cover
Contact Name
Herman Wijaya
Contact Email
alinea.jurnal@gmail.com
Phone
+6281937075937
Journal Mail Official
alinea.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Basuki Rahmat-Praya Lombok Tengah
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Published by Bale Literasi
ISSN : -     EISSN : 28094204     DOI : https://doi.org/10.58218/alinea/
Core Subject : Religion, Education,
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), serta pembelajaran bahasa dan sastra. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, konsep teori dan pemikiran yang menawarkan nilai kebaharuan. ALENIA terbit tiga kali setahun yaitu bulan April, Agustus, dan Desember
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran" : 16 Documents clear
METAFORA DALAM CLOSING STATEMENT ACARA TALK SHOW MATA NAJWA Dwi Mulvita Sari
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.142

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahasa dalam closing statemen acara Mata Najwa yang menggunakan bentuk ungkapan metafora. Pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengenai jenis dan makna ungkapan metafora yang terdapat dalam closing statement acara Mata Najwa di Trans7. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan jenis dan makna metafora yang terdapat dalam closing statement acara Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan berupa kalimat yang mengandung metafora. Sumber data dalam penelitian ini adalah closing statemen acara Mata Najwa yang diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab. Data kumpulkan dengan metode simak dan teknik catat, kemudian dianalisis menggunakan metode padan. Penelitian ini menggunakan konsep metafora menurut Ullaman. Temuan dalam penelitian ini adalah jenis metafora yang didominasi oleh metafora pengabtrakan dengan jumlah data sebanyak 33 data, metafora sinaestetik sebanyak 22 data, metafora antropomorfik sebanyak 15 data, dan metafora binatang sebanyak 1 data.
Sastra Dan Nasionalisme Di Sekolah Internasional Ismirani Mardalena; Diah Kartini Lasman; Zalfa Silfania Zahra
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.423 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.151

Abstract

Globalisasi menuntut naiknya mutu pendidikan agar anak-anak Indonesia mampu bersaing di dunia Internasional. Disahkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 31 Tahun 2014 tentang Kerja sama Penyelenggaraan dan Pengelolaan oleh Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia serta Kurikulum 2013, yang berpedoman pada UU NO.20 tahun 2003, mendorong munculnya pendidikan berkualitas Internasional yang “mengadopsi kurikulum IB (International Bacalaureat), AAP atau Cambridge” di Indonesia. Orientasi kepada kurikulum internasional menimbulkan pertanyaan mengenai nasionalisme dan kebangsaan para siswa WNI. Salah satu strategi yang digunakan oleh sekolah yang berbahasa pengantar Bahasa Inggris serta mengadopsi kurikulum Internasional dalam menanamkan nasionalisme pada siswa berkewarganegaraan Indonesia adalah melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan menjadikan Bahasa dan Sastra sebagai salah satu mata ujian untuk mendapatkan diploma IB. Penelitian ini menganalisis hubungan pembelajaran sastra di sekolah berkurikulum IB dengan rasa nasionalisme pada siswa WNI. Data didapatkan dari wawancara tatap muka semi-terstruktur dengan guru dan siswa dari tiga sekolah Internasional, yaitu SPH Karawaci, SPH Kemang Village dan Binus School Simprug. Analisis dilakukan dengan mengaitkan data dengan konsep keindonesiaan yang dirumuskan dalam Diskusi Panel Serial: Membangun Budaya Bangsa dan Nilai Keindonesiaan Demi Masa Depan Bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sastra Indonesia mampu membangun rasa kebangsaan siswa. Makna pembelajaran sastra Indonesia di sekolah internasional adalah meneguhkan identitas siswa sebagai warga Negara Indonesia yang mengenal bangsanya, kebudayaannya dan mampu berbahasa Indonesia dengan baik.
Metafora Dalam Closing Statement Acara Talk Show Mata Najwa Dwi Mulvita Sari
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.137 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.153

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahasa dalam closing statemen acara Mata Najwa yang menggunakan bentuk ungkapan metafora. Pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengenai jenis dan makna ungkapan metafora yang terdapat dalam closing statement acara Mata Najwa di Trans7. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan jenis dan makna metafora yang terdapat dalam closing statement acara Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan berupa kalimat yang mengandung metafora. Sumber data dalam penelitian ini adalah closing statemen acara Mata Najwa yang diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab. Data kumpulkan dengan metode simak dan teknik catat, kemudian dianalisis menggunakan metode padan. Penelitian ini menggunakan konsep metafora menurut Ullaman. Temuan dalam penelitian ini adalah jenis metafora yang didominasi oleh metafora pengabtrakan dengan jumlah data sebanyak 33 data, metafora sinaestetik sebanyak 22 data, metafora antropomorfik sebanyak 15 data, dan metafora binatang sebanyak 1 data.
Simbolisasi Haram Dalam Hikayat Raja Babi Karya Usup Abdul Kadir Siti Mualim Wahyuni
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.497 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotik Hikayat Raja Babi karya Usup Abdul Kadir tentang keharaman hewan babi. Sumber penelitian adalah naskah Hikayat Raja Babi koleksi British Library dengan kode Add MS 12393. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan semiotik milik Charles Sander Peirce. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai instrumen utama dan catatan-catatan penting dari hasil membaca dan menelaah teks Hikayat Raja Babi karya Usup Abdul Kadir. Catatan hasil membaca tersebut selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan masalah penelitian. Hasil penelitian berupa sistem tanda keharaman hewan babi dilihat dari ciri fisik, tabiat, serta kebudayaan yang mengharamkan hewan babi.
Efektivitas Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA N 1 Koto Salak Eka Safriani; Afrini Rahmi; Yulia Pebriani
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.092 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.157

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis diperoleh hasil thitung>ttabel (5,94>1,70). Dengan kata lain, terdapat efektivitas penggunaan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak.
Analisis Semantis Preposisi BI Dalam Penerjemahan (Arab-Indonesia ) Buku La Tahzan Gina Najjah Hajidah; Iman Matin
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.027 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.159

Abstract

Penelitian mengenai makna preposisi dalam karya sastra masih jarang dilakukan. Penelitian ini memfokuskan kajian penerjemahan preposisi bi dalam buku La Tahzan oleh ‘Aidh al-Qarni. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis makna dan padanan preposisi bi dalam bahasa Indonesia. Metode deskriptif analitis dengan konsep text based theory digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dirancang secara kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa preposisi bi yang terdapat pada 8 prosa terpanjang dalam buku La Tahzan adalah 423 preposisi: (1) al-ilsha:q 140; (2) at-ta'diyyah 54; (3) al-isti'a:nah 69; (4) as-sabaabiyyah 24; (5) al-musha:habah ’47; (6) ad-dhorfiyyah 26; (7) al-badal 3; (8) al-muqa:balah 3; (9) al-mujaawazah 6; (10) al-isti'la: 19; (11) at-tab'i:diyyah 5; (12) al-qasam 1; (13) al-gha:yah 11; dan (14) at-tauki:d 15. Penelitian ini dapat menjadi acuan penerjemahan Arab-Indonesia dalam mencari padanan preposisi bi untuk jenis terjemahan kontekstual.
Analisis Semiotika Media Billboard Kampanye Calon Walikota Dan Calon Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020 Dalam Implikasi Pembelajaran Sekolah Tri Handoyono
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.163 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.162

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Semiotika Media Kampanye Billboard Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Bandar Lampung” ini mengangkat masalah bagaimanakah makna semiotika media billboard pada kampanye calon Walikota dan calon Wakil Walikota Bandar Lampung 2020 Dalam Implikasi Pembelajaran Sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Jelas memahami suatu makna yang tampak. Serta menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis makna, makna yang terdapat dalam media kampanye billboard. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, library research. Hasil analisis data menunjukan bahwa makna semiotika berupa gambaran kepribadian, aktifitas, prinsip, serta tujuan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Bandar Lampung yang memiliki persamaan dan perbedaan makna signifikan di bagian objek yang menjadi bahan penelitian. Mereka menilai bahwa hal tersebut dapat membantu untuk mengetahui maksud dan tujuan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Bandar Lampung.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA N 2 Pulau Punjung Ratna Juwita; Rina Sartika; Ria Satini
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.987 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.164

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih belum mengerti tentang menulis teks laporan hasil observasi tersebut. Siswa kesulitan dalam mengembangkan kosa kata dan menentukan objek yang akan ditulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 pulau Punjung yang berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) siswa kelas X SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pulau Punjung sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) memperoleh nilai rata-rata 59,76 pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pulau Punjung dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) memperoleh nilai rata-rata 79,01 pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel (7,72 >1,71). Jadi, dapat disimpulkan bahwa Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Pulau Punjung dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).
Hubungan Minat Baca Sastra Sastra Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA N 2 Gunung Talang Maida; Suci Dwinitia; Rina Sartika
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.185 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.166

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi permasalahan yaitu keterampilan menulis cerita rakyat siswa masih rendah karena siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis terutama cerita rakyat karena bahasa yang digunakan tidak mudah untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan minat baca sastra sastra siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerita rakyat siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan minat baca sastra sastra terhadap keterampilan menulis cerita rakyat siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 2 yang berjumlah 22 orang. Data penelitian ini adalah skor tes angket minat baca sastra sastra dan skor menulis cerita rakyat siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, minat baca sastra Sastra siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang diperoleh nilai rata-rata hitung 75,74 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, Keterampilan menulis teks cerita rakyat siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang diperoleh nilai rata-rata 78,95 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca sastra sastra dengan keterampilan menulis cerita rakyat siswa kelas X SMA N 2 Gunung Talang. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung> dari ttabel yaitu 2,32 1,72.
Efektivitas Penggunaan Teknik Meneruskan Tulisan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Silaut Nora Septiani; Yulia Sri Hartati; Ricci Gemarni Tatalita
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.386 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.167

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu siswa kesulitan dalam menulis teks eksposisi, karena tidak mampu menuangkan ide-ide kedalam bentuk tulisan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan teknik Meneruskan Tulisan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Sesudah menggunakan Teknik eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Meneruskan Tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini Pertama, kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut memperoleh nilai rata-rata 62,22 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut memperoleh nilai rata-rata 75,92 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas penggunaan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut karena thitung > ttabel (7,15> 1,70).

Page 1 of 2 | Total Record : 16