cover
Contact Name
GENESIS SEMBIRING DEPARI
Contact Email
genesissembiring@gmail.com
Phone
+6285359562521
Journal Mail Official
genesissembiring@gmail.com
Editorial Address
Jl Sutomo Ujung No 28D, Medan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Asian Journal of Applied Education
ISSN : -     EISSN : 29635241     DOI : https://doi.org/10.55927/ajae.v2i2
Core Subject : Education,
Asian Journal of Applied Education (AJAE) is a scholarly, peer-reviewed journal published by Formosa Publisher that provides a platform for unpublished articles on contemporary educational issues. It encourages debate, both theoretical and practical, on a wide range of topics representing various interdisciplinary, cross-disciplinary, and trans-disciplinary interests. AJAE is interested in attracting submissions that exhibit innovative diverse research paradigms, methods, and approaches. The Journal seeks to arouse readers’ interest and stimulate debate on education and transformation with respect to education in its broadest sense, and to be accessible to the wide readership of the education community. AJAE publishes articles quarterly in January, April, July, and October.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022" : 8 Documents clear
Hambatan dan Harapan Pendidikan Islam di Era Digitalisasi Billy Eka Wardana
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.968 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.1371

Abstract

Penelitian ini dimasudkan untuk membahas tentang formulasi pendidikan Islam di era digital dan outcome yang hendak dicapai dari pendidikan Islam tersebut. Dengan munculnya era digital, pelajar pada umumnya sebagai Generasi Digital Natives adalah generasi yang lahir dimana teknologi sudah berada di lingkungannya (dimulai tahun 1990). Sedangkan generasi Digital Immigrants adalah generasi yang lahir sebelum 1990. Format Pendidikan Islam harus dirancang sesuai dengan gaya hidup peserta didik era milineal. Penelitian ini menggunakan metode library research untuk mengeksplorasi pendapat dan pemikiran terdahulu untuk merumuskan pemikiran baru sebagai respon terhadap hambatan dan harapan di era digital. Sesuatu yang perlu dikembangkan dalam pendidikan Islam yaitu digitalisasi materi yang diajarkan untuk mendorang generasi muslim mencapai ke-hasanah-an hidup di dunia dan akhirat.
Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah Ngluwar Wahyu Ari Wibowo; Billy Eka Wardana
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.248 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.1390

Abstract

Pada saat ini seluruh negara yang berada dipenjuru dunia sedang ditimpa musibah besar yang disebabkan oleh virus Covid-19. Hakikat tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam untuk menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan dari penelitian mengidentifikasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan belajar mengajar secara daring saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yang disajikan tanpa perhitungan angka.
Perbandingan Tata Kelola Desa Pusuk 1 dengan Desa Purba Manalu Kabupaten Humbang Hasundutan Yuli Simatupang; Englin Sianturi; Reh Bungana Br Perangin-angin
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.145 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.1400

Abstract

Tata kelola desa yang baik berarti desa memiliki sasaran yang akan dicapai sesuai dengan landasan maupun visi dan misi yang telah dirancang untuk melaksanakan seluruh program atau kegiatan dan juga memberdayakan masyarakat serta dapat meningkatkan daya saing desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan bagaimana Tata Kelola Desa Pusuk 1 Dengan Desa Purba Manalu Kabuaten Humbang Hasundutan. Subjek dalam penelitian ini ada 7 (tujuh) orang yaitu: Kepala Desa, Bendahara Desa, Kepala Bidang Pemerintahan, Kepala Dusun, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat. Dilaksanakan pada 4-6 Mei 2022 di Desa Pusuk 1 dan Desa Purba Manalu. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu bahwasannnya setiap desa memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing bidangnya, contohnya perbandingan pengelolaan yang ada di Desa Pusuk 1 dengan Desa Purba Manalu yaitu: di Desa Pusuk 1sampai saat ini belum terdapat BUMDes namun memiliki kelompok tani dan kelompok ternak, sedangkan di Desa Purba Manalu sudah terdapat BUMDes namun belum memiliki kelompok ternak. Maka dari itu setiap kekurangan tersebut perlu dibenahi guna menciptakan pembangunan desa yang berkelanjutan dan good governance.
Praktikalitas Pengembangan Modul PPKn Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit Servista Bukit; Reh Bungana Br Perangin-angin; Abdul Murad
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.606 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.1414

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis tingkat praktikalitas modul PPKn berbasis Contextual Teaching Learning. Modul PPKn berbasis CTL adalah bahan ajar mandiri yang dikembangkan berdasarkan komponen-komponen pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Pengembangan modul PPKn berbasis CTL dengan model 4D yang oleh Thiagarajan dalam empat tahap: Definition, Design, Development, dan Disseminate. Modul PPKn berbasis CTL diperuntukkan bagi siswa kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan metode analisis. Data dikumpulkan dari hasil angket respon 1 orang guru kelas 5 SDN 101835 Sibolangit dan 25 orang siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit  terhadap kepraktisan penggunaan modul. Hasil penelitian menunjukkan tingkat  kepraktisan modul PPKn oleh guru 90% kategori sangat Praktis dan kepraktisan oleh  siswa 83,13% kategori Sangat Praktis.
Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga Junedi; Fakhrun Nisa; Mukh Nursikin
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.743 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.1415

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil analisis pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi tatap muka dan Microsoft Teams di SMK Negeri 2 Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan model blended learning dan apa saja permasalahan yang dihadapi baik guru maupun siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan peneliti sebagai instrumen penelitian sekaligus pengumpul data. Objek penelitian adalah beberapa guru mata pelajaran PAI dan beberapa siswa kelas XII. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model blended learning memiliki kelebihan dan kekurangan. Keunggulan model ini adalah mampu membantu siswa untuk dapat belajar mandiri tanpa bimbingan guru mata pelajaran secara langsung. Sedangkan kekurangannya adalah proses transfer ilmu yang kurang maksimal sehingga menyebabkan materi yang disampaikan tidak merata.
The Necessity to Learn Ayurveda in the Posterity Dhanya T; Sarath S
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.041 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.1924

Abstract

Ayurveda took its origin in India 3000 years ago and it developed significantly during the Vedic period. In Ayurvedic treatises, the Vata, the Pitta, and the Kapha are described as three elemental doshas. The disturbance in their balance causes diseases, and maintaining them in balance is the way to prevent disease. Bringing back the doshas to balance is the treatment method in Ayurveda. So, there is a treatment for all diseases. By the principle of Trividhabhodhya sangraha, we can diagnose and do treatment of disease that was not known to us. For Example, Covid-19 which was unknown to us before. Ayurveda emphasizes the role of a healthy diet, a positive lifestyle, and nutraceutical medication. Ayurveda seems to adopt a positive holistic approach in contrast to the reductionistic approach of western modern science. As new diseases are popping up daily, Ayurveda has become a boon to mankind.
Emotional Intelligence of the Head of Madrasah in Increasing Teacher Loyality Irwansyah
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.636 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.2965

Abstract

This study aims to describe the emotional intelligence of MTsN 1 Aceh Tengah principals in increasing teacher loyalty. the research method used is descriptive qualitative method. Data collection is done by observation and interviews. Then the data were analyzed using qualitative analysis with data collection steps, 2) data condensation, 3) data display, and 4) conclusion drawing/verifying. The results of the research show that the head of MTsN 1 Aceh Tangah has emotional intelligence with three indicators, the first is self-awareness, the second is being able to read other people's feelings in this case the feelings of subordinates namely teachers and staff, the third is social awareness, the fourth is managing relationships. With these four indicators it can be concluded that the head of MTsN 1 Aceh Tengah has emotional intelligence.
Designing Curriculum of English Language Teaching for the Department of Sharia Tourism Sungkawati Kardi Wahyuningsih
Asian Journal of Applied Education (AJAE) Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.314 KB) | DOI: 10.55927/ajae.v1i1.3009

Abstract

This research and development aims to design an English language teaching curriculum in the Syari'ah Tourism study program at IAIN Takengon which includes the stages of situational analysis, function, purpose and usability, content, learning activities and assessment guidelines. The curriculum is designed based on situational analysis. This has a positive impact on the Gayo community. Competent team explaining this curriculum. facilities provided by the institution. Lessons are carried out by skilled and qualified teachers. The backgrounds, abilities, and enthusiasm of students are classified as similar. The device is adopted from Gayo's values ​​and beliefs. Student kits are designed to improve English language skills in promoting Sharia tourism in Gayo. The kit contains syllabus, materials, and assignment. Their learning activities are reading, writing, listening, and speaking. The experts validated the tools on the aspects of completeness of objectives, structure, content, skills, and methodology. The evaluation results state that the device is appropriate. The product can be used in other fields as English with special purposes assuming the convenience of situational analysis.

Page 1 of 1 | Total Record : 8