cover
Contact Name
Noviani Achmad Putri
Contact Email
noviani.ips@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sosiolium@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS
ISSN : -     EISSN : 26854929     DOI : https://doi.org/10.15294/sosiolium
Core Subject : Social,
This journal provides space for academic and critical thinking to explore social studies learning (Pendidikan IPS--Junior high school course). Subjects suitable for publication include but not limited to; - Social studies Education (Pendidikan IPS--Junior high school course) - Learning media issues in Social studies - Learning model issues in Social studies - Innovation in social studies learning.
Articles 140 Documents
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 38 SEMARANG Soleha, Siti; Purnomo, Arif; Nisa, Aisyah Nur Sayidatun
SOSIOLIUM : Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.29898

Abstract

This research was aimed to know the influence of mind map learning media to student’s learning outcomes on IPS subject in class VII, at SMP N38 Semarang. This research used True Eksperimental Design employing Pretest-Posttest Control Group Desain. The population of this research wasstudents of class VII in SMP N 38 Semarang with the total number of 157 students. The sample of this research is 31 students of VII B as an experiment class and 31 students of VII C as a control class. The data collection used was test method and documentation. The result of the t-test analysis gained tcount =2,784 > ttabel=2,000 and the significant value gained was 0,007<0,05 so Ha is received. It can be concluded that there was influence of mind map learning media to the student’s learning outcomes on IPS subject in class VII, SMP Negeri 38 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang. Penelitian ini menggunakan True Eksperimental Design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang sebanyak 157 siswa. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa taraf signifikansi α = 0,05 dengan nilai t hitung = 2,784 > t tabel = 2,000 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,007 < 0,05 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 38 SEMARANG Soleha, Siti; Purnomo, Arif; Nisa, Aisyah Nur Sayidatun
Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.29898

Abstract

This research was aimed to know the influence of mind map learning media to student’s learning outcomes on IPS subject in class VII, at SMP N38 Semarang. This research used True Eksperimental Design employing Pretest-Posttest Control Group Desain. The population of this research wasstudents of class VII in SMP N 38 Semarang with the total number of 157 students. The sample of this research is 31 students of VII B as an experiment class and 31 students of VII C as a control class. The data collection used was test method and documentation. The result of the t-test analysis gained tcount =2,784 > ttabel=2,000 and the significant value gained was 0,007<0,05 so Ha is received. It can be concluded that there was influence of mind map learning media to the student’s learning outcomes on IPS subject in class VII, SMP Negeri 38 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang. Penelitian ini menggunakan True Eksperimental Design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang sebanyak 157 siswa. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa taraf signifikansi α = 0,05 dengan nilai t hitung = 2,784 > t tabel = 2,000 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,007 < 0,05 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang.
STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN GAYA MENGAJAR EKSPOSITORI DAN CERAMAH PADA KELAS VIII SMPN 6 SEMARANG Mukti, Amir; Purnomo, Arif; Ginanjar, Asep
SOSIOLIUM : Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30444

Abstract

IPS not just learning the process of interaction between educators and learners with learning resources in a certain environment, with ekspositori learning strategies teachers were able to control the sequence and extent of learning material, he can know the extent to which students master learning materials delivered. Through the learning strategy ekspositori in addition to the students can be heard through the utterance of a learning material, also at once students can see or observing (through the implementation of the demonstration). Obstacles faced by IPS teacher at SMP 6 Semarang is the presumption IPS in the lessons students are always related to memorize and write so much. This resulted in students are not motivated to focus during the following lesson IPS. Although for most students still consider the lessons of IPS is the preferred lesson. Pembelajaran IPS bukan sekedar proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan tertentu, Dengan strategi pembelajaran ekspositori guru mampu mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran, ia dapat mengetahui sampai sejauh mana siswa menguasai bahan pembelajaran yang disampaikan. Melalui strategi pembelajaran ekspositori selain siswa dapat mendengar melalui penuturan tentang suatu materi pembelajaran, juga sekaligus siswa bisa melihat atau mengobservasi (melalui pelaksanaan demonstrasi).Kendala yang dihadapi oleh guru IPS di SMPN 6 Semarang ialah anggapan para siswa dalam pelajaran IPS selalu berkaitan dengan menghafal dan menulis yang begitu banyak. Hal ini yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk fokus selama mengikuti pelajaran IPS. Walaupun bagi sebagian siswa masih banyak yang menganggap pelajaran IPS merupakan pelajaran yang disukai.
STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN GAYA MENGAJAR EKSPOSITORI DAN CERAMAH PADA KELAS VIII SMPN 6 SEMARANG Mukti, Amir; Purnomo, Arif; Ginanjar, Asep
Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30444

Abstract

IPS not just learning the process of interaction between educators and learners with learning resources in a certain environment, with ekspositori learning strategies teachers were able to control the sequence and extent of learning material, he can know the extent to which students master learning materials delivered. Through the learning strategy ekspositori in addition to the students can be heard through the utterance of a learning material, also at once students can see or observing (through the implementation of the demonstration). Obstacles faced by IPS teacher at SMP 6 Semarang is the presumption IPS in the lessons students are always related to memorize and write so much. This resulted in students are not motivated to focus during the following lesson IPS. Although for most students still consider the lessons of IPS is the preferred lesson. Pembelajaran IPS bukan sekedar proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan tertentu, Dengan strategi pembelajaran ekspositori guru mampu mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran, ia dapat mengetahui sampai sejauh mana siswa menguasai bahan pembelajaran yang disampaikan. Melalui strategi pembelajaran ekspositori selain siswa dapat mendengar melalui penuturan tentang suatu materi pembelajaran, juga sekaligus siswa bisa melihat atau mengobservasi (melalui pelaksanaan demonstrasi).Kendala yang dihadapi oleh guru IPS di SMPN 6 Semarang ialah anggapan para siswa dalam pelajaran IPS selalu berkaitan dengan menghafal dan menulis yang begitu banyak. Hal ini yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk fokus selama mengikuti pelajaran IPS. Walaupun bagi sebagian siswa masih banyak yang menganggap pelajaran IPS merupakan pelajaran yang disukai.
EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 13 SEMARANG Susanti, Febri; ., Tukidi; Putri, Noviani Achmad
SOSIOLIUM : Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30445

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the use of sociodrama learning methods, the activities of learners, the response of learners, and the learning outcomes of learners after using the method of sociodrama learning IPS material changes in Indonesian society in the period of colonialism and the growth of nationality spirit. This research type is pre experiment with research design one group pre test post test. The population of this research is all students of class VIII SMP Negeri 13 Semarang. Data collection techniques used questionnaires, observations, tests, documentation. The result of the research shows: (1) effective sociodrama method used with effectiveness level 82,35% in very good criterion, (2) student activity in sociodrama learning included in good category with score 884, (3) student response in good category with score 63,91 and (4) learners' learning result increase, initially only 7 students reaching KKM value with average score 58,6 to 34 students reach KKM value with average value 87,06. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran sosiodrama, aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode sosiodrama pada pembelajaran IPS materi Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one group pre test post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) metode sosiodrama efektif digunakan dengan tingkat efektivitas 82,35% dalam kriteria sangat baik, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran sosiodrama termasuk dalam kategori baik dengan skor 884, (3) respon peserta didik dalam kategori baik dengan skor 63,91 dan (4) hasil belajar peserta didik meningkat, awalnya hanya 7 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 58,6 menjadi 34 peserta didik mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 87,06.
EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 13 SEMARANG Susanti, Febri; ., Tukidi; Putri, Noviani Achmad
Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30445

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the use of sociodrama learning methods, the activities of learners, the response of learners, and the learning outcomes of learners after using the method of sociodrama learning IPS material changes in Indonesian society in the period of colonialism and the growth of nationality spirit. This research type is pre experiment with research design one group pre test post test. The population of this research is all students of class VIII SMP Negeri 13 Semarang. Data collection techniques used questionnaires, observations, tests, documentation. The result of the research shows: (1) effective sociodrama method used with effectiveness level 82,35% in very good criterion, (2) student activity in sociodrama learning included in good category with score 884, (3) student response in good category with score 63,91 and (4) learners' learning result increase, initially only 7 students reaching KKM value with average score 58,6 to 34 students reach KKM value with average value 87,06. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran sosiodrama, aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode sosiodrama pada pembelajaran IPS materi Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one group pre test post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) metode sosiodrama efektif digunakan dengan tingkat efektivitas 82,35% dalam kriteria sangat baik, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran sosiodrama termasuk dalam kategori baik dengan skor 884, (3) respon peserta didik dalam kategori baik dengan skor 63,91 dan (4) hasil belajar peserta didik meningkat, awalnya hanya 7 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 58,6 menjadi 34 peserta didik mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 87,06.
PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPSPADA SISWA SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWAKABUPATEN SEMARANG Utami, Yekti; Purnomo, Arif; Salam, Rudi
SOSIOLIUM : Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30446

Abstract

SMP Islam Sudirman Ambarawa is one of the schools that is implementing the instilling of social attitudes through programs in schools. This study whose aims to find out: (1) to describe the background of social science teachers instill a social attitude of SMP Islam Sudirman Ambarawa’s students, (2) the process of cultivation of the social attitude in social studies, and (3) the means used to instill an social attitude.This study uses qualitative methods to the design of case studies.Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Analysis of data using interactive analysis techniques.The results showed that (1) Background the social studies teacher at SMP Islam Sudirman Ambarawa instill social attitude is related to the role of humans as social and to prepare students to live more organized and focused to become good citizens, (2) the process of instilling the social attitudes through social studies internalized in the learning process and direcly, (3) facilities that supports the growing process of social attitudes is through extracurricular activities and other routine activities in the school. SMP Islam Sudirman Ambarawa merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan penanaman sikap sosial pada siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui latar belakang guru IPS menanamkan sikap sosial pada siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa, (2) proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS, dan (3) sarana yang digunakan untuk menanamkan sikap sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus.Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) latar belakang guru IPS SMP Islam Sudirman Ambarawa menanamkan sikap sosial adalah berhubungan dengan peran manusia sebagai makhluk sosial serta untuk menyiapkan peserta didik untuk hidup lebih teratur dan terarah sehingga menjadi warga negara yang baik, (2) proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS terinternalisasi dalam proses pembelajaran maupun disampaikan secara langsung, dan (3) sarana penanaman sikap sosial dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan rutin lainnya yang ada di sekolah.
PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPSPADA SISWA SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWAKABUPATEN SEMARANG Utami, Yekti; Purnomo, Arif; Salam, Rudi
Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30446

Abstract

SMP Islam Sudirman Ambarawa is one of the schools that is implementing the instilling of social attitudes through programs in schools. This study whose aims to find out: (1) to describe the background of social science teachers instill a social attitude of SMP Islam Sudirman Ambarawa’s students, (2) the process of cultivation of the social attitude in social studies, and (3) the means used to instill an social attitude.This study uses qualitative methods to the design of case studies.Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Analysis of data using interactive analysis techniques.The results showed that (1) Background the social studies teacher at SMP Islam Sudirman Ambarawa instill social attitude is related to the role of humans as social and to prepare students to live more organized and focused to become good citizens, (2) the process of instilling the social attitudes through social studies internalized in the learning process and direcly, (3) facilities that supports the growing process of social attitudes is through extracurricular activities and other routine activities in the school. SMP Islam Sudirman Ambarawa merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan penanaman sikap sosial pada siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui latar belakang guru IPS menanamkan sikap sosial pada siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa, (2) proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS, dan (3) sarana yang digunakan untuk menanamkan sikap sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus.Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) latar belakang guru IPS SMP Islam Sudirman Ambarawa menanamkan sikap sosial adalah berhubungan dengan peran manusia sebagai makhluk sosial serta untuk menyiapkan peserta didik untuk hidup lebih teratur dan terarah sehingga menjadi warga negara yang baik, (2) proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS terinternalisasi dalam proses pembelajaran maupun disampaikan secara langsung, dan (3) sarana penanaman sikap sosial dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan rutin lainnya yang ada di sekolah.
IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL Gunawan, Ali; ., Tukidi; Mulianingsih, Ferani
SOSIOLIUM : Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30447

Abstract

The character building in school which is conducted through the learning process to develop. Further, one of the character values ​​is discipline. (1) the improvement of learning values ​​in social science learning in SMP Negeri 1 Boja; (2) the obstacles which are experienced by the teachers who apply character value in SMP Negeri 1 Boja; (3) the way teachers overcome obstacles when applying the discipline character in the process of social science learning in SMP Negeri 1 Boja. The results of this study indicated that (1) the discipline character building ​​in social science learning in SMP Negeri 1 Boja was integrated through learning tools, activities and evaluation; (2) the problem experienced by the teachers in applying the discipline character in social science learning was there were some students who spoke by their own in learning activity process; (3) the teacher's way to overcome the problem was by giving warning and question. Penanaman pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan melalaui proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter Salah satunya nilai karakter disiplin.Tujuan dari penelitian ini (1) penanaman nilai karakter disiplin dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja; (2) kendala yang dialami guru dalam menerapkan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja; (3) cara guru dalam mengatasi kendala saat menerapakan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai karakter disiplin dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja diintegrasikan melalui perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; (2) kendala yang dialami guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin dala pembelajaran IPS adalah masih ada peserta didik yang berbicara sendiri ketika proses kegiatan pembelajaran; (3) cara guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah menggunakan teguran halus dan diberikan pertanyaan.
IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL Gunawan, Ali; ., Tukidi; Mulianingsih, Ferani
Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS Vol 1 No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/sosiolium.v1i1.30447

Abstract

The character building in school which is conducted through the learning process to develop. Further, one of the character values ​​is discipline. (1) the improvement of learning values ​​in social science learning in SMP Negeri 1 Boja; (2) the obstacles which are experienced by the teachers who apply character value in SMP Negeri 1 Boja; (3) the way teachers overcome obstacles when applying the discipline character in the process of social science learning in SMP Negeri 1 Boja. The results of this study indicated that (1) the discipline character building ​​in social science learning in SMP Negeri 1 Boja was integrated through learning tools, activities and evaluation; (2) the problem experienced by the teachers in applying the discipline character in social science learning was there were some students who spoke by their own in learning activity process; (3) the teacher's way to overcome the problem was by giving warning and question. Penanaman pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan melalaui proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter Salah satunya nilai karakter disiplin.Tujuan dari penelitian ini (1) penanaman nilai karakter disiplin dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja; (2) kendala yang dialami guru dalam menerapkan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja; (3) cara guru dalam mengatasi kendala saat menerapakan nilai karakter disiplin pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai karakter disiplin dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Boja diintegrasikan melalui perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; (2) kendala yang dialami guru dalam menanamkan nilai karakter disiplin dala pembelajaran IPS adalah masih ada peserta didik yang berbicara sendiri ketika proses kegiatan pembelajaran; (3) cara guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah menggunakan teguran halus dan diberikan pertanyaan.

Page 1 of 14 | Total Record : 140