cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
ISSN : 26217430     EISSN : 26217422     DOI : -
Core Subject : Education,
Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every six months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship Maulida Hasanah; Dori Lukman Hakim
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.277 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.13785

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai kemampuan literasi matematis pada siswa sekolah menengah, dimana kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan esensial untuk dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta menggali lebih dalam tentang kemampuan siswa dalam merumuskan masalah nyata secara matematika, menerapkan konsep matematika, fakta, dan penalaran matematis, serta kemampuan siswa untuk menafsirkan masalah tersebut yaitu dalam bentuk solusi, hasil atau kesimpulan matematis. Adapun cara untuk melihat bagaimana kemampuan literasi matematis siswa salah satunya dengan menggunakan soal matematika PISA khususnya pada konten quantity dan konten change and relationship. Studi kepustakaan merupakan metode penelitian yang dipilih dimana penulis melakukan studi literatur pada beberapa artikel ilmiah hasil penelitian berkaitan dengan literasi matematis yang diambil secara online melalui hasil download. Kajian atau data yang didapatkan merupakan data sekunder yang diperoleh dari berbagai artikel ilmiah, skripsi, buku, tesis, ataupun disertasi terkait literasi matematis. Sehingga dalam artikel ini diperlihatkan gambaran sejauh mana permasalahan kemampuan literasi matematis siswa pada soal matematika PISA konten quantity dan konten change and relationship.
Validitas Perangkat Pengajaran dengan Model Pengajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X SMA/MA Sarafina Rezki; Sakur Sakur; Elfis Suanto
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.863 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.14678

Abstract

Studi riset pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan silabus, RPP, serta LKPD dengan model pengajaran berdasarkan pada masalah untuk memfasilitasi penguasaan memecahkan permasalahan secara matematis pada kelas X SMA/MA pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Studi riset pengembangan berikut menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Instrumen yang digunakan pada studi riset berikut ialah intrumen validitas berupa lembar validasi untuk menilai kelayakan silabus, RPP, serta LKPD. Perangkat pengajaran divalidasi oleh tiga orang validator dan dari hasil validasi diperoleh nilai rata-rata penilaian untuk silabus ialah 3,67, RPP ialah 3,62, serta  LKPD ialah 3,65. Berdasarkan hasil analisa data bisa disimpulkan bahwa silabus, RPP, serta LKPD yang dikembangkan pada studi riset berikut telah memenuhi kriteria valid.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Yulpa Nur Arsy; Depriwana Rahmi; Annisah Kurniati
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.092 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.15775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 peserta didik kelas IX B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data yang terdiri dari teknik angket, teknik tes, dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan berupa lembaran angket gaya belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis seluruh peserta didik berada pada ketegori cukup. Kemampuan pemecahan masalah matematis subjek dengan gaya belajar visual berada pada kategori cukup, subjek dengan gaya belajar auditorial berada pada kategori kurang sekali, serta subjek dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori cukup.
Uji Validitas dan Uji Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Segiempat Nikmatul Husna Desra; Irma Fitri; Ade Irma
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.049 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.14851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan problem based learning pada materi segiempat yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kapur IX, ahli teknologi pendidikan dan, ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi non sistematis. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji validitas, lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,52%. Hasil uji coba praktikalitas kelompok kecil dengan responden berjumlah 6 orang siswa diperoleh bahwa lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 87,92%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dan praktis.
Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education Isra Hidayati; Belia Deciku; Tuti Azizah
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.529 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.14933

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengasilkan lintasan belajar/ HLT Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode desain research yang terdiri dari 3 tahap yaitu, yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 3 peserta didik SMPN 3 Lareh Sago Halaban. Ketiga peserta didik ini mewakili masing-masing peserta didik dengan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) yang diujicobakan menunjukkan bahwa lintasan belajar SPLDV dapat diterapkan dengan pendekatan RME. Selain itu, lintasan belajar SPLDV berbasis RME tersebut diawali dengan mengaitkan antara pengalaman belajar peserta didik dengan konsep baru yang akan disajikan. Selanjutnya, dalam pelaksanaan pembelajaran, peserta didik mengaplikasikan temuan konsep materi baru pada permasalahan kontekstual yang diberikan. Hingga akhirnya peserta didik dapat menerapkan konsep materi SPLDV pada konteks yang berbeda. Peserta didik dapat memahami materi yang diperolehnya melalui pengalaman belajar mereka sendiri. Pengalaman belajar seperti ini akan memperkuat pemahaman peserta didik dalam materi SPLDV. Kata kunci: Hypothetical Learning Trajectory, SPLDV, Realistic Mathematics Education
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Esteem Siswa SMK/SMA Depi Fitraini; Indah Rahmayani; Ade Irma
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.045 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.16856

Abstract

Salah satu kemampuan yang sangat penting dalam matematika adalah kemampuan komunikasi. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru matematika didapat informasi terkait rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Banyak faktor yang dapat menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis, salah satunya adalah self esteem. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self esteem. Adapun subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Perpajakan Riau. Dalam penelitian ini, purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket self esteem, soal tes komunikasi matematis dan pedoman wawancara.  Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Ada tiga tahapan yang digunakan dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMK Perpajakan Riau berada pada kategori cukup baik dengan tingkat self esteem siswa beragam. Siswa pada kelompok self esteem tinggi mempunyai kemampuan komunikasi matematis sangat baik, sedangkan siswa pada kelompok self esteem sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori cukup serta siswa yang berada pada kelompok self esteem rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis kurang sekali.
Konstruksi Integrasi Islam dan Ilmu Matematika dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Matematika UIN Suska Riau Memen Permata Azmi; Azwir Salam
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.824 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.14892

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam rencana, proses, dan penilaian pembelajaran; memperoleh konstruksi integrasi islam dan ilmu matematika dalam rencana, proses, dan penilaian pembelajaran; dan menganalisis faktor-faktor yang mempercepat atau memperlambat pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam implementasi kurikulum di program studi Pendidikan Matematika UIN Suska Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah dosen pendidikan matematika UIN Suska Riau yang mengajar mata kuliah pada bidang analisis, geometri, statistika, aljabar, matematika terapan, dan matematika sekolah. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pencapaian integrasi islam dan ilmu matematika dalam proses implementasi kurikulum tergolong tinggi saat menyusun rencana pembelajaran semester, dan rendah pada saat melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Selain itu drumuskan enam jenis konstruksi model integrasi islam dan ilmu matematika. Faktor penghambat utama dalam pencapaian integrasi islam dalam ilmu matematika adalah tidak adanya atau minimnya referensi/buku panduan tentang cara menerapkan integrasi islam dengan ilmu matematika; sulitnya mencari permasalahan keislaman yang bisa diintegrasikan dengan materi pembelajaran matematika; dan kurangnya pelatihan mengenai integrasi keislaman dan ilmu matematika
Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Dilaksanakan secara Daring pada Masa Pandemi Covid -19 di SMK Farij Imron; Isnaniah Isnaniah; M. Imamuddin
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.117 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.16635

Abstract

Pembelajaran daring sudah biasa dilaksanakan di sekolah-sekolah pada masa pandemi covid -19. Mulai dari PAUD, TK, Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan harapan dapat memutus matarantai penyebaran Covid -19. Hal yang sama juga dilakukan di SMKN Pakong, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor persepsi siswa SMKN Pakong terhadap pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring di masa pendemi covid -19. Penelitian ini adalah penelitian survei yang termasuk pada penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa SMKN Pakong yang dipilih secara acak dan selanjutnya dijadikan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data persepsi siswa SMKN Pakong dalam penelitian ini anatara lain: 1) Pembelajaran daring yang dilakasanakan di SMKN Pakong  umumnya menggunakan aplikasi WhatsApp, 2) Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran pada pembelajaran daring kurang baik, siswa yang melakukan persiapan untuk belajar daring hanya 37% siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan merasa ribet dengan persentase mencapai 49%, 3) Keuntungan belajar daring: tidak perlu persiapan pergi kesekolah, memperoleh pengalaman baru, dan materi pelajaran yang diberikan guru terdokumentasi secara otomatis dan dapat dipelajari kembali. Sedangkan kelemahan belajar daring: jaringan internet tidak stabil, konsentrasi menurun, tugas dari guru yang berlebihan, dan guru kurang interaktif dan komunikatif dalam pembelajaran, dan 4) Pelaksanaan pembelajaran matematika yang diharapkan siswa SMKN Pakong adalah pembelajaran luring.
Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP/MTs Nurhayati Yati; Rena Revita
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.625 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.13925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang menerapkan pembelajaran langsung ditinjau dari self confidence siswa yang tinggi, sedang, dan rendah pada MTs Khairul Ummah Air Molek. Serta untuk mengetahui ada atau tidak interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan self confidnece siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel kelas menggunakan Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket self confidence siswa, lembar observasi pembelajaran dan dokumen-dokumen penting.Analisis data penelitian menggunakan teknik uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diketahu bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung di MTs Khairul Ummah Air Molek, dan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Namun, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Efektifitas Pembelajaran Noticing Metakognitif terhadap Keyakinan Diri Praktik Pembelajaran Micro Teaching pada Mahasiswa Calon Guru Matematika di UIN Suska Riau Zubaidah Amir; Dedek Andrian; Anggita Maharani
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.031 KB) | DOI: 10.24014/juring.v5i2.18021

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan keyakinan diri calon guru pendidikan matematika ketika praktik microteaching antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran noticing metakognitif dengan pembelajaran micro teaching biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent eksperimental dan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan dua kelompok mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah micro teaching yaitu: mahasiswa semester 6A dan 6B, 6A adalah kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif sedangkan kelas 6B merupakan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran micro teaching biasa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dengan instrumen angket keyakinan diri yang diberikan diakhir treatment. Data dianalisis dengan deskriptif  menggunakan uji-t dengan berbantuan spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil uji-t,  terlihat perbedaan keyakinan diri praktik micro teaching diantara kedua kelompok. Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif lebih memiliki keyakinan diri ketika praktik micro teaching dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak menggunakan pembelajaran noticing metakognitif. Pembelajaran noticing metakognitif dapat memupuk kesadaran diri mahasiswa untuk siap praktik micro teachingnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10