cover
Contact Name
Ridho Pamungkas
Contact Email
-
Phone
+6285735137544
Journal Mail Official
research@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Auri No.14-16 Kota Madiun
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management
ISSN : 26157233     EISSN : 26157357     DOI : http://doi.org/10.25273/research
RESEARCH is a scientific journal that publishes articles in the field of Computer, Information systems & Technology Management. Various topics can be published in this journal is about : 1. Technology Information & Information System. 2. Computing, Internet of Think & Networking. 3. Multimedia Bussines & Learning. 4. Technology Management.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022)" : 6 Documents clear
Implementasi Design Thinking Process Framework Dalam Content Digital Product Development Informasi LENTERA UNIPMA Dimas Setiawan; Yoga Prisma Yudha; Bayu Saputra; Muchammad Rizqi W
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i2.13494

Abstract

Sistem informasi LENTERA (Learn Technology and Entrepreneur Character) dirancang untuk mendukung ketercapaian visi UNIPMA dan mendukung program smart city di kota Madiun.Tujuan LENTERA diantaranya Membentuk Ekosistem Social Learning secara daring dimana didalamnya membahas hal khusus seputar Teknologi di berbagai bidang yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen di berbagai program studi yang ingin memberikan wawasan dan mempelajari perkembangan teknologi di berbagai bidang. Membentuk Ekosistem Social Learning secara daring untuk membentuk karakter Entrepreneur di kalangan civitas akademik Universitas PGRI Madiun. Dalam proses pengembangan terakhir, redesain rancangan dengan memanfaatkan prinsip Agile,  menghasilkan uji rancangan bernilai 73 poin dengan kategori “Bagus” dari pengembangan rancangan sebelumnya yang hanya bernilai 43 poin. Sehingga pada tahap selanjutnya dapat dilakukan pengisian konten digital LENTERA dengan memanfaatkan Design Thinking Process Framework. Konten digital ini melibatkan pembuatan video mini course setiap materi pembelajaran, lengkap dengan informasi berupa inforgrafis, berita, serta kondisi persuasif yang ditujukan untuk karakteristik calong pengguna lentera. Secara keseluruhan penerapan konten digital pada produk LENTERA dengan pendekatan design thinking process bisa dilakukan, menghasilkan nilai kebergunaan sebesar 73 poin dengan keterangan baik, namun terdapat beberapa masukan pada ketidakonsistensinan penggunaan bahasa pada sistem yang dibuat di seluruh halaman LENTERA, dan baiknya untuk jenis kursus diperbanyak dan dikelompokkan agar perbedaan antara fasilitas kursus teknologi dan entrepreneurnya bisa mudah dan jelas terlihat oleh calon pengguna.
Pemanfaatan BPMN Dan Sparx Systems Enterprise Architect Dalam Penyusunan Peta Proses Bisnis Program Studi Sistem Informasi Mei Lenawati; Eka Resty Novieta Sari; Elipatma Elipatma; Luciana Dian Anggraini
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i2.13661

Abstract

Program studi sistem Informasi merupakan salah satu Prodi yang ada di Universitas PGRI Madiun, yang didalamnya melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi, Proses Bisnis untuk aktivitas dalam prodi Sistem informasi belum dipetakan sesuai dengan standard sehingga perlu dibuatkan pemodelan proses bisnis. Proses Bisnis adalah koleksi dari aktifitas yang tersetruktur pada suatu organisasi, yang menghasilkan produk atau layanan, untuk kebutuhan internal organisasi. Proses bisnis dapat dipetakan dalam bentuk diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi. Jenis proses bisnis terbagi menjadi dua yaitu, proses utama dan proses pendukung. Dari hasil pemodelan BPMN menggunakan Sparx Systems Enterprise Architect didapat desain pemodelan proses bisnis berupa 11 pemodelan tahap awal, dan masih bisa dikembangkan lagi dan dilengkapi lagi sesuai kondisi program studi yang disesuaikan dengan kondisi lembaga dan biro biro terkait serta prosedur operasional standart yang berlaku
Faktor Organisasi, Individu dan Teknologi Terhadap Berbagi Pengetahuan di Universitas: Tinjauan Sistematis dan Meta Analisis Elkaf Fahrezi Soebianto Putra; Dana Indra Sensuse
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i2.13867

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan sistematis dari literatur yang membahas mengenai knowledge sharing di institusi pendidikan tinggi. Tinjauan sistematis dilakukan untuk memperdalam pengetahuan, mengetahui hasil penelitian terdahulu, dan memperjelas masalah penelitian dalam konteks knowledge sharing di lingkungan institusi pendidikan tinggi. Tinjauan sistematis dilakukan dengan menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA). PRISMA membantu para penulis dan peneliti dalam menyusun sebuah systematic review dimana berisikan panduan item apa saja yang harus ada dalam sebuah artikel. Literatur yang dikumpulkan berasal dari artikel yang terbit pada tahun 2018 sampai dengan 2022. Berdasarkan hasil dari membaca keseluruhan isi teks, terdapat 28 yang dijadikan sebagai artikel terpilih. Penelitian ini berusaha melakukan pemetaan faktor yang mempengaruhi knowledge sharing di institusi pendidikan tinggi. Faktor-faktor tersebut diklasifikasikan berdasarkan faktor organisasi, individu dan teknologi. Berdasarkan hasil pemetaan faktor terdapat 12 faktor yang termasuk ke dalam faktor organisasi, 26 faktor yang termasuk ke dalam faktor individu dan 3 faktor yang termasuk ke dalam faktor teknologi.  Selain itu penelitian ini mencoba untuk mengusulkan model konseptual.
Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Siswa Miskin Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Arin Yuli Astuti; Ellisia Kumalasari; Galih Rakasiwi
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i2.14637

Abstract

Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak. Ketidakadilan dalam pemberian bantuan siswa miskin ini rata-rata dipilih karena kenal siswa A dan B, adanya kecemburuan sosial, padahal ortunya mampu, dari titipan kepala sekolah kerabat, dan masih menggunakan cara manual yang menyebutkan pengelolaan data BSM tidak efisien terutama dari segi waktu dan banyaknya perulangan proses yang sebenarnya dapat lebih diefisienkan. Permasalahan terkait BSM di SMA Negeri 1 Babadan, maka dibuatkan solusi yang dapat membantu menyelesaikan program BSM pada SMA Negeri Babadan yaitu calon penerima Bantuan Siswa Miskin yang sudah memenuhi kriteria dalam penyeleksian bantuan siswa miskin, tidak semua siswa akan menjadi calon penerima Bantuan Siswa Miskin tersebut. Sehingga dalam penyeleksian calon penerima Bantuan Siswa Miskin ini harus memerlukan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) penentuan BSM. Metode yang dipakai dalam pengambilan keputusan seleksi Bantuan Siswa Miskin adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam menentukan warga penerima bantuan siswa miskin menggunakan 4 kriteria dan kriteria tersebut diantaranya Jenis Pekerjaan, Jumlah Penghasilan, Jumlah Tanggungan Anak dan Lokasi rumah. Sistem akan membatu menentukan siswa yang layak dengan melihat perengkingan yang tertinggi.
Analisa Kepuasan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan Framework PIECES Nanang Junaedi
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i2.13986

Abstract

Kepuasan pengguna sistem informasi adalah tolak ukur baik tidaknya sebuah sistem informasi. Proses pengukuran SI dapat dilakukan dengan banyak cara. Dalam penelitian ini akan dilakukan proses pengukuran Kepuasan penggunaan Aplikasi EDMODO dengan PIECES Framework. Wabah Covit-19 yang saat ini sedang melanda dunia masih belum ada tanda-tanda akan segera berakhir, bahkan sudah virus ini telah mengalami mutasi gen menjadi banyak virus baru dengan varian yang lebih banyak lagi. Dunia pendidikan pun mengalami imbas yang signifikan yang menyebabkan tatap muka harus diganti menjadi virtual, imbasnya banyak siswa atau mahasiswa beralih ke EDMODO atau Google Classrom sebagai pengganti kelas luring menjadi daring. Metode analisis PIECES Framework, yang memiliki beberapa domain atau point analisa, diantaranya: Performance, Informations and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, and Service. Pada setiap domain analisa adalah referensi untuk mengevaluasi dan menganalisa sistem informasi perpustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-Learning EDMODO adalah yang baik untuk mendukung pembelajaran daring
Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Menggunakan Metode Service Quality Ziyan Zulfa Alim; Sucipto s Sucipto; Rina Firliana
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i2.13605

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan Komunikasi di bidang perdagangan dikembangkan dengan sangat cepat, e-commerce adalah cara penting untuk menyebarkan informasi tentang berbagai produk unik dan memperluas area pangsa pasar. Agro Bibit  ID merupakan e-commerce yang dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh penjualan bisnis bibit tanaman namun, penelitian tidak pernah dilakukan untuk mengetahui bagaimana keberhasilan e-commerce penjualan bibit tanaman. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu pendekatan metode Service Quality. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna pada e-commerce CV Agrobibit. Pengambilan sampel dengan metode non-probability sampling jenis sampling purporsive, jumlah sampel sebanyak 110 responden. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial, variable kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pengguna e-commerce CV Agrobibit. Pengaruh secara parsial, variable kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pengguna e-commerce CV Agrobibit. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6