cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
jnpm.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Kampus 2 FKIP Unswagati Cirebon Jalan Perjuangan No. 1 Kota Cirebon.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)
ISSN : 25498495     EISSN : 25494937     DOI : https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8128
Core Subject : Education,
JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA) serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam JNPM ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pengajaran Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika, Pengembangan Profesional Guru Matematika, Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika, Desain Didaktis dalam Pembelajaran Matematika, Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) menerima artikel dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa inggris. Kata "Nasional" pada Jurnal diartikan bahwa jurnal menerbitkan naskah dengan domain penelitian di Indonesia tetapi tetap dipublikasikan ke Internasional.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023)" : 17 Documents clear
Analisis Muatan Higher Order Thinking Skills Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Alifa Sekar Ananda; Heri Retnawati
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.263 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.8084

Abstract

Abstrak. Indonesia memperoleh peringkat 73 dari 79 negara partisipan PISA di tahun 2018. Dari peringkat tersebut bisa disimpulkan bahwa peserta didik tidak terbiasa dengan soal HOTS. Penelitian ini betujuan untuk mendiskripsikan muatan HOTS pada bagian materi, contoh soal, dan soal buku teks matematika SMP kelas VIII (Semester 1 dan 2) edisi revisi tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan membahas konten. Sumber data penelitian yang digunakan adalah buku teks matematika SMP kelas VIII (Semester 1 dan 2) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kandungan HOTS tidak lebih dari setengah dari keseluruhan. Pada bagian materi, muatan HOTS yang terkandung sebesar 19% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 16%, mengevaluasi (C5) sebesar 0%, dan mencipta (C6) sebesar 3%. Pada bagian contoh soal, muatan HOTS yang terkandung sebesar 42% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 3%, mengevaluasi (C5) sebesar 0%, dan mencipta (C6) sebesar 39%. Sedangkan pada bagian soal, muatan HOTS yang terkandung sebesar 38% dengan indikator yang muncul adalah menganalisis (C4) sebesar 11%, mengevaluasi (C5) sebesar 2%, dan mencipta (C6) sebesar 25%.Kata Kunci: Analisis Konten, Buku Teks, Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Cerita Aritmetika Sosial Sintha Sih Dewanti; Khozainul Muna
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1000.843 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.7885

Abstract

Abstrak. Kemampuan komunikasi matematis memiliki peranan penting dalam kehidupan. Penelitian dilakukan guna mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmetika sosial. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian merupakan 82 siswa kelas VII SMPN 5 Ngawi dan 72 siswa dari kelas VII MTs Al Istiqomah Madiun. Teknik pengambilan data dengan memberikan instrumen tes. Terdapat beberapa indikator kemampuan komunikasi matematis, 1) Menyajikan kejadian sehari-hari ke istilah matematika, 2) Menjelaskan atau merumuskan pertanyaan matematika yang relevan dengan pernyataan atau cerita, 3) Menghubungkan benda nyata, gambar, tabel, dan diagram dengan konsep matematika, 4) Menjelaskan konsep, situasi, dan hubungan matematis dengan benda nyata, gambar, grafik, dan tabel. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dari kedua sekolah masih cukup rendah. Dimana siswa kelompok tinggi memenuhi indikator pertama, kedua, ketiga dan keempat. Siswa kelompok sedang cukup memenuhi indikator pertama, tetapi belum memenuhi indikator kedua, ketiga, dan keempat. Siswa kelompok rendah belum memenuhi keempat indikator, sehingga memerlukan upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Soal Cerita, Aritmetika Sosial.
Kategori Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Memecahkan Masalah Duplikasi Kubus Zaman Thales-Euclid Yulyanti Harisman; Aisya Arfah; Lukman Harun; Marsha Habibah
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.694 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.8148

Abstract

Abstrak. Duplikasi kubus adalah menggambarkan/membangun rusuk sebuah kubus sehingga volumenya menjadi dua kali volume kubus yang diketahui. Yang mana duplikasi kubus ini merupakan salah satu dari tiga masalah matematika yang sangat menarik yang tidak bisa terpecahkan tiga abad terakhir sebelum masehi. Maka dari itu, penulis tertarik untuk menulis artikel ini dengan tujuan mengingatkan kembali kepada mahasiswa calon guru mengenai pemecahan masalah tentang duplikasi kubus zaman Thales-Euclid. Penelitianyang dipakaimerupakan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Dari 5 kelas diambil masing- masing 2 orang pada program studi pendidikan matematika menjadi subjek penelitian. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka. Setiap mahasiswa diberikan pertanyaan tentang pemecahan masalah duplikasi kubus. Analisis data bersifat tematik. Hasil penelitian menunjukkan sejauh mana pengetahuan mahasiswa calon guru merespons apa yang diketahui tentang duplikasi kubus dan pemecahan masalahnya. Kategori jawaban mahasiswa akan dipaparkan secara rinci pada tulisan ini.Kata Kunci: Duplikasi, Kubus, Mahasiswa Calon Guru Matematika.
Analyzing Eighth-grade Students' Numerical Literacy Skills in Problem Solving with Number Concepts Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi; Nuryami Nuryami; Imro Atus Soliha
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1000.064 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.8050

Abstract

Abstract. The aim of this study was to assess the numerical literacy abilities of eighth-grade students at MTs Miftahul Ulum in applying problem-solving skills to number concepts on a question-by-question basis. The research followed a qualitative methodology, and the participants consisted of 15 students from the VIIIA class at MTs Miftahul Ulum. The data were analyzed based on Polya's stages of problem-solving and numeracy literacy indicators. Data collection methods included numeracy literacy tests, interviews, and documentation. The results indicated that a significant proportion of students demonstrated a moderate level of numeracy literacy, while some students showed low or high levels of proficiency. Generally, the understanding stage had higher percentages of students who demonstrated comprehension. However, the planning and implementation stages varied across different questions. By focusing on the specific stages where students struggled or excelled, teachers can adapt their instructional approaches to better address students' needs. Keywords: Numerical Literacy, Polya, Numbers.
Developing AKM Problem-Oriented Websites as Learning Media for Flat Shapes Iva Wulandari; Siti Inganah; Minatun Nadlifah
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.95 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.8098

Abstract

Abstract. This research is motivated by the inability of students to comprehend the concept and correctly answer questions on flat shapes in literacy. This research is a development study with the goal of creating a flat shaped, website oriented learning resource for junior high school class VIII students regarding AKM questions. The ADDIE development model is employed. Interviews, questionnaires for validity and practicality tests, and tests in the form of a pretest and posttest were employed as the data gathering instruments. Ten eighth-grade students from SMPN 13 Malang who participated in the AKM program served as the field trial participants. In order to evaluate the validity, applicability, and efficacy of data collection procedures, tests, questionnaires, and interviews are used. The media validity test yields a percentage of 91.4% (more than 90%), the material validity test yields a percentage of 94% (more than 90%), the practicality percentage is 90.25% (more than 90%), and the Paired t-test yields a significant difference between the pretest and the posttest.Keywords: Development, Website Learning Media, AKM Questions.
Etnomatematika: Aktivitas dan Kerajinan Tangan Masyarakat Dayak Jangkang Wike Ellissi; Sepriani Liliana
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.125 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.7891

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aktivitas dan kerajinan tangan masyarakat dayak dalam kegiatan penanam padi serta bagaimana implementasinya dalam pembelajaran matematika. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan oleh peneliti dengan cara terjun langsung ke lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerajinan tangan masyarakat dayak jangkang dapat dijadikan materi untuk pembelajaran matematika khususnya pada materi Geometri yang terdiri dari Rotasi, Translasi, dan Refleksi. Kata Kunci: Etnomatematika, Aktivitas dan Kerajinan Tangan, Pembelajaran Geometri
Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Translasi Representasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Program Linear Khairunnisa Khairunnisa; Darhim Darhim; Nanang Priatna; Dadang Juandi
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.264 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.8051

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes kemampuan translasi representasi matematis mahasiswa pendidikan matematika pada materi program linear. Metode penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan instrumen menggunakan tujuh langkah dalam mengembangkan tes. Tahapan penelitian yang terdiri dari preliminer, evaluasi dan revisi, serta konfirmasi merupakan adaptasi dari tujuh langkah tersebut.  Tahap preliminer memuat empat langkah pertama, yaitu mendefinisikan konstruk yang diukur, mendefinisikan populasi target, mengkaji tes-tes yang berkaitan, dan mengembangkan prototipe. Tahap kedua memuat langkah ke lima dan ke enam; mengevaluasi prototipe, memperbaiki tes. Tahap konfirmasi memuat langkah ketujuh, mengumpulkan bukti yang mendukung reliabilitas dan validitas instrumen. Pada tahap evaluasi dan revisi terdapat validasi dari ahli yang data kuantitatifnya dianalisis dengan metode Gregory dan data uji coba lapangan diolah dengan aplikasi winstep. Pengolahan data dari uji lapangan menghasilkan satu indikator tidak dapat digunakan untuk mengukur kemampuan translasi pada indikator dari representasi verbal ke representasi simbolis. Produk akhir berupa instrumen kemampuan translasi representasi matematis mahasiswa yang terdiri dari empat buah soal uraian. Materi program linear mencakup pemodelan program linear, penyelesaian program linear menggunakan metode grafik dan simpleks, primal dan dual, serta kasus khusus pada program linear dengan delapan indikator.Kata Kunci: Translasi Representasi, Instrumen Representasi, Program Linear, Pengembangan Tes 
Analisis Validasi E-Modul Flipbook pada Materi Penarikan Kesimpulan dalam Logika Matematika Siti Faizah; Nihayatus Sa'adah; Sari Saraswati
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.294 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i1.7680

Abstract

Abstrak. Logika matematika merupakan salah satu cabang dalam matematika yang berkaitan dengan proses untuk mendapatkan kesimpulan dari sekumpulan premis. Dalam upaya untuk mendapatkan kesimpulan, diperlukan proses berpikir yang mengarahkan pada pernyataan umum dari suatu premis. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang memproduksi e-modul flipbook pada materi penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil validasi e-modul flipbook materi penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini adalah sebelas mahasiswa prodi Pendidikan Matematika semester satu. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar validasi yang berisi penilaian validator terhadap produk ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan media. Hasil analisis validasi menunjukkan bahwa e-modul flipbook materi penarikan kesimpulan memperoleh rata – rata penilaian sebesar 4,58 dengan kategori sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan e-modul flipbook materi Penarikan Kesimpulan dinyatakan sangat valid untuk digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran mata kuliah Pengantar Dasar Matematika. E-Modul ini juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pengembangan kemampuan berpikir matematis mahasiswa.Kata Kunci: Analisis, Validasi, E-Modul Flipbook, Logika Matematika
Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Pembelajaran SAVI Bernuansa Etnomatematika Berdasarkan Gaya Belajar Kurnia Shandy Nugraha; Zaenuri Zaenuri; Amin Suyitno
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.817 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.8128

Abstract

Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui kualitas model pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif (KBK) siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika. Menggunakan metode kombinasi (Mixed-methods) yang menggunakan desain concurrent embedded. Eksperimen ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Lebakwangi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran problem-based learning (PBL) dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran SAVI bernuansa etnomatematika. Hasil penelitian : aspek kevalidan memperoleh nilai  yang termasuk kategori sangat baik; aspek kepraktisan memperoleh nilai rerata 4,47 yang termasuk kategori sangat baik; aspek efektivitas ditunjukkan dengan hasil mencapai ketuntasan rata-rata individual dan klasikal serta terdapat beda rata-rata siswa; gaya belajar visual mampu memenuhi indikator fluency, flexibility, novelty, dan elaboration lebih baik dibandingkan dengan siswa gaya belajar auditorial dan kinestetik.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Model Pembelajaran SAVI.
Hybrid Learning dalam Perkuliahan Matematika Kimia 1 Dianne Amor Kusuma; Muchamad Subali Noto; Estiyan Dwipriyoko
JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.613 KB) | DOI: 10.33603/jnpm.v7i2.7934

Abstract

Abstrak. Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa program studi kimia FMIPA, Universitas Padjadjaran, dalam mata kuliah Matematika Kimia 1 masih rendah, dan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran belum memungkinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka langsung sehingga berdampak terhadap pemahaman dan motivasi mahasiswa. Penelitian ini perlu dilakukan karena hybrid learning adalah metode pembelajaran yang saat ini dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang diterapkan selama masa pandemi. Penelitian ini membahas tentang sejauhmana hybrid learning telah diterapkan dalam perkuliahan Matematika Kimia 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa hybrid learning memiliki kekuatan dan kelemahan, serta dapat membantu mahasiswa lebih memahami dan termotivasi dalam mata kuliah mata kuliah Matematika Kimia 1 dengan bantuan beberapa aplikasi yang bersifat interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hybrid learning yang didukung oleh beberapa aplikasi yang bersifat interaktif, berpeluang meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam perkuliahan Matematika Kimia 1. Kata Kunci: Hybrid learning, Matematika Kimia, Hasil Belajar, Motivasi. 

Page 1 of 2 | Total Record : 17