cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
+62817350209
Journal Mail Official
editor.jp2@undiksha.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
ISSN : 26143909     EISSN : 26143895     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jp2
Core Subject : Education,
JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Juli" : 20 Documents clear
Analisis Kajian Keterkaitan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru Herwansah, Didi; Susanto, Ratnawati
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.33371

Abstract

Kinerja guru adalah hasil penyelesaian tanggung jawab dalam proses pembelajaran, kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa factor baik yang berasal dari dalam diri guru maupun dari luar. Salah satu factor yang mempengaruhi adalah kompetensi professional, oleh sebab itulah Penelitian yang bertujuan nuntuk menganalisis keterkaitan variabel kompetensi profesional dengan kinerja guru dilakukan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampling jenuh, dengan ukuran sampel 30 orang guru. Metode analisis yang dilakukan adalah korelasi sederhana untuk mengetahui hubungan antar variable. Hasil analisis diperoleh korelasi sebesar 0,632 atau 63,2% dan koefisien determinasi menunjukan kompetensi profesional memberikan kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 0,516 atau 51,6% sisanya sebesar 48,4% yang dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Jad, Kompetensi profesional memiliki hubungan secara positif dan signifikan dengan kinerja guru. Semakin rendah kompetensi profesional maka semakin rendah pula kinerja guru sebaliknya semakin tinggi kompetensi profesional maka semakin tinggi pula kinerja guru.
Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Afriyanti, Evi; Japa, I Gusti Ngurah; Renda, Ndara Tanggu
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.35188

Abstract

Pelaksanaan kegiatan belajar daring, siswa sering menunjukkan adanya kebiasaan belajar yang  belum efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto tipe korelasional dengan sampel sebanyak 159 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode kuesioner untuk memperoleh kebiasaan belajar dan metode dokumentasi memperoleh hasil belajar IPA. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis deskriptif dilakukan dengan mendeskripsikan frekuensi dari skor angket kebiasaan belajar dan hasi IPA belajar. Sedangkan analisis inferensial digunakan dalam uji asumsi dan uji hipotesis. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana yakni membandingkan rhitung dengan rtabel. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment dengan taraf signifikansi 0.05 (rhitung = 0.250 > rtabel 0.159). Hubungan antara variabel kebiasaan belajar dengan hasil belajar tergolong sedang, dan besarnya hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar 97,5% dan 2,5% ditentukan oleh faktor lain di luar penelitian. Jadi kebiasaan belajar siswa akan meberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
POP-UP Book Daur Hidup Hewan Novita, Luh Putu Eva; Tegeh, I Made
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.35044

Abstract

Kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA yang menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak berjalan dengan optimal sehingga menyebabkan beberapa siswa belum mencapai nilai KKM pada nilai kompetensi pengetahuan IPA. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran yaitu media Pop-Up Book. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book dan mengetahui validitas hasil pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA. Subjek dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA, sedangkan objek dari penilitian ini adalah validitas media pembelajaran Pop-Up Book. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Namun, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan saja, tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena saat ini masih pandemi Covid-19. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode kuesioner dengan menyebarkan lembar penilaian kepada responden yaitu ahli isi mata pelajaran, media pembelajaran, desain pembelajaran, praktisi, dan uji coba perorangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book pada pelajaran IPA dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Selain itu, hasil validitas media Pop-Up Book pada pelajaran IPA dinyatakan valid dari review para ahli dan pengguna dengan persentase hasil ahli isi mata pelajaran 93,3% (sangat baik), ahli media pembelajaran 95% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 95,3% (sangat baik), ahli praktisi 97,1%, (sangat baik), dan uji coba perorangan 93,8% (sangat baik). Dari hasil ini, media pembelajaran Pop-Up Book ini dinyatakan layak untuk digunakan karena memiliki kualifikasi yang sangat baik.
Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint With Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses Fitria, Dita Ainun Fitria Ainun; Nurafni, Nurafni
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.37019

Abstract

Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yaitu kurangnya media pembelajaran. Saat ini beberapa guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini berdampak pada siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sehingga hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menciptakan media pembelajaran audio visual berbasis Microsoft PowerPoint materi penjumlahan dan pengurangan mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model yang digunakan dalam mengembangkan media yaitu Borg and Gall. Subjek uji coba diterapkan kepada 26 siswa. Pengumpulan data melalui lembar validasi ahli media, materi, dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu validasi ahli materi memperoleh skor 90% (sangat layak). Hasil ahli media pembelajaran memperoleh skor 80% (sangat layak). Tingkat kelayakan media yang diperoleh melalui observasi melalui beberapa penilaian menunjukkan persentase semua aspek adalah 86% (sangat baik). Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis Microsoft Power Point sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penerapan media pembelajaran ini membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi pembelajaran dengan lebih baik.
Video Animasi dalam Pembelajaran IPA Materi Perubahan Suhu dan Wujud Benda Priyantini, Ni Luh; Suranata, Kadek; Jayanta, I Nyoman Laba
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.37248

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPA yang menarik dan kurangnya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran sehingga diperlukan media berupa video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video animasi dalam pembelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda yang telah teruji validitasnya pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli materi pembelajaran, 1 praktisi, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pencatatan dokumen yang berupa angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk mengukur tingkat kevaliditasan media video animasi menggunakan rumus skala likert Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat dinyatakan bahwa media video animasi valid berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi, siswa uji coba perorangan dan siswa uji coba kelompok kecil memiliki persentase keseluruhan 90,16% dengan kualifikasi (sangat baik). Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diakini bahwa media video animasi yang dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan dalam dalam pembelajaran IPA kuhususnya pada materi perubahan suhu dan wujud benda di sekolah dasar.
Discovery-Inquiry Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Prathama, I W. Gylank Okka; Wibawa, I Made Citra; Sudiandika, I Kadek Agus
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.36089

Abstract

Pembelajaran kurang menggunakan model inovatif yang menyebabkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar dibawah kriteria ketuntasan minimal, untuk memperbaiki hal tersebut diadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas V dengan menerapkan model Discovery-Inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.  Subjek penelitian pada siswa kelas V terdiri dari 21 siswa dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan tes pilihan ganda diberikan kepada siswa, sedangkan metode analisis data yakni analisis kuantitatif dengan menghitung mean, daya serap, dan ketuntasan belajar siswa tiap siklus. Hasil Analisis data dalam penelitian ini menyatakan rerata hasil belajar pada prasiklus sebesar 67,19, siklus I sebesar 70,95, dan siklus II 81,14. Secara berurut dari prasiklus ke siklus I, prasiklus ke siklus II, dan siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 3,37 poin, 13,95 poin dan 10,19 poin. Terjadi peningkatan juga pada daya serap siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 67,19%; 70,95%; 81,14%. Demikian pula terdapat peningkatan persentase siswa yang nilai hasil belajarnya memenuhi KKM dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 38,09%; 57,14%, dan 85,71%, Jadi model pembelajaran discovery-inquiry dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar.
Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Hidayati, Issrina Dwika; Aslam, Aslam
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.37038

Abstract

Penelitian ini didasari oleh penggunakan perangkat pembelajaran online interaktif yang kurang maksimal dan efektif untuk membantu siswa meningkatkan pengetahuannya sehingga membuat siswa jenuh dan malas. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis efektivitas dari media pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz terhadap perkembangan kognitif siswa kelas 3. Mempergunakan kuantitatif bermetode True Experimental mengambil Pretest - Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sample mempergunakan Simple Random Sampling, agar diperoleh sebanyak 56 siswa. Jenis instrumen penelitian menggunakan tes berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang dipergunakan statistik melalui aplikasi spss 27 dengan rumus mean, median, modus, standar deviasi, tes normalitas kolmogorov-smirnov, homogenitas levene, paired sample t-test, dan n-gain score. Hipotesis penelitian menyatakan terdapat pengaruh yang diperoleh dari perlakuan menggunakan Quizizz, yaitu penaikan hasil siswa dalam kelas eksperimen dengan unggul dari nilai sebelumnya. Dibandingkan kelas kontrol yang hanya menggunakan Zoom Meeting. Berdasarkan n-gain score menyatakan nilai mean kelas eksperimen sejumlah 56,3363 atau 56% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Untuk n-gain score nilai mean kelas kontrol berjumlah 42,3541 atau 42% yang berarti kurang efektif. Dengan adanya hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi Quizizz secara daring cukup efektif dipergunakan untuk perkembangan kognitif siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3.
Media Fun Thinkers Berbasis Soal Calistung pada Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk Siswa SD Kelas 1 Jummita, Jummita; Agustiana, I Gusti Ayu Tri; Dibia, I Ketut
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.37258

Abstract

Penggunaan gadget secara terus menerus dapat memberikan dampak buruk bagi siswa. Hal tersebut berdampak pada pola perilaku dan aktivitas belajar siswa. Diperlukannya media penyeimbang dalam pembelajaran daring yaitu media yang bersifat konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media fun thinkers berbasis soal calistung yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menyeimbangkan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembanga dengan menggunakan prosedur ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi soal, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang praktisi dan 7 orang siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah rating scale. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi pelajaran memberikan penilaian 4,63 (sangat baik), ahli media pelajaran memberikan penilaian 4,82 (sangat baik), penilaian yang diberikan oleh ahli respon praktisi yaitu 4,85 (sangat baik) dan hasil uji respon siswa media yaitu 4,95 (sangat baik), hasil tersebut menunjukakan media fun thinkers berbasis soal calistung layak digunakan. Media fun thinkers berbasis soal calistung dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penilaian yaitu media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dan dalam proses pembelajaran.
Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Dewi, Ni Putu Linda Krisna; Astawan, I Gede; Suarjana, I Made
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.36725

Abstract

Masih banyak guru yang belum mampu menciptakan perangat pembelajaran yang inovatif sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Pendekatan dan model pembelajaran yang kurang inovatif akan membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran RPP Berpendekatan STEAM-PjBL. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 2 praktisi, 4 siswa uji coba perorangan serta 7 siswa uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh para ahli rata-rata mendapatkan nilai 3,8 sehingga berada pada kategori sangat baik. Hasil penilaian uji coba produk mendapatkan nilai 3,73 sehingga berada pada kategori sangat baik. Jadi perangkat pembelajaran RPP dan LKPD Berpendekatan STEAM-PjBL mendapatkan kualifikasi sangat baik dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran dan produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa dalam belajar serta dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam belajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.
Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Aryantini, Ni Kadek; Sujana, I Wayan; Sri Darmawati, I Gusti Ayu Putu
Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2021): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jp2.v4i2.36193

Abstract

Kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang inovatif menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA. Oleh sebab itu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan model discovery learning berbatuan media power point. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 27 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen penelitian yakni berupa tes pilihan ganda dengan 4 option. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif kuantitatif yaitu; mencari mean, median, modus, daya serap, dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas adalah model discovery learning berbantuan media power point dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar yang diperoleh dari hasil peningkatan hasil belajar pada kegiatan pra siklus menuju siklus I terlihat cukup signifikan dengan perolehan peningkatan pada nilai rata-rata siswa sebesar 8,28 dan ketuntasan belajar sebesar 18,52%.  Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I menuju siklus II terlihat signifikan karena perolehan peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 9,91 dan ketuntasan belajar sebesar 18,52%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh simpulan yakni terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning berbantuan media power point.

Page 1 of 2 | Total Record : 20