cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): Mei" : 35 Documents clear
ANALISIS RASIO KINERJA KEUANGAN PT WIJAYA KARYA (PERSERO) DI MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020 Irwin Ananta Vidada; Saridawati Saridawati
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1433

Abstract

PT Wijaya Karya (Persero) atau biasa disingkat WIKA merupakan salah satu perusahaan kontraktor terbesar dan terbaik di Indonesia. Dibentuk dari proses nasionalisasi perusahaan Belanda, pada tanggal 11 Maret 1960 bergerak dengan nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. Perkembangan signifikan pertama terjadi pada tahun 1972 yang mana pada saat itu nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja berubah menjadi PT Wijaya Karya. Mengamati pergerakan angka pada laporan keuangan perusahaan bermodal besar ini selama pandemi covid 19 sepanjang tahun 2020 silam menjadi hal yang menarik untuk dicermati. Pengamatan hubungan ekonomi yang terkait dengan kinerja perusahaan tersebut dilakukan melalui perhitungan dan pengukuran Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Rasio Profitabilitas. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui perolehan informasi yang di dapat dari Bursa Efek Indonesia maupun studi pustaka dengan mengacu pada data keuangan perusahaan. Dalam tulisan ini metode penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan analisa rasio. Hasil pengukuran rasio, sejumlah kinerja keuangan bisa dikatakan terdapat berada diatas rata-rata standar industri, sebagian rasio lainnya harus ditingkatkan lagi agar posisi rasio meski di masa pandemi ini tetap bisa berada diatas rata-rata standar industri.
MODAL HEDGES USED ON MAIN CHARACTERS’ DIALOGUES IN KNIVES OUT MOVIE WRITTEN BY RIAN JOHNSON Fadilah Fadilah; Fiza Asri Fauziah Habibah
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1449

Abstract

This is the study of the use of modal hedge category of hedging that is taken from the main characters’ dialogues in Knives Out movie. Knives Out tells the twists and turns of detective in solving a death case involving those closest to the victim. There are total 4 main characters who spoke with modal hedges contained in the dialogues. The method used is descriptive qualitative which describes the situation factually. There are 20 data found which are dialogues containing of modal hedge category of hedging. Researchers use the theory of the category of hedging by Yu which are modal hedges category. From the study, researcher found all kind of modal hedge category of hedging in the dialogues spoken by the main characters there 20 data found from modal hedges which spoke by all four main characters they are could, should, would, probably, maybe, may and might.
MEMBANGUN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BISNIS KULINER A. A Gede Ajusta; Lydia Salvina Helling; Hasanudin Hasanudin; Endang Wahyudi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membangun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk usaha kuliner. Kedapannya penelitian ini sebagai role model atau panduan untuk membuat SOP bisnis kuliner yang ada di Indonesia, sehngga perusahaan dapat dijalankan dengan profesional.Sehingga akan muncul lebih anyak lagi pelaku Binis Kuliner di Indonesia, bahkan bisa menggembangkan usahanya sehingga go internasional. Metode Penelitian yang digunakan Metode Kualitatif dengan mengacu pada 7 hal pokok dalam SOP yang meliputi efisiensi, konsisten, meminimalisasi kesalahan, penyelesaiaan masalah dan batasan pertahanan. Informan penelitian sebanyak 5 orang yaitu: 1 Manajer HRD dan 4 Karyawan yaitu dibidang keuangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan perusahaan sejenis dan pakar SOP. Hasil analisis menunjukkan bahwa minimal ada 6 SOP yang harus dibuat untuk membuat rancanga SOP Bisnis Kulier yaitu SOP Penerimaan Kas, SOP Makan Ditempat, SOP Delivery Order, SOP Pengeluaran Kas, SOP Produksi dan SOP Penggajian Karyawan . Adapun tentang hal pokok dalam SOP memiliki beberapa kekurangan diantaranya penyelesaiaan masalah, perlindungan tenaga kerja dan peta kerja.
ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PEMASARAN PRODUK KPR GRIYA MONAS PADA PT. BANK DKI CABANG BUMI SERPONG DAMAI TAHUN 2021 Muhamad Eko Ariwibowo; Adi Sofyana Latif
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi daya saing produk KPR Griya Monas pada Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai, bagaimana kondisi pencapaian target pemasaran produk KPR Griya Monas pada Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai serta bagaimana strategi yang lebih tepat bagi Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai dalam pemasaran produk KPR Griya Monas. Penulis memilih penelitian dengan metode kualitatif, menggunakan beberapa bentuk pengumpulan data seperti analisis dokumen neraca, dokumen pada grup Pengendalian Keuangan dan Anggaran, Grup Perencanaan Strategis serta melibatkan unsur – unsur yang ada dalam struktur organisasi perusahaan PT Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai yaitu pimpinan Cabang, pemimpin seksi pemasaran, analis pemasaran serta bagian finance dan accounting (back office). Berdasarkan data yang dihimpun, dikompilasi serta dianalisis oleh penulis Produk KPR Griya Monas padaBank DKI Cabang Bumi Serpong Damai memiliki pertumbuhan sebesar 20,09 % dan 18,04 %, dengan pangsa pasar relatif di wilayah Tangerang Selatan sebesar 0,00093 % pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 sebesar 0,0022 % dan pada analisis BCG berada dalam kuadran Question Mark. Berdasarkan hasil analisa SWOT bahwa strategi yang sebaiknya dilakukan olehBank DKI Cabang Bumi Serpong Damai adalah strategi Strength-Opportunity (Strategi SO), yaitu strategi pada kuadran agresif dengan menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal.
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT NANOM JAKARTA Rosento RST; Mohamad Amas Lahat; Jaka Santosa; Afridjal Afridjal
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1472

Abstract

Pelayanan yang baik dapat memberikan aspek penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan yang dibutuhkan agar dapat memberikan simpati dari pelanggan. Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai dan tata krama. Kepuasan pelanggan memiliki pandangan luas untuk mendapatkan keinginan dan kebutuhan, perlunya dibutuhkan pelayanan yang sangat baik sehingga dengan melayani berbagai pilihan yang diingnkan sesuai dengan kebutuhan. Pelayanan yang diterapkan pada PT Nanom Jakarta dan saat ini telah berjalan dengan baik sehingga dapat mempengaruhi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, terbukti dari hasil penelitian dengan garis regresi sebesar Y=7,456+0,829X hal ini menunjukan adanya pengaruh positif antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan perhitungan korelasi sebesar 0,847 yang menunjukan sangat kuat antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui tingkat hubungan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 72% dan sisanya 28% dipengaruh oleh faktor-faktor lain misalnya tingkat kebutuhan pelanggan terhadap produk yang berbeda, dan kualitas produk.
PENGARUH FAKTOR – FAKTOR SPILLOVER EFFECT IPO TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM PASAR PESAING (Studi Empiris Di Perusahaan Manufaktur Sector Industry Barang Konsumsi Di BEI) Rahma Wiyanti; Siti Hailatul Fikriyah
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1439

Abstract

Penelitian ini ingin menganalisa bahwa factor informasi terkait IPO apa yang memiliki pengaruh terhadap harga pasar saham pesaing di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa informasi terkait IPO saham yang terungkap melalui proses penawaran umum, berdampak negative terhadap harga saham perusahaan pesaing. Selain itu, pencatatan saham IPO tampaknya berdampak buruk terhadap permintaan saham perusahaan pesaing. Secara khusus, diantara pengaruh spillover effect, pengaruh persaingan sangat besar, dan factor-faktor yang mempengaruhi daya saing relative dalam industry pesaing dan perusahaan IPO, seperti kondisi pasar, penawaran saham, daya saing relative, ditemukan memiliki pengaruh yang substansial pada harga saham pesaing.. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sample adalah perusahaan manufaktur sector industry barang konsumsi yang tidak melakukan IPO tahun 2020. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya spillover effect pada saat IPO dengan ditunjukkan variabel kondisi pasar dan penawaran saham berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham perusahaan pesaing.
ANALISIS STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM REPOSITIONING CITRA POSITIF SMK SWASTA DI MASA PANDEMI COVID -19 Yunidyawati Azlina
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1455

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana strategi Marketing Public Relations dengan menggunakan bauran Public Relations atau “pencils” of public relations, yaitu suatu strategi membina hubungan baik dengan stakeholders yang relevan dengan melakukan kegiatan publications, events, news,community involvement, identity tools, lobbying, social investment. Pencils sebagai upaya penguatan positioning citra positif pada SMK swasta .Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing Public Relations dengan menggunakan “pencils” of public relations sebagai usaha merepositioning citra SMK swasta di mata masyarakat dapat dterapkan dengan dukungan penuh dari seluruh perangkat pendidik di SMK swasta tersebut dan juga pihak yayasan sebagai lembaga induknya.
PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PT. KAWI AGUNG KENCANA Eva Elida Sembiring
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1467

Abstract

Pelaksanaan GCG dalam pengelolaan perusahaan sangat penting karena akan secara langsung akan memberikan petunjuk yang jelas bagi perusahaan untuk mengambilan keputusan secara tepat dan bertanggung jawab serta memungkinkan pengelolaan perusahaan secara lebih aman, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan dan kepercayaan dari mitra usaha. Pelaksanaan Corporate Governance di perusahaan-perusahaan di Indonesia masih sangat rendah, hal tersebut disebabkan oleh adanya sejumlah kendala yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan tersebut pada saat perusahaan berupaya melaksanakan Corporate Governance demi terwujudnya prinsip-prinsip GCG dengan baik. GCG memiliki 4 prinsip dasar yaitu transparansi (transparancy),akuntabilitas (accountability),pertanggungjawaban (responsibility), Kemandirian (Independency),dan Kewajaran (fairness). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejauh mana pelaksanaan prinsip-prinsip GCG pada PT. KAWI AGUNG KENCANA Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dan kendala dalam pelaksanaan prinsip-prinsip GCG.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO RINA DI KABUPATEN BREBES Rosiana Andhikasari; Arina Muntazah
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1414

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan komponen strategi pemasaran dan promosi dalam meningkatkan penjualan pada Toko Rina Brebes. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan komponen strategi pemasaran dan promosi dalam meningkatkan penjualan pada Toko Rina Brebes. Obyek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha dan karyawan. Teori yang digunakan yaitu strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi, targeting, positioning, diferentation. Promosi yang terdiri dari penjualan pribadi, periklanan, publikasi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat induktif. Hasil penelitian ini adalah dalam penerapan strategi pemasaran Toko Rina saat ini telah menerapkan empat komponen dalam teori strategi pemasaran yaitu segmentasi, targeting, positioning, dan diferentation. Namun penerapan strategi pemasaran Toko Rina saat ini belum optimal pada komponen segmentasi dan targeting, sehingga belum mampu menimgkatkan penjualan. Penerapan promosi Toko Rina saat ini telah menerapkan lima cara dalam teori promosi yaitu penjualan pribadi (personal selling), periklanan (advertising), publikasi (publicity), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relations). Namun penerapan promosi Toko Rina saat ini belum optimal pada cara promosi penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relations) sehingga belum mampu meningkatkan penjualan.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE ALTMAN Z – SCORE PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK Murwani Wulansari
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1450

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelangsungan bisnis PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahun 2017 - 2019. Penelitian ini menggunakan metode Altman Z Score yang merupakan salah satu metode untuk menilai kebangkrutan suatu perusahaan. Era digitalisasi telah mengubah perilaku konsumen dalam membeli kebutuhannya. Hal tersebut berdampak pada penurunan kinerja segmen industri retail pada tahun 2017. Z Score PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk pada tahun 2017 mengalami penurunan dari tahun 2018 sebesar 1,14 menjadi -0,32. Pada tahun 2019 nilai Z meningkat pesat menjadi 1,26.

Page 1 of 4 | Total Record : 35