cover
Contact Name
Dr. Mashud, S. P.d., M.Pd
Contact Email
multilateral.journal@ulm.ac.id
Phone
+628115128680
Journal Mail Official
multilateral.journal@ulm.ac.id
Editorial Address
PJKR JPOK FKIP ULM JL. Taruna Praja Raya Kampus JPOK FKIP ULM Banjarbaru
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
ISSN : 14123428     EISSN : 25491415     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara dengan hasil penelitian bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani dan Olahraga berfokus pada Analisis Pembelajaran, Penelitian dalam pendidikan jasmani dan Olahraga serta masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang olahraga sebagai berikut: 1. Pendidikan Olahraga 2. Kepelatihan Olahraga 3. Olahraga Rekreasi 4. Olahraga Tradisional Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat peminat pembaca adalah dari kalangan aktivis olahraga dan guru Pendidikan Jasmani.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2020): June" : 10 Documents clear
FAKTOR PENENTU MINAT SISWA SMP DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI PURWOKERTO Muhammad Zaen Arduta; Indra Jati Kusuma; Rifqi Festiawan
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.349 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8322

Abstract

Usia anak SMP umumnya mengikuti suatu kegitan hanya didasari dengan ketertarikan atau hanya meniru teman saja tanpa tahu tujuannya. Kenyataanya seseorang melakukan suatu aktivitas atau kegiatan selalu didasari dengan adanya motivasi dan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Purwokerto, yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP 1 Muhammadiyah Purwokerto dan SMP Al Irsyad Purwokerto yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis dengan total sampel sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisoner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Purwokerto, dari faktor internal sebanyak 36,05% dengan indikator rasa senang sebesar 18,14% dan indikator ketertarikan sebesar 17,91%. Sedangkan untuk faktor eksternal mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bulutangkis sebanyak 63,95%, terdiri dari indikator pelatih 16,22%, indikator lingkungan 16,27%, indikator fasilitas 15,71% dan indikator keluarga 15,75%.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI ALAT Muhamad Syamsul Taufik; Alam Hadi Kosasih
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.655 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  keterampilan pasing atas bolavoli pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Bogor dengan penerapan modifikasi alat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan rancangan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Bogor. Melalui penerapan modifikasi alat pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Bogor mempunyai peningkatan keterampilan yang signifikan yaitu persentase keberhasilan pasing atas bolavoli pada siklus I adalah 47% dan untuk siklus II sebesar 90% yang artinya melalui penerapan modifikasi alat dapat meningkatkan keterampilan pasing atas bolavoli. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan penerapan modifikasi alat berpengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, yang ditandai dengan peningkatan Keberhasilan keterampilan.
AGILITY DRILL BAGI PETENIS PEMULA KU-10 TAHUN Gumilar Mulya; Resty Agustryani
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.098 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.7738

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efek dari program pelatihan agility pada petenis pemula KU-10 tahun. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan agility terjadi perbedaan yang signifikan pada kelincahan tenis. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen, Sampel yang berpartisipasi dalam penelitian ini pada penelitian ini ialah 25 orang putra pemain tenis tingkat pemula. Usia rata-rata peserta adalah 10 tahun. Teknik pengambilan sampling yang digunakan oleh penulis ialah Purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal dan tes akhir dengan menggunakan tes agility Zig-Zag Run. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa, program agility drill memberikan perbedaan yang signifikan pada kelincahan pada atlet tenis lapang KU-10 tahun.
PENERAPAN MODEL TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB TAHUN 2019 Firman Septiadi; Harmi Saputri
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.924 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8346

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah kerjasama dalam memperbaiki proses pembelajaran PJOK di SMA Muhammadiyah sebagai Labschool dari Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi, khususnya untuk mengembangkan sikap tanggung jawab siswa melalui penerapan model Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa/siswi kelas XII IPA dengan seluruh populasi dijadikan sampel dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukan nilai rata – rata pada tindakan ke I adalah 45,83 %. Tindakan ke II adalah 62,5 % . Tindakan ke III adalah 75 %. Tindakan ke IV adalah 87,5 % yang berarti bahwa perbaikan dalam pembelajaran yang terkait sikap tanggung jawab siswa dengan menggunakan model TPSR pada pembelajaran PJOK mengalami  peningkatan yang sangat berguna. Penerapan model TPSR ini merupakan yang pertama kali dilakukan pada pelajaran PJOK di SMA Muhammadiyah Sukabumi.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENGAJARAN REMEDIAL DALAM PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG Pinton Setya Mustafa; M.E. Winarno
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8496.696 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.7629

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa buku ajar mata kuliah pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM). Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model konseptual yang diadaptasi dari Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan penyebaran angket. Adapun analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari evaluasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 89,84% (sangat valid), hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89,53% (sangat valid), dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 88,60% (sangat valid). Produk buku ajar mata kuliah pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani ini terdiri dari 9 Bab dan disertai contoh. Buku ajar ini valid dan praktis digunakan dalam perkuliahan pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani.
EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR LONCAT INDAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Eka Purnama Indah
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.379 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar loncat indah provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) evaluasi context belum sesuai dengan pedoman penyelenggaraan program, (2) evaluasi input  belum sesuai dengan pedoman penyelenggaraan program. (3) evaluasi proses belum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan (4) evaluasi product masih belum sesuai harapan dari penyelenggaraan program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar loncat indah Provinsi Kalimantan Selatan.
EFEKTIVITAS MODEL PERMAINAN TARGET BERBASIS GOAL ORIENTATION PADA PENDIDIKAN JASMANI Irma Nuriawati; Suroto Suroto; Abdul Rachman Syam Tuasikal; Setyorini Setyorini
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.461 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8313

Abstract

Kebutuhan belajar siswa tercermin pada karakteristik masing-masing siswa yang dapat digolongkan berdasarkan goal orientation. Untuk itu, proses pembelajaran sebaiknya berasaskan pada usaha pemenuhan kebutuhan belajar siswa. Artikel ini bermaksud menjelaskan efektivitas penerapan model permainan target berbasis goal. Alur penelitian pengembangan model Borg and Gall digunakan sampai tuntas tetapi isi artikel ini hanya fokus pada tahap ujicoba lapangan. Subjek ujicoba sebanyak 62 siswa kelas VII. TOESQ digunakan untuk menentukan goal orientation, FCE digunakan untuk mengukur efektivitas pembelajaran, dan pretest-posttest menggunakan hasil belajar. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, Wilcoxon dipilih berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran berdasarkan FCE masuk kategori baik sekali. Penerapan model pembelajaran memberikan dampak peningkatan hasil belajar secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat diterapkan dalam pembelajaran khususnya untuk kelas VII. Untuk penerapan pada kelas lainnya, sebaiknya dilakukan penyesuaian atau pengembangan lebih lanjut.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SASARAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING SEPAKBOLA Dian Pujianto; Ari Sutisyana; Arwin Arwin
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.628 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model latihan passing berbasis permainan pada sepakbola. Metode menggunakan penelitian pengembangan, langkah dalam pelaksanaan mengacu pada 10 langkah tahap pengembangan dari Borg and Gall. Sepuluh tahap diadaptasi menjadi 4 tahap pengembangan, yaitu; (1) Tahap studi pendahuluan, (2) tahap desain produk, (3) tahap uji coba dan revisi, (4) tahap implementasi pada mahasiswa pendidikan jasmani, FKIP, Universitas Bengkulu yang tidak memiliki dasar kecabangan olahraga sepakbola. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan prosentase. Produk penelitian berupa 3 model latihan, yaitu ; (1) passing rintangan teman berdiri statis, (2) passing rintangan teman dengan kaki bergerak buka-tutup, (3) passing secara aktif rintangan bergerak dengan kaki dibuka. Model ini divalidasi oleh 2 ahli yaitu dosen matakuliah sepakbola dan pelatih sepakbola. Hasil validasi ahli diperoleh rata-rata skor 32 dari total skor maksimal 40 atau 80%. Hasil uji lapangan yang dinilai oleh praktisi memperoleh skor 29 dari 40, atau 72,5%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi maka pengembangan model latihan passing berbasis permainan dapat dinyatakan layak untuk meningkatkan kemampuan passing
PENGARUH LATIHAN PENCAK SILAT TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA Dimas Dwicahya Nandana
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.071 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8543

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pada pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat dan non-pencak silat serta adanya keterkaitan gender terhadap konsep diri dan kepercayaan diri. Jenis penelitian ini menggunakan kategori non-eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain causal comparative. Populasi penelitian ini terdiri dari enam puluh siswa terbagi menjadi tiga puluh siswa ekstrakurikuler pencak silat dan tiga puluh siswa non-pencak silat serta menggunakan teknik purposive sampling, dengan berdasarkan ciri atau karakteristik dari siswa ekstrakurikuler pencak silat dan non-pencak silat. Diberikan instrumen berupa angket konsep diri (Robson Self-Concept Quessionnaire) dan kepercayaan diri (The Self-Confidence Assesment). Hasil uji anova satu jalur menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat konsep diri dan kepercayaan dirinya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pencak silat serta tidak adanya keterkaitan gender terhadap pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa.
KONDISI FISIK ATLET PENCAK SILAT PPLP JAWA BARAT Sumbara Hambali; Cucu Sundara; Yopi Meirizal
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020): June
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8217

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi fisik atlet PPLP Jawa Barat cabang olahraga pencak silat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet PPLP Jawa Barat cabang olahraga pencak silat berjumlah 17 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes kondisi fisik berupa tes daya tahan otot, tes kelincahan, tes power tungkai dan tes daya tahan umum. Teknik penghitungan dan analisis data dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil rata-rata kondisi fisik atlet PPLP Jawa Barat cabang olahraga pencak silat adalah 3,22 berada pada kategori cukup, dengan simpangan baku 0,86. Secara rinci kondisi fisik atlet PPLP Jawa Barat cabang olahraga pencak silat yang baik sekali 0%, kategori baik 41,18%, kategori cukup 35,29%, kategori kurang 17,65% dan kategori kurang sekali ada 5,88%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10