cover
Contact Name
Gunawan
Contact Email
gunawan@unram.ac.id
Phone
+6281246673311
Journal Mail Official
jppm.fkip@unram.ac.id
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit No. 62 Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Mataram
ISSN : 26147947     EISSN : 26147939     DOI : https://doi.org/10.29303/jppm
Core Subject : Education,
PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, pertanian, perikanan, dan lain-lain baik yang berbentuk penyuluhan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal dengan e-ISSN 2614-7939 dan p-ISSN 2614-7947, terbit perdana mulai Februari 2018. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Mulai 2019 artikel terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2022): Februari" : 23 Documents clear
MENGEDUKASI MASYARAKAT UNTUK MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN DAN PRODUKTIF DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT Robby Zidny; Anggi Fiqriadi; Regina Purba; Didan Hadi Saputra; Anisa Nurul Husna; Asri Estevanya Sibarani; Rully Pramudiya
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.114 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.2904

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyakat ini secara umum bertujuan untuk membangun kualitas bangsa dan masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 dengan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan bahaya covid 19 dan cara pencegahanya serta menggalakan hidup produktif dimasa pandemi. Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa program kegiatan pengabdian masyarakat telah dilakukan melalui kegiatan kuliah kerja mahasiswa (KKM) tematik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Desa Jatake secara daring dan luring. Program kegiatan tersebut diantaranya mencakup edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat, pelatihan cara meningkatkan saturasi oksigen, pembuatan tanaman hias, webinar tentang vaksinasi dan ketahanan pangan, edukasi literasi media, dan kegiatan pendukung lainnya. Berdasarkan data hasil angket tanggapan masyarakat, respon warga masyarakat terhadap program kegiatan pengabdian ini adalah positif dan terfasilitasi dengan adanya kegiatan edukasi untuk menjalankan protocol kesehatan dan membiasakan hidup produktif ditengah pandemi.
PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN ATAU SNEK JAJANAN SEHAT PELANCAR ASI PADA IBU-IBU DAN KADER POSYANDU DAHLIA 5 KALURAHAN JOMBOR SUKOHARJO Nur Rokhimah Hanik; Tri Wiharti
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.813 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3021

Abstract

Program kegiatan Posyandu seharusnya tidak terbatas pada penimbangan, imunisasi, pemberian vitamin, pemeriksaan ibu hamil saja. Penyuluhan yang mengarah pada kesehatan seharusnya juga perlu dilaksanakan setiap 1-2 bulan tidak hanya insidental atau jika terjadi kasus / permasalahan. Program pelayanan tambahan di Posyandu tersebut yang sesuai rambu-rambu Kementrian Kesehatan jarang dilaksanakan. Menindak lanjuti program PPM tahun 2018, 2019, serta permintaan beberapa ibu balita dan kader posyandu Dahlia 5 Tim abdimas program studi pendidikan Biologi akan kembali melaksanakan PPM di posyandu kalurahan Jombor Sukoharjo yaitu Dahlia 5 dengan tema penyuluhan dan pelatihan pembuatan makanan atau snek jajanan sehat pelancar ASI. Pelatihan direncanakan sebanyak 2 kali, namun karena kondisi Pandemi Covid 19 hanya bisa dilaksanakan satu kali.  Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, serta bimbingan praktek cara pembuatan makanan/snek jajanan sehat Pelancar ASI dari tanaman di sekitar kita melalui demonstrasi dengan video. Target dari penyuluhan dan pelatihan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman tentang; manfaat ASI, tanaman pelancar ASI, dan cara memasak makanan snek jajanan sehat pelancar ASI ibu-ibu dan kader Posyandu Dahlia 5 kalurahan Jombor sebesar 20%. Dari hasil penyuluhan dan pelatihan tentang manfaat ASI dan cara pembuatan makanan olahan pelancar ASI pada ibu-ibu Balita dan Kader Posyandu Dahlia 5 kalurahan Jombor dapat disimpulkan berhasil karena terjadi peningkatan pemahaman dari skor rata-rata 71.08 menjadi 90.83 atau sebesar 19,75 (28,24%). Kegiatan yang sejenis masih perlu dilaksanakan dan ditingkatkan, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam bidang kesehatan ibu dan anak.
PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ENGLISH FOR YOUNG LEARNER BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) MATARAM Nur Ahmadi; Atri Dewi Azis; Arafiq Arafiq
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.025 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3033

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan Pengembangan Perangkat pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru-guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Mataram. Kegiatan ini dilaksanakan atas beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yakni (1) guru menemui kesulitan dalam mengkondisikan kelas mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga tidak terlihat menarik bagi sebagian besar siswa, dan (2) tidak semua siswa dapat mengikuti materi/aktivitas pembelajaran yang dilakukan di kelas karena terkadang pembelajaran yang disampaikan tidak menarik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode partisipatif yang berorientasi pada peran serta secara langsung dalam berbagai proses dan tahapan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pada evaluasi kegiatan. Sasaran tidak hanya bertindak sebagai objek kegiatan, tetapi juga sebagai pelaku kegiatan. Sementara itu, Tim Pelaksana bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Melihat permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka kegiatan yang ditawarkan sebagai solusi adalah (1) memberikan penyuluhan terhadap model-model pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya English For Young Learner (EYL) kepada guru-guru agar memiliki pemahaman dan kompetensi yang lengkap terhadap berbagai model pembelajaran English For Young Learner (EYL), (2) memberikan bimbingan/pendampingan terhadap penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran English For Young Learner (EYL) sehingga dapat digunakan sebagai perangkat yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris English For Young Learner (EYL) terhadap siswa di SD IT Mataram. Hasil kegiatan menunjukan bahwa, seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan menunjukkan ketercapaiannya dalam mengimplementasikan model, metode, dan tips-tips pembelajaran English For Young Learner kedalam perangkat pembelajaran secara lengkap sehingga diharapkan perangkat pembelajaran tersebut dapat digunakan dalam situasi yang sebenarnya (classroom setting).
PELATIHAN BAHASA JERMAN TINGKAT A2 STANDAR KEMAMPUAN BERBAHASA EROPA (CEFR) SECARA DARING BAGI GURU-GURU BAHASA JERMAN SE JAWA TIMUR Dewi Kartika Ardiyani; Primardiana Hermilia Wijayanti; Edy Hidayat; Lilis Afifah
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.577 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan materi pelatihan bahasa Jerman tingkat A2 CEFR ( Common European Framework of Reference for Languange) untuk empat keterampilan berbahasa kepada guru bahasa Jerman SMA di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan melalui beberapa tahapan mulai dari sosialisasi, penerapan, latihan, uji coba dan diskusi hasil kerja. Setelah mendapatkan pelatihan semua guru akan melaksanakan uji coba ujian A2 CEFR. Uji coba penting dilakukan sebagai persiapan menghadapi ujian internasional tingkat A2. Setelah kegiatan pelatihan dilakukan diskusi hasil kerja, diskusi pengembangan, dan diskusi perbaikan untuk mendapatkan hal-hal yang lebih bermanfaat bagi pengajaran di kelas nantinya. Didapatkan hasil yang membuktikan bahwa peningkatan kemampuan bahasa Jerman Tingkat A2 standar kemampuan berbahasa Eropa secara daring bagi guru-guru bahasa Jerman se Jawa Timut dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil angket diperoleh data bahwa pelatihan sejenis sebaiknya dilanjutkan dengan diakhiri ujian A2 standar internasional. Selain itu sebaik praktik baik, pengetahuan yang diperoleh peserta dapat diterapkan di kelas pembelajaran bahasa Jerman di sekolah masing-masing.  
PENYULUHAN KEMAMPUAN PIRANTI KEBAHASAAN GURU SMP/MTS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DI KOTA MATARAM Sukri Sukri; Burhanuddin Burhanuddin; Aswandikari Aswandikari; Nasaruddin Ali
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.749 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3161

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat (abdimas) ini berisi tentang cara mengatasi ketidakmampuan guru bahasa Indonesia SMP/MTs di Kota Mataram dalam penggunaan piranti kebahasaan dan tujuan sosial teks teks anekdot dan teks eksposisi. Kaitan dengan hal tersebut telah dilakukan penyuluhan tentang jenis dan pemakaian piranti kebahasaan serta tujuan sosial teks anekdot dan teks eksposisi, pada 7 September 2021 bertempat di SMPN 3 Mataram. Kegiatan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan dengan metode koordinasi, koordinasi, komunikasi, presentasi, diskusi, dan unjuk kerja. Pada tahap persiapan telah dilakukan kegiatan koordinasi dengan pihak sekolah, penyiapan tempat dan fasilitas kegiatan, koordinasi dengan peserta kegiatan (melibatkan 30 guru bahasa Indonesia), serta penyiapan bahan penyuluhan (piranti kebahasaan dan tujuan sosial teks anekdot dan eksposisi). Kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan inti berupa penyampaian materi penyuluhan yang mencakup piranti kebahasaan dan tujuan sosial teks anekdot dan teks eksposisi. Bahwa piranti kebahasan yang belum optimal dikuasai untuk teks anekdot adalah keterangan waktu, kata kerja material, kata penghubung/konjungsi kronologis dan konjungsi penerang/penjelas (konjungsi intrakalimat: karena, tanpa, seperti, yang, antarkalimat: dia, nya, serta antara kalimat: sedangkan, lalu, setelah. Untuk teks eksposisi, piranti kebahasaan yang belum optima; dikuasai adalah penggunaan pronominal (-nya, ia, dia, kamu), penggunaan leksikal (verba, ajdektiva, advervia/keterangan), dan penggunaan konjungsi. Tujuan sosial teks anekdot adalah menceritakan beragai reaksi emosional dalam sebuah cerita dan struktur teksnya meliputi pengenalan/orientasi, masalah/komplikasi, reaksi. Adapun teks eksposisi memiiki tujuan sosial mendebat suatu sudut pandang dan memiliki struktur: tesis, argumentasi, reiterasi (pernyataan ulang tesis dengan pernyataan lain).
SHARING SESSION PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU SEKOLAH DASAR Dewi Widiana Rahayu; Akhwani Akhwani; Nafiah Nafiah
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.145 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3176

Abstract

Kegiatan sharing session penyusunan perangkat pembelajaran daring bagi guru sekolah dasar ini bertujuan untuk membantu guru-guru dalam menyusun perangkat pembelajaran daring. Metode pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan diskusi antara pengusul dan sekolah mitra yang kemudian ditemukan beberapa permasalahan yang disepakati untuk diselesaikan melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat. Kemudian pengusul mempersiapkan proposal pengabdian masyarakat, menentukan tim yang terdiri dari tujuh mahasiswa dan dua dosen pendamping. Dosen pendamping mempersiapkan materi penyusunan perangkat pembelajaran daring dan blended learning. Kegiatan ini menggunakan metode diskusi secara tatap muka terbatas maupun secara daring dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan karena dilaksanakan pada masa pandemi. Hasil yang di dapatkan dari proses pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah berupa kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dan membuat video pembelajaran dapat bertambah. Guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik.
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA GURU SDN 105335 KEBUN SAYUR Zulpa Salsabila; Agustina Desi Ratnasari; Yuni Marlina Saragih
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.087 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3189

Abstract

Salah satu contoh sekolah yang masih kesulitan untuk memilih metode pembelajaran daring yang tepat adalah SDN 105335 Kebun Sayur. Saat ini media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan tugas hanya melalui grup Whatsapp. Cara ini dirasa masih kurang efektif oleh Kepala Sekolah dan para guru sehingga berusaha untuk mencari alternatif teknologi pembelajaran daring lainnya. Serta adanya penyelenggaraan Program “Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19” yang diamanatkan kepada guru-guru untuk mengikutinya melalui aplikasi Zoom. Sedangkan para guru di SDN 105335 Kebun Sayur belum memahami bagaimana penggunaan media belajar jarak jauh menggunakan aplikasi Zoom. Untuk membantu SDN 105335 Kebun Sayur maka dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan pelatihan mempraktekkan penggunaan instrumen atau aplikasi pembelajaran daring seperti zoom dan live zoom di youtube. Oleh karena itu pihak sekolah bekerja sama dengan tim pengabdian kepada masyarakat untuk mengadakan sebuah pelatihan penggunaan aplikasi zoom untuk pembelajaran jarak jauh. Pelatihan ini dapat digunakan oleh guru-guru dalam menunjang kegiatan pengimbasan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
PENINGKATAN PSYCHOLOGICAL WEEL-BEING (KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS) PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK STUNTING DI ACEH UTARA Nur Afni Safarina; Cut Ita Zahara; rahmia Dewi; Safuwan Amin; Hafnidar hafnidar
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.607 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3257

Abstract

Stunting merupakan masalah besar yang dialami di Aceh Utara saat ini. Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara terus berupaya dalam menurunkan jumlah anak yang mengalami stunting. Angka stunting harus ditekankan agar anak-anak yang dilahirkan menjadi generasi unggul pada masa yang akan datang. Salah satu cara untuk menurukan jumlahnya adalah dengan mencegah hal tersebut. bentuk pencegahan stunting juga dapat dilakukan dengan cara program pemberian psikoedukasi untuk mempersiapkan seribu hari pertama kehidupan dari sisi kesehatan mental dan pengasuhan. Dengan adanya program pemberiana psikoedukasi untuk mempersiapkan seribu hari pertama kehidupan dari sisi kesehatan mental dan pengasuhan diharapkan ketika meraka menjadi orang tua, terutama ibu, mereka akan lebih mudah menerima kondisi kelahiran anak. Sehingga ibu lebih dapat mengendalikan dan mempersiapkan dirinya untuk kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi pada anak ketika lahir nanti. Dengan demikian kesejahteraan psikologis ibu juga akan semakin positif yang nantinya juga akan berdampak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dalam pengasuhan ibu yang positif dan memiliki kesehatan mental yang baik. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara meningkatkan kesejahteraan psikologi kepada ibu-ibu yang memiliki anak stunting. Kesejahteraan psikologis adalah sebagai pencapaian optimal dari potensi psikologis pada individu dimana ia mampu menerima dirinya, memiliki hubungan interpersonal yang baik, memiliki tujuan hidup, kemandirian, mampu menguasai lingkungan serta adanya pengembangan diri.
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH YANG DIINTEGRASIKAN PADA PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN BAGI GURU BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH KARAWANG Syaadiah Maula Arifin; Hamzah Puadi Ilyas; Nita Kania Dewi
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.904 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3267

Abstract

Kegiatan PKM ini diadakan untuk memberi bantuan kepada guru Bahasa Inggris Tsanawiyah dibawah naungan MGMP Karawang karena masih menghadapi kesulitan dalam memahami penyusunan artikel ilmiah. Banyak guru yang tidak tertarik mempublikasikan hasil penelitian merekan karena tidak memahami pedoman penyusunan artikel ilmiah. Hal ini merupakan salah satu sebab mengapa guru tidak termotivasi untuk menulis artikel ilmiah. Tujuan utama Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini adalah memberikan pelatihan cara menulis jurnal artikel, memotivasi guru untuk menulis, dan mendampingi guru menulis artikel ilmiah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Karawang dengan peserta 25 guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah. Pelatihan diadakan secara Luring, jadi guru mendapat kesempatan untuk bertanya dan berlatih secara inter aktif. Metode pelatihan dan instrument yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Metode lecturing/ ceramah.  Pada saat menggunakan metode ini Tim Pengmas Uhamka memberikan ceramah dengan menggunakan Ppt dan contoh Artikel jurnal Sinta 2-6 (2), metode diskusi dan tanya away. Instrument yang digunakan adalah wawancara secara mendalam kepada peserta. Peserta dapat mengajukan pertanyaan mengenai penulisan artikel ilmiah dan dijawab oleh Tim Pengmas. Peserta juga bertanya mengenai contoh artikel yang dibagikan kepada para peserta. (3) Metode simulasi. Peserta mulai berlatih dengan menggunakan artikel yang sudah dikirim. Instrument yang digunakan adalah interview secara mendalam.Pelatihan yang diadakan oleh Tim Pengmas ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi guru dalam menyusun artikel ilmiah yang ada hubungannya dalam pengajaran dan pembelajaran.Kata kunci: Artikel ilmiah, Menulis, Pelatihan
WORKSHOP AND TRAINING PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PANDEMIK COVID-19 BAGI STAF PENGAJAR DI SMA NEGERI 1 TASIFETO BARAT Lusia Naimnule; Erlin Fatima Halek; Emanuel M.Y. Hanoe
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2022): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.871 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i1.3312

Abstract

Bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksanakan selama masa pendemi Covid-19 adalah pembelajaran secara daring dengan bantuan media aplikasi online. Penggunaan media daring dengan dukungan perangkat mobile seperti smart phone, tablet dan laptop membuat proses pembelajaran dapat dijangkau sehingga guru dan peserta didik dapat mengakses informasi tentang proses pembelajaran dimana saja dan kapan saja.Berbagai aplikasi online juga dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara online misalnya kelas-kelas virtual menggunakan layanan Google Classroom, Edmodo, dan Schoology aplikasi pesan instan seperti WhatsApp), dan melalui media sosial seperti Youtube, Facebook dan Instagram. Hal ini didukung dengan penelitian Zhang, dkk,2004 bahwa penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merubah cara penyampaian konsep dan dapat menjadi alternative pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional. Banyak kendala yang dihadapi para guru khususnya di SMA Negeri 1 Tasifeto Barat terutama dalam hal persiapan untuk menghadapi peralihan metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Mereka tidak berpikir secepat ini harus menggunakan pembelajaran secara daring. Kurangnya pemahaman tentang pembelajaran daring melalui aplikasi seperti Whatsapp, google classroom, Edmodo dan aplikasi lainnya ini menyebabkan pembelajaran secara daring di sekolah ini tidak berjalan secara optimal. Dengan demikian perlu adanya sosialisasi dan pelatihanterhadap para staf pengajar khususnya di SMA Negeri 1 Tasifeto Barat agar mereka dapat memahami penerapan aplikasi pembelajaran daring secara optimal selama masa pandemi covid-19.

Page 1 of 3 | Total Record : 23