cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
ISSN : 25027638     EISSN : 25028391     DOI : -
Core Subject : Education,
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. JIPMat is published 2 times a year in April and October.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023)" : 12 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkep Hendrika Haris; Muh. Risaldi Amiruddin
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Logaritma. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkep pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 melalui model Discovery Learning pada materi logaritma. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.E SMA Negeri 1 Pangkep. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran,lembar evaluasi, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi berupa lembar pengamatan dan tes berupa soal isian yang diberikan kepada siswa pada akhir setiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning pada materi logaritma terjadi peningkatan hasil belajar siswa siswa dari rata-rata 74,64 pada tes awal meningkatkan menjadi 88,47 pada siklus I dan meningkatkan menjadi 89,64 pada siklus II dengan persentase ketuntasan  58,33% pada tes awal meningkatkan menjadi 86,11% pada siklus I dan kemudian meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II. Selain itu, juga terjadi peningkatan aktifitas siswa pada komponen keaktifan siswa dari 58,33% pada tes awal menjadi 83,33% pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. pada komponen perhatian siswa dari 58,33% pada tes awal menjadi 75% pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II. pada komponen kedisiplinan siswa dari 91,67% pada tes awal menjadi 100% pada siklus I dan konsisten 100% pada siklus II. pada komponen penugasan siswa dari 58,33% pada tes awal menjadi 75% pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II.
PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI HIMPUNAN Freda Niluh Chandra; Rahaju Rahaju; Timbul Yuwono
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14917

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas, praktikabilitas, dan efektivitas e-LKPD yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Uji coba produk dikenakan pada siswa kelas VII A SMPN 2 Wagir. Uji validitas dilakukan oleh tiga validator, yaitu ahli dalam bidang media dan materi serta praktisi pembelajaran. Instrumen penelitian berupa: angket validasi, angket respon pengguna, dan tes. Data penelitian berupa penilaian validator, respon pengguna, nilai pretest dan posttest diolah mengunakan teknik analisis kuantitatif, sedangkan data berupa saran validator diolah dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-LKPD sangat valid dengan nilai sebesar 95,8% dari ahli materi, nilai sebesar 95,8% dari ahli media, dan nilai sebesar 93,3% dari ahli pembelajaran. (2) e-LKPD sangat praktis berdasarkan respon guru sebesar 93,8% dan respon siswa sebesar 86,9%. (3) e-LKPD efektif berdasarkan data hasil belajar siswa, yaitu hasil pretest sebesar 44,8% dan hasil posttest sebesar 72,4%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran materi himpunan.
KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS Hilmy Faizah; Sintha Sih Dewanti
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14479

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang perlu dipelajari siswa adalah kemampuan koneksi matematis. Hal ini berguna untuk memudahkan siswa dalam memahami berbagai konsep atau materi matematika yang sedang dipelajarinya. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini untuk 1) Memperoleh informasi mengenai kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 1 Pandak pada materi statistika; 2) Mengetahui kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa ketika menyelesaikan soal statistika jika ditinjau dari kemampuan koneksi matematisnya. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak yang berjumlah 124 siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Insrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan koneksi matematis yang berjumlah 4 butir soal essay. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa sebanyak 13,71% memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, sebanyak 69,35% memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan sebanyak 16,94% memiliki kemampuan koneksi matematis rendah; 2) Dalam menyelesaikan soal statistika, siswa sering melakukan kesalahan membaca, pemahaman, mengubah, memproses, dan notasi.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN GEOGEBRA I Wayan Sumandya; I Made Ary Yustikanatha Wirjana
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14942

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan GeoGebra. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan pada peserta didik kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Kuta Utara yang berjumlah 38 orang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Kuta Utara mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Secara klasikal rata-rata nilai peserta didik mengalami peningkatan yaitu 71,71 pada pra siklus meningkat menjadi 85,13 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 92,37 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal juga meningkat yaitu 55,26% pada pra siklus meningkat menjadi 73,68% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 94,74% pada siklus II. Rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Adapun peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan GeoGebra yaitu 70,79% pada siklus I menjadi 89,47% pada siklus II.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP Cahya Aulia Ramadhan Yuwana; Lilik Ariyanto; Lukman Harun
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14442

Abstract

Kurangnya ide media pembelajaran yang kreatif dan mudah digunakan dalam pembelajaran sebagai penyesuaian perkembangan zaman sekarang. Media pembelajaran yang sederhana dan kurang inovatif bersifat satu arah sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencoba mencari sebuah solusi dengan mengembangkan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal yang valid (layak) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, dan mengetahui penggunaan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis Penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum diuji cobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media berkriteria baik dan ahli materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 75% dan ahli materi 93%. Media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan efektifitas pembelajaran pada data akhir untuk uji ketuntasan kelas ekperimen diperoleh 83% sehingga tercapai. Selanjutnya dilakukan uji beda rerata dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, 1,88303 > 1,671, maka H0 ditolak. Sedangkan uji n-Gain untuk kelas ekperimen diperoleh 0,39 berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT TERINTEGRASI GEOGEBRA UNTUK MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMP Resti Widi Yanny; Ade Mirza; Dian Ahmad; Bistari Bistari; Revi Lestari Pasaribu
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint yang terintegrasi dengan GeoGebra pada materi transformasi geometri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli media, 2 ahli materi, dan 31 siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sungai Raya. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran PowerPoint terintegrasi GeoGebra yang telah dikembangkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan  adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan angket persepsi siswa. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media berada pada kategori Sangat Layak dengan persentase 88,33% dan penilaian ahli materi menunjukkan media dari segi materi berada pada kategori Sangat Layak dengan persentase 93%. Pada uji persepsi siswa media berada pada kategori Sangat Layak dengan persentase 94,36%. Sehingga, media pembelajaran PowerPoint terintegrasi GeoGebra yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SISWA Noviana Dini Rahmawati; Muhammad Hilmi Zakaria; Dhian Endahwuri
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.15194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari kepribadian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah dua siswa kelas XI MIPA-2 MA Banat Tajul Ulum Brabo dengan satu siswa introvert dan satu siswa ekstrovert. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes tertulis dan wawancara. Pengambilan data penelitian ini melalui tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian siswa introvert memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika; menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai gambaran (grafik, tabel, bagan, diagram dan sebagainya); dan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk membuat prediksi dan keputusan. Namun tipe kepribadian siswa ekstrovert belum mampu menyajikan informasi dalam bentuk tabel berdasarkan permasalahan yang diberikan. Selain itu, penafsiran hasil analisis dalam membuat keputusan masih belum terperinci secara jelas.
PENGGUNAAN MEDIA FOCUSKY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMPLB Andi Husniati; Kristiawati Kristiawati; Muhammad Rizal Usman; Baso Baso; Dita Julita
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14277

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian eksperimen yang menerapkan media focusky dalam pembelajaran matematika pada siswa SMPLB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media focusky dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX SMPLB disalah satu sekolah luar biasa di kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode eksperimen one grup pre test post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasrkan hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa senang belajar dengan menggunakan media visual, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang memberi respon positif dari angket yang telah diberikan. Dalam proses pembelajaran pun siswa tampak antusias dalam belajar karena siswa tuna rungu dapat mengamati media visual yang ditayangkan melalui layar, diketahui bahwa siswa tuna rungu hanya mengandalkan panca inderanya untuk memahami materi. Analisis Hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran diberikan sangat berbeda. Hasilnya menunjukkan semua siswa mengalami peningkatan skor hasil belajar, sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji T tampak bahwa hipotesis penelitian diterima yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media focusky terhadap hasil belajar matematika siswa tuna rungu pada materi bangun geometri.
PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN GENDER Moh Siddiq; Viktor Sagala; Yuni Listiana
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.14705

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan gaya kognitif dan gender Subjek Penelitian ini yaitu satu siswa FI laki-laki, satu siswa FI perempuan, satu siswa FD laki-laki, dan satu siswa FD perempuan. Instumen penelitian berupa tes literasi matematika siswa berdasarkan indikator PISA, serta pedoman wawancara. Indikator literasi matematika berdasarkan enam level literasi matematika siswa. Berdasarkan analisis data hasil tes literasi matematika dan hasil transkrip wawancara diperoleh deskripsi profil kemampuan literasi matematika siswa SMA Dr. Soetomo yaitu (1) siswa field independent berjenis kelamin laki-laki dan perempuan mampu bekerja secara efektif dengan model dalam situasi konkret tetapi kompleks dan merepresentasikan informasi yang berbeda serta menghubungkannya dengan situasi nyata. Sedangkan (2) siswa field dependent  berjenis kelamin laki-laki dan perempuan mampu melaksanakan prosedur dengan baik dan memilih serta menerapkan strategi pemecahan masalah yang sederhana dan dapat menginterpretasikan serta merepresentasikan situasi
PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP BERDASARKAN GAYA BELAJAR Aryo Andri Nugroho; Ida Dwijayanti; Winda Ardyani
JIPMat Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i1.15250

Abstract

Keberhasilan peserta didik dalam menerima dan memproses informasi pada saat belajar sangat dipengaruhi oleh gaya belajar yang dimiliki dari masing-masing peserta didik, sehingga berdampak dalam proses berpikir kreatif yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik berdasarkan tahapan Wallas. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan subyek yang digunakan adalah peserta didik SMP kelas VIII. Intrumen yang digunakan terdiri dari instrumen angket gaya belajar, instrumen soal uraian divergen dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh berupa tes dan wawancara dengan waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Subyek dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua aspek yang terdapat pada indicator fluency dan flexibility tahapan wallas, sedangkan pada indicator originality hanya mampu memenuhi tahap preparasi dan pada indikator elaboration hanya mampu memenuhi 2 tahap yaitu inkubasi dan iluminasi. 2) Subyek dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi semua aspek yang terdapat pada indikator fluency, flexibility dan elaboration tahapan wallas, sedangkan pada indikator originality hanya mampu memenuhi tahap preparasi saja. 3) Subyek dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua aspek yang terdapat pada indikator fluency tahapan wallas. Pada indikator flexibility subyek hanya mampu memenuhi 3 indikator yaitu inkubasi, iluminasi dan verifikasi, sedangkan pada indicator elaboration hanya mampu memenuhi tahapan preparasi. 

Page 1 of 2 | Total Record : 12