cover
Contact Name
Iwan Kurniawan
Contact Email
iwan.kurniawan@poltek.stialanbandung.ac.id
Phone
+6285280770539
Journal Mail Official
iwan.kurniawan@poltek.stialanbandung.ac.id
Editorial Address
STIA LAN Bandung JL. Cimandiri No. 34-38, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Media Administrasi Terapan
ISSN : 27471322     EISSN : 29875269     DOI : 10.31113/jmat.v3i1.16
Jurnal Media Administrasi Terapan is a scientific journal issued by managed by Polytechnic of STIA LAN Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan is published regularly twice a year in may and September. This journal focuses on disseminating problems and issues in public administration and public policy. Published journal article of Jurnal Media Administrasi Terapan covers areas, including: Public sector human resource management; Public sector organization; Public sector management; Public sector innovation; Public service; Public policy; Decentralization and Local government; and Governance.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan" : 7 Documents clear
FAKTOR KESEJAHTERAAN OBJEKTIF DALAM SUBJEKTIFITAS PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI WILAYAH PERKOTAAN Topik Ismail; Septiana Dwiputranti; Nita Nurliawati
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.63

Abstract

Kesejahteraan subjektif dirasakan diperoleh dari berbagai faktor internal maupun eksternal dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk melihat prevalensi faktor-faktor yang membentuk kesejahteraan subjektif penerima manfaat dari komponen dasar/kondisi kebutuhan dan lingkup kesejahteraan. Sebuah cross-section digunakan dalam penelitian ini karena dilakukan dalam satu periode tertentu dalam melihat prevalensi kesejahteraan objektif ke kesejahteraan subjektif. Oleh karena itu, penelitian ini mengguna univariat dan bivariat dengan uji chi-square untuk memeriksa hubungan silang antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu dari tiga kebutuhan dasar kurang relevan dalam membentuk kualitas hidup yaitu pada pendidikan. Sementara, kondisi lingkup kesejahteraan (alam, ekonomi, politik, sosial, infrastruktur, pelayanan publik) di perkotaan mempunyai hubungan dalam membentuk kesejahteraan subjektif penerima manfaat meskipun dalam kondisi kritis maupun baik. Hubungan yang signifikan pada kesehatan, standar hidup dan semua lingkup kesejahteraan yang berada di daerah perkotaan yang membentuk kesejahteraan subjektif penerima manfaat dan penerima manfaat dengan karakteristik demografinya menunjukan masih berada dibawah garis kemiskinan. Maka dari itu, rekomendasi ditujukan kepada pemerintah daerah/pusat untuk lebih memperhatikan kualitas hidup rumah tangga miskin dalam melihat kemiskinan dan kesejahteraan melalui peningkatan sumber daya manusia melalui keterampilan dalam upaya meningkatkan sosial ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas dan aksesbilitas pelayanan.
MODEL PELAYANAN KEPROTOKOLAN PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI PROVINSI JAWA BARAT Mas Adi Komar; Joni Dawud; Hendikus T Gedeona
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.68

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pelayanan keprotokolan pada masa adaptasi kebiasan baru, yang selanjutnya merancang model pelayanan keprotokolan berbasis teknologi informasi di pemerintah daerah provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan system dengan soft system methodology (SSM), dengan analisis CATWOE dan peran. Berdasarkan hasil  penelitian dengan menggunakan konsep/teori kualitas pelayanan dengan 5 aspeknya, aspek yang telah dilaksanakan dengan baik adalah aspek Keandalan, Empati dan Jaminan dan yang perlu dilakukan penguatan pada aspek Ketanggapan, Berwujud. Terdapat kendala-kendala dalam pelayanan keprotokolan pada masa adaptasi kebiasaan baru di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, yaitu belum maksimalnya pelayanan pada respon atau sikap aparatur, keterbatasan SDM, penggunaan data fasilitasi ruangan yang masih manual. Pengembangan model pelayanan keprotokolan pada masa adaptasi kebiasaan baru  sebagai solusi dan inovasi bagi Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan pelayanan di Bagian Protokol di Provinsi Jawa Barat. Adapun rekomendasi dalam rangka peningkatan pelayanan keprotokolan diantaranya: meningkatkan penggunaan teknologi dalam proses pelayanan keprotokolan, penguatan SDM melalui pelatihan keprotokolan secara terjadwal, dukungan fasilitasi sarana dan prasarana mengingat pelayanan keprotokolan.
ANALISIS PELAKSANAAN KEBUTUHAN DIKLAT BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN (FPOK) UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Indra Muliawan; Sedarmayanti Sedarmayanti; Nefi Aris Ambar Asmara
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kebutuhan Diklat Pelatihan Bagi Tenaga Kependidikan Di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara dan kajian dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi data/sumber data. Hasil penelitian diketahui dengan analisis kebutuhan diklat ditemukan beberapa temuan diantaranya yaitu masih ditemukan kesenjangan kompetensi antar pegawai yaitu kurang mengertinya dengan tugas kerja dan pemecahan masalah dalam tugas kerja, meskipun dalam prosesnya pegawai saling menanyakan kepada rekan kerja dalam tugasnya ketika ada kendala.
STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGAWASAN DALAM PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI KABUPATEN PURWAKARTA Rini Oktoyani; Ely Sufianti; Hendrikus T. Gedeona
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.61

Abstract

Pembangunan industri memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan dampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan. Implementasi kebijakan pengawasan dalam pengelolaan limbah B3 di Kabupaten Purwakarta belum optimal. Hal ini ditandai dengan adanya pengaduan pencemaran limbah B3 dari masyarakat, industri yang belum menyampaikan laporan pengelolaan limbah B3 kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, banyaknya industri yang belum memiliki izin pengelolaan limbah B3, dan masih adanya industri yang berada dalam pengawasan DLH Kabupaten Purwakarta terkait pelanggaran pengelolaan limbah B3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh pemberian insentif berupa Properda, pemberlakuan sanksi bersifat administratif, metode dan teknis pengawasan dilaksanakan secara internal dan eksternal. DLH Kabupaten Purwakarta memiliki keterbatasan sumber daya dan otonomi. Selain itu, informasi yang disampaikan secara luring dan belum terintegrasinya sistem informasi pengelolaan lingkungan hidup, khususnya pengelolaan limbah B3 antar stakeholder terkait. DLH Kabupaten Purwakarta belum memiliki peraturan daerah turunan dari UU Cipta Kerja. Pada implementasi kebijakan pengawasan dalam pengelolaan limbah B3 di Kabupaten Purwakarta diperoleh faktor penunjang adalah pemberian insentif dan faktor penghambat adalah keterbatasan sumber daya, otonomi, dan informasi. Oleh karena itu, diharapkan DLH Kabupaten Purwakarta menggunakan konsep collaborative governance pada implementasi kebijakan pengawasan dalam pengelolaan limbah B3.
PENGEMBANGAN MEKANISME MUTASI MASUK PNS BERBASIS MANAJEMEN TALENTA KE LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT Aji Surya Utama; Ely Sufianti; Hendrikus Tribawanto Gedeona
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.66

Abstract

Mutasi masuk PNS merupakan langkah penting yang dilakukan Instansi untuk mendapatkan PNS dari luar instansi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam rangka mengakselerasi pencapaian tujuan organisasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan rekomendasi pengembangan mekanisme mutasi masuk PNS berbasis manajemen talenta ke lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi serta untuk menguji validatas data digunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan seleksi mutasi masuk PNS ke lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat masih terdapat beberapa permasalahan dikarenakan regulasi yang dipakai tidak relevan sehingga mekanisme mutasi masuk PNS tersebut belum sesuai dengan implementasi manajemen talenta. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya SDM untuk memperbaharui regulasi, belum adanya sistem aplikasi serta belum adanya instrumen kompetensi teknis. Alternatif perbaikan mekanisme mutasi masuk PNS tersebut adalah pengembangan mekanisme mutasi masuk PNS berbasis manajemen talenta melalui penyusunan regulasi yang relevan, penyusunan aplikasi mutasi, penyusunan instrumen kompetensi teknis serta penambahan mekanisme seperti seleksi assesmen kompetensi, penyusunan makalah inovasi dan wawancara akhir sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat Jawa Barat.
STRATEGI TRANSFORMASI TATA KELOLA PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI SIPIL (PPNPN) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSKESMAS DINAS KESEHATAN KOTA BANDUNG Anhar Hadian; Deddy Mulyadi; Nita Nurliawati
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.62

Abstract

Urusan kesehatan di Kota Bandung yang berkaitan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 pada pasal 99 tersebut perlu disikapi dengan cermat karena akan mengurangi jumlah SDM Dinas Kesehatan terutama SDM yang ada di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksana tata kelola PPNPN di Dinas Kesehatan Kota Bandung serta merumuskan strategi baru. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan metode wawancara dengan teknik analisis menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kendala dalam pelaksanaan tata kelola PPNPN diantaranya yaitu aturan hukum bagi PPNPN untuk mendapatkan status menjadi PPPK atau PNS belum berpihak kepada PPNPN karena belum mempertimbangkan masa kerja dan pengalaman kerja PPNPN. PPNPN tidak memiliki konsep pengembangan karier dan belum memiliki aturan baku dalam tata kelola penilaian kinerja sehingga masih bersifat subjektif. Jumlah PPNPN berkurang sedangkan Puskesmas Dinas Kesehatan membutuhkan SDM untuk melaksanakan fungsinya. Oleh karena itu, beberapa strategi tata kelola PPNP yang dapat diterapkan pada pelaksanaan tata kelola PPNPN di Dinas Kota Bandung adalah strategi Renewal dengan Pemberian Insentif Bagi PPNPN. Pengusulan pengembangan karier PPNPN berprestasi reframing, revitalization, renewal, tata kelola PPNPN dengan usulan aturan baku bagi PPNPN terkait penilaian kinerja dan penegakan disiplin. Seleksi PPNPN dapat menjadi PPPK atau PNS.
STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI BAGIAN INFOMASI DAN PENGOLAHAN DATA SEKOLAH CALON PERWIRA ANGKATAN DARAT (INFOLAHTA SECAPAAD) Syarip Hidayat; Deddy Mulyadi; Nefi Aris Ambar Asmara
Jurnal Media Administrasi Terapan Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Media Administrasi Terapan
Publisher : Jurnal Media Administrasi Terapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jmat.v3i2.59

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi meningkatkan kinerja Staf Bagian Informasi dan Pengolahan Data Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi yang sebaiknya digunakan untuk meningkatkan kinerja Staf Bagian Informasi dan Pengolahan Data Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat adalah Mendukung Strategi Agresif. Adapun strategi yang layak dilaksanakan kepada Staf Bagian Informasi dan Pengolahan Data Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat yaitu strategi Institusional dengan meningkatkan kinerja pegawai yang menitik beratkan pada upaya pengembangan sumber daya manusia yaitu Meningkatkan kualitas SDM yang memadai melalui kegiatan pelatihan, Meningkatkan kerjasama dengan organisasi dan konsultan luar, Dukungan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, Meningkatkan pemanfaatan program pendidikan dan pelatihan yang tersetruktur, Pemberiaan penghargaan untuk pegawai yang loyal dan professional, Meningkatkan kerjasama antara pegawai, Pelibatan staf Infolahta dalam menentukan kebijakan organisasi, Meningkatkan anggaran untuk pengembangan teknologi dan inovasi terbaru.

Page 1 of 1 | Total Record : 7