cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi" : 7 Documents clear
Pembelajaran Sastra Berbasis Multiple Intellegences: Solusi Menghadapi Abad 21 Alamsari
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.140

Abstract

Pembelajaran Abad 21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai keterampilan (skills). Keterampilan tersebut diintegrasikan dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali pembelajaran sastra. Sebagai salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pengembangan pola berpikir dan pembentukan karakter siswa, pembelajaran sastra mutlak diajarkan sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selama ini, pembelajaran sastra di sekolah cenderung membosankan dan belum memberikan hasil yang diharapkan. Tak heran, banyak peserta didik justru menghindar dari pembelajaran sastra tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran sastra. Salah satu strategi yang efektif diterapkan adalah dengan pembelajaran sastra berbasis Multiple Intellegences. Pendekatan Multiple Intelligences atau kecerdasan majemuk yang dirumuskan oleh Gardener merupakan pendekatan dalam pembelajara yang menyatakan bahwa kecerdasan seorang anak tidak dapat diukur hanya dengan melihat Iq-nya saja akan tetapi kecerdasan tersebut harus dilihat berdasarkan kecerdasan-kecerdasan lain. Ada delapan kecerdasan yang dimiliki oleh siswa yaitu, linguistik, spasial, logika, natural, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan kinestetik. Pembelajaran sastra dengan menggunakan pendekatan Multiple Inttelegnces memfokuskan siswa agar belajar mengapresiasi karya sastra dengan beragam kecerdasan dan gaya belajarnya masing-masing. Aktivitas yang dilakukan pun beragam sesuai dengan jenis kecerdasan tersebut. Melalui Multiple Intelligences ini, pembelajaran sastra akan lebih efektif sehingga pembelajaran akan menjadi bermakna.
Struktur Makro, Superstruktur, Struktur Mikro pada Koran Kompas Berita Lady Gaga “Curhat di Twitter” Edisi Mei 2012 (Analasis Wacana Kritis) Ernani
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.141

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan stuktur makro, superstruktur, struktur mikro, pada Koran Kompas berita Lady Gaga “Curhat di Twitter” edisi 24 Mei 2012 (Analisis Wacana Kritis). Melalui ketiga struktur tersebut (struktur makro, superstruktur, struktur mikro) dapat mengungkapkan isi teks berita yang diliput oleh media atau yang ditulis oleh wartawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui teori struktur teks yang dikemukan oleh Teun A. Van Dijk. Sementara itu, sumber data yang digunakan adalah Koran Kompas edisi 24 Mei 2012 khusus berita Lady Gaga “Curhat di Twitter.” Berdasarkan hasil analisis struktur teks yang terdiri dari struktur makro, superstruktur, struktur mikro pada Koran Kompas berita Lady Gaga “Curhat di Twitter diketahui bahwa pihak media massa, yaitu Koran Kompas bersikap netral terhadap permasalahan yang dihadapi Lady Gaga. Netral di sini dapat dilihat dari pengupasan permasalahan dari berbagai sisi. Sisi pihak yang pro (fans Lady Gaga) dan sisi pihak kontra (pemerintah Indonesia dan salah satu ormas Islam).
Think-Pair-Share (TPS) Sebagai Solusi Pembelajaran Iin Parlina
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi think-pairshare terhadap kemampuan menulis esai pada mahasiswa semester III Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan suatu percobaan yang dirancang khusus, untuk membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung tahun ajaran 20011/2012. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelompok eksperimen berjumlah 36 orang, dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 18 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 54 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji -t dengan menggunakan program komputer SPSS 17. Dengan diterimanya hipotesis penelitian (Ha) ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi think-pair-share berpengaruh terhadap kemampuan menulis esai.
Bahasa Penyajian Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Semester I Penerbit Erlangga Karangan Engkos Kosasih Dengan Kurikulum 2013 Lasmiatun
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.144

Abstract

Tulisan ini membahas redaksi penyajian bahasa pada salah satu buku teks yang digunakan di sekolah berdasarkan kurikulum 2013. Hal tersebut bertujuan untuk melihat apakah sebuah buku teks dapat memberikan pengalaman batin yang berbeda pada siswa sesuai dengan aspek perkembangan serta kemampuan berpikir. Selain itu, apakah bahasa penyampaian pada buku teks ini dapat membentuk karakter siswa seperti yang diharapkan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Keberadaan buku teks yang dipakai di sekolah tentunya memiliki peran penting dalam membantu kegiatan belajar mengajar, terutama sehubungan dengan pembelajaran teks yang diberikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam tulisan ini, penulis memberikan gambaran mengenai penggunaan bahasa dan penyajiannya pada buku teks. Berdasarkan hasil uraian keempat bab dari buku teks Engkos Kosasih terdapat pemakaian bahasa yang tidak sesuai dengan kesantunan berbahasa, muatan isu SARA dan kemasan materi yang cukup berat berada pada jenjang SMA. Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran. Untuk itu, guru harus mampu memilah dan memilih buku teks yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar dapat membimbing siswa terampil berbahasa dengan baik.
Pengembangan Modul Menulis Artikel Hasil Penelitian pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis Ratih Utami Ramadhaniati
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan modul pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis yang dijadikan sebagai bahan ajar; (2) merancang modul yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis; (3) mengembangkan modul menulis artikel hasil penelitian di semester II, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja; (4) mengetahui pengaruh potensial pengembangan modul menulis artikel hasil penelitian terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Untuk memperoleh informasi tentang kelayakan modul hasil pengembangan ini, peneliti melakukan uji validasi ahli dan uji lapangan terbatas. Validasi modul ini dilakukan dari segi kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data dalam uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes menulis artikel ilmiah. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja sebanyak 26 mahasiswa. Berdasarkan hasil tes menulis artikel hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata 56,53 menjadi 79,53 (selisih 23). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa modul menulis artikel hasil penelitian hasil pengembangan ini mempunyai pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi menulis artikel ilmiah pada mata kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis bahasa Indonesia di perguruan tinggi.
Mukjizat Nabi Muhammad Saw Dalam Novel “Muhammad Para Pengeja Hujan” Karya Tasaro GK. Triska Purnamalia
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mukjizat Nabi Muhammad SAW dalam novel “Muhammad Para Pengeja Hujan” karya Tasaro GK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis karya. Metode deskriptif ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan wujud mukjizat Nabi Muhammad SAW dalam novel “Muhammad Para Pengeja Hujan” Karya Tasaro GK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan religi sastra yaitu pendekatan yang mengkaji sastra berdasarkan ilmu agama. Sastra yang dikaji adalah novel “Muhammad Para Pengeja Hujan” karya Tasaro GK, dikaji melalui pendekan religi yaitu tentang mukjizat Nabi Muhammad SAW. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel “Muhammad Para Pengeja Hujan” karya Tasaro GK diterbitkan di Yogjakarta oleh Bentang Pustaka pada tahun 2011. Novel ini terdiri dari 688 halaman. Berdasarkan penelitian ditemukan 11 mukjizat Nabi Muhammad dalam novel “Muhammad Para Pengeja Hujan” karya Tasaro GK. Dapat disimpulkan bahwa novel dapat dijadikan sarana untuk menjelaskan ajaran agama dan menanamkan nilai-nilai religi.
Pengaruh Literature Approach Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Yeyen Yusniar
Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i2.147

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh literature approach terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 SMP Negeri I Indralaya Selatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung (5,711) lebih tinggi dari Ttabel (1,980) dengan derajat kebebasan 72 pada taraf signifikan probability di bawah 0,05. Ini berarti bahwa literature approach memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Guru bahasa Indonesia dapat menerapkan literature approach serta mencari dan memberikan langkah yang inovatif untuk menerapkan pendekatan atau strategi pembelajaran dalam menulis karangan narasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7