cover
Contact Name
Ikhsan Ikhsan
Contact Email
ikhsan_mrsm@yahoo.co.id
Phone
+6281311280092
Journal Mail Official
jurnal@iicet.org
Editorial Address
Jl. Bunda I No. 19 Padang - West Sumatera - Indonesia 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24778524     EISSN : 25028103     DOI : http://dx.doi.org/10.29210/020233270
Core Subject : Education,
Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed in the journal. Authors are requested to prepare a manuscript in accordance with the Instructions for preparation of manuscript and then to follow the Author Guidelines for submission. Before the manuscript is submitted to the editorial team, please make sure that your paper is prepared using the journal paper template. The authors must refer to JPPI for writing format and style (Please download and use as a template for the initial manuscript submission). This will ensure fast processing and publication. Any papers not fulfilling the requirements based on the guidelines to authors or focus and scope, with great regret will not be processed and automatically rejected. The author who will submit the manuscript after deadline of submission as long as meet the requirement for publication in this journal will be process for next issue. The paper submission and reviewing procedures in JPPI will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)" : 9 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Bilangan Cacah melalui Blok Dienes pada Siswa Kelas I SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Yulastri Yulastri
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017117

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam melaksanakan pembelajaran konsep, guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi, disebabkan alat peraga yang terbatas, walaupun ada alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru kurang mengerti cara menggunakannya. Sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep khususnya pengurangan bilangan cacah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pengurangan bilangan cacah, maka digunakanlah Blok Dienes dengan cara tanpa teknik meminjam dan dengan teknik meminjam. Teknik ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep pengurangan bilangan, yaitu dalam menentukan bilangan pengurang dengan bilangan yang akan dikurang, serta besar kecilnya bilangan yang akan dikurang dengan bilangan pengurang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di SDN. 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian ber jumlah 37 orang siswa, yang terdiri dari siswa laki-laki 20 orang dan siswa perempuan 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Blok Dienes dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurangan bilangan cacah dalam mata pelajaran matematika kelas I SD Negeri 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Minarsi Minarsi; Herman Nirwana; Yarmis Syukur
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017113

Abstract

This research was conducted from the student low level toward student problem solving strategies. The student problem solving strategies were affected by motivation problem to resolve and interpersonal communication. This research was intended to describe: (1) the motivation of students in problem solving, (2) student interpersonal communication, (3) the student problem solving strategies, (4) the contribution of the motivation problem to resolve  toward student problem solving strategies (5) the contribution of the interpersonal communication toward student problem solving strategies, and (6) the contribution of the motivation problem to resolve and interpersonal communication toward student problem solving strategies.This correlational descriptive research applied quantitative methods. The population of this research were 601 students of SMA Negeri 2 Pariaman on grade XI and XII, also 240 students there were chosen by proportional stratified random sampling technique.
Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal Ayu Permata Sari; Asmidir Ilyas; Ifdil Ifdil
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02018190

Abstract

This study shows that there are students who have an Internet addiction. Addictions possessed by students will certainly have a negative impact on self, social relationships and learning outcomes. This study aims to describe: 1) The level of Internet addiction in general 2) The core symptoms of Internet addiction in early adolescents 3) Problems related to Internet addiction in early adolescence. Quantitative research method with the quantitative descriptive approach. The population of this study is 596 students of SMA N 7 Padang and a sample of 240 students selected by proportional random sampling technique. The results revealed: 1) The rate of internet addiction in early adolescence is generally mostly in the moderate category with a percentage of 50%, 2) The core symptoms of Internet addiction in early adolescence are mostly in the high category with a percentage of 43%, consisting of indicators of compulsive symptoms, withdrawal symptoms and tolerance symptoms. 3) Internet-related addiction problems in early adolescence were mostly in the moderate category with a 49% percentage consisting of two interpersonal indicators & health problems and time management problems.
Pengaruh Kesegaran Jasmani melalui Senam Sribu pada Siswa Kelas V SD N 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Zulma Zulma
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017118

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kesegaran jasmani siswa. Salah satu penyebabnya adalah dipengaruhi oleh tingkat aktivitas jasmani siswa yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka dicobakan senam SRIBU untuk meningkatkan kesegajaran jasmani siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian exsperimen lapangan yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh senam SRIBU terhadap kesegaran jasmani siswa SD N 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive random sampling, yaitu dtetapkan hanya siswa puteri kelas V SD N 21 Batang Anai yang berjumlah 11 orang sebagai sampel. Kriteria, menguasai Senam SRIBU dengan baik. Hipotesis yang diajukan yaitu, terdapat pengaruh yang berarti latihan senam SRIBU terhadap kesegaran jasmani siswa SD Negeri 21 Batang Anai. Teknik pengambilan data menggunakan tes TKJI sebelum dan sesudah perlakuan senam SRIBU terhadap siswa. Data yang telah terkumpul digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Sebelum uji t dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji hipotesis yang menggunakan statistik uji t dapat disimpulkan yaitu, “terdapat pengaruh yang berarti pada latihan senam SRIBU terhadap peningkatan kesegaran jasmani siswa SD N 21 Batang Anai dengan perolehan thitung 3,35 > ttabel 2,36 pada taraf signifikan α 0,05”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan SRIBU dapat meningkatkan kesegaran jasmani siswa SD N 21 Batang Anai.
Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya Jamilah Aini Nasution; Neviyarni Suhaili; Alizamar Alizamar
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017114

Abstract

In July 2012, it's registered that 58% of 47 million people who have smartphone in Indonesian is dominated by teenager aged 14 until 17 years (result of research by Nielsen). Students should be use the smartphone appropriate with function to pointing students on a positive thing, but students indicate that they still use smartphone for a negative thing. This study aimed to analyze and to describe about motives of students to choose smartphone and the use of smartphone by students SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. This research is a quantitative study with descriptive approach. The population is all students who have a smartphone as many as 227 students. Sample as many as 145 students. Instrument used is the scale of motive students have a smartphone and the use of smartphone. The results of data analysis showed that: (1) the level of motive students have a smartphone in SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang at the high category, and (2) the level of use smartphone by students SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang also at the high category.
Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Armita Rostia
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017119

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik hanya duduk, diam, dengar, dan mencatat materi yang disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya  peserta didik seringkali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran. Selain itu sebahagian peserta didik takut dan malu bertanya kepada guru, jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran mereka berdiam diri saja, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dilakukan penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Model kooperatif tipe STAD ini merupakan model pembelajaran yang menempatkan peserta didik dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang peserta didik. Model pembelajaran ini dilakukan melalui enam tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan hasil kerja kelompok, tes secara individual, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, dengan jumlah peserta didik 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA dalam Pembelajaran Pai dengan Strategi True Or False di SD Negeri 21 Batang Anai Nurhayati Nurhayati
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017115

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas IVA SD Negeri 21 Batang Anai baik dalam melaksanakan diskusi, mengemukakan pendapat dan menyimpulkan. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pembelajaran guru lebih cendrung menggunakan metode ceramah yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas IVA dalam pembelajaran PAI dengan strategi True or False di SD 21 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA  yang berjumlah 20 orang. Rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah strategi True or False dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa?. Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat pada lembar observasi partisipasi siswa siklus I diperoleh rata-rata skor persentase partisipasi siswa untuk melakukan diskusi 60%, mengemukakan pendapat 50%, dan menyimpulkan pelajaran 30% dan Siklus II untuk melakukan diskusi 85%, mengemukakan pendapat 75%, dan menyimpulkan pelajaran 72.5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi True or False dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas IVA SD 21 Batang Anai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru dapat menerapkan strategi True or False dalam pembelajaran PAI dengan materi yang lain.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I SD melalui Media Gambar Seri Di SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Mirnawati Mirnawati
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017120

Abstract

Hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa keterampilan siswa SD kelas I dalam berbicara sangat rendah, khususnya di depan umum. Hal ini disebabkan beberapa hal terutama penggunaan media yang kurang cocok dengan tingkat kemampuan berfikir siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan aktivitas, siswa, aktivitas guru dan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan (1) aktivitas siswa dalam belajar, (2) meningkatkan aktivitas guru dan (3) keterampilan berbicara siswa di depan umum/kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah untuk dapat menggunakan gambar berseri yang isi gambarnya dekat dengan kehidupan siswa.
Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Risvanelli Risvanelli
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02017116

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran PKN siswa kelas V SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lemahnya proses pembelajaran. Di antaranya adalah siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar yang disebabkan karena guru cendrung menggunakan metode ceramah sehingga tidak meningkatnya daya berpikir siswa, dan kemampuan berkerja sama dengan teman. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan VCT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran PKN melalui Model VCTdi kelas V SDN 24 Batang Anai  Kabupaten Padang Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu  kali pertemuan untuk tes hasil belajar siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 24 Batang Anai  Kabupaten Padang Pariaman, yang berjumlah 16 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat baik kepada guru maupun temannya dari 62,50 % pada siklus I menjadi 84,38% pada siklus II, dalam menganalisis masalah sesuai dengan materi pembelajaran dari 53,13 % pada siklus I menjadi 78,13% pada siklus II dan  juga meningkatkan dalam bertanggung jawab serta bekerjasama dalam kelompoknya dari 62,50% pada siklus I menjadi 81,25 pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKN dengan menggunakan pendekatan VCT dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2024): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Inpress (2024) Vol 9, No 4 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 9, No 3 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 9, No 2 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 9, No 1 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 4 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 3 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 2 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 8, No 1 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 4 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 3 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 2 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 7, No 1 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 6, No 2 (2020): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 6, No 1 (2020): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 5, No 2 (2019): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 5, No 1 (2019): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 4, No 2 (2018): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 4, No 1 (2018): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 3, No 1 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 2, No 2 (2016): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 2, No 1 (2016): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) More Issue