cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
ISSN : 23389613     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 101 (2021)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN YANG TERDAMPAK COVID-19 DI KECAMATAN KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA LALOAN, REYVALDO INRICO; POSUMAH, JOHNNY; PALAR, NOVIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Implementasi KebijakanPemberian Bantuan Sosial Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Miskin Yang Terdampak COVID-19di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganpendekatan kuantitatif. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada masyarakat, bahwadalam proses pemberian bantuan sosial kepada masyarakat miskin yang terdampak COVID-19belumlah berjalan dengan semestinya yang diharapkan oleh banyak masyarakat. Sebab masih adapenyelewengan yang terjadi pada saat pemberian bantuan sosial kepada masyarakat miskin yangterdampak covid di kecamatan kawangkoan. Pada penelitian ini, Peneliti menggunakan populasi diKecamatan Kawangkoan sebesar 10.226 dengan mengambil sampel sebanyak 30 orang di dalampopulasi. Pada penelitian ini, peneliti memakai Teknik Analisis data dengan menggunakan teknikanalisis data Regresi Linear Sederhana.Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Implementasi Kebijakan, Kesejahteraan Sosial
PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL TOWO’E DI KECAMATAN TAHUNA KABUPATEN SANGIHE PADA PANDEMI COVID-19 TAMPIL, KIFLYANTO; PANGKEY, MASJE; PALAR, NOVIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan merupakan suatu cara atau proses yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian,pengarahan, dan pengawasan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.perencanaan kebutuhan pasar sudah terencana dengan cukup baik, sarana dan prasarana sudahcukup memadai. Pengorganisasian Setiap pegawai atau sumber daya yang ada sudah mampudikerahakan dengan cukup baik. Pelaksanaan proses jual beli sudah terlaksana dengan cukup baikdengan memperhatikan protocol kesehatan. Pengawasan Kepala bidang pengelolaan pasar selalumemantau kinerja Staf yaitu memastikan setiap staf sudah masuk kantor sesuai dengan jadwal yangberlaku agar menjalankan pelayanan public yang baik dan tidak terbelit-belit sehingga tidakmenggutamakan kepentingan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ProsesPengelolaan Pasar Tradisional oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten KepulauanSangihe Pada Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptifkualitatif.Kata Kunci: Pengelolaan, Pasar Tradisional, Pandemi Covid-19.
IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN TENAGA KERJA (STUDI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SULAWESI UTARA) PONAMON, SABRINA; LENGKONG, FLORENCE; PALAR, NOVIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi yang telah dilaksanakan olehDinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara terhadap Program Pelatihan TenagaKerja di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian Pelatihan kerja disosialisasikan melalui media cetak berupa pamflet danbanner yang dipasang dipapan pengumuman, media elektronik berupa sosial media milik dinastenaga kerja. Sumber dana untuk penyelenggaraan program pelatihan kerja di Dinas Tenaga Kerjadan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD). Disposisi, kinerja para pegawai pada bagian Lapenta yang menyelenggarakan programpelatihan kerja dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. Struktur Birokrasi, Pada struktur organisasiyang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara terdapat bidang yangsecara khusus menangani masalah ketenagakerjaan terkait penempatan tenaga kerja dan pelatihantenaga kerja yaitu Bidang Lapenta.Kata Kunci : Implementasi, Program, Pelatihan Kerja.
EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN SEKTOR PENDIDIKAN DI DESA HATETABAKO KECAMATAN WASILE TENGAH KABUPATEN HALMAHERA TIMUR BAKULU, BRAYEN; PANGKEY, MASJE; KOLONDAM, HELLY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepadaKeluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat, agarmemanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik)yang tersedia disekitar mereka.Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun informan yang diwawancarai dalampenelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari : (1) Pendamping Program Keluarga Harapan(PKH) 1 Orang (2)Kepala Desa : 1 Orang (3) Keluarga penerima manfaat program KeluargaHarapan (PKH) : 3 oranghasil Penelitian ini PKH Realisasinya masih belum efektif, Program Keluarga Harapan di DesaHatetabako masih mengalami beberapa kendala, antara lain: kurangnya koordinasi secara langsungdari pihak pendamping PKH terhadap kondisi masyarakat penerima PKH, pencairan dana PKHyang tidak tepat waktu dan dalam pemanfaatan dana bantuan PKH ini oleh keluarga penerimamanfaat masih kurang tepat sasaran, rendahnya kesadaran orang tua tentang pentingnya Pendidikan.Kesimpulan yang dapat di tarik dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa efektivitas ProgramKeluarga Harapan Sektor Pendidikan Di Desa Hatetabako Kecamatan Wasile Tengah KabupatenHalmahera Timur belum sepenuhnya tercapai dilihat dari aspek tugas atau fungsi, aspek rencanaatau program, aspek ketentuan dan peraturan, dan aspek tujuan atau kondisi ideal.Kata Kuci : Efektifitas Program Keluarga Harapan Sektor Pedidikan
DAMPAK SOSIAL PENGELOLAAN TAMBANG EMAS DI DESA BAKAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW DONDO, SRI MELA; KIYAI, BURHANUDDIN; PALAR, NOVIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Dampak Sosial Pengelolaan Tambang Emas diDesa Bakan Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodepenelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primerdan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi,data yang diperoleh kemudian dianalisis menjadi suatu kesimpulan dari proses penelitian. Temuandari penelitian diketahui bahwa Dampak Sosial Pengelolaan Tambang Emas Desa Bakan memberikandampak positif dan dampak negatif terhadap pertambangan. Dampak positif dapat meningkatkanekonomi penambang, sedangkan dampak negatif menimbulkan bahaya yang lebih besar terutamadampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan. Untuk menghindari dampak negatif terhadappertambangan maka para penambang harus melakukan Izin Usaha Pertambangan (IUP). Dalam(IUP) penambang mempunyai standar keselamatan kerja yang didukung oleh fasilitas kerja.Kata Kunci : Dampak Sosial, Pengelolaan, Tambang Emas
PARTISIPASI MASYARAKAT PADA ERA NEW NORMAL DI KELURAHAN PERKAMIL KECAMATAN PAAL II KOTA MANADO KALIGIS, MARIO FILIO; TULUSAN, FEMMY; RURU, JOORIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era new normal di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal II yang perlu diperhatikan adalahmembangun struktur pengetahuan dan kesadaran agar masyarakat memiliki pengalaman terkaitkedisiplinan-kedisiplinan dan tahu ketaatan menciptakan keselamatan. Masyarakat perlu untukmengubah pola hidup dan perilaku agar menjadi lebih sehat setiap hari di setiap tempat untuk dapatmeminimalisir transmisi penyakit Covid-19, pemberlakuan hal-hal ini diharapkan akan mampumenekan angka terjangkit Covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui partisipasi masyarakatpada Era New Normal di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal II Kota Manado. Penelitian inimenggunakan desain metode kualitatif dengan model deskriptif, data diperoleh melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Fokus dari penelitian ini berdasarkan Teori dari Sundariningrum(Sugiyah, 2010) mengenai partisipasi secara langsung maupun tidak langsung. Namun yang akanmenjadi focus dalam penelitian ini terkait masalah hanya pada partisipasi langsung. Hasil daripenelitian ini adalah partisipasi masyarakat telah berjalan dengan baik dan perlu untuk terusditingkatkan lagi karena masih ada sebagian masyarakat yang tidak turut berpatisipasi dikarenakanbeberapa factor yaitu dari dalam diri sendiri tidak tergerak hatinya dan masih acuh tak acuh sertatidak ada sanksi tegas selain teguran dari pemerintah.Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, New Normal
PELAYANAN PENGADUAN WAJIB PAJAK DI UPTD SAMSAT KOTA MANADO MAKAENAS, VALENCIA; LENGKONG, FLORENCE; LONDA, VERY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 101 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses bagaimana pelayanan pengaduan wajibpajak di UPTD Samsat Kota Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teoriyang digunakan berdasarkan prinsip-prinsip pengaduan yaitu Keterbukaan Menerima Pengaduan,Aksesibilitas, Kemampuan Bereaksi, Transparansi dan Bertanggung Jawab. Teknik pengumpulandata yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi data yangdiperoleh dari berbagai sumber kemudian dianalisis menjadi satu kesimpulan dari proses penelitian.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pengaduan wajib pajak di UPTD SamsatKota Manado telah dilaksanakan dengan baik dilihat dari keterbukaan, kemudahan, kemampuanbereaksi, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan pengaduan. Untuk lebihmeningkatkan prinsip pelayanan pengaduan di UPTD Samsat Kota Manado, maka diharapkan untuklebih melatih kemampuan dan komitmen setiap petugas dalam melayani agar masalah pengaduansemakin berkurang.Kata kunci: Pelayanan, Pengaduan, Wajib Pajak.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 4 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 9 No. 3 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 9 No. 2 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 126 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 8, No 115 (2022) Vol 8, No 114 (2022) Vol 8, No 113 (2022) Vol. 8 No. 4 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 3 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 112 (2021) Vol 7, No 111 (2021) Vol 7, No 110 (2021) Vol 7, No 109 (2021) Vol 7, No 108 (2021) Vol 7, No 107 (2021) Vol 7, No 106 (2021) Vol 7, No 105 (2021) Vol 7, No 104 (2021) Vol 7, No 103 (2021) Vol 7, No 102 (2021) Vol 7, No 101 (2021) Vol 7, No 100 (2021) Vol 7, No 99 (2021) Vol 6, No 98 (2020) Vol 6, No 97 (2020) Vol 6, No 96 (2020) Vol 6, No 95 (2020) Vol 6, No 94 (2020) Vol 6, No 93 (2020) Vol 6, No 92 (2020) Vol 6, No 91 (2020) Vol 6, No 90 (2020) Vol 6, No 89 (2020) Vol 6, No 88 (2020) Vol 6, No 87 (2019) Vol 5, No 86 (2019) Vol 5, No 85 (2019) Vol 5, No 84 (2019) Vol 5, No 83 (2019) Vol 5, No 82 (2019) Vol 5, No 81 (2019) Vol 5, No 80 (2019) Vol 5, No 79 (2019) Vol 5, No 78 (2019) Vol 5, No 77 (2019) Vol 5, No 76 (2019) Vol 5, No 75 (2019) Vol 5, No 74 (2019) Vol 5, No 73 (2019) Vol 5, No 67 (2019) Vol 5, No 66 (2018) Vol 4, No 65 (2018) Vol 4, No 64 (2018) Vol 4, No 63 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 4, No 62 (2018) Vol 4, No 61 (2018) Vol 4, No 60 (2018) Vol 4, No 59 (2018) Vol 4, No 58 (2018) Vol 4, No 57 (2018) Vol 4, No 56 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 4, No 55 (2018) Vol 4, No 54 (2018) Vol 4, No 53 (2018) Vol 4, No 52 (2018) Vol 4, No 51 (2018) Vol 4, No 50 (2018) Vol 3, No 046 (2017) Vol 4, No 49 (2017) Vol 4, No 48 (2017) Vol 4, No 47 (2017) Vol 3, No 45 (2017) Vol 3, No 400 (2016) Vol 3, No 038 (2016): Jurnal Administrasi Publik Vol 2, No 044 (2016) Vol 1, No 043 (2016) Vol 3, No 42 (2016) Vol 3, No 41 (2016) Vol 1, No 37 (2016) Vol 1, No 36 (2016) Vol 3, No 031 (2015) Vol 2, No 029 (2015) Vol 1, No 028 (2015) Vol 1, No 010 (2015) Vol 4, No 35 (2015): Jurnall Administrasi Publik Vol 4, No 32 (2015) Vol 2, No 30 (2015) Vol 1, No 12 (2015) Vol 3, No 004 (2014) Vol 2, No 002 (2014) Vol 2, No 001 (2014) Vol 4, No 5 (2014): Jurnal Administrasi Publik Vol 2, No 3 (2014) Vol 1, No 1 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 1 (2013) More Issue