cover
Contact Name
rizal fahmi
Contact Email
pandawa@unis.ac.id
Phone
+6287889603764
Journal Mail Official
pandawa@unis.ac.id
Editorial Address
Jl.maulana yusuf no 10, babakan kota tangerang- banten- indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 27976874     EISSN : 27976874     DOI : https://doi.org/10.33592/ap.v3i2
Core Subject : Education,
Abdi Pandawa- Community Service Journal is managed by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) UNIS Tangerang . This journal accommodates community service article and students’ research article. This journal contains articles of community service with the scope Education for Sustainable Developments are investigated for community empowerment program. Similarly, the scope of community service activities is conducted by students. It covers educational and social science. The purpose of the publication provide a place to disseminate conceptual ideas and thoughts in the world of education, development and social science which are expected to contribute in developing science and technology in order to achieve national development goals.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi" : 10 Documents clear
OPTIMALISASI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI RW 006 KELURAHAN TIGARAKSA PADA MASA PANDEMI Dewa Guntara; Sarah Fatmawati; Hayunda Avianingtyas; Nurhaliza Nurhaliza; Sisilia Aftagina; Khilda Shopia
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.632 KB)

Abstract

Masuk dan menyebarnya virus COVID-19 di Indonesia memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan. Untuk mencegah penyebaran, pemerintah menerapkan pembatasan social di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut menjadi permasalahan utama dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kuliah Kerja Kemasyarakatan Dari Rumah (KKK-DR) merupakan program kuliah yang ditujukan kepada mahasiswa untuk dapat terjun dilingkungan masyarakat dan berkontribusi dalam membantu menemukan atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat tertentu. Melalui program KKK-DR, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan oleh mahasiswa. Analisis situasi dilakukan untuk mencari permasalahan apa yang dihadapi oleh masyarakat khususnya di wilayah RW.06 Kelurahan Tigaraksa. Permasalahan tersebut yaitu kurangnya pemahaman mengenai protokol kesehatan yang benar pada masa pandemi COVID-19, rendahnya antusias masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19, beberapa masyarakat yang diberhentikan dari pekerjaan dan tidak dapat menjalankan usaha karena sepi nya pengunjung, dan rendahnya pengetahuan mengenai pola hidup sehat dimasa pandemic. Oleh karena itu, metode pelakasanaan kegiatan PKM yaitu dengan cara memberikan pengarahan dan pendampingan. Berdasarkan permasalahan tersebut, terdapat 4 kegiatan inti yang dilakukan serta terdapat beberapa mitra yang ikut berkontribusi, salah satunya yaitu Fimel Hijab dalam memberikan pelatihan UMKM kepada masyarakat di RT 005 RW 06. Hasil kegiatan menunjukan hasil yang positif dimana peningkatan kesadaran masyarakat mengenai bahaya dan pencegahan COVID-19 semakin meningkat, beberapa masyarakat menjadi ikut serta dalam melakukan vaksinasi dan beberapa masyarakat ikut serta dalam melakukan UMKM bersama Fimel Hijab.
PENGENALAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS SKALA RUMAH TANGGA SEJAK DINI Rima Wahyudyanti
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.609 KB)

Abstract

Menurut data Menlhk Tahun 2021, sampah rumah tangga menyumbang 40,84% pada sampah nasional dengan komposisi sampah terbanyak yaitu sisa makanan sebesar 29,59%. Salah satu cara untuk mengolah sampah organik terutama sisa makanan adalah pengomposan. Pengomposan dapat dilakukan dalam skala rumah tangga. Pada kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, pelatihan dilakukan dengan menggunakan bak kompos yang ditanam dan sampah sayuran serta buah-buahan. Metode pembuatan kompos yang digunakan yaitu skala rumah tangga sehingga mudah dilakukan dan dipahami. Pengelolaan sampah harus melibatkan partisipasi masyarakat terutama pengenalan sejak dini sehingga pada saat dewasa sudah memahami manfaat dan mengaplikasikan pengelolaan sampah secara baik dan benar (Hansen & Yuliawati, 2019). Oleh karena itu, diperlukan pengenalan tentang pengolahan sampah organik rumah tangga dengan cara pengomposan skala rumah tangga sejak dini agar tertanam rasa cinta lingkungan dan diterapkannya kegiatan tersebut dirumah peserta masing-masing. Pengenalan dilakukan dengan menjadi fasilitator di Kebun Kumara.
VIBER JURUS AMPUH UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING MASA COVID DI SDN SUMBER WETAN 1 KOTA PROBOLINGGO Trismawati Trismawati; Hendry Y Nanlohy; Susi Marianingsih; Abdul Basit; Wahyu Indrati; Fellicia Roshita Armanda Putri; Riza Novitasari; Wanda Zahratul Mustafafi; Meilani Safira
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu jurus ampuh untuk memaksimalkan pembelajaran daring adalah dengan membuat media pembelajaran. Viber merupakan salah satu aplikasi untuk membuat media pembelajaran yang interaktif untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang menarik. Hal ini menuntut adaptasi teknologi informasi dari semua lini pendidikan untuk menyajikan media pembelajaran yang update. Perkembangan dan penggunaan teknologi komputer dalam sistem pendidikan dapat membuat reformasi untuk sistem pendidikan yang lebih baik dan modern. Sejak pandemi covid-19 hingga saat ini memaksa proses pembelajaran terus berlanjut untuk menjaga stabilitas penyampaian materi pada siswa agar tetap terjaga. Kegiatan ini dilakukan di SDN Sumber Wetan 1 Kota Probolinggo yang berada di jalan Genitu no. 45 Kota Probolinggo. Tujuannya adalah peningkatan kualitas pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran video scribe dan animaker yang menarik dan interaktif.
DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK Uswatun Hasanah; Dzaky Isyuniandri; Diana Muniro
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pembelajaran jarak jauh berdampak pada interaksi sosial anak. Hal ini bermula ketika Indonesia dikejutkan adanya virus covid-19, yang mengharuskan anak untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dari sekolah, hal ini dapat berdampak pada interaksi sosail anak. Tujuan peneliti, untuk mengetahui dampak pembelajaran jarak jauh terhadap interaksi sosial pada anak dan bagaimana hasil setelah dilakukan penyuluhan dan pelatihan. Metode yang digunakan: menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, diantaranya: a) Pendidikan Masyarakat, misalnya penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran para ibu atau orang tua agar bisa mengetahui dampak pembelajaran jauh terhadap inteaksi sosial, b) Pelatihan, dengan kegiatan mengumpulkan anak-anak dengan dibatasi dan protokol kesehatan yang ketat, untuk menumbuhkan semangat belajar dan berinteraksi sosial antar sesama teman dan orang tua, serta menghilangkan sikap individualisme. Hasil dari metode dalam menyelesaikan masalah tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh ini berdampak pada interaksi sosial anak seperti: anak cenderung bersikap individualisme dan acuh tak acuh terhadap mata pelajaran dan sesama temannya, anak lebih sering menyendiri daripada berkumpul bersama keluarga, komunikasi anak dan daya pikir berkurang, kesukaan anak dalam membaca dan menulis cenderung menurun, anak lebih suka bermain di kamar daripada bersama keluarga, dan anak gampang bosan ketika diajak bicara oleh saudara atau ibu bapaknya. Pemecahan masalah dari dampak tersebut setelah diadakannya penyuluhan dan pelatihan hasilnya: para ibu atau orang tua merasa sadar dan tugas dan tanggung jawab mereka terhadap anak harus lebih ekstra dan lebih mendampingi lagi, anak lebih banyak menghabiskan waktu belajar dan bermain bersama teman-teman dan orang tuanya, anak lebih ceria dan banyak melakukan aktivitas, dan anak lebih banyak berinteraksi daripada sebelum diadakan pelatihan dan penyuluhan
KEBERLAKUAN UNDANG-UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN Desyan Permata Putri Wowiling; Kadek Julia Mahadewi
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sampai saat ini perkembangan teknologi menjunjung rakyat turut mengkonsumsi produk makanan ataupun minuman condong meningkat. Selain itu, banyak masyarakat yang masih belum mengetahui bagaimana cara untuk memilah dan memakai produk secara tepat, sesuai dan aman. Banyak promosi yang mendorong para pelanggan untuk mengonsumsi produk-produk yang diinginkan. Adapun dampak yang terjadi akibat aktivitasi pelaku usaha yaitu dampak positif dan negative, dampak positifnya bisa membuka lapangan pekerjaan sehingga bisa mengurangi angka pengangguran, dampak negatifnya yaitu peredaran produk makanan kadaluarsa dan tidak layak makan yang bisa mengakibatkan masyarakat keracunan terlebih parahnya lagi bisa mengakibatkan kematian apabila tingkat keracunannya cukup tinggi. Dalam Pasal 8 UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen menjelaskan bahwa pelaku usaha dilarang memperdagangkan barang atau produk kadaluarsa kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keberlakuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Makanan dan bagaimana peran BPOM terhadap produk makanan yang kadaluarsa.
PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMP N 2 KOTA PALEMBANG Kurnisar Kurnisar; Edwin Nurdiansyah; Sri Artati Waluyati; Mariyani Mariyani
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi covid 19 telah mengubah sistem pembelajaran yang awalnya luring menjadi daring, fenomena tersebut harus disikapi semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran dengan meningkatkan kompetensi yang mendukung pembelajaran daring. Guru sebagai aspek penting dalam pembelajaran haruslah mampu menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran daring, salah satunya google classroom. Aplikasi google classroom memungkinkan guru untuk membuat dan mengelola kelasnya sehingga pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 21 November 2020. Peserta pelatihan adalah guru-guru SMP N 2 Kota Palembang dengan berbagai latar belakang bidang studi. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan praktikum. Evaluasi pelatihan dilakukan dengan tes dan penilaian produk yang dihasilkan peserta. Terdapat peningkatan hasil pretest dan posttest dari rata-rata 54 menjadi 85, kemudian pada penilaian produk persentase kemampuan peserta dalam membuat akun google classroom adalah sebesar 95% dikategorikan sangat baik, untuk indicator pengelolaan akun google classroom sebesar 91.2 % dengan kategori sangat baik dan terakhir adalah indicator pemanfaatan fitur google classroom sebesar 95 % dengan kategori sangat baik Kata Kunci : Pembelajaran, Daring, Google Classroom.
PEMBERDAYAAN PARIWISATA JEPANG SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF DALAM MENGATASI STAGNASI EKONOMI AKIBAT AGEING POPULATION Dianni Risda; Agil Nanggala
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jepang mengalami staganasi ekonomi akibat ageing population, walau Pemerintah Jepang sudah menerapkan kebijakan perekrutan tenaga kerja asing produktif serta terampil, tetapi hanya sebatas mempertahankan predikat Jepang sebagai kekuatan ekonomi ke-3 di dunia, belum mampu membawa Jepang kembali posisi ekonomi terkuat ke-2 di dunia, yang terakhir diperoleh pada 2009. Maka riset ini bertujuan untuk memberikan informasi argumentatif, mengenai pentingnya memberdayakan pariwisata Jepang, sebagai solusi alternatif dan strategis untuk mengatasi stagnasi ekonomi Jepang, karena berkontribusi positif pada PDB Jepang. Riset ini berbasis kualitatif, dengan metode studi literatur, analisis data pada riset ini, yaitu, reduksi, display, lalu verifikasi, atau penarikan kesimpulan. Hasil riset yaitu, pemberdayaan pariwisata Jepang, direalisasikan dengan mengoptimalkan: 1) lingkungan hidup, 2) keterbukaan masyarakat, dan 3) kuliner, tren meningkatnya wisatawan asing dari Indonesia dan ASEAN, membuat Jepang mewujudkan konsep pariwisata halal dan berbasis pembangunan berkelanjutan, tetapi hasilnya tidak instan, terlebih ketika Pandemi Covid-19 mewabah secara masif, tentu berdampak pada tidak optimalnya sektor pariwisata untuk memajukan ekonomi Jepang, tentu persoalan itu mulai bisa diatasi, sehingga pemberdayaan pariwisata Jepang kembali bisa diandalkan untuk mengatasi stagnasi ekonomi Jepang.
PELATIHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MICROLEARNING BAGI GURU SMP KABUPATEN AGAM Ratna Dewanti; Ifan Iskandar; Siti Drivoka Sulistyaningrum; Sri Sumarni; Darmahusni Darmahusni
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu guru Bahasa Inggris sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, untuk merancang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis microlearning. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan dan lokakarya, yang karena situasi pandemic Covid-19 dilaksanakan secara dalam jaringan (online) melalui zoom meeting. Kegiatan dilaksanakan dalam lima pertemuan mulai dari Agustus hingga Oktober 2022. Peserta kegiatan adalah 35 orang guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam Musyawarah Guru mara pelajaran (MGMP) SMP Kabupaten Agam. Pemateri adalah lima orang dosen dari program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta. Materi pelatihan mencakup konsep microlearning dan konsep lain yang terkait yakni literasi digital, self-directed learning; dan cara merancang pembelajaran berbasis microlearning untuk empat keterampilan berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang disesuaikan dengan tujuan pengajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP. Kegiatan ini menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam pada peserta pelatihan tentang konsep microlearning secara umum dan secara khusus untuk pembelajaran Bahasa Inggris serta cara merancang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis microlearning.
INOVASI DONGENG MELALUI BUKU CERITA SEBAGAI SARANA MEMBANGUN INTERAKSI DAN BUDAYA LITERASI MEMBACA Siti Nurul Hasanah; Isnaniah Isnaniah; Lastry Forsia
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk membangun interaksi dan budaya literasi membaca menggunakan inovasi dongeng melalui buku cerita. Metode yang dilakukan yaitu obeservasi, menyebarkan questionare sebagai need analysis kemudian melakukan pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mendongeng melalui buku cerita. Hasil kegiatan Pengabdiana kepada Masyarakat menunjukan bahwa terdapat kemajuan dari hari kehari, yang sebelumnya anak-anak malu-malu untuk bercerita di depan teman-temannya dihari berikutnya mulai memiliki rasa keberanian untuk bercerita didepan teman-teman. Kedua meningkatnya minat baca dengan dibuktikan membaca buku lebih dari satu judul buku. Ketiga, meningkatkannya interaksi tanya jawab dengan tim atau dengan teman terkait isi dalam buku cerita yang didongengkan oleh tim atau teman-temannya
SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MATERI IHSAN PADA SISWA SMA NEGERI 20 KABUPATEN TANGERANG Siti Nurislamiah; Ariesta Setyawati; Ainul Azhari; Irawan Irawan; Denny Hermawan
Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Strategi Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Pasca Pandemi
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sesuai dengan kurikulum 2013, bahwa dalam hal pembelajaran peserta didik lebih ditekankan pada aspek pengembangan individu masing-masing. Partisipan dalam kegiatan sosialisasi media pembelajaran online dalam materi meraih kasih allah dengan ihsan adalah siswa-siswi kelas 12 SMAN 20 Kabupaten Tangerang. Pembelajaran online yang digunakan selama pandemi ini membuat pembelajaran secara tatap muka secara online memberikan solusi terhadap pemahaman siswa pada materi yang disampaikan oleh guru meskipun tidak langsung di kelas, tapi melalui pembuatan video pembelajaran terkait dengan materi yang ingin disampaikan. Sehingga dalam penyampaian materi khususnya materi meraih kasih Allah dengan ihsan memudahkan tujuan pembelajaran ini tercapai sehingga dapat memacu siswa-siswi agar menjadi insan yang luhur akan budi pekertinya, juga dapat menjadi pengendalian perbuatannya ketika ia melakukan suatu perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt, sehingga ia pun tidak menjadi buruk dan terjatuh dalam perbuatan yang tercela.

Page 1 of 1 | Total Record : 10