cover
Contact Name
Acai Sudirman
Contact Email
acaivenly@gmail.com
Phone
+6282165264931
Journal Mail Official
nanatriapnita@stiesultanagung.ac.id
Editorial Address
Jl. Surabaya No.19, Kel. Dwikora, Kec. Siantar Barat, Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28295897     DOI : https://doi.org/10.37403/glow.v3i2
Glow: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember) yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung. Jurnal ini meliputi berbagai kajian terkait pengabdian masyarakat dari berbagai bidang ilmu dengan menggunakan dua bahasa (Inggris dan Bahasa Indonesia). Fokus dan ruang lingkup pengabdian masyarakat pada jurnal ini diantaranya Collaborative Governance, Pembangunan Partisipatif, Pembangunan Berkelanjutan, Pembangunan Inklusif, Ekonomi Kreatif, Knowledge Transfer for Community Development, Marketing, Ilmu Manajemen, Sustainable Livelihood, Transfer Teknologi, Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, Rekayasa Sosial, Manajemen Konflik, dan Literasi Informasi Digital.
Articles 25 Documents
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI PENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM KECAMATAN MARPOYAN DAMAI, PEKANBARU, RIAU Rahmayulita Yulita
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v1i1.23

Abstract

Para pelaku UMKM yang menggunakan sosial media sebagai sarana berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online lebih membantu mereka dalam mempromosikan produk mereka kepada masyarakat luas. Maka dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diperoleh wawasan keefektifan penggunaan sosial media sebagai pendukung strategi pemasaran pada UMKM sangat baik apabila dilakukan secara optimal dari segi lamanya waktu promosi dan adanya pengembangan produk.Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra khususnya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain masih kurangnya pengetahuan pelaku usaha dalam penggunaan alat atau instrumen digital sebagai salah satu langkah dalam melaksanakan kegiatan strategi pemasaran yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan pada pelaku usaha tersebut. Metode pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan cara tatap muka kepada UMKM yaitu dengan mewawancarai langsung pemilik UMKM dengan memberikan penjelasan kepada pihak UMKM mengenai pentingnya memasarkan produk dengan menggunakan sosial media serta membantu membuat postingan yang menarik sebagai salah satu cara untuk membantu para UMKM dalam memasarkan atau mempromosikan dagangan/jualannya ke sosial media agar banyak diketahui orang luar
PENYULUHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN 4.0 BAGI PELAKU UKM ULOS DI KOTA PEMATANGSIANTAR Darwin Lie; Robert Tua Siregar; Efendi Efendi; Ady Inrawan; Fitria Halim
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v1i1.28

Abstract

Urgensi dilakukanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tema penyuluhan pemanfaatan digital marketing sebagai alternatif pemasaran 4.0 bagi pelaku UKM Ulos di Kota Pematangsiantar ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai digital marketing serta pelatihan penerapan digital marketing menggunakan platform E-Commerce. Metode yang di gunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu melalui ceramah dan praktik langsung penerapan digital marketing. Tahapan pelaksanaan acara ini meliputi pembukaan dan pengenalan digital marketing, pemaparan tentang digital marketing, pemaparan tentang beberapa masalah yang sering dihadapi pelaku UKM Ulos, kemudian dilanjutkan praktik yang berkaitan dengan digital marketing. Setelah kegiatan pengabdian selesai, maka dilakukan wawancara lanjutan mengenai dampak pelaksanaan kegiatan pengabdian. Sesuai dengan hasil wawancara diketahui pemahaman pelaku UKM Ulos terkait pemanfaatan digital meningkat 90%.
PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA VCO BERTUAH DI PERUMAHAN HARIGUNA RT. 04 / RW. 11 KEL. SIDOMULYO BARAT, KEC. TAMPAN KOTA PEKANBARU Marnala Sitinjak
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v1i1.29

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk perkuliahan melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja. Pengabdian masyarakat ini merupakan suatu kegiatan tri dharma bagi tenaga pendidik (Dosen). Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di VCO Bertuah. Pemilihan lokasi pengabdian masyarakat di VCO Bertuah ini dengan alasan karena VCO Bertuah merupakan salah satu UMKM yang belum memiliki laporan keuangan dan belum mengerti dalam pembuatan laporan keuangan UMKM yang sesuai dengan SAK EMKM. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya pengetahuan pelaku usaha dalam menghitung harga pokok produksi serta menyusun laporan keuangan usaha sehingga sangat memerlukan perhatian atau arahan dalam menyusun dalam menghitung harga pokok produk maupun laporan keuangannya
PENGUATAN ENTREPRENEURSHIP INSIGHT GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING BAGI PELAKU UKM DI KOTA PEMATANGSIANTAR Marisi Butarbutar; Sofiyan Sofiyan; Sisca Sisca; Sherly Sherly; Edy Dharma
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v1i1.30

Abstract

Tujuan utama dilakukanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tema Penguatan entrepreneurship insight dan daya saing bagi pelaku UKM di Kota Pematangsiantar ini adalah untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang pentingnya memahami jiwa kewirausahaan serta mengoptimalkan manajemen usaha untuk memperoleh daya saing yang kompetitif. Metode yang di gunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu melalui ceramah dan praktik langsung penguatan entrepreneurship insight dan pembuatan akun media sosial dan e-commerce. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini meliputi pembukaan dan pengenalan entrepreneurship insight, pemaparan tentang entrepreneurship insight dan daya saing, pemaparan tentang beberapa masalah yang sering dihadapi pelaku UKM, kemudian dilanjutkan praktik yang berkaitan dengan penggunaan media sosial dan e-commerce. Setelah kegiatan pengabdian selesai, maka dilakukan wawancara lanjutan mengenai dampak pelaksanaan kegiatan pengabdian. Sesuai dengan hasil wawancara lanjutan, diketahui perubahan yang terjadi setelah mengikuti kegiatan penguatan aspek entrepreneurship insight dan daya saing para pelaku UKM meningkat 80%.
SOSIALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI UMKM Fitria Eka Ningsih
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v1i1.32

Abstract

Dampak Pandemi Covid-19 sangat luar biasa khususnya kepada para pelaku bisnis seperti UMKM, para pelaku atau pegiat UMKM sudah banyak yang gulung tikar akibat dampak tersebut. Diperkirakan setengah dari jumlah pelaku UMKM di Indonesia mengalami kebangkrutan. Terdapat beberapa penyebab resiko kerugian yang berakhir dengan kebangkrutan namun sebenarnya dapat diantisipasi oleh pihak UMKM. Salah satunya adalah kurangnya wawasan atau pengetahuan pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan. Selama ini para pelaku UMKM pada umumnya hanya berfokus pada bagaimana menjalankan strategi pemasaran yang effective agar bisnisnya mendapatkan hasil penjualan secara maksimal. Para pelaku UMKM tersebut kurang menyadari betapa pentingnya laporan keuangan dalam penentuan keputusan yang tepat, sehingga mereka tidak memiliki data rill untuk mengevaluasi perkembangan bisnisnya. Hal ini lah yang menjadi resiko yang besar atas terjadinya kebocoran dana, pembengkakan pengeluaran dan masih banyak lagi resiko lainnya yang berujung pada kebangkrutan. Untuk mencegah kebangkrutan UMKM yang disebabkan oleh karena tidak adanya laporan keuangan adalah dengan memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya laporan keuangan dan bagaimana cara membuat atau menyusun laporan keuangan sederhana bagi para pelaku UMKM. Kegiatan ini akan dilakukan di Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri yang berlokasi di desa Pondok Udik, Kecamatan Bogor. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah dengan cara penyuluhan atau sosialisasi yang diawali dengan memberikan pre-test bagi para peserta, pemberian materi oleh narasumber, diskusi dengan narasumber, dan diakhiri dengan kegiatan post-test. Pre-test dan post-test dilakukan guna mengukur sejauh mana peningkatan pemahaman peserta setelah diberikan materi oleh narasumber. Adapun output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah membantu para wirausahawan khususnya para santri di Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri untuk memahami pentingnya laporan keuangan untuk bisnis yang mereka jalankan, Adapun luaran lainnya adalah dalam bentuk jurnal yang nantinya akan dipublikasikan sehingga dapat diakses dengan mudah bagi siapa saja yang membutuhkan informasi ataupun referensi sehubungan dengan cara menyusun laporan keuangan sederhana.
PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN E- LEADERSHIP PADA MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL PRODUK UMKM Leni Novita
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v2i1.41

Abstract

Pemasaran produk usaha semakin bervariasi. Salah satu modernisasi pemasaran dengan teknik pemasaran digital. Seluruh informasi usaha, produk, lokasi dan lainnya dikemas dan diposting melalui media sosial atau platform online. Hal ini membentuk usahawan muda seperti mahasiswa untuk terus berinovasi. Seperti mahasiswa yang memiliki usaha tentu perlu mengembangkan keterampilan e-leadership untuk mengelola organisasi usaha khususnya pemasaran produk agar lebih modern. Hal inilah yang mendasari tim pengabdian kepada masyarakat untuk melakukan program pendampingan mahasiswa untuk mengembangkan jiwa e-leadership untuk perkembangan usaha. Program pendampingan dilaksanakan dengan model nominal group technique. Teknik ini lebih efektif melibatkan seluruh mitra untuk berkontribusi. Antusias mitra dalam program ini ditunjukkan dengan kehadiran dan ikut serta setiap tahapan dengan baik dan aktif. Pasca kegiatan, seluruh mitra dibagikan e-book yang berisikan seluruh isi materi dan hasil diskusi.
PENINGKATAN MUTU DAN NILAI TAMBAH KOPI ORGANIK DESA PARDAMEAN SIBISA KABUPATEN TOBA SAMOSIR Hengki Mangiring Parulian Simarmata; Andy Wijaya; Henry Dunan Pardede; Doris Yolanda Saragih; Nancy Florida Siagian
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v2i1.45

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di Desa Pardamean Sibisa dalam hal pengolahan pasca panen kopi organik yang belum dikelola secara optimal. Penanaman kopi arabika di kecamatan Ajibata sekitar 250 ha dan kopi arabika organik di Desa Pardamean Sibisa mencapai 30 ha. Tujuan pengolahan kopi organik setelah panen adalah untuk meningkatkan nilai tambah produk dari olahan biji kopi organik menjadi kopi bubuk berkualitas baik. Pengolahan hasil panen yang dilakukan oleh masyarakat selama ini hanya sebatas kopi biji atau gabah yang dijual langsung kepada agen pengumpul. Dengan adanya pengolahan biji kopi organik menjadi bubuk kopi organik akan meningkatkan nilai jual yang diproduksi dari lahan petani sendiri yang merupakan kawasan wisata Danau Toba. Pengolahan pasca panen kopi organik yang akan dilaksanakan di desa Pardamean Sibisa merupakan proses perlakuan fermentasi, pengeringan, sangrai, penggilingan dan pengemasan. 80 % peserta workshop mendapatkan pemahaman baru dalam pengolahan dan strategi pemasaran. Kegiatan PKM ini memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Pardamean Sibisa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
PELATIHAN PUBLIC SPEAKING GUNA MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI BAGI CALON AKTIVIS ORGANISASI DI KABUPATEN PEKALONGAN Aria Mulyapradana; Aria Elshifa; Ary Dwi Anjarini
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v2i1.47

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan mengenai keterampilan berbicara di depan umum dan penguasaan bahasa tubuh dalam berkomunikasi. Metode kegiatan ini terdiri dari ceramah, demonstrasi dan evaluasi kegiatan. Adapun peserta di pelatihan ini sebanyak 44 orang yang merupakan calon aktivis organisasi di Kabupaten Pekalongan. Hasil dari kegiatan ini peserta pelatihan antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang dipaparkan oleh tim pengabdian masyarakat dan menambah pengetahuan mengenai teknik berkomunikasi serta meningkatkan mental di depan umum. Diharapakan setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat lebih terampil dalam berkomunikasi dan tingkat kepercayaan dirinya meningkat. Keberlanjutan dari kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan materi-materi terkait dengan berkomunikasi dalam organisasi.
THE TRAINING ON THE IMPLEMENTATION OF PSAK 71 (FINANCIAL INSTRUMENTS) FOR THE ASSOCIATION OF YOUNG ACCOUNTANTS IN THE BANTEN REGION Benyamin Melatnebar; Eugenius Laluur
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v2i1.50

Abstract

Accounting as a process for recording, calculating, grouping, and classifying, processing and presenting transaction data. Accounting has many important aspects to discuss, there are even times every year every statement of financial accounting standards undergoes several changes. This Community Service activity aims to provide training on the application of PSAK 71 financial instruments for the Young Accountants Association of the Banten Region, especially students at various universities spread throughout the Banten area in order to understand the essence of PSAK 71 financial instruments, namely there are significant changes in classifying and measuring financial assets. How PSAK 71 makes an estimate for bad debts. The method used is teaching, tutorial and discussion methods. Presentation by explaining, namely participants were given material directly from the speaker about PSAK 71. Then also discussed PSAK 71 in terms of taxation and provided illustrative examples related to calculating allowance for impairment allowances using Expected Credit Loss (ECL). The results of this community service were marked by the enthusiasm and ability of the participants for the presentation of the theory presented, the participants were quite critical and asked many questions. Simulation practice to calculate the benefits of trade receivables and impairment of trade receivables. The results of this community service activity in the form of a webinar are expected to be useful for students of accounting study programs, especially at various universities in the Banten area.
OPTIMALISASI PENYULUHAN LITERASI MASYARAKAT SEBAGAI STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI KENDARI SULAWESI TENGGARA Eva Solina Gultom; Nur Israfyan Sofian; Ansor Putra; Irianto Ibrahim Ibrahim; Nurlailatul Qadriani
Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agug

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/glow.v2i1.53

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengoptimalkan sosialisasi akan pentingnya literasi untuk mengurangi penyebaran berita bohong bagi masyarakat Kendari Sulawesi Tenggara yang tidak memiliki pengetahuan sebagai strategi pemanfaatan media sosial yang bijak. Penyuluhan dilakukan secara online, merupakan kerjasama antara program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Halu Oleo dengan Kendari English Center berkerja sama dengan The La Malonda Institute yang diikuti oleh lebih dari 20 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penghentian penyebaran hoaks di media sosial harus dimulai dari diri sendiri. Anggota komunitas ini adalah kaum muda milenial Kendari yang merupakan agen pembentuk masyarakat digital yang sehat dan bebas dari hoaks. Kesimpulan. Di masa pandemi, di mana semua orang berada di dalam ketakutan, kehadiran berita bohong atau hoaks menjadi sebuah keniscayaan. Menyikapi hal ini, upaya untuk meredam penyebaran berita bohong atau hoaks dimulai dari diri sendiri. Untuk itu, diperlukan “benteng pertahanan” yang mumpuni yakni dari pengetahuan, meningkatkan minat baca dan menyebarkan berita hanya dari Lembaga atau instansi yang dapat dipercaya.

Page 1 of 3 | Total Record : 25