP Negeri 1 Sunggal is carried out through two stages, namely direct supervision by going directly to the field and indirect supervision by requesting reports from school officials and involving supervision of other parties. Factors supporting the teaching performance of teachers at SMP Negeri 1 Sunggal come from within the school such as infrastructure, teachers and collaboration with all parties, then for supporting factors that come from outside the school, namely collaboration with Higher Education Institutions while inhibiting factors include lack of teacher competence, teaching methods teaching is monotonous, the budget is inadequate, the teacher's ability to use ICT is low plus there is an attitude of resignation due to the age factor to keep up with technology and information developments
Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Regulasi Diri Melalui Layanan Informasi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Sitiung Titik Sugesti; Mori Dianto; Suryadi Suryadi
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16293

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang bolos saat jam pembelajaran, adanya peserta didik yang menyontek saat ulangan harian dan ujian, dan adanya peserta didik yang bermain HP ketika jam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait menempatkan standar dan tujuan. 2.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait instruksi diri. 3.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait aspek self-monitoring. 4). Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait evaluasi diri.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 31 orang peserta didik, sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 31 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus persentase.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait standar dan tujuan berada pada kategori baik. 2.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait instruksi diri berada pada kategori baik. 3.)  Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait self-monitoring berada pada kategori baik. 4.) Upaya guru BK dalam meningkatkan regulasi diri melalui layanan informasi terkait evaluasi diri berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan regulasi diri peserta didik kearah yang lebih positif lagi menjadi sangat baik
Efektivitas Pengembangan Budaya Literasi dan Numerasi (Studi di SD 165727) Kota Tebing Tinggi) Sandi Mardian Damanik; Elfrianto Elfrianto; Amini Amini
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16860

Abstract

Efektivitas Pengembangan Budaya literasi dan Numerasi (Studi di SD 165727) Tebing Tinggi. Tujuan penelitian ini: 1) Bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pengembangan budaya literasi numerasi, 2) Bertujuan untuk mengetahui efektivitas literasi numerasi di SD 165727. Efektivitas mengembangkan budaya literasi numerasi di sekolah SD 165727 dilakukan dengan cara: (1) membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang atau program tahunan. (2) membuat rencana operasional sebagai tindak lanjut dari tahap pertama. Hasil penelitian ini menunjukkan: Gambaran efektivitas pengembangan budaya literasi dan Numerasi ditandai dengan adanya pembiasaan kegiatan membaca dan berhitung yang kegiatannya dilakukan di perpustakaan, pojok baca, taman, dan pohon baca baik pada jam istrahat maupun pada jam pembelajaran. (3) Pengembangan Budaya literasi dan Numerasi SD 165727 dengan membaca dan berhitung 15 menit sebelum memulai pelajaran dimulai di SDN 165721 dengan tujuan menjadikan siswa gemar membaca dan berhitung merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai nilai Literasi dan Numerasi dalam diri siswa. Efektivitas literasi numerasi SD 165727 bahwa pelaksanaan literasi dan numerasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan berhitung. Selain itu dengan program budaya literasi dan numerasi juga dapat menekan angka kenakalan pada siswa, serta mampu meningkatkan jiwa semangat belajar, menambah kemampuan membaca dan berhitung siswa, dan membentuk karakter siswa.
Automaed Short Esai Scoring (ASES): Sebuah Solusi Potensial Untuk Model Penilaian Kurikulum Kebencanaan dalam Sistem Pembelajaran Online Evi Susilawati; Imamul Khaira; Hidayat Hidayat; Nurul Aini; Ali Ali; Zuraidahadlina Zuraidahadlina
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16419

Abstract

The geographical condition of Medan City which is prone to flooding requires the readiness of various parties to overcome it. One way to anticipate that the community is always prepared for disasters is to develop a disaster curriculum. Based on these conditions, this research is motivated by the importance of the Automated Short Essay Scoring (ASES) assessment model as a model for assessing the Disaster Curriculum. The purpose of this research is to develop an ASES assessment model as an assessment model in the disaster curriculum in online learning. The analytical method in this study is Research and Development (RD) which uses a mixed approach. This research develops software with stages: (1) needs analysis and (2) assessment model design, (3) expert validation, (4) product revision, and (5) implementation. The results of the research can be stated as follows: (1) the development of the ASES assessment model as an assessment model in the disaster curriculum in the online learning system has provided solutions in online learning activities. This research activity begins with a preliminary study in the form of needs analysis; (2) At the design stage of writing a program to produce an initial prototype product, (3) at the expert validation stage; and (4) results of the validation of the ASES assessment model on the content aspect of the instrument obtaining a score of 4.69 (very good category), the virtual aspect obtaining a score of 4.29 (good category), and the programming aspect obtaining a score of 4.63 (very good category)
IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK NEGERI 1 PANCURBATU DELI SERDANG DOROSLYN MAYJONES SIMAMORA; Indra Prasetia; Muhammad Isman
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16772

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1)  Mengetahui Implementasi kurikulum berbasis industri dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancur batu, (2) Mengetahui implementasi kurikulum berbasis industri di SMK Negeri 1 Pancur Batu, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum berbasis industri untuk meningkat mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancur Batu. Pendekatan penelitian yang  digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek kesiswaan dan Guru yang mengajar di SMK Negeri 1 Pancur Batu.Sedangkan Teknik Pengumpulan datanya diperoleh menggunakan Teknik Observasi,Teknik Wawancara dan Teknik Dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh peneliti dimana data mentah  diubah menjadi kumpulan informasi yang bisa digunakan dalam pengembangan penelitian ini, melalui data yang dihimpun kemudian disederhanakan sehingga data tersusun dengan rapi dan sistematis sehingga lebih mudah menarik kesimpulan penelitian ini  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum Industri dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancurbatu SMK Negeri 1 Pancurbatu adalah kurikulum yang mengadopsi atau pencampuaran antara kedua kurikulum yaitu kurikulum 2013 dengan kurikulum industri. (2) Pengimplementasian kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Pancurbatu adalah melakukan pembinaan, pelatihan keterampilan guru melalui kegiatan workshop dan kegiatan magang bagi guru produktif.serta melakukan workshop Inhouse Training  bagi guru adaktif dan Normatif, Kegiatan worskhop memberikan pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan proses belajar mengajar. (3) Faktor pendukung seperti ruang belajar,Workshop, dan laboratorium untuk praktikum siswa, serta sumber daya perofesionalisme guru dalam melaksanakan tugas khususnya. Faktor penghambat adalah masih terbatasnya sarana dan prasarana seperti beberapa alat praktek belum memenuhi kebutuhan seperti di industri.
Rancangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Bidang Pengembangan Belajar Berbasis Perilaku Belajar (Studi pada Peserta Didik di Kelas XI SMAN 6 Bungo Kabupaten Bungo) Rosalinda Rosalinda; Rahma Wira Nita; Suryadi Suryadi
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16379

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang masih memiliki perilaku belajar bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Mendeskripsikan profil perilaku belajar peserta didik. 2) Merancang program bimbingan dan konseling.  Jenis penelitian ini adalah RD (Pengembangan). Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI dengan jumlah 80 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik dikelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket di analisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian terungkap bahwa bahwa: 1) Profil perilaku belajar peserta didik berdasarkan pada kriteria kurang tepat seperti dalam berpikir rasional dan kritis, kebiasaan, keterampilan, dan sikap. 2) Adapun rancangan program yang dibuat berdasarkan profil perilaku belajr dimana peneliti merancang program layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan kolaborasi, layanan biblioterapy disajikan dalam bentuk program yang telah divalidasi oleh para ahli Bimbingan dan Konseling yang telah melalui uji validitas dengan kriteria “sangat diterima”. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK di SMAN 6 Bungo menggunakan program tersebut.
Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi, Dan Iklim Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Dosen di STIE Bina Karya Tebing Tinggi Ernita Sibuea; Elfrianto Elfrianto; Emilda Sulasmi; Parulian Sibuea
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16985

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of professional competence, motivation, and work climate on the work effectiveness of lecturers at STIE Bina Karya Tebing Tinggi. This research was conducted at STIE Bina Karya Tebing Tinggi with a total sample of 58 people. Data collection techniques using questionnaires and data analysis techniques, namely validity, reliability, t-tests, and F-tests, The results showed that there was an influence of professional competence on the effectiveness of lecturers' work, where a t-count value of 4.483 was obtained with a Sig value of 0.006 0.05, and the results of simple regression analysis show the regression equation  = 27.096 +.709X1, which means that every increase of one professional competency value will be followed by an increase in the value of the lecturer's work effectiveness of 0.709. There is an influence of work motivation on the effectiveness of lecturer work, where the t value obtained is 36.066 with a Sig value of 0.000 0.05, and the results of simple regression analysis show the regression equation  = 27,096 + 1,151 X2, which means that every increase of one value of motivation will be followed by an increase in lecturer work effectiveness of 1.151. There is an influence of the work climate on the effectiveness of the lecturer's work, where the t value obtained is 31.897 with the acquisition of a Sig value of 0.000 0.05, and the results of the simple regression analysis show the regression equation  = 27,096 + 1,025 X3, which means that every increase of one work climate value will be followed by an increase in the effectiveness of the lecturer's work of 1,025. There is an influence of professional competence (X1), motivation (X2), and work climate (X3) together on the effectiveness of lecturer work, where the calculated F value is 42.581 and the significance (Sig.) is 0.000. The magnitude of the influence is shown by the coefficient of determination R2 (R square) = 0.959, which means that professional competence (X1), motivation (X2), and work climate (X3) together have an influence on lecturer work effectiveness by 95.9%, and the remaining 4.1% is determined by other factors. The results of simple regression analysis show the equation  = 27.096 +.0.709 X1 + 1.151 X2 + 1.025 X3 + e.
Peningkatan Komunikasi Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Diskusi Di MAN 3 Padang (Studi Eksperimen di Kelas XI Pendidikan Keberagaman) Annisa Aisyah; Rici Kardo; Suryadi Suryadi
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16128

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya penurunan komunikasi terhadap peserta didik di kelas XI Pendidikan Keagamaan MAN 3 Padang. Tujuan dari penelitian adalah untuk Mendeskripsikan; 1) Gambaran keberhasilan komunikasi peserta didik sebelum dilakukan bimbingan kelompok, 2) Gambaran keberhasilan komunikasi peserta didik setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi, 3) Mengetahui peningkatan komunikasi peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif one group pretest dan postest design. Populasi penelitian ini adalah 12 orang peserta didik kelas XI Pendidikan Keagamaan MAN 3 Padang, 7 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 8 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa:  1) Gambaran komunikasi peserta didik sebelum (pretest) dilakukan bimbingan kelompok di Kelas XI Pendidikan Keagamaan MAN 3 Padang,  2) Gambaran komunikasi peserta didik setelah (postest) dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi di Kelas XI Pendidikan Keagamaan MAN 3 Padang,  3) Peningkatan komunikasi peserta didik sebelum dan setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi di Kelas XI Pendidikan Keagamaan MAN 3 Padang
ANALISIS KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 028226 BINJAI Erliyati Lubis; Sri Nurabdian Pratiwi; Emilda Sulasmi
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16773

Abstract

Pada penelitian ini, bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai memberikan pertimbangan dalam meningkatkan mutu sekolah, (2) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai memberikan dukungan dalam meningkatkan mutu Pendidikan, (3) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai melakukan pengontrolan dalam meningkatkan mutu Pendidikan, dan (4) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai melakukan mediator dalam meningkatkan mutu pendidikan keterlibatan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 028226 Binjai dibatasi pada peran komite sekolah dalam menjalankan fungsinya sebagai pemberi pertimbangan, sebagai pendukung, sebagai pengontrol, dan sebagai mediator bagi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berupaya untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek yang diamati. Subjek dalam penelitian adalah tenaga pendidik di SD Negeri 028226 Binjai yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite, dan guru, sedangkan objek penelitian Komite Sekolah dibagi tiga, yaitu: sebagai badan pendukung, badan pertimbangan, badan pengontrol dan badan penghubungKomite sekolah SDN 028226 binjai telah melaksanakan perannya untuk meningkatkan mutu pendidikan seperti: (1) Memberikan pertimbangan dalam pendataan kondisi ekonomi siswa, (2) Memberikan dukungan kepada sekolah untuk memberantas penyebarluasan hal-hal negatif disekolah, (3) Melakukan pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program sekolah tentang hasil belajar siswa, (4) Membantu sekolah dalam menciptakan hubungan dan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat.Keterlibatan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 028226 binjai sangat penting oleh karena itu keterlibatan komite sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengawas dan badan penghubung harus dioptimalkan. Pengoptimalan keterlibatan komite sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan pemilihan pengurus komite sekolah dengan mengutamakan personil-personil yang memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi di bidang pendidikan
Rancangan Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling Bidang Pengembangan Pribadi Berbasis Self Esteem Pada Peserta Didik Broken Home Studi Di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Bastari Dara Mega; Rahma Wira Nita; Suryadi Suryadi
EDUTECH Vol 9, No 2 (2023): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v9i2.16381

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan self esteem yang ada pada peserta didik broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self esteem  rendah pada peserta didik yang memiliki keluarga broken home. Setelah itu, dilakukan perancangan program layanan dasar bimbingan dan konseling bidang pengembangan pribadi berdasarkan analisis data hasil penelitian yang berbasis self esteem pada peserta didik broken home. Jenis penelitian ini adalah RD (Reserch and development) populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berlatar belakang broken home dengan jumlah 30 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang mana sampel diambil sama dengan populasi.  Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan diungkapkan bahwa self esteem yang dimiliki peserta didik yang memiliki keluarga broken home di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 67%. Namun, terdapat tiga indikator dalam kategori rendah dan sangat rendah, yaitu indikator hidup secara sadar sesuai suara hati, belajar dari kesalahan dan spiritual

Page 1 of 2 | Total Record : 20