cover
Contact Name
Nanang Fakhrur Rozi
Contact Email
nanang@itats.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wiwikwidyo@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK)
ISSN : -     EISSN : 26207745     DOI : -
Core Subject : Education,
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), diterbitkan secara daring (online), setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan November oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ini memuat publikasi hasil pengabdian, pemberdayaan, serta penerapan IPTEK kepada masyarakat
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2019)" : 9 Documents clear
Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya Martati, Badruli; Setyorini, Ari
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.413 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.320

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru-guru sekolah dasar untuk menulis cerita bermuatan multikulturalisme untuk anak-anak. Kegiatan ini dilakukan dengan bermitra kepada tiga sekolah dasar Muhammadiyah, yakni SDM 8 Surabaya, SDM 15 Surabaya, dan SDM 18 Surabaya. Masing-masing sekolah mengirimkan guru delegasi untuk mengikuti workshop penulisan kreatif yang diselenggarakan pada 7–8 Juli 2018. Pelatihan ini dilanjutkan dengan sesi 32 jam coaching clinic yang bertujuan me-review dan merevisi cerita pendek hasil karya guru mitra. Hasil dari pelatihan diketahui bahwa pendidikan multikulturalisme melalui cerita pendek untuk anak mampu menjadi sebuah cara yang efektif dalam menanamkan literasi budaya di sekolah dasar.
PKM Strategi Membangun Bisnis Yang Kuat Melalui Pendampingan Pada Komunitas Kebon Pala Berseri Kecamatan Makasar Jakarta Timur Setyaningsih, Eka Dyah; Zuniarti, Ida; Misriati, Titik
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.618 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.480

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah yang terdapat di Komunitas Usaha Kebon Pala Berseri masih belum maksimal dalam mengembangkan usaha di bidang makanan olahan, obat herbal, dan kerajinan tangan. Oleh sebab itu, perlu adanya pelatihan tentang kewirausahaan untuk meningkatkan kemampuan soft skill dari peserta pengabdian masyarakat agar memiliki mental yang kuat dalam menjalankan usaha. Selain pelatihan, dilakukan juga pendampingan terhadap mitra agar mampu menjalankan usaha dan membangun bisnis yang kuat untuk meningkatkan produktivitas dari usaha yang dijalankan. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman mitra meningkat sebanyak 77%.
Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini dan Pemberian Fasilitas Kebersihan di SD Negeri 1 Bangeran Ningsih, Erlinda; Purwaningsih, Dian Yanuarita; Udyani, Kartika; Budianto, Agus; Zuchrilah, Daril Ridho
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.872 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.488

Abstract

Kesehatan merupakan faktor penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Dengan kondisi yang sehat, seseorang dapat hidup produktif. Untuk menjaga kesehatan, diperlukan sebuah kesadaran yang tinggi untuk melakukan perilaku hidup sehat. Desa Bangeran memiliki permasalahan kesehatan masyarakat umumnya ketika hujan dan terjadi pada anak-anak sekitar, akibat lingkungan yang kurang bersih. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan memberikan fasilitas untuk mendukung hidup bersih serta meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih warga. Salah satu sikap preventif terhadap masalah kesehatan adalah dengan memberikan pengarahan sedini mungkin terhadap anak-anak. Pengenalan sederhana hidup bersih seperti tata cara mencuci tangan yang benar, mencuci tangan sebelum makan, praktik mencuci tangan dengan sabun cuci, dan membuang sampah pada tempatnya. Adanya penyuluhan terhadap anak-anak dapat menurunkan rentannya permasalahan kesehatan, meninggikan semangat belajar, meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih serta lingkungan yang bersih dengan dukungan fasilitas yang disediakan.
Strategi Mempertahankan Eksistensi Batik Tulis dan Peningkatan Daya Saing Pengrajin di Desa Sekardangan Sidoarjo Tjahjani, Ida Kusnawati; Baharuddin, Fahyuni; Yuliawati, Evi
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.26 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.483

Abstract

Mitra PKM kami adalah Ibu Sugiati, berusia 64 tahun, bertempat tinggal di Jl. Wahidin III, RT. 3 RW. 1, Sidoarjo, yang terus berjuang mempertahankan eksistensi dan meningkatkan daya saing batik tulis Sekardangan. Hanya tinggal beliau pengrajin yang ada di Desa Sekardangan, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, sebagai suatu sentra batik tulis selain batik Jetis, batik Kenongo, dan batik Kedungcangkring. Masalah yang dihadapi: 1) Bidang produksi: (a) Ketersediaan bahan baku dan ketidakmenentuan harga, (b) Tingkat produktivitas, (c) Persaingan dengan batik Jetis, (d) Situasi dan kondisi rumah pengrajin, serta (e) Peran stakeholder; dan 2) Bidang manajemen: (a) Proses penjualan produk, (b) Regenerasi pengrajin, (c) Kemampuan manajemen, (d) Inovasi dan kreativitas, (e) Modal usaha, serta (f) Perubahan selera konsumen. Solusi yang ditawarkan: 1) Bidang produksi: (a) Penggunaan bahan baku pengganti berkualitas tetap, (b) Peningkatan produktivitas, daya saing, dukungan infrastruktur, jalinan kerja sama dengan Pemda/Pemkot dan perbankan serta peran koperasi, dan 2) Bidang manajemen: (a) Pembuatan katalog produk berciri khas Sekardangan, perbaikan kemasan, dan e-commerce, (b) Lomba membatik, (c) Pelatihan, workshop, dan pendampingan untuk menambah wawasan tentang selera konsumen, serta (e) Kemitraan dengan Pemda/Pemkot. Agar tercipta suasana kondusif, dibentuk program kerja sama sampai kegiatan selesai dengan memahami permasalahan yang dialami mitra. Hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama yang akan diselesaikan sesuai kapabilitasnya sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan produktivitas setelah digunakannya peralatan membatik ergonomis, terwujudnya manajemen usaha yang kompetitif, efektif, dan efisien, meningkatnya daya saing, tercapai kemandirian mitra, dan kesejahteraan masyarakat.
Penataan Administrasi Data Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nida Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pandunata, Priza; Juwita, Oktalia; Prakoso, Aryo
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.088 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.458

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nida berada di wilayah Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Alamat tepatnya berada di Jl. Moch. Serueji No. 18 B, Wuluhan. Lokasi TPA An-Nida berada sejauh 32 km dari Universitas Jember. Di era digital saat ini, manajemen dan layanan TPA An-Nida masih konvensional. Di antaranya adalah pencatatan data santri, presensi, dan prestasi santri yang masih dikelola secara manual. Hal ini menyulitkan saat pencarian data santri. Terjadinya duplikasi data santri juga memungkinkan. Selain itu, TPA An-Nida masih belum memiliki sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Padahal, TIK ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan dan manajemen TPA serta dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran berbasis TIK bagi santri. Berdasarkan permasalahan tersebut, pada Progran Pengabdian Pemula (PPP) ini, dilakukan pembuatan aplikasi database untuk menampung data administrasi santri, data presensi dan prestasi santri, dokumentasi kegiatan TPA, serta data pengajar TPA. Pengadaan alat TIK berupa PC tablet untuk meningkatkan layanan dan manajemen TPA serta digunakan sebagai media pembelajaran bagi santri. Pelatihan pemakaian aplikasi database santri serta aplikasi media belajar santri berbasis TIK. Hasil dari kegiatan PPP ini adalah (1) Meningkatkan layanan pengelolaan TPA An-Nida dengan adanya aplikasi database santri yang terpusat untuk penyimpanan data santri, data keluar/masuk santri, prestasi santri, serta pengajar TPA, (2) Mendigitalkan dokumentasi kegiatan TPA yang tersusun rapi berupa portofolio TPA An-Nida. (3) Mengelola TPA dan pembelajaran menggunakan TIK, (4) Menulis artikel ilmiah dalam jurnal nasional, serta (5) Mendokumentasikan kegiatan PPP dalam bentuk video.
Pelatihan Penggunaan E-learning Berbasis Media Sosial Edmodo bagi Guru SD Negeri Mulyorejo I Surabaya Hatip, Ahmad; Sucipto, Sucipto; Setiawan, Windi
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.177 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.428

Abstract

Berdasarkan uraian analisis situasi mitra/masyarakat binaan, kegiatan abdimas yang akan dilakukan adalah pelatihan penggunaan e-learning berbasis media sosial Edmodo bagi guru SD Negeri Mulyorejo I Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai bagaimana pembelajaran dengan pendekatan e-learning yang baik. Secara substantif, kegiatan abdimas tersebut memiliki relevansi dengan tujuan abdimas dosen Universitas Dr. Soetomo tahun 2018. Dengan kata lain, ada relevansi antara kebutuhan peningkatan kapasitas masyarakat di lingkungan Universitas Dr. Soetomo dengan sumber daya bidang keilmuan yang dimiliki oleh tim abdimas. Pilihan atas jenis kegiatan abdimas seperti ini menggambarkan semangat pengabdian masyarakat Universitas Dr. Soetomo yang ingin berkontribusi secara aktif dalam kegiatan program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (HDI) Indonesia secara berkelanjutan dengan cakupan seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu target yang ingin dicapai adalah terjadinya perubahan sikap dan peningkatan keterampilan masyarakat mitra sehingga guru-guru SD Negeri  Mulyorejo I Surabaya bisa menggunakan fitur-fitur pada media sosial Edmodo dalam memperoleh informasi, mengembangkan ilmu pengetahuan, dan berinteraksi dengan guru dan siswa didiknya. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, pemutaran slide dan video, tanya jawab, dialog interaktif, curah pendapat, dan praktik kerja. Kegiatan abdimas secara keseluruhan dilaksanakan dalam rentang waktu 6 bulan (April–September 2018), mulai dari tahap perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan. Hasil abdimas dapat diketahui dari hasil evaluasi proses, produk, dan respon peserta terhadap pelaksanaan pelatihan yang dikumpulkan melalui angket kepuasan. Dalam proses pelaksanaan pelatihan, pada umumnya mitra memiliki kemauan dan minat yang besar untuk mengikuti pelatihan. 
Strategi Pengenalan Membaca Phonics Method dalam Pengabdian kepada Masyarakat di Jakarta Selatan Retnomurti, Ayu Bandu; Hendrawaty, Nurmala; Nurhayati, Nurhayati
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.913 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.473

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana strategi pengenalan membaca kosakata bahasa Inggris melalui metode phonics bagi Guru di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan semester Gasal 2018/2019 dan menjelaskan produk luaran yang dihasilkan melalui strategi phonics dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Metode phonics merupakan salah satu metode membaca yakni “Para guru mengajarkan siswa bagaimana bunyi-bunyi huruf itu maupun mencampur bunyi-bunyi secara bersama-sama untuk  membentuk  kata dan metode bunyi (phonics method) merupakan suatu teknik belajar membaca yang menekankan pada bunyi (lafal pengucapan) yang dihasilkan oleh huruf-huruf yang terdapat di dalam kata  (bunyi semacam itu dapat berbeda dari nama-nama huruf ini, seperti dalam bahasa Inggris ketika bunyi huruf c [si] tidak sesuai dengan pengucapan kata [cat].” Selain itu, kelebihan metode ini adalah memudahkan siswa membuat hubungan otomatis antara kata dan bunyi, siswa dapat membunyikan dan membacanya sendiri. Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan instruksi phonics lebih efektif daripada belajar membaca tanpa instruksi phonics. Mengacu pada hal tersebut disarankan bahwa bagi sekolah diharapkan mampu mengarahkan guru untuk menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang mempu menarik antusias siswa dalam belajar serta menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. Bagi guru, ketika pembelajaran berlangsung diharapkan ada dua orang guru atau lebih untuk mengondisikan serta diharapkan guru berbicara secara tepat dan lantang ketika pembunyian huruf phonics sehingga siswa mampu mendengar dengan jelas.
Front & Back Matter Vol. 3 No. 1 JPP IPTEK, Redaksi
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.104 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.500

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumberdadi dengan Pelatihan Hidroponik dan Pupuk Organik Nugraha, Aldila Wanda
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.738 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.481

Abstract

Pertanian  merupakan  potensi yang ada di Desa Sumberdadi. Mitra sasaran di Desa Sumberdadi adalah warga usia produktif  yang kurang memanfaatkan manajemen waktu dengan optimal.  Pemberdayaan masyarakat di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ini dilatarbelakangi masalah warga usia kerja yaitu waktu luang yang kurang produktif, rendahnya pemanfaatan lahan pekarangan sempit di rumah waga mitra, pengetahuan yang rendah tentang pola tanam hidroponik, serta minimnya pengetahuan mitra sasaran tentang produksi pupuk organik. Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan, pengetahuan serta produktivitas produk hidroponik dan pupuk organik. Target luaran dalam kegiatan ini adalah (1) meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan, kesadaran serta memotivasi mitra sasaran khususnya kelompok ibu-ibu dalam pemanfaatan lahan  kosong/ pekarangan sebagai sumber pangan/ketahanan pangan dan sumber alternatif pendapatan keluarga; (2) instalasi teknik hidroponik sederhana dan pemeliharaannya yang dapat diterapkan oleh masyarakat; dan (3) mampu memproduksi pupuk organik untuk tanaman, khususnya hidroponik dan tanaman dengan metode konvensional lain. Metode partisipatif digunakan untuk melibatkan mitra secara aktif dalam pelaksanaan penerapan teknik hidroponik dan produksi pupuk organik. Hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, introduksi metode dan teknik instalasi hidroponik, pengetahuan alat dan bahan, dan cara produksi pupuk organik serta aplikasinya. Program pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan ini membantu mitra sasaran dalam menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan produktivitas mitra sasaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 9