cover
Contact Name
Acai Sudirman
Contact Email
acaivenly@stiesultanagung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surabaya N0. 19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Maker: Jurnal Manajemen
ISSN : 25024434     EISSN : 2686259X     DOI : 10.37403
Core Subject : Science,
Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021" : 10 Documents clear
KETERTARIKAN KONSUMEN TERHADAP LEE MIN HO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN CITRA MEREK LAZADA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Ramadhanty Khansaputri Perdana; Nuruni Ika Kusuma Wardhani
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.278

Abstract

Saat ini Indonesia tengah dilanda Pandemi Covid-19 yang merupakan pandemi global sehingga mengharusan masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari di rumah dengan keadaan seperti ini menyebabkan tingkat penggunaan layanan digital khususnya e-commerce semakin meningkat. Peningkatan penggunaan e-commerce menyebabkan meningkatnya juga jumlah keputusan pembelian konsumen pada situs e-commerce. Tujuan dari terlaksananya penelitian ini ialah mengamati pengaruh yang ditimbulkan oleh brand ambassador dan citra merek terhadap keputusan pembelian di Lazada. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di e-commerce Lazada wilayah Surabaya. Penelitian ini menerapkan metode non probability sampling dalam mengambil sampel penelitian serta mengadopsi teknik accidental sampling. Terdapat 70 responden yang kemudian data yang berhasil dihimpun dari para responden dapat dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini memperoleh adanya sebuah pengaruh yang positif di dalam keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk berdasarkan brand ambassador, brand ambassador–pun memberikan pengaruh yang positif terhadap citra merek, dan citra merek akan memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk di e-commerce Lazada secara positif.Kata kunci: Lee Min Ho, ketertarikan konsumen, keputusan pembelian
MENDORONG LOYALITAS PELANGGAN PT SUTAN INDO PEMATANGSIANTAR MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN Efendi Efendi; Marisi Butarbutar; Erbin Chandra; Johan Efendi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.300

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Pendekatan yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, korelasi dan determinasi, uji t dengan hasil penelitian, yaitu pengaruh yang positif serta signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas dan tingkat hubungan yang sedang. Penelitian ini mengkonfirmasi besarnya kontribusi variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 34,8% pada PT Sutan Indo Pematangsiantar.Kata kunci: kualits pelayanan, loyalitas pelanggan
ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI DEILICIOUS KITCHEN SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN STRATEGI PRODUK DAN HARGA Erika Larasati Fajrina; Cecep Safa'atul Barkah; Arianis Chan; Pratami Wulan Tresna
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.213

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan pembelian makanan di Deilicious Kitchen. Motivasi konsumen dalam penelitian ini akan dikelompokkan berdasarkan motif pembelian konsumen, yaitu motif pembelian rasional dan motif pembelian emosional. Hasil dari penelitian ini akan dijadikan dasar untuk memperbaiki strategi produk dan harga di Deilicious Kitchen agar dapat berkembang dan bertahan di tengah-tengah persaingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 konsumen Deilicious Kitchen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat motif pembelian yang paling dominan dalam mendorong atau merangsang konsumen untuk melakukan pembelian makanan di Deilicious Kitchen, yaitu: variasi menu dengan nilai rata-rata 4,43; kualitas produk dengan nilai rata-rata 4,38; harga dengan nilai rata-rata 4,07; dan penampilan produk dengan nilai rata-rata 3,78. Empat motif yang paling dominan ini kemudian disarankan untuk menjadi prioritas dari bisnis Deilicious Kitchen dalam perbaikan strategi produk dan harga.  Kata kunci: motivasi konsumen, motif rasional, motif emosional
ANALISIS MANAJEMEN TALENTA PADA DIVISI PUBLIC RELATION DAN PARTNERSHIP PROGRAM INTERNSHIP CAMPUSPEDIA BATCH 9.0 Roudlotul Badi'ah; Ika Korika Swasti; Rizqi Ariyanto
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penerapan manajemen talenta pada Divisi Public Relation dan Partnership di Program Internship Campuspedia Batch 9.0. Metode penelitian yang digunakan, yaitu pеnеlitiаn dеskriptif dеngаn pеndеkаtаn kuаlitаtif melalui wawancara, dokumentasi, dan literatur. Wawancara dilakukan dengan para narasumber, yaitu: Koordinator Human Capital dan Koordinator Public Relation dan Partnership Campuspedia. Analisis data menggunakan Interactive Model yang dimulai dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan manajemen talenta pada Divisi Public Relation dan Partnership di Program Internship Campuspedia Batch 9.0 sudah cukup berjalan dengan baik, hal ini tergambar dalam tahapan-tahapan manajemen talenta yang terdapat pada proses kegiatan Program Internship Campuspedia yang meliputi Perencanaan Pegawai (Workforce Planning), Recruitment, On Boarding, Manajemen Kinerja (Performance Management), Training and Performance Support, Compensation and Benefit, serta Uraian Tugas (Job Description). Akan tetapi pada Program Internship Campuspedia Batch 9.0, Divisi Public Relation dan Partnership tidak dapat menemukan peserta terbaik yang bertalenta untuk dapat dipromosikan karena adanya permasalahan internal divisi yang menyebabkan kinerja peserta internship tidak sesuai dengan yang harapkan.Kata kunci: internship, seleksi, penilaian kinerja, manajemen talenta
PENGARUH KESEIMBANGAN KEHIDUPAN KERJA, KEPRIBADIAN PROAKTIF, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KARIR Syailendra Eka Saputra; Rizky Natassia; Hayu Yolanda Utami
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.223

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh keseimbangan kehidupan kerja, kepribadian proaktif dan kecerdasan emosional terhadap kepuasan karir pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman. Pada penelitian ini digunakan beberapa pegawai untuk dijadikan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode sampel jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam menjawab hipotesis adalah Ordinary Least Square (OLS). Hasil pengolahan data ditemukan bahwa keseimbangan kehidupan kerja dan  kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kepuasan karir yang dirasakan pegawai, sedangkan kepribadian proaktif tidak berpengaruh terhadap kepuasan karir yang dirasakan pegawai Sekretariatan Daerah Kabupaten Pasaman.Kata Kunci:   keseimbangan kehidupan kerja, kepribadian proaktif, kecerdasan emosional,            kepuasan karir
MENGUJI MARKETING MIX 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE DI SUKOHARJO Khusnul Khotimah; Muhammad Jalari
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.285

Abstract

Mengetahui pengaruh dari Product, Price, Promotion, Place, Process, Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo adalah tujuan dari penelitian ini. Populasi tidak terbatas menggunakan metode teknik Purposive Sampling dengan 80 responden. Variabel independen dari penelitian ini adalah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), Place (X4), People (X5), Process (X6), dan Physical Evidence (X7) dengan varibel dependennya adalah Keputusan Pembelian (Y). Teknik analisis menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Analisis Regresi Linier Berganda. Diperoleh hasil, yaitu Marketing Mix 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence) berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Product memiliki pengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Price memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Place berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. People tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Process berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Physical Evidende berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo.Kata kunci: Marketing Mix 7P, Keputusan Pembelian
PENGARUH KEADILAN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU INOVATIF PEKERJA KONSTRUKSI: PERAN MEDIASI BERBAGI PENGETAHUAN Bimmo Dwi Baskoro; Suherman Suherman; Jayadi Jayadi; Sudarmadji Sudarmadji
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh keadilan organisasi terhadap perilaku inovatif pekerja konstruksi di Jakarta dengan praktik berbagi pengetahuan sebagai variabel mediasi dalam kacamata teori pertukaran sosial. Analisis mediasi menggunakan Smart PLS 3.2.8 terhadap 315 responden. Responden berasal dari perusahaan konstruksi yang tersebar di Jakarta. Validitas model penelitian diteliti menggunakan Smart PLS 3.2.8. Keadilan organisasi memengaruhi praktik berbagi pengetahuan dan perilaku inovatif. Praktik berbagi pengetahuan juga memengaruhi sikap inovatif karyawan. Lebih lanjut, berbagi pengetahuan berperan sebagai pemediasi sebagian antara keadilan organisasi dan perilaku inovatif. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara keadilan organisasi, praktik berbagi pengetahuan, dan perilaku kerja inovatif dalam sektor konstruksi dimana penelitian serupa belum pernah dilakukan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi secara teoritis dalam ruang lingkup penelitian yang berbeda.Kata kunci: keadilan organisasi, berbagi pengetahuan, perilaku inovatif, konstruksi
PENGARUH ETOS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA YAYASAN SARI ASIH NUSANTARA PEMATANGSIANTAR Marisi Butarbutar; Efendi Efendi; Sudung Simatupang; Midun Sianturi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.301

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis deskriptif kualitatif variabel etos kerja dan kinerja karyawan termasuk bagaimana pengaruh etos kerja terhadap kinerja karyawan pada Yayasan Sari Asih Nusantara Pematangsiantar. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif melalui teknik dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Melalui penelitian ini didapati bahwa etos kerja dan kinerja karyawan sudah optimal, serta mengkonfirmasi semakin tinggi etos kerja pada Yayasan Sari Asih Nusantara Pematangsiantar, maka akan semakin optimal kinerja karyawannya. Sehingga diperlukan manajemen yang memerhatikan etos kerja pada organisasi baik itu organisasi profit maupun non-profit.Kata kunci: etos kerja dan kinerja.
MEMBENTUK MOTIVASI MAHASISWA MENJADI AGROPRENEUR MELALUI MATA KULIAH AGROTECHNOPRENEURSHIP Liska Simamora
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.254

Abstract

Mata kuliah kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib untuk semua fakultas setiap universitas di tanah air. Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana (FPB-UKSW) memberi nama mata kuliah kewirausahaan dengan sebutan Agrotechnopreneurship. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mata kuliah Agrotechnopreneurship dan orientasi wirausaha mahasiswa terhadap motivasi mahasiswa Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW menjadi seorang agropreneur. Teknik pengumpulan sampel menerapkan non-probability sampling secara purposive dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang mahasiswa. Data dianalisis dengan PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 dan diperoleh hasil sebagai berikut:  (1) Mata kuliah Agrotechnopreneurship memiliki pengaruh yang nyata dan positif terhadap pembentukan orientasi berwirausaha mahasiswa karena dalam teori dan praktek mahasiswa diharuskan memahami permasalahan secara khusus di bidang pertanian dan mencari solusinya dengan cara menciptakan produk dan menjualnya; (2) Mata kuliah Agrotechnopreneurship memiliki pengaruh yang nyata dan positif terhadap pembentukan motivasi mahasiswa menjadi agropreneur karena selama menjalani kuliah baik teori dan praktek wawasan mahasiswa semakin bertambah tentang berbagai peluang bisnis yang ada di bidang pertanian; (3) Orientasi berwirausaha memiliki pengaruh yang nyata dan positif terhadap pembentukan motivasi mahasiswa menjadi agropreneur karena pengalaman yang diperoleh mahasiswa salah satunya adalah bahwa menjadi wirausahawan di bidang pertanian harus peka dan peduli terhadap kebutuhan masyarakat dan petani dimana kepedulian tersebut akan melahirkan ide bisnis yang bermanfaat dan menguntungkan.Kata kunci: agropreneur, agrotechnopreneurship, kewirausahaan, orientasi wirausaha.
PENGARUH MOTIVASI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK MESTIKA DHARMA, TBK CABANG PEMATANGSIANTAR Darwin Lie; Andy Wijaya; Nitalia Nitalia
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 7, No 1 (2021): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v0i0.299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pengawasan terhadap kinerja karyawan beserta analisis deskriptif kualitatif variabel motivasi, pengawasan, dan kinerja karyawan pada 34 karyawan tetap menggunakan metode sampling jenuh pada PT Bank Mestika Dharma, Tbk Cabang Pematangsiantar. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitaif dan kualitatif yang bersumber primer dan sekunder berdasarkan hasil kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik analisis uji normalitas, uji deskriptif kuantitatif, maupun kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: pada karyawan tetap motivasi sudah optimal melalui pengukuran sangat baik. Namun, pada pengawasan belum optimal seluruhnya dan agar kinerja karyawan yang sudah baik dapat dipertahankan. Lalu, secara parsial dan simultan terdapat pengaruh positif antara motivasi dan pengawasan terhadap kinerja; dan terdapat korelasi kuat dan positif antara motivasi dan pengawasan dengan kinerja.Kata kunci: motivasi, pengawasan, kinerja

Page 1 of 1 | Total Record : 10