cover
Contact Name
galuh
Contact Email
jurnalbastra@uho.ac.id
Phone
+6285241410992
Journal Mail Official
jurnalbastra@uho.ac.id
Editorial Address
KAMPUS BUMI TRIDHARMA ANDONOHU, KENDARI SULAWESI TENGGARA
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25033875     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jb
JURNAL BASTRA (Bahasa dan Sastra) adalah jurnal yang dapat diakses publik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Universitas Halu Oleo. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, setiap bulan Januari, April, Juli dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka), kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut: Pendidikan bahasa Indonesia, mencakup kajian mengenai pembelajaran linguistik, pembelajaran fonologi, pembelajaran morfologi, pembelajaran sintaksis, pembelajaran semantik, pembelajaran pragmatik, pembelajaran wacana, pembelajaran sosiolinguistik, dan pembelajaran psikolinguistik. Pendidikan sastra Indonesia, mencakup kajian mengenai pembelajaran puisi, pembelajaran prosa fiksi, serta pembelajaran drama dan film. Bahasa Indonesia, mencakup kajian mengenai linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, wacana, sosiolinguistik, dan psikolinguistik. Sastra Indonesia, mencakup kajian mengenai puisi, prosa fiksi, drama, dan film dengan pendekatan struktural, stilistika, semiotika, sosiologi sastra, psikologi sastra, psikoanalis, ekologi sastra, dekonstruksi, filologi, fenomenologi, feminisme, resepsi sastra, dan antropologi sastra.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021" : 12 Documents clear
KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY Laisama, Dandi; Sulfiah, Sulfiah
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.19830

Abstract

Tujuan - Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tokoh dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran bagi pembaca dalam menganalisis karakter tokoh dalam novel.Desain / metodologi / pendekatan - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian perpustakaan. Data penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan Republika Penerbit Jakarta 2017. Data analisis berdasarkan pendekatan struktural.Temuan/ Hasil -  Hasil penelitian yang diperoleh adalah masing-masing tokoh memiliki karakter berbeda-beda. Ketujuh tokoh yang dianalisis semuanya memiliki nama diri serta pembawaan sifat yang berbeda-beda. Tokoh Ayna yang merupakan tokoh utama memiliki paras yang cantik dan mempunyai sifat yang baik. Gus Afif adalah lelaki yang disukai Ayna yang mempunyai sifat yang baik dan religius. Kyai Sobron merupakan ayah dari Gus Afif yang dari awal kemunculannya sangat kagum terhadap Ayna atas semua ketulusan serta kesabaran Ayna dalam menjalani hidup dan ia adalah ayah yang sangat pengertian. Bu Nyai Nur Fauziah merupakan ibu dari Gus Afif, ia sangat baik dan pembawaannya yang sangat tegas namun penyayang. Neneng merupakan teman satu pesantren dengan Ayna ia adalah santriwati yang sangat membenci Ayna, ia selalu membuat Ayna terpojokkan dan sangat sering mempermalukan Ayna dihadapan teman-temannya. Pakde Darsun merupakan paman dari Ayna yang sangat jahat kepada Ayna, ia tidak pernah mengerti perasaan Ayna dan selalu membuat Ayna terjerumus kedalam masalah yang membuat Ayna selalu merasa bahwa pakdenya tersebut seperti orang lain baginya. Ibu Rosidah merupakan ibu angkat Ayna, seorang perempuan yang sangat baik dan dermawan sehingga Ayna menganggapnya seperti ibu kandungnya sendiri.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 WATOPUTE Sirasmanatika, Sirasmanatika; Dinar, Sri Suryana
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.18100

Abstract

ABSTRAKTujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Watopute. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kelas. Desain / metodologi / pendekatan - Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 51 orang siswa yang terdiri atas dua kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah esai test siswa dalam menulis teks ekspoisisi. Untuk mengetahui kategori kemampuan menulis teks eksposisi mengacu pada ketuntasan belajar individual dan klasikal yang digunakan di SMP Negeri 3 Watopute.Temuan/ Hasil - Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 51 orang siswa yang menjadi responden penelitian, secara individual terdapat 24 orang siswa (47,05%) masuk kategori mampu dan 27 orang siswa (52,94%) masuk kategori belum mampu dalam menulis teks eksposisi. Secara klasikal kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Watopute masuk kategori belum mampu. Dikatakan demikian, karena kemampuan siswa yang mencapai kemampuan minimal 70% secara klasikal yaitu 85%. Dilihat dari tingkat kemampuan siswa bahwa dari kesembilan komponen yang menjadi aspek penilaian yaitu aspek kesesuaian tema dengan isi, struktur teks eksposisi, argumentasi, penegasan ulang, kata peristilahan, kata perbandingan, kata kerja mental, kata perunjukan, dan kata persuasif tidak tuntas secara klasikal karena presentasenya tidak mencapai kriteria kettuntasan klasikal yaitu 85%. faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Watopute yaitu:  lingkungan yang kondusif, ketersediaan ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, buku paket dan sumber belajar lainnya.Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks, eksposisi.
NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS DALAM NOVEL HAWA RATU SURGA IBUNDA MANUSIA KARYA NAZAN BEKIROGLU Suharjoyo, Suharjoyo; Syukur, La Ode
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.19666

Abstract

Tujuan - Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah  mendeskripsikan dan menganalisis nilai pendidikan religius yang terkandung dalam novel Hawa Ratu Surga Ibunda Manusia karya Nazan Bekiroglu.Desain / metodologi / pendekatan - Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca telaah isi dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat.Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra.Temuan/ Hasil -Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa nilai religius yaitu nilai ibadah, nilai jihat, nilai amanah dan ikhlas, niali akhlak/ budi pekerti dan nilai keteladanan. 
NILAI MORAL DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT WAWONII TENGAH Rahmi, Efri; Udu, Sumiman
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.19642

Abstract

Tujuan - untuk mendeskripsikan makna nilai moral yang terkandung dalam ungkapan tradisional dalam ungkapan tradisional pada masyarakat Wawonii Tengah.Desain / metodologi / pendekatan -Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriftif  kualitatif. Jenis penelitian ini penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik Wawancara, teknik rekam, dan teknik catat. Data penelitian dianalisis menggunakan pendekatan semotik etnografi.Temuan/ Hasil -  Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan wujud nilai- nilai moral meliputi:  (a) hubungan manusia dengan diri sendiri (individual) berupa nilai moral menjaga diri, kerja keras, rendah hati,  dan  kesetiaan. (b) hubungan manusia dengan manusia lain(sosial) berupa bekerja sama, gotong royong, tolong menolong, kepedulian, suka memberi nasihat, peduli nasib orang lain, dan suka mendoakan orang lain. Perwujudan nilai moral yang paling dominan adalah kepedulian, tolong menolong, dan gotong royong.  (c) hubungan manusia dengan tuhannya berupa mengemukakan bahwa akhlak atau moralitas manusia menjalankan perintah dan menjauhi laranganya; ikhlas.  Kewajiban manusia beribadah kepadanya dengan ikhlas dan pasrah; tadlarru dan khusyuk; dalam beribadah hendaklah sungguh-sungguh, merendahkan diri serta khusyuk kepada ar-raja mempunyai pengharapan atau optimis bahwa allah akan memberikan rahmat kepadanya husnud-dhan; berbaik sangka kepada Allah; tawakal; mempercayakan sepenuhnya kepada Allah, bersyukur kepada Allah, dan taubat (istigfar). Perwujudan nilai yang paling dominan adalah nilai percaya.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KONAWE SELATAN Arus, Arus; Hanafi, Fahruddin
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.18099

Abstract

Tujuan - Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan dalam Pembelajaran Teks Persuasi pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Desain / metodologi / pendekatan - Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengambarkan  Pelaksanaan Pembelajaran Teks Persuasi pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Konawe Selatan.. instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi pengamatan pembelajaran teks persuasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi pasif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi untuk mengetahui  Pelaksanaan dalam Pembelajaran Teks Persuasi pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Konawe Selatan.Temuan/ Hasil - Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran teks persuasi dilakukan dalam beberapa tahap kegiatan pendahuluan meliputi a) apersepsi dan motivasi, b) penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan. Kegiatan inti yakni: a) penguasaan materi pembelajaran, b) penerapan strategi pembelajaran mendidik, c) penerapan pendekatan saintifik, d) Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran, e) Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran, f) Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran, dan aktivitas menutup pembelajaran teks persuasi 2) faktor penghambat teks persuasi ditinjau dari proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Konawe Selatan meliputi: a) metode pembelajaran, b) alokasi waktu belajar, c) sarana dan prasaran belajar, c) faktor siswa itu sendiri.  
EKSISTENSI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI Karolina, Karolina; Konisi, La Yani
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.19644

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi tokoh utama yang terdapat dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kepustakaan (libraryresearch).Desain / metodologi / pendekatan - Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan data tertulis, yaitu novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori.Sumber data dalam penelitian ini diambil dari buku novel berjudul Laut Bercerita karya Leila S. Chudori cetakan ketujuh, yang diterbitkan oleh KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) di Jakarta pada Juli 2019 dengan tebal x + 379 halaman; 13,5 cm x 20 cm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dengan cara pencatatan. Teknis Analisis data yang diterapkan berdasarkan pendekatan objektif (struktural), yaitu penelitian yang menitikberatkan kajiannya pada keterkaitan dan keterjalinan antar unsur karya sastra sehingga menghasilkan makna menyeluruh dengan tahapan sebagai berikut, yaitu: (1) mengidentifikasi data, (2) mengklasifikasi data, (3) mendeskripsikan data, dan (4) menginterpretasi data.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) nasib sebagai eksistensi tokoh utama dialami Laut pada kesadaran dan penerimaannya terhadap kondisi keluarganya yang serba sederhana, tetapi di sisi lain ia menolak keadaannya yang harus merasakan zaman Orde Baru; (2) kematian sebagai eksistensi tokoh utama dialami Laut ketika menyadari bahwa kematian sebagai sesuatu kepastian yang datang tanpa bisa diprediksi olehnya, sehingga ia kemudian sampai juga pada tersingkapnya transendensi sebagai puncak dalam bereksistensi; (3) penderitaan sebagai eksistensi tokoh utama dialami Laut ketika menyadari arti penderitaannya itu sebagai konsekuensi yang harus ia hadapi karena ia telah memilih jalan yang terjal yaitu sebagai musuh pemerintah; (4) perjuangan sebagai eksistensi tokoh utama dialami Laut atas kegigihan dan rasa pantang menyerah dalam mempertahankan tujuannya untuk membebaskan Indonesia dari pemerintahan yang otoriter; (5) kesalahan sebagai eksistensi tokoh utama dialami Laut atas kesadara dan pengakuannya terhadap kesalahan yang berujung pada sebuah penyesalan.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP NEGERI 2 KENDARI Adili, La Ode; Tike, La; Harmin, Harmin
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.19992

Abstract

Tujuan -Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanimplementasi pendekatan kontekstual dalampembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kendari. Desain / metodologi / pendekatan - Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan metodedeskriptif. Teknik analisis data meliputi analisis proses belajar mengajar berpedoman pada prinsipprinsip teoretis yang meliputi (1) kegiatan pembelajaran yang menerapkan komponenkontekstual,yakni siswa mengonstruksi pengetahuan, kegiatan pembelajaean dengan penemuan, proses tanyajawab, masyarakat belajar, pemodelan, dan mengadakan refleksi, (2) penggunaan metode dengan indikator: menggunakan metode yang bervariasi, metode sesuai dengan materi, memungkinkansiswa belajar secara maksimal, dan penggunaan media yang sesuai, dan(3) materi pembelajaran,dengan indikator: sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan siswa, menarik minat siswa,memungkinkan siswa berpartisipasi aktif di dalam pembelajaran, memungkinkan siswa berpeluangseluas-luasnya untuk mengembangkan empat aspek keterampilan berbahasa, dan bermakna bagisiswa.Temuan/ Hasil - Hasil penelitian yang dilakukan selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwaguru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kendari telah menerapkan pendekatan kontekstual dalampembelajaran Bahasa Indonesia dengan baik. Seluruh komponen pendekatan kontekstual, yaknikonstruktivisme, (2) inquiry, (3) questioning, (4) learning community, (5) modeling, dan (6)refleksi sudah diimplementasikan dengan baik. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guruBahasa Indonesia sudah sesuai dengan karakteristik pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.Metode-metode yang digunakan seperti metode ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, praktik,penugasan, dan sebagainya.Materi pembelajaran yang disajikan oleh guru Bahasa Indonesia SMPNegeri 2 Kendari sudah sesuai dengan karakteristik pendekatan kontekstual.Materi pembelajaranyang disajikan oleh guru bersumber dari lingkungan siswa dan juga sesuai dengan kebutuhansiswa.Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, pembelajaran Bahasa Indonesia
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM SINGGURU (TEKA-TEKI MASYARAKAT TOLAKI) Eniswati, Eniswati; Balawa, La Ode
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.19831

Abstract

Tujuan   penelitian  ini  menemukan  nilai-nilai  karakter  yang   terdapat  dalam singguru masyarakat tolaki.Sastra lisan telah tumbuh dan berkembang dimasyarakat Tolaki yang di sebut singguru (Teka-teki) penelitian bertujuan menganalisis nilai-nilai pendidikan  karakter yang  terkandung dalam  singguru  masyarakat  tolaki.  Penelitian ini fokus pada bentuk  singguru, makna singguru, nilai pendidikan karakter,dan konfigurasi karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter apa  yang terkandung dalam singguru?Penelitian ini menggunakan analisis untuk menemukan data-data yang mendukung penelitian ini teknik  pengumpulan data melalui  baca, catat, dan  hasil wawancara dari informan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat nilai pendidikan karakter yang  terkandung dalam singguru yaitu  nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan pedulisosial.Oleh karena itu, singguru dalam masyarakat tolaki mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.
Kemampuan Membaca Puisi Siswa MTsN 1 Kendari Anwar, Lusiana; Ana, Haerun
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.17743

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari.Desain / metodologi / pendekatan - Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari, tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 360 siswa, adapun jumlah sampel sebanyak 52 siswa dengan menggunakan teknik purposive dalam menentukan jumlah sampel. Instrument penelitian ini menggunakan format penilaian tentang kemampuan membaca puisi siswa. Adapun aspek penilaiannya yaitu ekspresi, lafal, tekanan, dan intonasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik penilaian langsung.Temuan/ Hasil - Berdasarkan hasil penelitian, maka kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari ialah aspek ekspresi 30,76%, aspek lafal 32,69%, aspek tekanan 48,07%, serta aspek intonasi 71,15%. Sedangkan total keseluruhan aspek mencapai 71,15%. Dari pernyataan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari secara klasikal masuk dalam kategori kurang mampu, karena tidak mencapai 85% siswa yang mempunyai nilai 80%.Kata kunci: Kemampuan, membaca, puisi.
Analisis Konten Budaya dalam Buku Pantun Suku Mbojo yang Ditulis oleh Lamone Magenda sukarismanti, sukarismanti; Najamudin, Najamudin; Samsudin, Samsudin
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol 6, No 3 (2021): Edisi Juli-September 2021
Publisher : FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jb.v6i3.18279

Abstract

ABSTRAK Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten budaya yang terkadung dalam pantun yang hampir terkikis pada pemahaman masyarakat suku Mbojo sebagai pelaku budaya.Desain / metodologi / pendekatan -Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kulaitatif deskriptif. Sementara teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan teori yang dikemukankan oleh Koetjaraningrat. Temuan/ Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa pantun suku mbojo mengandung norma-norma dan aktivitas yang terpola yang biasa dilakukan oleh leluruh pada jaman dahulu. Namun, kebisaan tersebut sudah sulit di temukan ditengah masyarakat bahkan telah punah. Hal itu disebabkan karena perkembangan ilmu pengetahuan yang telah mempengaruhi pola pikir generasi penerus serta melemahnya pemahaman masyarakat terhadap kebiasaan yang telah dilakukan pada jaman dahulu.Kata Kunci: Konten Budaya, Pantun, Suku Mbojo

Page 1 of 2 | Total Record : 12