cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS" : 11 Documents clear
KORELASI SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER PENDEK MATA KULIAH TRIGONOMETRI UNRIKA T.A. 2016/2017 Himmi, Nailul
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.3 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.941

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy terhadap penalaran matematis mahasiswa semester pendek pada matakuliah trigonometri T.A 2016/2017. Jenis penelitan korelasional dengan populasi dan sampel merupakan mahasiswa semester pendek pada matakuliah trigonometri sebanyak 35 orang. Instrument penelitian berupa Angket ( ) sebanyak 35 pertanyaan dan essay test ( ) sebanyak 5 pertanyaan, yang sudah diuji validitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji spearman’s rho dengan signifikan . Hasil penelitian diperoleh tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan penalaran matematis mahasiswa semester pendek matakuliah trigonometri UNRIKA T.A 2016/2017 ( . Dengan besar nilai korelasi 0.081 yang menunjukkan hubungan yang sangat lemah. Abstract. This study aims to determine the relationship between self efficacy to the mathematical reasoning of students short semester on trigonometry T.A 2016/2017. This research is correlational with population and sample is a short semester student in trigonometric subjects as much 35 people. Instrument research in the form of Questionnaire (r = 0.818) as many as 35 questions and essay test (r = 717) as many as 5 questions, which have been tested its validity. Data analysis technique use spearman's rho test with significant α = 5%. The result of the research shows that there is no significant relationship between self efficacy and mathematical reasoning of short semester students trigonometric course UNRIKA T.A 2016/2017 (sig 0.644 0.05). With a large correlation value of 0.081 indicating a very weak relationship.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS ISKANDAR MUDA BATAM Ardila, Ayu; Hartanto, Suryo
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.728 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.966

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII. A MTs Iskandar Muda Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dengan validitas data diperoleh dari data jenuh.Analisis data dengan Spradley dilakukan berurutan, melalui proses analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 (empat) faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu, kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, rendahnya pemahaman konsep siswa, serta kurangnya kediplinan siswa.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA MAN 1 BATAM Nisa, Muthia Khairan; Hanggara, Yudhi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.964 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). (2) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. (3) Interaksi antara penggunaan model model pembelajaran (STAD dan TAI) dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Batam Kelas X tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan hasil belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan kemampuan awal sedang dan rendah, kemudian hasil belajar matematika siswa dengan kemampuan awal sedang sama baiknya dengan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal srendah (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 05 BATAM T.P 2016/2017 Aziz, Abdul; Yusnita, Yessy
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.949 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.631

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 05 Batam Kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I sebagai kelas eksperimen STAD dan kelas eksperimen II sebagai kelas eksperimen TGT. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat menggunakan rumus chi kuadrat dan  uji F, uji keseimbangan dengan menggunakan rumus uji-t dua sampel dengan polled varians dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t satu sampel dan uji-t dua sampel dengan separated varians. Hasil perhitungan uji hipotesis 1 diperoleh nilai ­­­thitung (3.89) ttabel (2.002) maka Ha diterima artinya model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis 2 diperoleh nilai thitung = 0,58 ternyata thitung ≤ ttabel maka H0 diterima artinya model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis 3 diperoleh nilai thitung = 2,24 ternyata thitung ttabel maka Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Model STAD, Model TGT, Hasil Belajar Matematika
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN THE POWER OF TWO (TPT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 BATAM Yaniwati, Astri; Husna, Asmaul
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.109 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.914

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kurangnya keaktifan serta interaksi siswa selama pembelajaran serta hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). TPS dan TPT merupakan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TPT serta perbedaan efektivitas pembelajaran menggunakan model TPS dengan tipe TPT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 10 Batam Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, diperoleh kelas VIII.2 menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas VIII.3 menggunakan model pembelajaran TPT. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan one sample t-test dan hipotesis 3 menggunakan independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Batam, (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TPT efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Batam, (3) Tidak terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran menggunakan model TPS dengan tipe TPT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Batam.
UJI RATA-RATA SATU SAMPEL MENGGUNAKAN R UNTUK MENGETAHUI PENGARUH MODEL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ANALISIS VEKTOR Hermansah, Hermansah
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.653 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.915

Abstract

Dalam jurnal ini dijelaskan tentang uji rata-rata satu sampel menggunakan R untuk mengetahui pengaruh model belajar terhadap hasil belajar mata kuliah analisis vektor. Tujuan diharapkan dapat mengetahui metode inferensi untuk rata-rata satu populasi berdistribusi sembarang, maupun sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan dapat melakukan komputasi inferensi rata-rata satu populasi menggunakan R. One sample t test merupakan salah satu uji parametrik. Biasanya digunakan untuk ukuran sampel dibawah 30. Syaratnya adalah data berupa kuantitatif dan memiliki distribusi normal. Pengujian satu sampel pada prinsipnya ingin menguji apakah suatu nilai tertentu yang digunakan sebagai pembanding berbeda secara nyata ataukah tidak dengan rata-rata sebuah sampel. Nilai tertentu disini pada umumnya adalah sebuah nilai parameter untuk mengukur suatu populasi.Kata kunci: Uji Rata-rata Satu Sampel, Distribusi Sembarang, Distribusi Normal, dan One Sample t Test.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNINGTERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Sapta, Andy
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.394 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.630

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis  siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran experiential learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran the power of two. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane. Dari data penelitian diperoleh thitung ttabel (8,15 1,99). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran experiential learning lebih lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran the power of two. Kata kunci:komunikasi matematis, experiential learning , the power of two
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Navia, Yati; Yulia, Putri
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.647 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.905

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP N 16 Batam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment kemudian dilanjutkan dengan uji signifikasi Uji F dan kemudian dibandingkan dengan Ftabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP N 16 Batam. Dengan besar korelasi = 0,746 yaitu pada kategori cukup kuat, dan Fhitung = 106,923 sedangkan Ftabel = 3,06 maka diperoleh Fhitung ˃ Ftabel atau 106,923 ˃ 3,06. Artinya adalah semakin tinggi disiplin belajar dan semakin tinggi konsentrasi belajar maka akan semakin membaik pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dan begitu juga sebaliknya jika semakin rendah disiplin belajar dan semakin rendah konsentrasi belajar maka akan semakin rendah hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dalam pelajaran matematika. Kata Kunci: Disiplin, Konsentrasi,  Hasil Belajar Matematika ABSTRACT Abstract. This study aims to determine whether there is correlation Discipline Learning and Concentration Study on the Result of Learning Math Grade IX SMP N 16 Batam. This research was conducted in SMP N 16 Batam.This research is a correlational research. Analysis technique used in this study to test the hypothesis by using the Pearson product moment correlation formula is then followed by Fhitung and then compared with Ftabel. The results of this study indicate that there is a positive and significant correlation between the discipline of study and concentration on learning outcomes learning math class IX students of SMP N 16 Batam. With a large correlation = 0,746 ie the category is strong enough, and of F = 106.923, while Ftabel = 3.06 then obtained Fhitung ˃ Ftabel or 106.923 ˃ 3.06. It means higher learning discipline and the higher the concentration of learning it will improve also the result of mathematics learning achieved by the student and vice versa if the lower discipline of study and the lower the concentration of studying the lower the learning outcomes of mathematics achieved by the student in math. Keywords: Discipline, Concentration, Mathematics Learning Outcomes.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 53 BATAM Rahmawati, Eka; Gusmania, Yesi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.052 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.942

Abstract

AbstrakBerdasarkan latar belakang masalah bahwa kurangnya pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 53 Batam yang disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika, dan model pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh guru dengan menggunakan pembelajaran konvensional (metode ceramah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretest-posstest control group design. Sampel penelitian sebanyak 77 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran NHT dan VIII.B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yaitu tes uraian sebanyak 5 soal yang berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan homogenitas menggunakan Uji F dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel berpasangan, dan uji dua pihak. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji-t dua sampel berpasangan (paired sample t-test) diperoleh kelas eksperimen  thitung ttabel  (7,26  1,66) sedangkan kelas kontrol thitung ttabel  (4,68 1,66 ). Untuk hipotesis ketiga menggunakan rumus t-test polled variansi (uji dua pihak) dengan hasil bahwa thitung ttabel (1,84 1,66). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 53 Batam. Dan terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 53 Batam Tahun Pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan operasi aljabar. Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), Pembelajaran konvensional, pemahaman konsep matematis. AbstrakBased on the initial survey, known understanding of mathematical concepts eighth grade students of SMP Negeri 53 Batam still low. It is estimated that the lack of understanding of mathematical concepts is caused students are less active in teaching and learning model used has not been effective. The purpose of this study was to examine the influence of students' understanding of mathematical concepts by applying cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT). This study uses quantitative methods to the type of experimental research and research design using pretest-posstest control group design. The research sample as many as 77 students. Determination of the sample using random cluster sampling technique. VIII.A class as an experimental class NHT and VIII.B as conventional control class. The research instruments that test the form pretest and posttest. Data analysis technique consists of the prerequisite test for normality using chi square and continued homogeneity using F test the hypothesis test using t-test two paired samples, and test the two parties. Based on data analysis using the formula samples t-test two pairs (paired sample t-test) then obtained in the experimental class thitung ttabel (7.26 1.66), while the control class thitung ttabel (4.68 1.66) , For the third hypothesis using the formula polled variance t-test (test two parties) with the result that tcount ttabel (1.84 1.66). It can be concluded that there are significant use of the learning model Numbered Heads Together (NHT) and conventional to the understanding of mathematical concepts eighth grade students of SMP Negeri 53 Batam. And there is a difference between cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) with conventional learning models to the understanding of mathematical concepts eighth grade students of SMP Negeri 53 Batam in the school year 2016/2017 on the subject of algebra operations. Keywords: Learning Model Numbered Heads Together (NHT), conventional learning models, understanding of mathematical concepts.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS Taufik Rahman; Nis Maya
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.417 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i2.899

Abstract

Abstrak: Kemampuan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Kemampuan penalaran matematis.  Penalaran  matematis dirasa cukup penting karena kemampuan ini tertuang dalam tujuan pembelajaran matematika SMA yang berbunyi memperoleh penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa di salah satu SMK di Kota Bandung antara yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang memperoleh pembelajaran saintifik. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu  SMK di Kota Bandung yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas pertama memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas kedua memperoleh pembelajaran saintifik. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrument tes yang berbentuk uraian dan terdiri dari 5 instrumen. Hasil dari Penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaram penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik.Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Penemuan Terbimbing.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue