cover
Contact Name
Jayanti Putri Purwaningrum
Contact Email
jayanti.putri@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
anargya@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 26154196     EISSN : 26154072     DOI : -
Core Subject : Education,
“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are peer-reviewed by at least two referees. “Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is managed to be issued twice in every volume. The scope of “Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika”.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2018)" : 10 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika Ario, Marfi; Asra, Azmi
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.027 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2477

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar materi kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan quasi exsperiment dengan desain penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kalkulus integral sebanyak 27 orang yang terbagi dalam dua kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Mahasiswa di kelas eksperimen memperoleh pembelajaran flipped classroom, sedangkan mahasiswa di kelas kontrol memperoleh pembelajaran langsung. Data penelitian berupa hasil belajar kalkulus integral mahasiswa diperoleh melalui teknik tes dengan soal berbentuk uraian. Hasil tes menunjukkan rata-rata hasil belajar mahasiswa di kelas eksperimen adalah 74,57 dan di kelas kontrol adalah 55,83. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar materi kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika
Analysis of Mathematical Problem-Solving Skills and Student Process Skills in Problem-Based Learning Wakit, Ahmat; Kusumodestoni, R. Hadapiningradja
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.921 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik pembelajaran matematika dengan problem based learning pada kurikulum 2013, dan 2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keterampilan proses siswa pada pembelajaran dengan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan concurrent embedded design yaitu penggabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan secara bersama-sama. Dalam penelitian ini, penelitian kualitatif sebagai metode primer sedangkan penelitian kuantitatif sebagai metode sekunder. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII MTs PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara sebanyak 37 siswa. Keterampilan proses siswa yang diamati meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan membentuk jejaring/ mengkomunikasikan. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) perangkat pembelajaran dengan model problem based learning pada kurikulum 2013 efektif karena memenuhi uji ketuntasan pada kelas eksperimen dan uji banding yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning dan keterampilan proses siswa dalam mengikuti pembelajaran pada kurikulum 2013 mengalami peningkatan secara signifikan.   
Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Kelas IV melalui Model Open Ended Berbantuan Miniatur Rumah Adat Kudus Lestari, Yulianti Elly; Rahayu, Ratri; Ulya, Himmatul
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.977 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa, keterampilan belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret, serta mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus siswa kelas IV SD 1 Gondosari pada semester II tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masingmasing siklus terdiri atas rencana, aksi, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan yakni soal tes pada setiap siklus, pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan belajar siswa dan lembar observasi keterampilan mengajar guru. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa dilihat dari hasil tes koneksi matematika menunjukkan adanya peningkatan.Nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematika siswa yang diajarkan menggunakan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus adalah sebesar 63,33 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 31,11%. Pada siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 78,18 dan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93,33%. Keterampilan belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,33 (cukup baik) meningkat pada siklus II menjadi 3,43 (sangat baik). 
Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik Luksiana, Eni; Purwaningrum, Jayanti Putri
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.639 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2936

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar penerapan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada mata pelajaran matematika, serta seberapa besar keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa dapat meningkat melalui model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik. Teknik pengumpulam data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes dan non tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siklus I (46,67%) meningkat menjadi (86,67%) siklus II, kemudian terjadi peningkatan pada keterampilan mengajar guru siklus I (78,84%) meningkat menjadi (89,06%) siklus II, dan aktivitas siswa juga terjadi peningkatan pada siklus I (69,47%) menjadi (79,28%) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa.
Perencanaan Guru Madrasah Aliyah Jambi dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Istofa, Dian Nisa; Zulyanty, Marni
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.03 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2466

Abstract

Kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan menjadi faktor penting untuk melihat keefektifan pengunaan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Salah satu aspek untuk melihat keefektifan penggunaan kurikulum adalah dengan melihat kegiatan perencanaan pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan  melihat kesiapan guru madrasah aliyah pada pembelajaran matematika dalam perencanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan sebuah studi tentang implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran matematika khususnya dalam ranah perencanaan. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripitif. Penelitian ini lebih menekankan pada perencanaan guru MA pada pembelajaran matematika dengan menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran matematika. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru  matematika Madrasah Aliyah Negeri 4 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data dalam pengumpulan ini dilakukan melalui observasi tentang situasi pembelajaran matematika dengan menggunakan KTSP, wawancara tentang perencanaan guru dalam mempersiapkan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan pendidikan di madrasah aliyah. Berdasarkan hasil penelitian, kesiapan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP sudah sesuai dengan ketetapan yang harus ada dalam acuan  kurikulum tingkat satuan pendidikan. Dimana komponen-komponen yang ada dalam silabus dan RPP yang dibuat guru telah memuat komponen tersebut. Selain itu guru juga telah menganalisis tujuan pembelajaran matematika yaitu kesesuaian standar kompetensi dengan materi pembelajaran yang akan disampaikannya. Kesiapan guru matematika juga ditunjukkan dengan memahami karakter siswa yang berbeda dalam setiap kelas.
Meningkatkan Pemahaman Nilai Profetik melalui Konsep Integrasi Pembelajaran Model Matematika Marom, Saiful
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.825 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2797

Abstract

Pemahaman Nilai profetik sangat penting untuk dimiliki mahasiswa untuk masa depan bangsa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan integrasi pembelajaran matematika dengan Al-Quran untuk meningkatkan pemahaman nilai profetik mahasiswa program studi Tadris Matematika di IAIN Salatiga. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan kuesioner. Kuesioner penelitian dikembangkan berdasarkan sintesis dari Revised Life Orientation Test (LOT-R). Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran matematika dengan al-Qur'an dapat meningkatkan pemahaman nilai profetik mahasiswa secara signifikan. Uji t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan perbedaan 71,74% (kelompok eksperimen 77,8%, sedangkan kelompok kontrol 6,06%) dalam peningkatan pemahaman nilai profetik.
Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Pendekatan Differentiated Instruction Defitriani, Eni
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.279 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar dengan pendekatan Differentiated Instruction (DI) dan siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional (KV).  Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Populasi berasal dari seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri Bandung. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan DI dan kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data dengan statistik nonparametrik Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata N-gain kemampuan koneksi matematis siswa DI sebesar 0,43 (kategori sedang) sedangkan skor rata-rata  N-gain kemampuan koneksi matematis siswa KV sebesar 0,25(kategori rendah). Hal ini berarti bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar dengan pendekatan DI lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional. Pembelajaran DI dengan pengelompokkan berdasarkan minat lebih efektif memfasilitasi siswa melakukan aktivitas koneksi dalam proses diskusi. 
Penerapan Model Jigsaw Berbantu Permaianan Ultra 3D untuk Peningkatkan Pemahaman Matematis Safitri, Titin; Bintoro, Henry Suryo; Sucipto, Sucipto
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.345 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, dan menemukan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan permainan ular tangga tiga dimensi (ULTRA 3D) pada sifat-sifat bangun datar pada kelas III SD N 3 Ngeling. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas III SD N 3 Ngeling dengan subjek penelitian 28 siswa dan peneliti sebagai guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada materi sifat-sifat bangun datar yang signifikan yang mencapai rata-rata presentase antara siklus I (71,43%) dan siklus II (82,14%). Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari skor rata-rata 2,31 dengan kriteria cukup baik pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 2,53 pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata 3,07 dengan kriteria baik, meningkat menjadi skor rata-rata sebesar 3,35 pada siklus II dengan kriteria sangat baik 
Penerapan Contextual Teaching and Learning Berbantu Blok Pecahan untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pujiati, Pujiati; Kanzunnudin, Mohammad; Wanabuliandari, Savitri
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.739 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2713

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) untuk peningkatan keterampilan mengajar guru, (2) untuk peningkatan aktivitas belajar siswa, (3) untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Lokasi dalam penelitian ini ialah SD 3 Gemulung Jepara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata keterampilan mengajar guru dari siklus I 2,27 (cukup baik) meningkat pada siklus II 3,21 (baik). Aktivitas belajar siswa dari siklus I 2,10 (cukup baik) meningkat pada siklus II menjadi 2,57 (baik). Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pre-test hanya mencapai 53% meningkat pada siklus I menjadi 68% dan  terus meningkat pada siklus II menjadi 84%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantu blok pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Gemulung berhasil
Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi SISWA SMP Kadarisma, Gida
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.391 KB) | DOI: 10.24176/anargya.v1i2.2570

Abstract

Kemampuan komunikasi matematik sangat penting dimiliki oleh siswa, namun pada kenyataannya berdasarkan penelitian kemampuan komunikasi matematik siswa masih tergolong rendah, Oleh karena itu perlu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi siswa yaitu pendekatan Open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang pembelajaranya menggunakan open-ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas di salah satu sekolah SMP kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini sebanyak 4 soal uraian  komunikasi, data diolah menggunakan SPSS 21, pengolahan data gain dimulai dari menghitung gain ternormalisasi kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rerata. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan open-ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Dengan demikian pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10