cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: April 2021" : 28 Documents clear
A Critical Analysis of Language Variation In The Traditional Art Market Senggigi and Sade (Sociolinguistic Studies) I Wayan Wirata; Arif Rahman
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.27

Abstract

The researcher interested in language variations that occur in the traditional markets of Senggigi West Nusa Tenggara and Traditional House of Sade. Thus, this study analyzes the language variations in the process of buying and selling in the realm of Senggigi traditional markets and Traditional House of Sade. The author conducted research by taking the title "A Critical Analysis of Language Variation in the Senggigi Art Market and Traditional House of Sade (Sociolinguistic Studies)". Method used in this study is qualitative with data collecting technique with observation In this research, there was one type of data. The qualitative data consist of interview transcripts and observation sheets report in the form of field notes. These data were analyzed namely data display until final reporting. The findings of this research shows that there are several kinds of the language variation used by people in trading transaction at Senggigi art market, I.e., a) variation in term of speaker base on sociolect (dialek social) is concerning all personal problems of speaker such as age, sex, and social economy condition and b) Language variation in term of formality base on formal variety, Variety of Consultative Variety, casual variety, and Familiar Variety or Intimate Variety. There are factors influence of language variation base on situational factor. Situational factors include who speaks, to whom to speak, what language to use, where, when and what. and Language variation function mention related to sociolinguistic language functions namely instrumental functions, representational functions, interactional functions, and personal functions. There are The implications of the variety of languages used in communication in the traditional art markets of Senggigi and Sade are as follows: 1) Improve Social Interaction Relationships; 2) Increase Intelligence in Communicating; 3) Increase Income; and 4) Increasing Regional Cultural Identity.
Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Numbered Head Together dengan Penilaian Portofolio Siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Wawo Muhamad Naim
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Listrik statis melalui metode numbered head together dengan penilaian portofolio siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Wawo tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas kelas XII MIA1 dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) observasi, (2) tes, (3) portofolio, (4) dokumentasi. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis yang digunakan dengan mencari nilai rata-rata dan persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penggabungan portofolio siswa dengan nilai tes akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata siswa 59,41 dengan presentase 42,85%, sedangkan pada siklus II skor rata-rata mengalami peningkatan menjadi 83,28 dengan presentase 86,20%. Hasil analisis data pada siklus II ini sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil analisis data dari kedua siklus tersebut, hasil tindakan pada siklus II mengalami peningkatan bila dibandingkan pada siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Numbered Head Together dengan penilaian portofolio dapat meningkatkan hasil belajar materi listrik statis siswa kelas XII MIA1 SMA Negeri 1 Wawo Tahun Pelajaran 2018/2019
Sejarah Perkembangan Pengelolaan Tanah Ulayat Persukuan Melayu Sumpu Kenagarian Kuok (2001-2008) Nadia Nadia; Isjoni Isjoni; Bunari Bunari
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.124

Abstract

Tanah ulayat merupakan bidang tanah yang di atasnya terdapat hak ulayat dari suatu masyarakat hukum adat tertentu. Sejak dahulu, tanah ulayat sudah mulai dikelola untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat adatnya. Adanya pembaharuan kebijakan dalam pengelolaan tanah ulayat oleh penghulu adat menuai kontroversi dalam masyarakat adat persukuan Melayu Sumpu. Penulis menggunakan metode penelitian sejarah karena penelitian ini melihat bagaimana sejarah perkembangan pengelolaan tanah ulayat persukuan Melayu Sumpu dari masa kemasa dan bagaimana perubahan kebijakan yang terjadi pada tahun 2001-2008. Langkah-langkah dalam penelitian sejarah meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat perkembangan dan dampak sosial ekonomi yang signifikan dalam pengelolaan tanah ulayat persukuan Melayu Sumpu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan membawa dampak tersendiri dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat adat.
PENGARUH PENYULUHAN KB IMPLANT TERHADAP MINAT AKSEPTOR KB IMPLANT DI DESA WILAMACI KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA Erlina Fauzia
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.133

Abstract

Program keluarga berencana merupakan program yang dicanangkan pemerintah dengan tujuan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera yang menjadi dasar bagi terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Upaya pemerintah telah dilakukan untukpeningkatan penggunaan kontrasepsi Implant, diantaranya adalah dengan adanyakebijakan implant gratis untuk seluruh PUS di seluruh provinsi di Indonesia sejak tahun 2004. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang KB implant terhadap minat akseptor KB Implant di Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode eksperimentaldengan pendekatan pre post test. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah ibu akseptor KB sejumlah 39 orang. Analisis data menggunakan uji Paired t-test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : Sebagian besar minat akseptor KB Implant sebelum penyuluhan dengan frekuensi tertinggi adalah akseptor KB tidak berminat sebanyak 22 responden (56.4%). Sebagian besar minat akseptor KB Implant setelah penyuluhan dengan frekuensi tertinggi adalah akseptor KB tidak berminat sebanyak 26 responden (66.7%). Ada pengaruh penyuluhan terhadap minat akseptor KB Implant dengan taraf signifikan sebesar 0.002. Kata Kunci: Penyuluhan, Minat Aseptor KB Implant.
Description of Nutritional Status of Pregnant Women Who Are Chronic Lack of Energy With Incidence of Low Birth Weight at Palibelo Public Health Center NUR FITRIYAH
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.131

Abstract

The low nutritional status of pregnant women during pregnancy can have various adverse impacts on pregnant women and babies, one of which is babies with low birth weight (LBW). LBW babies have a 10-20 times greater chance of dying than babies born with sufficient weight. This study aims to describe the nutritional status of pregnant women who lack chronic energy with the incidence of low birth weight at Puskesmas Palibelo. This research is a descriptive study using secondary data. The sample was pregnant women from the first trimester to the third trimester in the Palibelo Community Health Center from January to September 2020 with a total of 50 respondents. Data collection with medical data records. The results of data analysis: a. Age category: respondents aged 20-35 years with the highest nutritional status of  chronic lack of energy as much as 62.0% and with LBW as much as 14.0%. B. Education category: respondents whose chronic lack of energy is based on the highest education are those with high school education as much as 68.0%, 18.0% with low birth weight. C. Economic status category: respondents whose chronic lack of energy is based on the highest economic status are respondents with moderate economic status as much as 70.0%, 12.0% who experience LBW. The results of this study indicate that age, education and good and mature economic status do not provide a definite possibility that a pregnant woman will avoid chronic lack of energy and the incidence of LBW.Keywords : Pregnant Women, Chronic Lack of Energy, Low Birth Weight
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Nadiminsyah Nadiminsyah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.128

Abstract

Pembelajaran kooperatif berbeda dengan pembelajaran yang lain. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses kerja sama dalam kelompok. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya kemampuan akademik dalam pengertian penguasaan bahan pelajaran, tetapi juga adanya unsure kerja sama untuk penguasaan materi tersebut. Adanya kerja sama inilah yang menjadi ciri khas dari pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Madapangga. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistic deskriptif dan teknik analisis statistic inferensial yang bertujuan untuk mengkaji variabel penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi  memiliki pengaruh yang signifikan dan positif, dengan kontribusi variabel x terhadap variabel y sebesar 61,2%.
Pengembangan Multimedia Interaktif Geometri Transformasi Berbasis Discovery Learning Dengan Pendekatan Konstektual Kenys Fadhilah Zamzam
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif geometri transformasi berbasis discovery learning dengan pendekatan kontekstual yang valid dan efektif. Pengembangan multimedia interaktif ini mengacu pada model pengembangan Plomp. Tingkat kevalidan dilihat dari dua aspek yaitu aspek pertama media yang dikembangkan didasarkan pada teori yang kuat dan aspek kedua adalah media mendapatkan hasil validator dengan kriteria valid. Tingkat keefektifan dilihat dari seberapa jauh kemampuan mahasiswa saat media diujicobakan baik proses (respon siswa) maupun produk (tes ketuntasan hasil belajar) menunjukkan bahwa mahasiswa sangat antusias dalam pembelajaran. Hasil validasi multimedia interaktif dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Dari perhitungan hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 3.2, maka sesuai dengan kriteria yang ditetapkan multimedia interaktif yang dikembangkan adalah valid. Sedangkan pada uji coba terlihat mahasiswa antusias dalam mempelajari geometri transformasi. Hal ini terlihat dati tingkat respon mahasiswa menunjukkan respon yang positif terhadap multimedia interaktif geometri transformasi. Hasil ketuntasan belajar mahasiswa diperoleh dari data hasil tes ujian akhir semester. Data yang diperoleh dari presentase rata-rata hasil tes mahasiswa adalah 84.6% mahasiswa tuntas belajar jadi memenuhi kriteria yang diharapkan. Berdasarkan angket respon mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa maka multimedia interaktif geometri transformasi berbasis discovery learning dengan pendekatan kontekstual efektif.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Discovery Learning Untuk Siswa SMP/Mts Tiara Yulandari; Maimunah Maimunah; Armis Armis
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.119

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4- D, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas dan praktikalitas. Instrumen validitas berupa lembar penilaian validasi untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LAS. Instrumen praktikalitas berupa angket respon siswa untuk menilai keterbacaan LAS. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada siswa SMPN 8 Pekanbaru. Hasil analisis data kevalidan diperoleh nilai rata-rata untuk silabus, RPP dan LAS berturut-turut 3,78; 3,67; dan 3,59 yang dikategorikan sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan LAS pada uji coba kelompok kecil adalah 3,72 dengan kategori sangat praktis. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar meliputi silabus, RPP dan LAS yang valid dan LAS yang praktis.Kata Kunci: Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Model Discovery Learning; 4-D. Abstract. This research to produce a product in the form mathematical learning devices using discovery learning model on polyhedron material of class VIII SMP/MTs. The development model used is the 4-D model namely define, design, develop, and disseminate. The research instrument used is validity instrument and practicality. The validity instrument is a validation assessment sheet to assess the validity of learning tools form of syllabus, lesson plans and student worksheet. The practical instrument is a student response questionnaire to assess the readability of the LAS. The mathematical learning devices developed are validated by three validators. Small group trials were carried out on students of SMPN 8 Pekanbaru. The results of the validity data analysis obtained an average value for the syllabus, lesson plans and LAS respectively 3,78; 3,67; and 3,59 which are categorized as very valid. The results of the practicality data analysis of LAS in the small group trial were 3,72 with the very practical category. This research and development produces a product that is a mathematical learning device using discovery learning model on polyhedron material which includes valid syllabus, lesson plan and student worksheets and practical worksheets.Keywords: Research and Development; Learning Devices; Discovery Learning Model; 4-D.
Kenakalan Remaja dan Penanganannya Fahrul Mauzu
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.151

Abstract

Berbicara tentang remaja memang sangat menarik karena remaja adalah genrasi penerus agama dan bangsa, keselamatan bangsan kedepan terletak ditangan para remaja masa kini. Remaja merupakan aset masa depan suatu bangsa, Namun saat ini banyak sekali yang terjadi pada diri remaja, seperti perkelahian, perampokan, narkoba genk motor, dan lain - lain. Hal ini merupakan masalah yang sudah tidak asing lagi. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Banyak sekali faktor internal dan eksternal penyebab kenakalan remaja yang perlu diperhatikan. Untuk mengatasinya maka bimbingan dari orang tua dan juga lingkungan yang baik bisa menjadi penentu bagi perkembangan remaja tersebut.
Minat Berwirausaha Mahasiswa Calon Guru : Mediasi Gender? Subagio Subagio; Agus Muliadi; Sutarto Sutarto
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 4, No 1: April 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i1.141

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui minat berwirausaha mahasiswa ditinjau mediasi gender. Studi ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif dengan subyek penelitian sebanyak 56 mahasiswa pendidikan biologi. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Likert dan yang telah divalidasi (validasi ahli). Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan uji Kruskal Wallis. Hasil studi yaitu (1) minat berwirausaha mahasiswa laki-laki memiliki rata-rata sebesar 3,28 dengan kategori Baik dan mahasiswa perempuan sebesar 3,03 dengan kategori Baik; (2) tidak ada perbedaan signifikan minat berwirausaha antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dengan nilai signifikansi uji Kruskal Wallis sebesar 0,254 lebih besar dari nilai alpha pengujian (0,05).

Page 1 of 3 | Total Record : 28