cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain" : 10 Documents clear
STUDY OF SIGN TYPOLOGY IN THE STATIC INFOGRAPHIC VISUAL CONCEPT OF BALURAN NATIONAL PARK BY INDONESIABAIK.ID Sabila Damayu; Wulandari Wulandari; Winny Gunarti Widya Wardani
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.547 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.9108

Abstract

Penelitian ini menganalisis Infografis Taman Nasional Baluran Karya Indonesiabaik.id. infografis ini menarik untuk dianalisis karena berupaya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kekayaan alam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penyajian data. Untuk membaca tanda-tanda visual dalm infografis Taman Nasional Baluran Karya Indonesiabaik.id ini menggunakan pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce berdasarkan pengelompokan tanda yaitu ikon, indeks dan simbol. Secara teoritis pada analisis ini akan menggambar pendekatan secara ilmiah desain komunikasi visual dalam upaya penyampaian makna melalui tanda-tanda yang ada dalam elemen visual infografis Taman Nasional Baluran Karya Indonesiabaik.id. Analisis infografis Taman Nasional Baluran Karya Indonesiabaik.id diharapkan dapar menjadi referensi untuk membaca makna tersirat yang terdapat pada infografis tersebut
Redesain Kursi Taman Alun - Alun Sidoarjo di Era New Normal Nabila Ayu Rizkiyanti; Mochamad Junaidi Hidayat
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.295 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.9967

Abstract

Alun-alun Sidoarjo merupakan ruang terbuka publik sekaligus menjadi simbol ikonik Kabupaten Sidoarjo sehingga banyak didatangi pengunjung baik lokal maupun non lokal. Namun saat ini sedang pandemi virus Covid-19, sehingga pemerintah menutup sementara dan membuka kembali dengan menerapkan sistem baru yaitu new normal. Akan tetapi, kondisi fasilitas kesiapan era new normal di alun – alun Sidoarjo masih kurang maksimal seperti kursi taman di alun-alun Sidoarjo hampir rata-rata tidak didesain memenuhi protokol kesehatan, seperti tidak dipasangnya tanda silang atau penyekat khusus untuk mengatur jarak aman. Penelitan ini mencoba mengangkat permasalahan kursi taman di era new normal. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data mix methods, terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Dengan melalui pendekatan analisis desain. Studi kasus dilakukan pada 2 tempat yaitu di alun – alun Sidoarjo dan studi banding dilakukan di Taman Bungkul Surabaya. Konsep desain yang diterapkan adalah konsep industrial design yaitu desain mudah diterapkan, fungsional, namun tetap estetis dan mengedepankan protokol kesehatan sebagai bentuk era new normal. Kemudian didapatkan 4 pengembangan desain dari 3 jenis model kursi yaitu model single, double dan kombinasi. Hasil final desain diperoleh dari kuesioner visual yaitupengembangan desain 3, warna yang didapatwarna hijau dan kuning, serta adanya penanda yang mencirikan kabupaten Sidoarjo. Lalu ditutup dengan kesimpulan dan saran.
Kajian Visual Karakter Nusantara bernama Barong dan Rangda dalam Penggalian Potensi Ideation Produk Kreatif Nadya Nadya; Joan Milenia Chiktra
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.767 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.10294

Abstract

Produk kreatif Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satu pengembangan tersebut adalah berfokus pada produk kekayaan intelektual. Luasnya subsektor industri kreatif di Indonesia, ditambah dengan berkembangnya teknologi informasi telah menciptakan sebuah trend baru berbasis kekayaan intelektual yaitu dengan menggunakan konsep Transmedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengali potensi karakter dari tokoh mitologi Barong dan Rangda sebagai referensi yang baik dalam pengembangan kekayaan intelektual bertema budaya nusantara dalam bentuk transmedia storytelling dan desain karakter secara visual. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme dengan landasan teori semiotik dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, obeservasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis dilakukan dengan cara analisa visual bentuk Barong dan Rangda yang dihubungkan dengan pemaknaan denotasi dan konotasi. Hasil yang dicapai adalah terdapat beberapa pertentangan antara pemaknaan denotasi dan konotasi tersebut. Hal ini terjadi karena persepsi dari masyarakat Bali yang cukup kuat dengan kebudayaan dan religius setempat yang menghormati setiap ajaran dan tradisi yang telah dilakukan turun-temurun, hal ini berbeda dengan pandangan umum orang awam. Melalui perbedaan ini, maka terjadilah pergeseran makna denotasi dan konotasi yang cukup kuat.
Kajian Motif Batik Betawi Seraci Khas Bekasi Muhammad Rizky Srihardi; Dendi Pratama; Ahmad Faiz Muntazori
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.968 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.10122

Abstract

Pengembangan sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian pada Batik Seraci Betawi dalam masyarakat Indonesia yang mulai meninggalkan tradisi batik. Batik Seraci Betawi ini berada di daerah kp. Kebon kelapa kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, lokasinya diantara perbatasan Jakarta Utara dan Kabupaten Bekasi. Sebagai upaya untuk melestarikan, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik bentuk dari motif Batik Seraci Betawi. Secara masyarakat Bekasi belum banyak yang mengetahui tentang batik seraci betawi ini, maka kita sebagai kaum milenial harus segera melestarikan budaya supaya tidak redup keberadaannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan menarik simpulan atau verifikasi data. Hasil penulisan ini menujukan bahwa, (1) sejarah batik Seraci Betawi untuk mengenalkan dan melestarikan batik Betawi yang hampir tidak diketahui masyarakat Bekasi dan Jakarta. (2) Karakteristik motif Batik Seraci Betawi. 
Pengembangan Desain Mainan Kayu Edukasi untuk Anak Prasekolah Bertemakan Fauna Endemik Kalimantan Trianata Pahlevy; Christin Mardiana
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1307.321 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.10515

Abstract

Mainan edukasi berbahan kayu adalah salah satu media pembelajaran yang efektif dalam membantu perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Di sisi lain, Kalimantan memiliki banyak fauna endemik yang terkenal seperti, burung enggang, orangutan, monyet bekantan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, banyak dari hewan eksotis ini kini kian terancam punah. Isu kepunahan ini sebenarnya sudah akrab untuk didengar oleh kalangan dewasa. Namun, yang menjadi permasalahan adalah cara mengedukasikan hal ini kepada anak-anak sedari usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perancangan terdahulu mengenai mainan edukasi berbahan kayu untuk anak prasekolah bertemakan fauna endemik Kalimantan, sehingga anak tidak hanya belajar mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi mampu mengenali fauna endemik Kalimantan sedari dini. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif didukung dengan data kuantitatif, dan analisis yang digunakan adalah analisis kebutuhan produk, analisis sistem, analisis material,dan analisis bentuk. Dari hasil analisis ini kemudian menghasilkan sebuah konsep bernama “Match it, Plug it, Play it!”. Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe desain dari konsep mainan ini.
Analisis Komponen Visual pada Iklan Animasi Shoope “Sekotak Harapan dari Shopee” Adya Mulya Prajana; Aisyi Syafikarani
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1811.794 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.9221

Abstract

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 menjadikan masyarakat melakukan kegiatannya hanya di rumah saja. Dalam melihat kondisi tersebut maka para produsen iklan dituntut untuk dapat selalu adaptif dalam membaca keadaan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Iklan animasi Shopee “Sekotak Harapan dari Shopee” adalah iklan yang menampilkan berbagai macam kegiatan masyarakat di masa pandemi. Pendekatan visual tersebut dilakukan sebagai sebuah refleksi dari keadaan yang sedang terjadi di masyarakat. Namun pertanyaannya apakah dengan terbatasnya kegiatan masyarakat yang ditampilkan dalam iklan di masa pandemi menggunakan komponen visual. Hal tersebut menjadi pertanyaan karena lingkup visual yang ditampilkan terbatas. Penelitian ini dianalisa menggunakan teori Komponen Visual dengan metode deskriptif kualitatif. Observasi visual pada iklan animasi Shopee yaitu dengan mengambil setiap potongan gambar video iklan dengan menggunakan teknik screenshot. Analisis ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui penggunaan unsur-unsur komponen visual yang terdapat pada iklan animasi Shopee “Sekotak harapan dari Shopee” dalam membangun relasi antara visual dengan pesan yang disampaikan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Iklan animasi Shopee “Sekotak Harapan dari Shopee” menggunakan komponen visual sebagai pemanfaatan teknis pada iklan, 2) Terdapat relasi antara visual dengan pesan yang disampaikan dalam iklan, 3) Iklan tersebut memanfaatkan kondisi yang terjadi di masyarakat sebagai pendekatan visual sehingga iklan dapat dengan mudah mendapat perhatian.  
Analisis Semiotika Brand Value melalui Artist - Brand Collaboration Uniqlo UT Shierly Everlin; Yana Erlyana; Chersy Gunawan
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.795 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.10293

Abstract

UNIQLO, peritel legendaris asal Jepang, sering membina kolaborasi merek dengan berbagai desainer pakaian, figur, atlet, dan merek-merek terkenal sehingga dapat meningkatkan kesadaran target pasar untuk koleksi pakaian kasualnya. Salah satu koleksi yang diproduksi oleh UNIQLO adalah UNIQLO UT (Graphic T-Shirt), yang merupakan koleksi kaos atau pakaian sehari-hari yang terbuat dari bahan katun dengan tampilan visual berupa grafis yang dibuat oleh artis atau brand ternama. Peneliti bertujuan untuk mengetahui konstruksi nilai merek UNIQLO UT melalui kolaborasi artis-merek yang dilakukan pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berpijak pada paradigma konstruktivis, dengan menggunakan analisis semiotika pemasaran Oswald yang melibatkan tiga hal penting. komponen, yaitu tanda, strategi dan nilai merek. Melalui proses kolaborasi yang dilakukan, terlihat kekontrasan antara penyampaian budaya populer yang awalnya tersegmentasi dengan sifat penyerapan budaya yang akan dikonsumsi secara massal. Tampilan desain dari kolaborasi UNIQLO UT menitiberatkan pada pertukaran visual yang melekat pada karakter seniman itu sendiri ataupun brand. Kegiatan kolaborasi ini memungkinkan bagi konsumen yang kepribadiannya tidak sesuai dengan kebudayaan tertentu mampu mengubah pandangan mereka ketika UNIQLO UT berkolaborasi dengan artis tersebut. Sifat pemasaran UNIQLO yang global ini memungkinkan adanya perubahan pandangan atau bahkan penyerapan budaya baru
Perancangan Motion Comic Kaba Minangkabau Puti Nilam Cayo Vernanda Em Afdhal; Fariko Edwardi; Dyna Aldina
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.755 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.10597

Abstract

Kaba merupakan sastra tradisional yang berkembang dikalangan masyarakat Minangkabau. Sastra lisan berbentuk prosa berirama ini menceritakan tema yang bermacam-macam, seperti cerita rakyat, kisah perjuangan pahlawan, petualangan maupun kisah percintaan. Puti Nilam Cayo adalah cerita klasik Minangkabau dalam bentuk kaba. Untuk menarik minat generasi sekarang akan Kaba Minangkabau terutama cerita Puti Nilam Cayo, maka akan dirancang media digital motion comic. Metode perancangan pada karya motion comic ini akan mengadaptasi metode Alih Wahana dan untuk menganalisa dipakai metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat) yang secara khusus melihat dari aspek mengevaluasi target audiens.Perancangan diharapkan menjadi media edukasi dan menghasilkan karya seni digital yang menjadi media alternatif untuk menelusuri cerita dari Kaba Puti Nilam Cayo.
Pengembangan “Jurnal Proses Desain” sebagai Media Pembelajaran Perancangan Desain Siti Nurannisaa P.B.; Andreas Andeas; Julius Andi Nugroho
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.849 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.10690

Abstract

Pembelajaran proses perancangan karya harus dipelajari secara praktek untuk menemukan pengembangan gagasan konseptual dan proses kreatif penciptaan karya visual. Salah satu faktor untuk mengoptimalkan dalam mempelajari materi proses kreatif adalah dengan pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal pembelajaran adalah kumpulan catatan, pengamatan, pengalaman dan bahan lainnya yang relevan dan terkait selama periode waktu proses pembelajaran. Pembelajaran melalui jurnal dapat membangun pemahaman dan proses refleksi pengalaman dalam memahami proses desain. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan yang bertujuan merancang media pembelajaran berupa jurnal proses proses desain bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Penelitian mengunakan model ADDIE - Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (penilaian). Jurnal pembelajaran dirancang dengan membagi kriteria berdasarkan karakteristik mata kuliah dan dibuat dalam bentuk lembar kerja. Jurnal pembelajaran membantu mahasiswa dalam membangun pengetahuan dengan lebih reflektif, memahami proses desain yang sedang dilakukan, mengidentifikasi, menseleksi, mengorganisasikan, atau membuat kesimpulan atas seluruh informasi yang dikelola dalam proses desain.
Fotografi Komersial dalam Foto Potrait Fashion Vogue Dzulya Istiqomah; Maya Purnama Sari
Jurnal Desain Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.967 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i1.9924

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kita untuk melakukan inovasi yang selalu baru dari tiap generasinya. Banyak ide yang dpat dikembangkan serta dikolaborasikan sehingga menimbulkan penemuan yang baru, khususnya salam bidang fotografi. Fotografi kini sudah tidak terbatas dan dapat ditemukan dimanapun, seperti pada bidang fotografi komersial. Banyak sekali cakupn yang dapat dilihat pada fotografi komersial misalnya pada foto portrait yang selalu berkembang pada dunia fashion. Vogue merupakan suatu produk majalah yang terkenal di berbagai kalangan dunia, bahkan dapat dikatakan sebagai kiblatnya fashion di seluruh negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fotografi komersil Vogue dengan model Blackpink sebagai foto portrait dalam dunia fashion. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis semiotik dari Charles Sanders Peirce sehingga dapat mengetahui serta pemahaman dari penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10