cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): Mei" : 11 Documents clear
KEGIATAN BERMAIN MATEMATIKA DI TK FKIP UNSYIAH DARUSSALAM, BANDA ACEH Rahmiati . .; Yuhasriati . .; Johari . Efendi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.96 KB)

Abstract

Kegiatan bermain matematika merupakan salah satu cara mengenalkan konsep-konsep matematika untuk anak usia dini. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) apa saja kegiatan bermain matematika yang diterapkan di TK FKIP Unsyiah Darussalam, Banda Aceh; 2) aspek-aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain matematika yang ada di lembaga TK FKIP Unsyiah Darussalam, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain matematika yang diterapkan di TK FKIP Unsyiah Darussalam, Banda Aceh dan untuk mengetahui aspek-aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain matematika yang ada di lembanga TK FKIP Unsyiah Darussalam, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 2 orang guru kelas di TK A1 FKIP Unsyiah Darussalam, Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Kegiatan bermain matematika pada  TK FKIP Unsyiah Darussalam, Banda Aceh didapati sebagai berikut: 1) membuat urutan bilangan satu sampai dengan sepuluh; 2) mengenal penambahan dan pengurangan; 3) membilang dengan gambar dasi; 4) mengisi bilangan sesuai dengan urutannya; 5) mengurutkan gambar baju; 6) mengukur kotak odol dengan lidi; 7) mengurutkan geometri lingkaran; 8) menunjukan angka satu sampai dengan angka sepuluh di papan tulis; 9) menyusun pola suatu gambar; 10) menyelesaikan kegiatan matematika yang ada dalam majalah anak; 11) menjiplak bentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil dalam buku gambar anak; 12) menebalkan garis putus-putus angka; 13) menara angka dan balok angka; 14) menghubungkan gambar dengan angka; 15) menebalkan angka satu sampai dengan sepuluh. Sedangkan aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain matematika adalah aspek kognitif, nilai agama dan moral, bahasa, seni, sosial emosional, dan fisik motorik. Guru diharapkan lebih kreatif dalam menyediakan kegiatan belajar sambil bermain untuk anak agar anak, agar proses bermain sambil belajar terlaksana dengan baik, serta dapat mengembangkan aspek perkembangan dan kecaerdasan pada anak usia dini.Kata Kunci: Kegiatan Bermain Matematika
PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH Ultari . Ningsih; Yuhasriati . .; Dewi . Fitriani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.537 KB)

Abstract

 Media kartu kosakata dapat digunakan untuk mengembangkan bahasa anak.Masalah penelitian ini adalah bagaimana perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata dan untuk mengetahui aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian tersebut dengan menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak dilembaga TK FKIP Unsyiah Banda Aceh sebanyak 10 anak, terdiri dari 5  laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan tehnik kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata berpengaruh positif dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Pratindakan belum dijumpai anak yang kemampuan bahasanya berkembang sangat baik, pada siklus I belum dijumpai anak yang berada kemampuan bahasanya dengan baik, tetapi sudah ditemukan 5 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Namun pada siklus II terdapat 6 orang anak yang berkembang sangat baik (BSB). Disimpulkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah terjadi peningkatan pada siklus II jika di bandingkan dengan pra tindakan dan siklus I yaitu pada siklus II tingkat kemampuan bahasa anak yang berkembang sangat baik sebanyak 6 anak, berkembang sesuai harapan 3 anak, mulai berkembang 1 anak dan tidak ada lagi kemampuan anak yang belum berkembang.Aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata pada TK FKIP Unsyiah terjadi peningkatan ditinjau berdasarkan dari indikator yang diamati. Kata kunci: Media Kartu Kosakata, Bahasa, Anak Usia Dini.
MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK FKIP UNSYIAH Liana . Sari; Anizar . Ahmad; Rosmiati . .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nilai karakter religius anak adalah suatu kebiasaan melakukan hal-hal yang baik sesuai ajaran agama seperti bersikap sopan santun, saling toleran dengan teman, patuh dan taat melaksanakan aturan. Bagaimana mengembangkan nilai karakter religius anak usia dini melalui metode bercerita di TK FKIP Unsyiah menjadi kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter religius pada anak usia dini di TK FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia dini pada Kelompok B2 TK FKIP Unsyiah pada tahun ajaran 2016 berusia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan prasiklus anak yang belum berkembang terdapat 10 orang anak (66,6%). Mulai berkembang terdapat 4 orang anak (26,7%). Berkembang sesuai harapan terdapat 1 orang anak (6,7%). Sedangkan anak yang berkembang sangat baik belum terlihat pada tindakan prasiklus. Pada tindakan siklus I yang belum berkembang ada 4 orang anak (26,7%). Mulai berkembang ada 6 orang anak (40%). Pada kategori berkembang sesuai harapan ada 5 orang anak (33,3%). Sedangkan anak yang berkembang sangat baik belum ada. Pada tindakan siklus II tidak terlihat lagi anak yang belum berkembang. Mulai berkembang 2 orang anak (13,3%). Berkembang sesuai harapan ada 4 orang anak (26,7%), dan berkembang sangat baik terdapat 9 orang anak (60%). Pada tindakan siklus II menunjukkan bahwa persentase anak mendapatkan bintang 3 dan 4 mencapai angka lebih dari 80%. Di simpulkan bahwa nilai karakter religius anak melalui metode bercerita di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh mengalami perkembangan.Kata Kunci: Metode bercerita, pengembangan nilai karakter, religius.
MENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUH HIDAYAH TUNGKOP ACEH BESAR Nurdiatun . Afzaniah; Yuhasriati . .; M. Yusuf Harun
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.745 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran anak usia dini umur  5-6 tahun di PAUD Nurul Hidayah Aceh Besar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kecerdasan interpersonal anak  usia dini  umur 5-6 tahun melalui metode bermain peran di PAUD Nurul Hidayah? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak  kelas TK B usia anak 5-6 tahun di PAUD Nurul Hidayah sebanyak 10 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang berkembang sangat baik (BSB) pada siklus I sebesar 40% setelah tindakan di siklus II kecerdasan interpersonal anak dalam kategori (BSB) terjadi peningkatan sebesar 70%.Kata Kunci : Kecerdasan Interpesonal, Bermain Peran
PENGGUNAAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH Rizki . Itawari; Anizar . Ahmad; Fakhriah . .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.253 KB)

Abstract

Tangram adalah salah satu permainan dengan menggunakan tujuh potong geometri yang disusun menjadi berbagai bentuk seperti hewan, orang, dan alat transportasi. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana perkembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan tangram di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia dini dengan menggunakan permainan tangram di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B6 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh, berjumlah 10 orang terdiri atas 3 laki-laki dan 7 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan prasiklus sebanyak 7 anak belum berkembang (BB), 3 anak mulai berkembang (MB), belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus I anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 3 orang, 4 orang berkembang sesuai harapan (BSH), dan 3 orang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. Sebanyak 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH), 7 anak berkembang sangat baik (BSB). Hasil akhir dari unjuk kerja dalam bermain tangram terjadi perkembangan kreativitas anak usia dini mencapai 70%. Disimpulkan bahwa melalui permainan tangram dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Sebaiknya guru dapat membuat berbagai alat permainan edukatif untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini salah satunya dapat dilakukan melalui bermain tangram.Kata Kunci : Permainan Tangram, Mengembangkan, Kreativitas
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KREATIVITAS SENI MELIPAT DI PAUD TGK CHIEK MURHABAN LAMTEUBA ACEH BESAR Putri . Nurzaqwan; Fakhriah . .; Rosmiati . .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.211 KB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kreativitas Seni Melipat di PAUD Tgk Chiek Murhaban Lamteuba Aceh Besar” dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Juni 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan motorik  halus anak melalui kreativitas seni melipat di PAUD Tgk Chiek Murhaban Lamteuba Aceh Besar dan untuk mengetahui respon anak tentang kreativitas seni melipat pada PAUD Tgk Chiek Murhaban Lamteuba Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini  dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif . Subjek dalam penelitian ini sebanyak 17 orang  anak. Hasil analisis data pada tahap pratindakan menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak masih berada pada kategori belum berkembang. Hasil pada siklus I menunjukkan kemampuan motorik halus anak masih belum mencapai indikator keberhasilan dimana persentase pencapaian anak pada katagori berkembang sesuai harapan adalah 17,6%. Kemampuan motorik halus anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 11,8% pada katagori berkembang sesuai harapan dan 82,3%  pada kategori berkembang sangat baik. Pencapaian persentase pada siklus II telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu ≥75%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas seni melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di PAUD Tgk Chiek Murhaban Lamteuba Aceh Besar. Kata Kunci : keterampilan, motorik halus, kreativitas seni melipat
MEMPERKENALKAN BILANGAN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA DI TK DARURRAHMAN KOTA BANDA ACEH Nurrahmadani . .; Anizar . Ahmad; Yuhasriati . .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.624 KB)

Abstract

Salah satu aspek yang perlu dikembangkan bagi anak usia dini adalah aspek kognitif. Aspek kognitif yang  dikembang dalam penelitian ini adalah mengenal bilangan, mengenalkan bilangan kepada anak usia dini dapat digunakan berbagai macam alat permainan edukatif (APE).Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kemampuan anak mengenal bilangan dengan menggunakan media pohon angka di TK Darurrahman Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perkembangan kecerdasaan kognitif anak dengan menggunakan media pohon angka pada kelompok B di TK Darrurahman Kota Banda Aceh.  Penelitian ini di rancang dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus, Pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Subjek penelitian sebanyak 13 orang anakterdiri atas 8 laki-laki dan 5 perempuan. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian setelah tindakan siklus 1 diperoleh 8 anak sudah mampu mengenal angka, mengurutkan bilangan, dan mampu menghubungkan banyak benda dengan bilangan.Setelah dilakukan tindakan di siklus IIkemampuan anak mengenal  angka, mengurutkan bilangan dan menghubungkan banyak benda dengan bilangan meningkat menjadi 12 anak. Berdasarkan data tersebut diperoleh simpulanadalah kemampuan anak mengenal bilangan dengan menggunakan media pohon angka mencapai 92%.Kata Kunci: Bilangan , anak usia dini, media pohon angka.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH Dika Yulia Sartika; Rosma . Elly; M. Yusuf Harun
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.195 KB)

Abstract

Kegiatan bernyanyi dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan kosakata dan kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia  3-4 tahun melalui kegiatan bernyanyi di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bernyanyi pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok bermain (KB) usia 3-4 tahun di PAUD Madani sebanyak 16 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok bermain (KB) usia 3-4 tahun di PAUD Madani melalui kegiatan bernyanyi. Terjadi peningkatan kemampuan berbahasa pada anak dari siklus 1 sampai dengan siklus 2. Hasil penelitian pada siklus 1 sebanyak 68,75%. Terjadi peningkatan pada siklus 2 yaitu sebanyak 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi di PAUD Madani dapat meningkat dilihat dari anak telah mampu mengendalikan keberanian diri dan dapat mengenal kosakata baru. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa melalui kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh.Katakunci: kemampuan berbahasa, bernyanyi.
MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MENDONGENG DENGAN WAYANG DI PAUD MADANI KOTA BANDA ACEH Farah . Almira; Bahrun . .; Dewi . Fitriani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.665 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia 3-4 tahun di kelompok bermain melalui mendongeng dengan wayang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian berjumlah 8 orang anak yang terdiri atas 3 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan kata-kata dari setiap proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan konsep bilangan melalui mendongeng dengan wayang. Hal tersebut ditunjukkan pada indikator 1 berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebanyak 87,5% dan pada indikator 2 berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebanyak 100%, serta pada indikator 3 berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebanyak 87,5%, sehingga pengenalan konsep bilangan melalui mendongeng dengan wayang dapat dikatakan memberikan pengaruh pada peningkatan kompetensi mengenal konsep bilangan pada anak usia 3-4 tahun. Mendongeng dengan wayang disarankan untuk guru PAUD agar dapat menggunakan media wayang dalam pembelajaran bercerita. Namun, dalam penerapan media juga harus disesuaikan dengan kondisi sekolah dan lingkungan anak.Kata kunci : Konsep bilangan, mendongeng, wayang, anak usia 3-4 tahun
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLASE BIJI-BIJIAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINIDI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK ACEH BESAR Dahrul . Afni; M. Yusuf Harun; Rosma . Elly
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2017): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.393 KB)

Abstract

Abstrak: Media Pembelajaran Kolase merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan motorik halus pada anak bahkan melatih kognitif anak. Kegiatan menempel adalah salah satu kegiatan yang menarik minat belajar anak karena berkaitan dengan meletakkan dan melekatkan sesuatu sesuka anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan anak dalam mengembangkan motorik halus melalui media kolase biji-bijian dan keaktifan anak dalam mengembangkan motorik halus dengan kolase biji-bijian di PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk Tungkop Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perkembangan Motorik halus anak melalui penggunaan media pembelajaran kolase biji-bijian untuk kreatifitas anak dalam menempel Kolase biji-bijian di PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk Tungkop Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk Tungkop Aceh Besar, yang terdiri dari 10 orang anak 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan denganobservasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Pengolahan dan analisa data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kolase biji-bijian mampu mengembangkan Motorik Halus anak yaitu pada siklus I jumlah anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 70% dan anak yang mulai berkembang sebanyak 30%, sedangkan pada siklus II 30% berkembang sangat baik , 60% berkembang sesuai harapan dan 10% Mulai berkembang. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan media pembelajaran Kolase biji-bijian dapat mengembangkan motorik halus anak PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk Tungkop Aceh Besar.Kata Kunci: Media Pembelajaran,  Kolase Biji-bijian, Motorik halus

Page 1 of 2 | Total Record : 11