cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 12 (2019)" : 25 Documents clear
PENGAWASAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DENGAN KOMITMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RSUD MUARADUA OKU SELATAN Nur Hawa; Badia Perizade; Agustina Hanafi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.821 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengawasan dan motivasi terhadap kinerja pegawai dengan komitmen pegawai sebagai variabel intervening. Responden dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode sensus. Jumlah populasi adalah 97 orang diperoleh dari pengisian kuesioner yang didistribusikan kepada 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini adalah pengawasan tidak berpengaruh terhadap komitmen pegawai, motivasi berpengaruh terhadap komitmen pegawai, pengawasan berpengaruh terhadap kinerja pegawai, motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, komitmen pegawai berpengaruh terhadap kinerja pegawai, pengawasan berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui komitmen pegawai sebagai variabel intervening, dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui komitmen pegawai sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengawasan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan komitmen pegawai sebagai variabel intervening. Sebagai saran, pihak manajemen dapat memberikan masukan dan perbaikan kepada pegawai dalam mengerjakan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan motivasi karyawan, dengan motivasi yang meningkat dapat meningkatkan komitmen pegawai dan melaksanakan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab terhadap Rumah Sakit Daerah Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Kata kunci :Pengawasan, Motivasi, Komitmen Pegawai, Kinerja pegawai.
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DALAM MEMBANGUN EKUITAS MEREK Carissa Lorens Marchia Raharja; Ni Made Asti Aksari
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.409 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p08

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas dan citra merek terhadap loyalitas merek dalam membangun ekuitas merek sepatu Reebok. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah pernah menggunakan sepatu Reebok, dan sampel yang digunakan sebanyak 80 orang yang ditentukan dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square). Berdasarkan hasil analisis, persepsi kualitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, dan loyalitas merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap ekuitas merek. Untuk membangun ekuitas merek, Reebok sebaiknya fokus pada loyalitas pelanggan dengan memperhatikan persepsi kualitas dan citra merek yang ada di dalam benak pelanggannya. Kata kunci : persepsi kualitas, citra merek, loyalitas merek, ekuitas merek
PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KFC DI KOTA DENPASAR Ni Made Desy Shinta Sari; I Made Jatra
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.249 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p22

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini berlokasi di Kota Denpasar melibatkan 100 responden yang pernah mengkonsumsi KFC lebih dari sekali dengan metode purposive sampling, dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis jalur serta uji sobel.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Semakin tinggi kualitas yang diberikan, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dirasakan. Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Semakin tinggi kualitas produk, maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas pelanggan terhadap suatu produk. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas pelanggan terhadap produk yang diberikan. Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Peran mediasi yang dimiliki kepuasan pelanggan secara tidak langsung mempengaruhi kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci: kualitas produk, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
ANALISIS PERBANDINGAN BRAND EQUITY PRODUK OLAHRAGA MEREK NIKE DENGAN MEREK ADIDAS Ni Kadek Ayu Juniantari; Eka Sulistyawati
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.214 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan brand equity pada produk olahraga merek Nike dengan merek Adidas dari persepsi atau sudut pandang atlet Kota Denpasar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh atlet Kota denpasar yang menggunakan produk olahraga merek Nike dengan merek Adidas untuk menunjang kegiatan latihan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dan Uji Beda T-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association),persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty) antara produk olahraga merek Nike dengan merek Adidas. Kata kunci : perbandingan, merek, brand equity, brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty
PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE, DAN KELELAHAN EMOSIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PERTOKOAN DALUNG PERMAI Agung Wachid Kurniawan; Made Surya Putra
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.221 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p04

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leader member exchange, dan kelelahan emosional terhadap turnover intention pada karyawan. Penelitian ini dilakukan dipertokoan Dalung Permai. Jumlah sampel sebanyak 89 orang karyawan, dengan metode sampel jenuh atau sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linearberganda.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa LMX secara parsial berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi nilai LMX semakin rendah turnover intention. Kelelahan emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, menunjukkan bahwa semakin tinggi kelelahan emosional karyawan semakin tinggi pula turnover intentionnya. Penelitian ini menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan dari LMX terhadap turnover intention, dan pengaruh positif signifikan dari kelelahan emosional terhadap turnover intention. Kata Kunci :Leader member exchange, kelelahan emosional, turnover intention.
PENERAPAN MODEL UTAUT UNTUK MEMAHAMI NIAT MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE ADVERTISING PADA PELAKU UMKM PROVINSI BALI Muhammad Azhari Dadas; Gede Bayu Rahanatha
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.304 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap niat menggunakan search engine advertising. Penelitian ini dilakukan terhadap Pelaku UMKM di Provinsi B gali. Kuisioner menjadi sarana pengumpulan data pada penelitian ini. Sampel penelitian adalah sebanyak 75 responden. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah Multiple Linier Regression (MLR). Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui ekspektasi kinerja memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap niat menggunakan search engine advertising. Ekspektasi usaha tidak memiliki pengaruh terhadap niat menggunakan search engine advertising. Faktor sosial memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap niat menggunakan search engine advertising. Kata kunci: ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial.
PERAN PERCEIVED RISK DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED QUALITY TERHADAP PERCEIVED VALUE Desak Ayu Made Eva Suari Adnyani; I Putu Gde Sukaatmadja
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.411 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p09

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran perceived risk dalam memediasi pengaruh perceived quality terhadap perceived value pada nasabah LPD Desa Adat Jro Kuta Pejeng. Populasi penelitian ini adalah LPD Desa Adat Jro Kuta Pejeng yang tinggal di daerah Desa Pejeng. Sampel sebanyak 110 reponden ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (analysis path) dan uji sobel. Hasil anĂ¡lisis menunjukkan bahwa perceived quality berpengaruh negatif signifikan terhadap perceived risk, perceived quality berpengaruh positif signifikan terhadap perceived value, perceived risk berpengaruh negatif signifikan terhadap perceived value, dan perceived risk berpengaruh positif signifikan sebagai mediasi pada pengaruh perceived quality terhadap perceived value. Kata kunci: perceived quality, perceived value, perceived risk
PERAN STRES KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Ni Made Sapta Resita Putri; Agoes Ganesha Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.273 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p23

Abstract

Tujuan organisasi dapat dicapai dengan kinerja SDM perusahaan. Kinerja yang buruk akan berdampak pada citra perusahaan dan tentunya memperlambat proses dalam mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan serta peran stres kerja sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini mengambil 42 karyawan sebagai responden menggunakan kuesioner, dengan metode sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan. Hasil lainnya menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Stres kerja memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga menemukan bahwa stres kerja memediasi pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan penelitian selanjutnya mampu meneliti kinerja karyawan dengan responden dan lokasi penelitian yang lebih kompleks. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan referensi serta pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan terkait kinerja karyawan. Kata kunci : kinerja karyawan, beban kerja, lingkungan kerja, stres kerja
PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Konsumen Warunk Upnormal) Dinda Sukma Rangga Wati; I.G.A.K Sri Ardani
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.076 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p14

Abstract

Seiring perkembangan bisnis kuliner yang cukup pesat menuntut pebisnis untuk berkembang dan berinovasi suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Salah satu produk yang sedang unggul saat ini adalah Warunk Upnormal. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui kepuasan konsumen Warunk Upnormal. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah variabel Inovasi produk, kepuasan konsumen dan Loyalitas Pelanggan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 konsumen Warunk Upnormal dengan metode purposive sampling yang memiliki kriteria pernah membeli produk dan berkunjung ke Warunk Upnormal, berdomisili di Kota Denpasar, dan berpendidikan terakhir SMA. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis dan didukung dengan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Warunk Upnormal, variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Warunk Upnormal, variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Warunk Upnormal, serta variabel kepuasan pelanggan memediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan Warunk Upnormal di Kota Denpasar. Kata Kunci: inovasi produk; kepuasan konsumen; loyalitas pelanggan; warunk upnormal.
PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUSEN MAKANAN OLEH-OLEH KHAS BALI Putu Diah Saraswati; I Wayan Santika
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 12 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.627 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p05

Abstract

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali membuat adanya kecenderungan wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Bali, hal tersebut akan mempengaruhi penjualan dari produsen makanan oleh-oleh khas Bali yang merupakan ukuran dari kinerja pemasaran produsen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) serta uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk berperan secara signifikan memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci: orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue