cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
ISSN : 23032677     EISSN : 25409239     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016)" : 24 Documents clear
KREDIBILITAS TENAGA PERPUSTAKAAN SMAN 1 SINDANG KAB. INDRAMAYU Prijana, Prijana; Rohman, Asep Saeful; Tursi, Tursi
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.362 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11078

Abstract

This research discussed about the credibility of Library staff at SMAN 1 Sindang, Indramayu. This research used Credibility Theory from Hovland, Janis, and Kelley (1953). The purpose of this research is to know the credibility of library staff trough three components:attractiveness, skill and trust. The method used in this research is qualitative method with case study. Data were obtained from observations, interviews, and literature searches. The informant are eight people include the head of library, two library staffs, and five students. The result of this research shows the library staffs at SMAN 1 Sindang have good enough credibility. The library staff attraction consist of two factors; 1) Internal factor that is application of instructional technique and human realtions in communicating with students that produce a good interpersonal communication, 2) External factor is promotion that library staffs did such as rewarding and library socialization. Library staffs skill at SMAN 1 Sindang include management, service, developing of library staff sistem based on management competence, information management competence, education competence, personality competence, social competence, and profession development competence. It can be concluded the attractiveness and skill is to be related each other to build trust that continuously produce library staffs credibility at SMAN 1 Sindang. Library staff credibility in SMAN 1 Sindang was influenced too by educational factor, experience, and communication style. Hopefully, this research can be reference for the government to keep upgrading the human resources at school library especially SMAN 1 Sindang.Penelitian ini menggambarkan kredibilitas tenaga perpustakaan SMA 1 Sindang, Indramayu. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas dari Hovland, Janis dan Kelley (1953). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kredibilitas tenaga perpustakaan melalui tiga komponen: daya tarik, keahlian dan kepercayaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif melalui studi kasus. Data penelitian dihasilkan dari observasi, wawancara, dan studi literatur. Informan adalah 8 orang termasuk kepala perpustakaan, 2 tenaga perpustakaan dan 5 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tenaga perpustakaan SMA 1 Sindang memiliki kredibilitas yang cukup bagus. Daya tenaga perpustakaan terdiri dari 2 faktor; 1) faktor internal yang diaplikasikan dari teknik instruksional dan hubungan manusia dalam komunikasi diantara siswa yang diproduksi melalui komunikasi interpersonal, 2) faktor eksternal ialah promosi yang dilakukan tenaga perpustakaan melalui penghargaan dan sosialisasi perpustakaan. Keahlian tenaga perpustakaan SMA 1 Sindang termasuk manajemen, pelayanan, pengembangan sistem tenaga perpustakaan berdasarkan manajemen kompetensi, manajemen kompetensi informasi, kompetensi pendidikan, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan pengembangan kompetensi profesi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa daya tarik dan keahlian menjadi saling terhubung satu sama lain untuk membangun kepercayaan yang diproduksi terus menerus oleh kredibilitas tenaga perpustakaan SMA 1 Sindang. Kredibilitas tenaga perpustakaan di SMA 1 Sindang dipengaruhi juga melalui faktor pendidikan, pengalaman, dan gaya komunikasi. Harapannya, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia di Perpustakaan Sekolah khususnya SMA 1 Sindang. 
MANAJEMEN DOKUMEN PRODUK BIRO HUKUM DAN HAM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA BARAT Kurnia, Yani; Sukaesih, Sukaesih; Saepudin, Encang
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.921 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11622

Abstract

The purpose of this research is to understand the activities of the document management of legal products in legal counseling activities at Legal Bureau and Human Rights of Regional Secretariat in West Java Province. The method in this research used qualitative study. Technical data collection conducted through by observation, interviews and literature study. Data analysis technique done with triangulation and based to Miles and Huberman namely data reduction, data display, and conclusion drawing. The result of research showed that the document management of legal products in Legal Bureau and Human Rights following based of documentation from Landau that which recording includes legislation program activities, organization includes processing and storage, and dissemination includes counseling and information disseminated. Based on research results it can be concluded that the document management of legal products in Legal Counseling activities at Legal Bureau and Human Rights Regional Secretariat of West Java Province has been done based to the documentation from Landau.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan manajemen dokumen produk hukum dalam kegiatan penyuluhan hukum di Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi dan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan manajemen dokumen produk hukum di Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat mengikuti kaidah dokumentasi menurut Landau yang mencakup recording yang meliputi kegiatan perumusan, organization yang meliputi kegiatan penyusunan dan penyimpanan serta dissemination yang meliputi kegiatan penyuluhan dan penyebarluasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen dokumen produk hukum di Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat telah dilakukan sesuai dengan kaidah dokumentasi menurut Landau.
PENCIPTAAN PENGETAHUAN TENTANG TANAMAN OBAT HERBAL DAN TANAMAN OBAT KELUARGA Saepudin, Encang; Rusmana, Agus; Budiono, Agung
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.508 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11633

Abstract

This study aims to determine the process of knowledge creation process which starts from expanding process of knowledge knowledge, sharing, and conceptualization of knowledge about medicinal plants conducted by a team of PKK initiators at Cisondari Village Pasir jambu District of Bandung Regency. By using qualitative methods and case study approaches and techniques of data collection through observation, interviews, and literature study,the research results indicate that the process of creation of knowledge about medicinal plants conducted by the team of PKK initiators at Cisondari Village Pasirjambu District of Bandung Regency have been done well. One thing that is still lacking is that knowledge documentation process has not been carried out. This has not been done because the oral culture among the people is stronger than the culture of writing, so the innovations that have been created only stored as tacit in the mind of every person. Principally, the main goal of knowledge management is to encourage sustainability of knowledge within an organization or certain social group so that this knowledge can be used to encourage replication in the body of the organization, creates innovation, and gave birth to a new generation .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penciptaan pengetahuan mulai dari proses memperluas pengetahuan, berbagi pengetahuan, dan konseptualisasi pengetahuan tentang tanaman obat keluarga yang dilakukan oleh tim penggerak PKK Desa Cisondari Kabupaten Bandung. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka hasil kajian menunjukkan bahwa proses penciptaan pengetahuan tentang tanaman obat keluarga yang dilakukan oleh tim penggerak PKK Desa Cisondari Kabupaten Bandung sudah dilakukan dengan baik. Satu hal yang masih kurang yakni proses pendokumentasian pengetahuan belum dilakukan dengan baik. Proses itu tidak dilakukan karena dikalangan masyarakat budaya lisan lebih kuat bila dibandingkan dengan budaya tulis sehingga beberapa hasil inovasi yang telah tercipta hanya tersipan secara tacit didalam pemikiran setiap orang. Pada prinsipnya, tujuan utama pengelolaan pengetahuan yaitu mendorong keberlanjutan pengetahuan di dalam suatu organisasi atau kelompok sosial tetentu sehingga pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk mendorong terjadinya replikasi di dalam tubuh organisasi, menciptakan inovasi, dan melahirkan generasi baru. 
PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA KARYA CETAK DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH (KAPD) Nurfatah, Ahmad; Khadijah, Ute Lies; Rosfiantika, Evi
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.431 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11050

Abstract

This  study  aims  to  determine  the processing operations of library materials in the Regional Office of Archives and Library (KAPD) Bogor in detail, which is based on four main points, namely inventory, classification, cataloging, and shelving.   This   research   was   conducted from   February   until   April   2015.   The method used is qualitative method with descriptive case study approach to give a deep  and  detailed  overview. The techniques of data collection used are observation, interviews, library and documents research. The results of the survey shows that the inventory is mplemented under the written policy according to the Law of library including assigning and recording the identification numbers, stamping the identity of a library on the book, etc. The books come from APBD, BAPUSIPDA, and PERPUSNAS. The classification mostly done manually by using the DDC book, while the process of entry is done by using the SLIMs program. The making of card catalog has been discontinued since 2010 and OPAC is currently used in exchange. The shelving is conducted based on classification number, notation number,  and the code number. The public books are adjusted by the classification numbers and the reference books are adjusted by the code number. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pengolahan bahan pustaka karya cetak di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KAPD) Kota Bogor, didasarkan pada 4 poin, inventarisasi, klasifikasi, cataloging dan shelving. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari hingga April 2015. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif melalui deskriptif, pendekatan studi kasusu untuk memberikan pendalaman dan rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi literatur dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan perundang-undangan tertulis termasuk menugaskan dan merekam nomor dan pelabelan identitas buku perpustakaan. Buku-buku tersebut berasal dari APBD, BAPUSIPDA, dan PERPUSNAS. Klasifikasi sebagian besar digunakan secara manual melalui buku DDC, lalu menggunakan program SLIM setelah kegiatan entri selesai. Pembuatan kartu katalog telah dihentikan sejak 2010 dan saat ini menggunakan OPAC dalam pertukaran rak yang dilakukan berdasarkan nomor klasifikasi, jumlah notasi dan nomor kode. Buku-buku umum disesuaikan dengan nomor klasifikasi dan buku referensi disesuaikan dengan jumlah kode. 
PROSES PENDALAMAN INFORMASI BERBASIS INFORMASI AWAL LINE@ BEM FIKOM UNPAD (Studi Fenomenologi Proses Pendalaman Informasi Akademik dan Non Akademik Berbasis Informasi Awal LINE@ BEM Fikom Unpad Oleh Mahasiswa Fikom Unpad) Permana, Ashri Nooraida; Yusup, Pawit M.; Kurniasih, Nuning
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.364 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11627

Abstract

The purpose of this study is to disscussed about how students in Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (FIKOM UNPAD) doing the process of deepening on information in academic and non academic fields based on the first information source, which is LINE@ BEM Fikom Unpad. This research used a qualitative method with phenomenological tradition. The data accumulation was done by in-depth interview, observation, and by literature study. The informants are nine students from various departments in FIKOM UNPAD, who have been accessing LINE@ BEM Fikom Unpad for obtained infor information. The results of this study indicate that all informants doing deepening on the information that received from LINE@ BEM Fikom Unpad to various sources of information, whether it is using technology based communication and information media or discussion with their colleagues.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (FIKOM UNPAD) dalam melakukan proses pendalaman terhadap informasi yang telah mereka peroleh dari sumber informasi awal, yaitu LINE@ BEM Fikom Unpad. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tradisi fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan merupakan sembilan orang mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Fikom Unpad, yang aktif dalam mengakses LINE@ BEM Fikom Unpad untuk mendapatkan informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua informan melakukan pendalaman atas informasi yang mereka peroleh dari LINE@ BEM Fikom Unpad kepada berbagai sumber informasi lainnya, baik itu dengan menggunakan media berbasis teknologi komunikasi dan informasi maupun dengan melakukan forum diskusi bersama rekan sejawat dikampusnya.
PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DI KALANGAN PARA PENGRAJIN GOLOK (Studi Kasus Perilaku Pencarian Informasi Para Pengrajin Golok di Kampung Galonggong Tasikmalaya) Anwar, Rully Khairul; Gumilar, Rizky Agung; Winoto, Yunus
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.845 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11623

Abstract

The purpose of this study is to disscussed about how the information behavior of the machetes craftsmen in the village Galonggong Tasikmalaya to search information to meet the needs of the information. The research methodology used in this study is a qualitative method with case study approach. The data collection was done by in-depth interviews, observation, and literature. The informant are four craftsmen who life and work in kampong Galonggong Tasikmalaya, selected through a purposive sampling of which is taking a data source with a certain considerations. The data collection was done by in-depth interviews, observation, and literature. The informant are four craftsmen who life and work in kampong Galongong Tasikmalaya. consideration this particular is a craftsman who has more than 10 years, and has been active in the search for information using many sources, both by using media-based communications and information technology as well as using conventional media such as books or small notes or also conduct discussion with colleagues to meet their information needs. The result showed that all the informants go through several stages of information search, there are five major stages that artisans do, namely the prefix stage, the stage of selection of topics, focusing the selection stage, the information gathering stage and the last stage is the presentation of information.Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang bagaimana perilaku para pengrajin golok di kampung Galonggong Tasikmalaya dalam melakukan pencarian informasi untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan merupakan 4 orang pengrajin yang berada dikampung Galonggong Tasikmalaya, yang dipilih melalui cara purposive sampling yaitu pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu ini adalah pengrajin yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, serta aktif dalam mencari informasi menggunakan berbagai sumber baik itu dengan menggunakan media berbasis teknologi komunikasi dan informasi maupun menggunakan media konvensional seperti buku atau catatan kecil atau juga melakukan forum diskusi bersama rekan seprofesi untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua informan menempuh beberapa tahapan pencarian informasi, ada 5 tahapan besar yang pengrajin lakukan, yakni tahap awalan, tahap pemilihan topik, tahap pemilihan fokus, tahap pengumpulan informasi dan yang terakhir tahap penyajian informasi.
POLA LITERASI VISUAL INFOGRAFER DALAM PEMBUATAN INFORMASI GRAFIS (INFOGRAFIS) Miftah, Muthiah Nurul; Rizal, Edwin; Anwar, Rully Khairul
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.013 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11635

Abstract

The purpose of this study is to find out visual literacy pattern of infographic designers in order to create infographics in House of Infographics (HOI). The scope of this study is the ability of infographic designers in interpreting the visual object and creating infographics. This study is using qualitative case study method. Observation, interview and literature study, with the purposive sampling technique are chosen as the method of data collection. The informants of the research was the designer of infographics in House of Infographics (HOI). The results of the study showed that visual literacy patterns formed in interpreting visual objects in HOI, by reading and understanding the basic concepts of design. In creating infographics,infographic designer has workflows, which are brainstorming activities, information and data collection, content determination, narrative preparation, information visualization design, and infographics publication.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola literasi visual infografer dalam pembuatan informasi grafis di House of Infographics (HOI). Ruang lingkup penelitian ini ialah kemampuan desainer infografer dalam menafsirkan objek visual dan menciptakan infografis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi pustaka, dengan teknik purposive sampling dipilih sebagai metode pengumpulan data. Informan penelitian adalah perancang infografis di House of Infografis (HOI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola literasi visual yang terbentuk dalam menafsirkan objek visual di HOI melalui membaca dan memahami konsep dasar desain. Dalam menciptakan infografis, desainer infographic memiliki alur kerja, yang brainstorming kegiatan, informasi dan pengumpulan data, penentuan konten, persiapan narasi, desain informasi visualisasi, dan publikasi infografis. 
PENGELOLAAN INFORMASI SEBAGAI UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT Lestari, Syahnaz Yuliana; Komariah, Neneng; Rizal, Edwin
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.398 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.8499

Abstract

The purpose of the research is to find out the information management at Garut Department of   Communication   and   Informaticts   as   an effort to fulfill the information needs of Garut citizens. Garut Department of Communication and   Informaticts   is   a   facility   in   managing and   providing   the government   information, region    development,    and    social    needs    in Garut regency. Qualitative is used as a method in this research as observation, interview, and literary study were the techniques for collecting the  data.  The  main  focus  on  this  research  is the transformation process which starts from data collecting, data processing, information analysis, and information dissemination and information presentation to data documentation/ data recording which describe information management conduction at Garut Department of  Communication and  Informaticts. From the research, it was discovered that data collecting process was conducted by three steps; data collecting  planning,  data  searching  from  the field directly, and indirect data search. The data processing was conducted by sortation, editing, validating, and processing using computer. Information analysis  was  conducted  based  on checking and reviewing rationally towards the information  contents.  The  result  which  was ready presented and disseminated well directly or indirectly. The data documentation/ data recording process were conducted by manually and electronically. The conclusion of this research is that the information management at Garut  Department of Communication a Informaticts has been conducted appropriately and it is resulting advantageous information for all citizens of Garut regency. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi management di Garut Departemen Komunikasi dan Informaticts sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi dari warga Garut. Garut Departemen Komunikasi dan Informaticts adalah fasilitas dalam mengelola dan menyediakan informasi pemerintah, pembangunan daerah, dan kebutuhan sosial di Kabupaten Garut. Kualitatif dan digunakan sebagai metode dalam penelitian ini sebagai pengamatan, wawancara, dan studi sastra adalah teknik-teknik untuk mengumpulkan data. Fokus utama pada penelitian ini adalah proses transformasi yang mulai dari pengumpulan data, data processing, analisis informasi, dan penyebaran informasi dan presentasi informasi ke dokumentasi data/ rekaman data yang menerangkan komplek penghantaran manajemen informasi di Garut Departemen Komunikasi dan Informaticts. Dari research, ditemukan bahwa proses pengumpulan data dilaksanakan oleh tiga langkah; perencanaan pengumpulan data, data mencari dari lapangan secara langsung, dan pencarian data tidak langsung. Pemrosesan data yang dilakukan oleh sortation, mengedit, memvalidasi, dan memproses menggunakan komputer. Analisis informasi ini dilaksanakan berdasarkan memeriksa dan meninjau rasional terhadap isi informasi. Hasil yang telah siap mempresentasikan dan disebarluaskan dengan baik secara langsung maupun tidak langsung. Dokumentasi data/ rekaman data dilaksanakan secara manual dengan proses dan secara elektronik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen informasi di Garut Departemen Komunikasi sebuah Informaticts telah dilakukan dengan benar dan ia merupakan hasillevel informasi bermanfaat untuk semua warga negara dari Kabupaten Garut.
KEGIATAN SANGGAR SASTRA RUMAH PUISI TAUFIQ ISMAIL DALAM MENDUKUNG PERILAKU MENULIS Fatma, Riska; Damayani, Ninis Agustini; Rusmana, Agus
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.179 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11630

Abstract

This research purpose is to explain “Sanggar Sastra” activities at Rumah Puisi Taufiq Ismail in order to support behavior of writing literature among students, especially in Padang Panjang and Bukittinggi, West Sumatera. The method used is survey. Respondents in this research are twenty five senior high school students in Padang Panjang whom participate to “Sanggar Sastra” for a month. This research shows that an internal factor such as; members’ interest and external factors; sanggar sastra’s teachers contributed to support behavior of writing literature among students. While the external factor such as the facilitation of “sanggar sastra” not directly give an contributed to support behavior of writing literature among students.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas “Sanggar Sastra” di Rumah Puisi Taufiq Ismail dalam mendukung perilaku menulis di kalangan pelajar, Padang panjang dan Bukittinggi, Sumatera Barat. Metode yang digunakan ialah survey. Responden dalam penelitian ini ialah 25 Sekolah Menangah Atas (SMA) di Padang Panjang yang berpartisipasi di “Sanggar Sastra” setiap bulannya. Penelitian ini menunjukkan bahawa faktor internal diantaranya; ketertarikan angora dan faktor eksternal; pengajar Sanggar Sastra yang berkontribusi mendukung prilaku menulis diantara pelajar. Sedangkan faktor eksternal yakni fasilitas Sanggar Sastra tidak berkontribusi dalam memberikan dukungan prilaku menulis diantara pelajar.
PEMANFAATAN “TWITTER TMCPOLDAMETRO” DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PARA PENGGUNA JALAN RAYA Puspitadewi, Isni; Erwina, Wina; Kurniasih, Nuning
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.706 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11625

Abstract

This research is about how the utilization of “twitter TMCPoldaMetro” in satisfy information need of the users of the higway.The purpose of this research is to know the extent of utilization of “twitter TMC Polda Metro” in meet information need of the new approach, the approach needs regular information, in-depth information needs approach, and the approach to information needs at a glance the user of the highway. This reaserach method used is descriptive method intended to describe or expose variables that become the object of his research. Technic to collect data done with question form, interviews, and study literature. Population in this research are the follower “twitter TMCPoldaMetro” and technic to take sampel used accidental sampling to anyone around Polda Metro. Based on the reaserach results that using “twitter TMCPoldaMetro” enough to satisfy new information needs, daily information needs approach, to deep information needs approach, and information needs approach of the users of the higway approach.Penelitian ini adalah mengenai bagaimana pemanfaatan “twitter TMCPolda Metro” dalam memenuhi kebutuhan informasi para pengguna jalan raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan “twitter TMCPoldaMetro” dalam memenuhi pendekatan kebutuhan informasi mutkahir, pendekatan kebutuhan informasi rutin, pendekatan kebutuhan informasi mendalam, dan pendekatan kebutuhan informasi sekilas para pengguna jalan raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan atau memaparkan variabel–variabel yang menjadi objek penelitiannya. Teknik pengambilan datanya dilakukan melalui angket, wawancara, dan studi pustaka. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah follower “twitter TMCPoldaMetro” dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling yaitu mengambil sampel siapa saja yang ada atau yang kebetulan ditemui. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan memanfaatkan “twitter TMCPoldaMetro” cukup memenuhi pendekatan kebutuhan informasi mutakhir, pendekatan kebutuhan informasi rutin, pendekatan kebutuhan informasi mendalam, dan pendekatan kebutuhan informasi sekilas para pengguna jalan raya. 

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 11, No 1 (2023): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 10, No 2 (2022): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 10, No 1 (2022): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 9, No 2 (2021): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 9, No 1 (2021): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 8, No 2 (2020): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 8, No 1 (2020): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 7, No 2 (2019): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 7, No 1 (2019): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 6, No 2 (2018): 2018 Vol 6, No 1 (2018): 2018 Vol 6, No 1 (2018): 2018 Vol 5, No 2 (2017): 2017 Vol 5, No 2 (2017): 2017 Vol 5, No 1 (2017): 2017 Vol 5, No 1 (2017): 2017 Vol 4, No 2 (2016) Vol 4, No 2 (2016) Vol 4, No 1 (2016) Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 1 (2013) Vol 1, No 1 (2013) More Issue