cover
Contact Name
Yusri
Contact Email
yusri@unm.ac.id
Phone
+6285255602827
Journal Mail Official
yusri@unm.ac.id
Editorial Address
Jln.A.P. Pettarani, Makassar, 90222
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies
ISSN : 27767736     EISSN : 27767744     DOI : 10.26858/human
The aim of our journal is to promote a principled approach to research on the area of social sciences and humanities in general, which may include, but not limited to Linguistics and Literature, Arts, Cultural Studies, Law, Economics and business, Tourism, Social Sciences, Political Sciences, and Education. Its scope is international in that it welcomes articles from academics, researchers, graduate students and policy makers.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies" : 11 Documents clear
Ketidaksantunan Tindak Tutur Siswa Sekolah Menengah Pertama Anisa Fitri Syam; Muh. Saleh; Azis Azis
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.13 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37065

Abstract

Abstract: This study aims to: (1) describe the form of impoliteness of locutionary speech acts of class VIIIA SMPN 3 DuaPitue, (2) describe the form of impoliteness of illocutionary speech acts of class VIIIA students of SMPN 3 Dua Pitue, (3) describe the form of impoliteness of perlocutionary speech acts of class students VIIIA SMPN 3 DuaPitue. This type of research is descriptive qualitative research. The focus of this research is the impoliteness of speech acts of locutions, illocutions, and perlocutions of class VIIIA students of SMPN 3 Dua Pitue. The source of research data is the speech of class VIIIA students of SMPN 3 Dua Pitue. The data collection technique was carried out by listening, recording, and note-taking techniques. The results of the study revealed that there were several forms of impoliteness in locutionary, illocutionary, and perlocutionary speech acts of class VIIIA students of SMPN 3 Dua Pitue. The impoliteness of locutionary speech acts consists of forms of impoliteness of locutionary speech acts with positive impoliteness strategies and strategies of withholding politeness. The impoliteness of illocutionary speech acts consists of forms of impoliteness in illocutionary speech acts with negative impoliteness strategies and sarcasm or ridicule impoliteness strategies. The impoliteness of perlocutionary speech acts consists of forms of impoliteness of students' perlocutionary speech acts with direct or direct impoliteness strategies. Keywords: Impoliteness, Speech Acts, Locutions, Illocutions, Perlocutions.
Problem Batin Perempuan dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo Perspektif Psikologi Feminis Sadriah Sadriah; Juanda Juanda; Suarni Syam Saguni
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.843 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37082

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problem batin yang dialami tokoh utama perempuan yang terdapat dalam novel yang dijadikan sebagai sumber data yang dianalisis. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh berlandaskan pada teori yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga uraian konflik batin yaitu rasa tidak berdaya, rasa perlawanan, rasa terisolasi yang menjadi problem batin yang dialami tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam akibat pendindasan budaya patriarki yang merendahkan seorang perempuan Sumba. Kebudayaan kawin culik yang menjadi jembatan seorang perempuan melakukan sebuah perlawanan untuk memberantas perlakuan yang menindas serta membuat perempuan merasa tidak berdaya dalam membebaskan dirinya sendiri. Perlawanan yang dilakukan tokoh utama perempuan dalam novel ini menjadi tombak pembuktian serta kekuatan bahwa perempuan mampu melakukan perlawanan ditengah-tengah ketidakberdayaan serta rasa terisolasi yang memenjarakan fisik dan jiwa perempuan. Keywords: Problem Batin, Psikologi Feminis
Media Gambar Berseri : Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskriptif Bugis Menggunakan Stimulus-Respon Siswa Sekolah Dasar Andi Agussalim Aj; Syamsudduha Syamsudduha; Arsi Putri Rahmatullah
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.5 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37066

Abstract

Abstract: This study aims to describe the planning, implementation, and evaluation of learning to write descriptive essays using Bugis Stimulus-Response media, this research is expected to provide theoretical and practical benefits. This research is a classroom action research (CAR) which is carried out in two cycles, starting from (1) planning, (2) implementing actions, (3) Observing, and (4) Reflecting. The subjects of this research were the fourth grade students of SDN 5 Mattiropole Lalabata Soppeng as many as 28 students. The data obtained were processed descriptively quantitatively. The data collection techniques in this study were observation, tests, and documentation. The results of this study indicate that the learning outcomes of students' Bugis regional language using the Stimulus-Response media of serial images of fourth grade students of SDN 5 Mattiropole have increased. This can be seen from the final test scores of students in the first cycle, 18 students or 78.26% were declared complete, and the last test scores in the second cycle increased with 21 students or 91.30% completeness. The results showed that there was an increase in learning outcomes to write Bugis descriptive essays in the first cycle in the good category, and the second cycle in the Very Good category, while the observations of teacher and student activities were in the good category. The conclusion in this study is the result of writing descriptive essays using Stimulus-Reapon Bugis. Serial image media for fourth grade students of SDN 5 Mattiropole Lalabata Soppeng Increases. Keywords: Learning Outcomes to Write Descriptive Essay
Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman Mappadicawa ‘Lucu’ Dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Soppeng Kabupaten Soppeng Deni Fikasari; Kembong Daeng; Andi Fatimah Junus
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.671 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37199

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis kerangka cerita pengalaman mappadikawa 'Lucu' dalam bahasa Bugis siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Kabupaten Soppeng; (2) Kemampuan menulis cerita pengalaman mappadikawa 'Lucu' dalam bahasa Bugis siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kemampuan menulis cerita pengalaman mappadikawa 'Lucu' dalam bahasa Bugis siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Kabupaten Soppeng.Sampel penelitian yaitu siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng. Teknik pengumpulan data yaitu Instrumen tersebut yaitu tes. Teknik analisis yaitu: (1) membuat tabel skor rata-rata; (2) Membuat tabel distribusi nilai kemempuan siswa ; (3) membuat tabel klasifikasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis kerangka cerita pengalaman mappadikawa ‘lucu’ dalam bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Kabupaten Soppeng berada pada kategori mampu. (2) Kemampuan menulis cerita pengalaman mappadikawa ‘lucu’ dalam bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Kabupaten Soppeng berada pada kategori mampu. Keywords: Menulis, Cerita Mappadicawa ‘Lucu’, Bahasa Bugis
Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar Karikatur Siswa Sekolah Menengah Atas Irmayanti Irmayanti; Muhammad Rapi Tang; Idawati Garim
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.322 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37067

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan media gambar karikatur siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa yang berjumlah 245 siswa terbagi dalam 7 Kelas. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan media gambar karikatur siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa dikategorikan sudah mampu. Karena hasil persentase siwa yang memperoleh nilai 71 sampai 100 mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Dari 30 jumlah sampel, 27 siswa (90%) yang mencapai nilai 71-100 dan 3 siswa (10%) yang memperoleh nilai 0-70. Keywords: Karikatur, Eksposisi, Menulis.
Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Pembelajaran Complete Sentence Pada Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Nur Hariana; Abd Rahman Rahim; Ummu Khalsum
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.519 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37201

Abstract

Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model pembelajaran complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa siswa kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran complete sentence dalam keterampilan menulis Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 11 orang. Hasil tes keterampilan menulis siswa pada siklus I yang nilainya 75 ke atas hanya mencapai 54,00%, sedangkan pada siklus ke II mengalami peningkatan mencapai 86,36%. Nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 5,95 dan pada siklus ke II mengalami peningkatan yaitu 9,50. Sehingga dapat dikatakan bahwa, nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada siklus I ke siklus II mengalami kemajuan sebesar 3,56. Sehinggs tingkat ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 32,36%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng melalui model pembelajaran complete sentence mengalami peningkatan.  Keywords: Hasil Belajar, Complete Sentence, Keterampilan Menulis
Tindak Tutur Penolakan dalam Interaksi Masyarakat Bugis di Pasar Cabbengnge Kabupaten Soppeng Fauzan Maulidani Syam; Kembong Daeng; Azis Azis
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.534 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37063

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur penolakan yang digunakan masyarakat Bugis dalam interaksi jual beli di pasar Cabbengnge Kabupaten Soppeng; (2) Mendeskripsikan tipe tindak tutur penolakan yang telah di tuturkan oleh penjual dan pembeli dalam interaksi masyarakat Bugis di pasar Cabbengnge Kabupaten Soppeng; Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Deskriptif Kualitatif. Vareabel penelitian yaitu tindak tutur penolakan dalam interaksi masyarkat bugis di pasar Cabbengnge Kabupaten Soppeng. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik observasi, teknik simak catat dan teknik dokumentasi rekaman. Analisis data menggunakan metode kontekstual dan metode padan Hasil analisis data dapat disimpulkan; (1) Bentuk. tindak tutur penolakan yang digunakan masyarakat Bugis dalam interaksi jual-beli di Pasar Cabbengnge Kabupaten Soppeng terdapat tiga bentuk (a) penolakan dengan kalimat imperatif tidak langsung (b) penolakan dengan kalimat deklaratif langsung dan tidak langsung, (c) penolakan dengan kalimat interogatif langsung dan tidak langsung. Tipe tindak tutur yang digunakan masyarakat Bugis dalam interaksi jual-beli di Pasar Cabbengnge Kabupaten Soppeng terdapat dua tipe penolakan (a) penolakan dengan negasi, (b) Penolakan tanpa negasi. Keywords: Tindak Tutur Penolakan Berbahasa Bugis.
Language Invective Community Jeneponto (Study Sociolinguistics) St. Nur Fadillah Abdullah; Usman Usman; Asia M
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.784 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37073

Abstract

Abstract: This study aims to: (1) describe the form of swearing in the Jeneponto community, (2) describe the function of swearing in the Jeneponto community. This type of research is descriptive qualitative research. The focus of this research is the swear language that is often used among the Jeneponto community. The research source is the Sidenre community, Binamu District, Jeneponto Regency. The data collection technique was done by recording technique, listening technique, and note-taking technique. The results of the study found several forms and functions of the use of swear language among the Jeneponto community. The form of swearing language is divided into single basic word forms, derived basic word forms, phrase forms, and clause forms, while the functions of swearing language are divided into expressing anger, expressing anger, as a call for intimacy. Invective language in the Jeneponto community is spoken based on certain needs, such as anger, irritation, and as a call for intimacy. In addition, the use of swear language does not always hurt other people's feelings, you can see it based on the context of its use, be it as a joke, or as an outlet for anger. Keywords: Swearing, Form, Function, Society.
Wujud Falsafah Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Lakon Hidup: Kajian Postfeminisme Luce Irigaray Herlina Herlina; Nensilianti Nensilianti; Suarni Syam Saguni
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.446 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37064

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud falsafah perempuan yang dapat mengubah pandangan hidup perempuan dalam kumpulan cerpen Lakon Hidup yang berjudul Impianku karya Etik Nurhalimah, Bunga Kuning Liar pada Suatu Pagi karya Mugi Astuti, dan Mince, Perempuan dari Bakunase karya Fanny J Poyk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh perempuan berupaya melakukan perubahan terhadap pandangan hidup perempuan bahwa tidak semua permasalahan bersumber dari kaum laki-laki, bahwa perempuan juga berkaitan dalam segala bentuk permasalahan yang kemudian perempuan dituntut untuk menemukan pemaknaan terhadap dirinya melalui sikap kelembutan dan kekuatan dalam menghadapi permasalahan yang ada. Selain itu, perempuan juga harus memahami keinginan seksualnya, bagaimana cara menghargai perbedaan seksual satu sama lain sehingga ruang seksualitas yang baik dapat terbuka. Keywords: Postfeminisme, Wujud Falsafah Perempuan
Improving The Skills of Writing Advertising Texts For Class VIII—A Students of SMPN 16 Mandai Through The Picture And Picture Method Melianti Melianti; Mayong Mayong; Azis Azis
HUMAN: South Asian Journal of Social Studies Vol 2, No 2 (2022): Human: South Asean Journal of Social Studies
Publisher : HUMAN: South Asian Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.945 KB) | DOI: 10.26858/human.v2i2.37081

Abstract

Abstract: This study aims to determine the improvement of students' advertising text writing skills using the picture and picture method. The problem that is found in the implementation of this research in general is the lack of skills of class VIII-A students of SMPN 16 Mandai in learning to write advertising texts. This type of research is classroom action research using research procedures with this through the stages which include: planning, implementing actions, observing and reflecting. The data of this research are in the form of process data and learning outcomes of writing advertisement text for class VIII A SMPN 16 Mandai.The results of this study indicate that there is an increase in student learning activities from cycle I to cycle II, namely the increase in the number of students in listening to the teacher's explanation, asking questions and answering questions, learning outcomes have also increased which can be proven from the results of the first cycle stage, which obtained a score of 570 and in cycle II 677 So that the application of the picture and picture method can increase the frequency of activity and activities by meeting the KKM standards. So that the teaching and learning process is in accordance with the observations of students during the implementation of class actions, it is enough for two cycles. Keywords: Improvement, Writing Ad Text, Picture And Picture Method

Page 1 of 2 | Total Record : 11