cover
Contact Name
Melly Ariska
Contact Email
mellyariska@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipf@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557109     EISSN : 26570971     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published periodically (twice a year) in Mei and November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IPA BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP LISTRIK SISWA SMP Sudirman Sudirman; Kistiono Kistiono; Hamdi Akhsan; Melly Ariska
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.10903

Abstract

Sebagai tenaga pengajar di LPTK harus mampu menghasilkan lulusan mahasiswa calon guru yang profesional tentunya tidak bisa lepas dari cara mengelola pembelajaran. Salah satunnya mengembangkan instrumen  penilaian. Penelitian ini menggunakan metoda pengembangan (resesarch development) Four D yang terdiri 4 tahap yaitu definisian (define), perancangan (design),  pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada tahap awal dimulai dari analisa kebutuhan, ternyata banyak guru dalam menggunakan penilaian didominasi ranah pengetahuan  sedangkan ranah sikap dan keterampilan jarang dilaksanakan. Pada tahap perancangan dikembangan soal-soal pilihan ganda untuk ranah pengetahuan, dan ranah sikap  dan keterampilan dibuat rubri penilaian yang didasarkan pada kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator dalam silabus. Selanjutnya dirancang lembar validasi untuk memvalidasi instrumen penilaian sikap dan keterampilan yang akan dikembangkan. Pada tahap pengembangan soal-soal divalidasi dengan uji validitas dan reliabelitas secara statistik dan diperoleh nilai 0,7 dan 0,55 dengan kategori valid dan reliabel. Instrumen rubrik sikap dan keterampilan divalidasi oleh ahli dari segi isi, bahasa, desain, dan ciri-citi berpikir kritis. Dari hasil validasi ahli instrumen yang dikembangkan diperoleh hasil dengan rata-rata 0,85 dengan kategori valid. Dari hasil angket tentang instrumen penilaian sikap dan keterampilan  yang disebarkan kepada guru-guru SMP berlatar belakang fisika di beberapa kabupaten sampel diperoleh rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Pada tahap penyebaran yang telah dilakukan adalah dalam bentuk makalah yang diseminarkan nasional. Sebagai kesimpulan  dihasilkan  instrumen penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan  secara valid, praktis dan reliabel pada  SMP pada bahasan listrik.
Let Them Teach: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU PEER TUTORING MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU Riswan Riswan; Unggul Wahyono
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.11389

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent control group design. Sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas XI MIA SMA Negeri 1 Palu. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG dan kelas kontrol menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring tanpa media VLOG. Tes hasil belajar  yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 76,59 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 61,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=6,58 dan t_(0,0975(68))=2,00 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dipadu peer tutoring menggunakan media berbasis VLOG terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu.
PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 SEMARANG Muhammad Alfan Silamon
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.10925

Abstract

Keterampilan memecahkan masalah adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh siswa terampil dalam menyelesaikan masalah fisika pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 64 siswa. Data penelitian diambil melalui tes tertulis berupa soal hitungan fisika pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Hasil analisa keterampilan memecahkan masalah menggunakan model Poyla terbagi dalam 4 tahap. Pada tahap 1, yaitu mengenali masalah, dengan hasil 53,48% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 2, yaitu merencanakan strategi memperoleh hasil 52,65% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 3, yaitu menerapkan strategi memperoleh hasil 51,44% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 4, yaitu mengevaluasi solusi memperoleh hasil 51,60% termasuk dalam kategori kurang. Hasil akhir diperoleh dengan menghitung rata-rata dari ke 4 tahap tersebut, dan diperoleh hasil sebesar 52,29%. Maka, dapat disimpulkan bahwa keterampilan memecahkan masalah fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 termasuk dalam kategori kurang.
Rancang Bangun Alat Ukur Jarak antara Dua Titik dengan Menerapkan Hukum Pemantulan Cahaya Purwoko Haryadi Santoso
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.11144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jarak antara kedua titik dengan menggunakan hukum pemantulan cahaya dan menganalisis kelayakan kit eksperimen dalam pengambilan data eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan dan menganalisis situasi dalam pembelajaran fisika. Tahap design dilakukan untuk mengembangkan kit eksperimen dan LKPD. Tahap develop dilakukan untuk menilai kelayakan kit eksperimen oleh 8 mahasiswa sejawat serta dilakukan uji terbatas pada 8 peserta didik di SMA N 2 Sleman. Pada tahap disseminate, kit eksperimen dan LKPD yang telah dikembangkan kemudian didiseminasikan kepada guru fisika di SMA N 2 Sleman. Hasil penelitian membuktikan bahwa kit eksperimen layak digunakan untuk pembelajaran Fisika SMA dengan nilai 4,00 (kategori baik). LKPD yang dikembangkan juga layak dengan nilai 3,97 (kategori baik).
STUDI KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON Mustika Wati; Saiyidah Mahtari; Ramlah Ramlah; Misbah Misbah
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.10798

Abstract

This research was conducted with the aim of analyzing the representation ability of junior high school students in Banjarmasin on Newton's Law problems by giving a written test. The research method used was survey research, namely One-shot Design. The test was conducted on 102 middle school students who had learned Newton's Law material with representation. The results showed that students more easily understand the questions in verbal representations than mathematical representations, figures, and tables. This study also shows that students who have high learning outcomes obtain consistently good multi-representation scores. So learning by using multiple representations needs to be done to support the learning outcomes of physics.
STUDI KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PADA KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II Gerry Sugiarto; Nely Andriani; Muhamad Yusup
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.11161

Abstract

Study aims to determine the ability of physics education studentsof FKIP UNSRI to make lesson plans (RPP) physic subjects in class X on the straight motion. The research was conducted on 16 students of physics education in the seventh semester of the academic year 2010/2011 who were PPL II activities. The research method used was descriptive quantitative non – research. Instrument of research form of checklist RPP skill based on Permendiknas number 4 2007 year by referring to APKG 1 and assessment learnig planning from UPPL have been indicator with 3 descriptor. Document of RPP collecting with supporting data interview. The results of the study showed that student s are able to do lesson plans. Of the 10 existing indicators students able to make 6 existing indicators namely competence, basic competence, the formulation of learnings experience determination of learning methods, time, and determination of learning resources. However indicators experienced difficulties namely formulating indicators of achievement of the results of the preparation of subject matter in determining the media for learning tools and determine assessment tools
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Siti Sopiah; Leni Marlina
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.9894

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Diduga penyebab utama adalah model pembelajaran yang diterapkan guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas  melalui model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas XII MIA 5 Jumlah siswa yang diteliti 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian didapatkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II untuk setiap indikator penelitan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai ulangan siklus I = 68,6 (cukup) menjadi 77,1 (baik) pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I = 61,1% (cukup) meningkat pada siklus II  = 77,8% (baik). Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XII MIA 5 di SMA Negeri 10 Palembang.
PENGEMBANGAN TEKS PERUBAHAN KONSEPTUAL HANDOUT UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA SMA/MA Ricky Azrofi Samara; Syuhendri Syuhendri; Muhammad Muslim
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.10993

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan Teks Perubahan Konseptual berupa handout untuk pokok bahasan Dinamika yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer berupa self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket. Hasil analisis data pada tahap expert review diperoleh persentase rata-rata validasi ahli sebesar 3,94 (kategori valid), tahap one-to-one evaluation sebesar 84,20% (kategori praktis), dan pada tahap small group evaluation sebesar 77,77% (kategori praktis). Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan bahan ajar fisika berupa handout Teks Perubahan Konseptual untuk materi Dinamika yang valid dan praktis. Bahan ajar Teks Perubahan Konseptual ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan remidiasi miskonsepsi materi Dinamika.
PENERAPAN EKSPERIMEN VIRTUAL PHET TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN POE2WE PADA TUMBUKAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS Nana Nana
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.10912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan media virtual PhET terhadap model pembelajaran POE2WE pada tumbukan untuk melatih keterampilan proses sains. (2)Memberikan solusi atas keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium dengan menggunakan media virtual PhET.(3) melakukan  Eksperimen untuk mencari kecepatan benda setelah tumbukan pada dua benda yang bertumbukan menggunakan media virtual PhET. Penelitian ini yaitu dengan menggunakan media virtual PhET yang merupakan pengganti alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak (software). Dalam melaksanakan penelitian tersebut, digunakan strategi model pembelajaran POE2WE yaitu model berbasis teknologi yang sesuai dengan penelitian ini. Komputer berbasis multimedia interaktif yang dioperasikan dengan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual  untuk memberikan peningkatan secara signifikan dan pengalaman belajar yang lebih efektif berdasarkan waktu dan ruang. Melalui eksperimen virtual, secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktf, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, metode yang dilakukan yaitu studi eksperimen virtual yang merupakan proses penelitian menggunakan simulasi komputer untuk membantu memahami suatu pokok bahasan dan dapat memberikan solusi atas keterbatasan atau ketidakadaan perangkat di laboratorium dalam artian penulis mengambil data dari suatu aplikasi PhET sebagai multimedia virtual berbasis POE2WE untuk melakukan suatu penelitian dan pembelajaran.
PENGGUNAAN SOFTWARE CROCODILE PHYSICS 6.0.5 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) Cicylia Triratna Kereh; Wa Ode Astryanty; Heppy Sapulette
JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA Vol 7, No 1 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jipf.v7i1.11055

Abstract

Kebanyakan guru fisika  di Maluku masih mengajar secara konvensional. Sebagian guru terutama di perkotaan sudah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), akan tetapi terbatas untuk mempresentasikan materi yang disiapkan dalam program power point. Situasi ini terjadi juga di salah satu sekolah menengah atas negeri di Maluku Tengah yang berujung pada penguasaan materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang rendah oleh peserta didik, terutama pembahasan mengenai grafik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencapai hasil belajar fisika dan meningkatkan penguasaan materi GLBB dengan menggunakan software simulasi Crocodile Physics 6.0.5. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas X MIA3 suatu SMA Negeri di Maluku Tengah yang berjumlah 23 orang. Kemampuan peserta didik pada tes awal sangat rendah dengan skor rata-rata sebesar 9,6 yang artinya berkualifikasi gagal. Setelah proses pembelajaran menggunakan softwarei Crocodile Physics 6.0.5, hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat pada hasil rata-rata skor pencapaian yang diperoleh peserta didik pada aspek kognitif,afektif, psikomotor berturut-turut adalah 85,6; 86,9; dan 86,7. Ini berarti hasil belajar kelompok peserta didik tersebut dalam ketiga aspekada pada kualifikasi baik. Rata-rata skor pencapaian tes formatif mereka juga baik (86,5). Selain itu, nilai uji N-gain rata-rata diperoleh 0,8 yaitu pada kategori tinggi.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dua hal yaitu: (1) peserta didik berhasil mencapai hasil belajar yang baikdalam materi GLBB; dan (2)terjadi peningkatan penguasaan mereka dalam materi tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020