cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain" : 11 Documents clear
Teknik Animasi Frame by Frame pada Karakter Ikan Badut dalam “Game Edukasi: Petualangan Ikan Badut” Ngakan Putu Darma Yasa; I Gede Adi Sudi Anggara
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.903 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.11482

Abstract

Game edukasi merupakan sebuah permainan digital yang diciptakan untuk membantu proses pendidikan. Materi pendidikan yang dikemas dalam bentuk game bisa berupa materi-materi yang diajarkan di sekolah. Game edukasi saat ini semakin pesat perkembangannya karena dipengaruhi oleh banyak pengembang game yang bermunculan. Pengembang game saat ini didukung oleh teknologi yang maju serta teknik-teknik animasi yang beragam untuk menciptakan game. Salah satu teknik yang digunakan dalam Game Edukasi: Petualangan Ikan Badut adalah teknik animasi frame by frame. Frame by frame merupakan teknik dalam animasi yang menggunakan beberapa gambar berbeda dalam setiap frame. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan teknik animasi frame by frame pada karakter game edukasi yaitu, Ikan Badut. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan implementasi. Hasil yang diperoleh yaitu implementasi teknik animasi frame by frame menggunakan sembilan gambar agar memperoleh gerakan animasi Ikan Badut. Sketsa desain hingga animasi Ikan Badut langsung dikerjakan pada software pengolah animasi yaitu Adobe Flash CS6. 
Desain Pengembangan Prasarana Guna Menunjang Digital Branding Wisata Pesisir (Studi Kasus: Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur) Yerry Kahaditu Firmansyah; Megahnanda Alidyan Kresnawati; Ade Kusuma; Prayudi Prayudi
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1690.66 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.10231

Abstract

Setiap negara memiliki strategi yang berbeda- beda dalam menghadapi tantangan global. Digital branding adalah sebuah strategi yang banyak digunakan guna memberikan informasi identitas diri sebuah negara di tengah panggung dunia yang semakin kompetitif, terutama terkait kekuatan kinerja ekonomi, aktivitas eksport-import, investasi dan pariwisata. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah mempublikasikan “Wonderful Indonesia” sebagai bagian dari nation branding untuk menguatkan diri di antara negara Asia lainnya.Untuk mendukung hal tersebut diperlukan upaya peningkatan wisata di Jawa Timur terutama di Desa Kalanganyar, Sidoarjo akan dilakukan penataan agar lebih menarik pengunjung. Desa Kalanganyar merupakan salah satu desa di wilayah pesisir kabupaten Sidoarjo yang memiliki potensi wisata mangrove dan wisata pesisir. Konsep pengembangan desa wisata yang dilakukan dengan melibatkan dan menempatkan masyarakat lokal yang memiliki kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan daerahnya sendiri untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal dan keberlanjutan kebudayaan lokal dan sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi pengembangan, pengelolaan, dan penataan desa wisata di kawasan pesisir Desa Kalanganyar, Kabupaten Sidoarjo yang nantinya akan dikenalkan melalui dunia digital. Adapun kegiatan dalam penelitian ini adalah melakukan penaatan lahan, zonifikasi lahan, dan pengembangan area wisata.
Perancangan Produk Sepatu Pria dengan Memanfaatkan Material Kulit Kayu Ulin Khas Kalimantan Anindita Ratizah Damar Galih; Choirul Anam
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.381 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.10838

Abstract

Kayu ulin (Eusideroxylon zwageri T &B) merupakan salah satu sumber daya alam terbesar yang tumbuh di Kalimantan. Pada kenyataannya pemanfaatan kayu ulin terbilang sangat rendah, khususnya pada kulitnya yang memiliki nilai fungsi dan jual yang murah. Berdasarkan hal tersebut, adanya potensi untuk memanfaatkan kulit kayu ulin khas Kalimantan yang dijual lembaran dalam pembuatan sepatu kasual pria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan material kulit kayu ulin sebagai bahan baku pembuatan desain sepatu kasual pria berbahan kulit kayu ulin. Penelitian ini dilakukan dengan cara menerapkan kulit kayu ulin sebagai bahan baku utama pembuatan desain sepatu kasual pria yang dikombinasikan dengan beberapa material. Metode yang di lakukan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode desain, untuk mengetahui desain sepatu kasual pria saat ini yang sesuai dengan standar dan tingkat kenyamanan sepatu.  Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa kulit kayu dapat dijadikan sebagai material utama dalam pembuatan produk sepatu kasual pria dengan cara mengkombinasikan beberapa material pendukung dan tetap mengutamakan kenyamanan pada sepatu. Produk yang dibuat menerapkan konsep desain Earth Tone yang bertujuan untuk menonjolkan kesan alam dan natural yang dimiliki oleh kulit kayu. Hasil dari penelitian ini adalah produk sepatu kasual pria berbahan kulit kayu ulin yang di kombinasikan dengan kulit nabati, dengan konsep Earth Tone, yang berarti desain sederhana yang menonjolkan kesan alam dan natural yang dimiliki oleh kulit kayu ulin.
Motion Comic Pengenalan Ilmuwan Muslim Abbas Ibnu Firnas Ikhsan Carenzino; Edo Galasro Limbong; Duane Masaji Raharja
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.077 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.12002

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang motion comic pengenalan Abbas Ibnu Firnas sebagai ilmuwan muslim penemu konsep pesawat terbang pertama di dunia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data-data yang dilakukan menunjukan bahwa Abbas Ibnu Firnas adalah seorang ilmuwan luar biasa yang pantang menyerah dalam melakukan penelitiannya khususnya pada pembuatan alat terbang. Dalam hal ini peneliti merancang media motion comic karena media-media sebelumnya belum ada yang membuat motion comic. Motion comic yang dirancang adalah kisah perjuangan Abbas Ibnu Firnas dalam melakukan eksperimen untuk menciptakan alat terbangnya dengan menggunakan visual yang menarik. Dalam pembuatan motion comic peneliti menggunakan illustrasi realis yang di stilasi menyerupai gaya animasi serta menggunakan pergerakan yang sederhana dan didukung efek-efek yang akan membuat penonton dapat merasakan situasi yang ada serta pesan yang disampaikan mudah diterima. Hasil dari perancangan motion comic Abbas Ibnu Firnas sebagai penemu konsep pesawat terbang pertama di dunia ini diharapkan dapat memberikan pengenalan mendalam tentang sosok Abbas Ibnu Firnas, mampu menginspirasi perjuangannya dalam menggapai keinginannya dan dapat memvisualisasikan perjalanan Abbas Ibnu Firnas ke dalam motion comic.
Strategi Komunikasi Visual pada Iklan Animasi Khong Guan “Sebuah Kenangan Manis” Aisyi Syafikarani; Mohamad Tohir; Adya Mulya Prajana
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.497 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.9194

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada dunia periklanan. Mengharuskan produsen untuk menemukan solusi yang dapat mengatasi hal ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan produser adalah dengan mulai menggeser strategi komunikasi visual dengan menggunakan materi yang sederhana dan efisien seperti yang dilakukan brand Khong Guan melalui iklan animasi "Sebuah Kenangan". Hal ini cukup menarik dan baru bagi khalayak karena telah terjadi pergeseran, dari iklan dalam bentuk video pada umumnya menjadi iklan dalam bentuk media animasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi visual dalam iklan animasi Khong Guan "Sebuah Kenangan". Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan mencari data melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teori analisis visual. Sehingga hasil penelitian ini 1) Dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pihak-pihak yang berkecimpung di dunia periklanan khususnya dalam menyusun media iklan animasi sebagai solusi periklanan di masa pandemi Covid; 2) Dapat digunakan sebagai bahan evaluasi strategi komunikasi visual dalam sebuah iklan di masa pandemi.
Desainer Grafis, Netizen dan Etika; Tinjauan Pesan Visual dalam Media Sosial Nurhablisyah Nurhablisyah
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.654 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.11530

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana desain grafis dan warganet bisa menggunakan Teori Etika Visual untuk menciptakan pesan verbal-visual. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teori Etika Visual sebagai pisau analisis. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi di media sosial maupun digital dan studi literatur. Komunikasi teknologi mendorong pesan dapat disampaikan dengan cepat, mudah dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Namun jika tidak digunakan secara ideal dan sesuai kebutuhannya, pesan-pesan tersebut dapat membawa perpecahan, tindak kriminal, perundungan, penyebaran hoak, dan lain sebagainya. Teori Etika Visual diperkenalkan pertama kali oleh Julianne .H Newton. Di dalamnya terdapat dua  kegiatan utama, yaitu proses dan pemaknaan yang dilihat secara etis dan tidak etis.  Seorang desainer grafis dituntut memiliki standar yang lebih tinggi dalam hal kualitas penciptaan pesan melalui perilaku, keahlian dan nilai-nilai yang profesional. Jika desainer grafis mengaplikasikan Teori Etika Visual di dalam karyanya, maka ini akan mengedukasi masyarakat (netizen) untuk berhati-hati  dan selektif dalam memproduksi dan berbagi pesan visual.
Pengembangan Elemen Visual Desain Festival Duan Wu Kota Tanjung Pinang Andreas Andreas; Mariati Mariati
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.396 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.11345

Abstract

Festival Duan Wu ditetapkan pada kalender lunar hari ke-5 bulan ke-5 merupakan tradisi Tiongkok kuno yang dipercayai hingga saat ini oleh etnis Tionghoa di Indonesia. Kota Tanjung Pinang yang sempat menjadi kota didominasi oleh etnis Tionghoa dengan persentase terbanyak sekitar 58,86% juga rutin menyelenggarakan tradisi turun temurun ini setiap tahunnya. Praktik budaya yang digelar meliputi pemujaan Dewa, konsumsi bakcang dan kicang, dan perlombaan dragon boat race di rumah pelantar. Setiap komponen pada praktik budaya memiliki arti penting bagi etnis Tionghoa Tanjung Pinang. Melalui penelitian kualitatif, peneliti melakukan studi literatur dari berbagai artikel Tiongkok, mewawancarai etnis Tionghoa setempat dan mengkolektif data visual guna menentukan objek yang paling banyak digunakan dan memiliki makna historis. Peneliti menemukan bahwa naga Tiongkok; bakcang; dan perahu naga yang paling dapat melambangkan Festival Duan Wu. Dengan tujuh elemen visual desain, peneliti mengembangkannya menjadi desain emblem melalui simbol, pola, ilustrasi, dan warna.
Perancangan Infografis Hirudoterapi sebagai Pengobatan untuk Memperlancar Sirkulasi Darah Hadiansyah Ma’arif; Puri Kurniasih; Ariefika Listya
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1170.88 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.11987

Abstract

Tujuan penelitian adalah merancang infografik hirudoterapi sebagai pengobatan untuk memperlancar sirkulasi darah. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan studi literatur, observasi dan wawancara. Hasil yang dicapai dari observasi adalah gambaran terkini tentang terapi lintah dan data-data yang didapat berupa perkembangan pengobatan terapi lintah dan kelebihan yang terdapat pada air liur lintah, bertolakbelakang dengan hal tersebut yakni persepsi pengobatan hirudoterapi masih rendah. Melalui studi literatur diperoleh sejarah terapi lintah dan jenis-jenis lintah tertentu yang bisa dipakai dalam melakukan terapi. hasil wawancara adalah cara melakukan pengobatan terapi lintah dengan prosedur yang baik dan benar yang belum terdapat pada teknik pengumpulan data lainnya. Konsep desain komunikasi visual diterapkan guna merancang infografik yang tepat mengkomunikasikan hirudoterapi kepada target khalayak usia 17-25 tahun, tinggal di perkotaan dan peduli terhadap kesehatan. Jenis huruf yang diipilih yakni Sofia Pro Reguler berkesan kuat dan bersih sesuai pesan yang ingin disampaikan yakni solusi alternatif dalam bidang kesehatan, ilustrasi yang digunakan adalah flat design sebagai gaya desain yang sering dipakai pada banyak infografik, dan skema warna yang digunakan adalah warna-warna alami bersaturasi rendah dikombinasikan dengan nilai terang-gelapnya, termasuk warna asli hewan lintah. Diharapkan melalui infografik ini khalayak memahami manfaat hirudoterapi, sehingga dapat menjadi solusi alternatif mengobati penyakit yang mempengaruhi sirkulasi darah
Strategi Iklan Grab versi "Pilih Aman" Iman Sumargono; Muhammad Hidayattuloh
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i2.9318

Abstract

Iklan merupakan bagian dari keseluruhan bentuk pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen  untuk melakukan hal yang sesuai dengan isi pesan dari iklan. Iklan dibuat menarik, sebaik dan sekreatif mungkin karena iklan mempunyai tugas untuk meningkatkan penjualan. Iklan mempunyai dampak membentuk perilaku konsumtif pada masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk : (a) menjelaskan bagaimana pendekatan kreatif pada Iklan Grab Versi Pilih Aman; (b) menjelaskan bagaimana daya Tarik kreatif pada iklan Grab Versi Pilih Aman; (c) menjelaskan gaya eksekusi pada iklan Grab Versi Pilih Aman.Iklan yang dijadikan penelitian adalah Video iklan #PilihAman diunggah Grab di akun Youtube maupun Facebook resminya pada tanggal 18 September 2016, dengan pertimbangan  strategi kreatif iklan yang mengeksplorasi konten disturbing picture justru menuai kecaman dari netizen dan berdampak pada viral yang sangat cepat. Metode observasi dan dokumentasi dilakukan dalam proses pengumpulan data. Data penelitian kemudian dianalisi dengan metode kualitatif. Berdasarkan fenomena yang telah disajikan di atas peneliti bermaksud untuk menganalisa Video iklan #PilihAman penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana konsep kreatif atau gagasan besar dibangun sehingga mampu membuat pesan iklan menjadi berbeda, bisa merebut perhatian dan mudah untuk diingat
Memperkenalkan Sejarah dan Nilai-Nilai Perayaan Grebeg Besar Demak melaui Perancangan Game Edukasi Ali Muqoddas; Noor Hasyim; Abi Senoprabowo
Jurnal Desain Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1820.99 KB) | DOI: 10.30998/jd.v9i2.11602

Abstract

Tradisi Grebeg Besar Kabupaten Demak mengandung nilai luhur dan nilai edukatif tinggi yang dapat mempengaruhi masyarakatnya berinteraksi secara positif sehingga mampu membina budi pekerti dan mengekang perbuatan negatif. Tradisi Grebeg Besar Demak juga mengandung nilai religius, sakral, integritas, dan pelestarian peran dakwah Wali Songo. Namun saat ini tradisi Grebeg Besar hanya berisi wahana permainan dan hiburan dangdut dibandingkan sebagai media pelestarian budaya sehingga menghilangkan makna dari Grebeg Besar itu sendiri. Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya pengetahuan remaja kabupaten Demak tentang sejarah dan nilai-nilai penting dari perayaan Grebeg Besar Demak. Perkembangan teknologi informasi memberikan ruang yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan sejarah dan nilai-nilai budaya Grebeg Besar tersebut dengan lebih menarik dan menyenangkan salah satunya melalui media game. Penelitian ini menggunakan metode perancangan MDLC (Multimedia Development Life Circle) karena merupakan metode pengembangan multimedia yang banyak digunakan saat ini dan sesuai untuk pemecahan masalah. Metode MDLC melakukan pengembangan game dengan beberapa tahapan yaitu Konsep, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Uji Coba, dan Penyebarluasan. Dengan adanya game edukasi tentang sejarah dan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Grebeg Besar Demak melaui game dapat menarik dan menyenangkan sehingga seseorang secara tidak sengaja mendapatkan pengetahuan tentang sejarah dan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Grebeg Besar Demak.

Page 1 of 2 | Total Record : 11