cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 11 Documents clear
ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 5 TANA TORAJA Agustina Limbong Allo; Nurhayati Nurhayati; Subaer Subaer
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.34416

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pedekatan deskriptif kuantitatiif. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan literasi sains dalam pembelajaran fisika peserta didik di SMAN 5 Tana Toraja tahun ajaran 2020/2021 secara umum dan berdasarkan jenis kelamin dan status sosial ekonomi. Sampel penelitian adalah 50 peserta didik kelas XII MIA SMAN 5 Tana Toraja yang dipilih secara acak. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes materi pemanasan global dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 10% peserta didik berada pada kategori tinggi, 54% berada pada kategori sedang dan 36% berada pada kategori rendah. Skor rata-rata peserta didik yakni 11,98 berada pada kategori sedang. Skor rata-rata tertinggi dicapai peserta didik pada indikator membaca dan menginterpretasi data dari grafik yakni 48,80% dengan kategori sedang, dan rata-rata terendah pada indikator memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif yakni 36,15%. Skor rata-rata peserta didik laki-laki lebih tinggi 1,89 dari peserta didik perempuan. Peserta didik laki-laki memperoleh skor rata-rata yang lebih tinggi dari perempuan pada indikator membuat repsentasi grafik dari data, membaca dan menginterpretasi data dari grafik, dan memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif sedangkan perempuan memperoleh skor rata-rata yang lebih tinggi dari laki-laki pada indikator menarik kesimpulan dan prediksi berdasarkan data kuantitatif. Keterampilan literasi sains tidak bergantung pada status sosial ekonomi orang tua tetapi dipengaruhi oleh faktor lain.
META-ANALISIS: PENERAPAN E-MODUL BERBASIS EXE-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA Indri Mardiyatus Soleha; Hadma Yuliani; Jhelang Annovasho
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.48394

Abstract

This study aims to estimate the application of  exe-learning-assisted e-modules  in science learning in Indonesia. This meta-analysis research method includes problem formulation, data collection (study), data coding, data analysis, and interpretation. After searching for journals, 16 journals were found that discussed the application of  exe-learning-assisted e-modules in science learning. Of these, 6 articles meet the established criteria, namely research using  exe-learning-assisted e-modules  in science learning in Indonesia. The results of this study revealed that there was a significant positive effect in the application of  exe-learning-based e-modules in science learning. The research findings showed that the results of the meta-analysis showed  an effect size  value of 0.9, which indicates a high level of effectiveness of 82% in improving learning abilities and outcomes.
ANALISIS KESIAPAN UNTUK BERINKUIRI TAHAP OBSERVASI PADA SISWA KELAS XII SMAN 22 BONE Afridha Nurfadhyla; Pariabti Palloan; M. A Martawijaya
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.32858

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitiaan kuaitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi setiap individu dalam menggambarkan fenomena disekitarnya untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam mnggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMAN 22 Bone yang berjumlah 5 orang yang kemudian akan dipilih siswa kelas XII yang memiliki nilai fisika tertinggi untuk menjadi subjek penelitian ini. pengumpulan data dilakukan melalui pemberian masalah pemicu dalam bentuk pengamatan objek kearifan lokal untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing kemudian melakukan wawancara kepada setiap subjek penelitian yang diajukan secara lisan dan dijelaskan sedetail mungkin. instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket. Data yang diuji keabsahannya kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedsiapan peserta didik SMAN 22 Bone untuk berinkuiri tahap observasi dapat dikatakan siap dan telah memenuhi salah satu indikator kesiapan berinkuiri tahap observasi yaitu menggunakan alat dan bahan untuk mengamati objek dengan detail.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI EFEK DOPPLER KELAS XI SMA NEGERI 3 BARRU Ayu Safitri; Abdul Haris; Ahmad Yani; Pariabti Palloan; Mutahharah Hasyim
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.35398

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Adapun persentase hasil menunjukkan tingkat kelayakan media dari isi maupun kegrafikan media berdasarkan penilaian validator dengan nilai koefisien internal yaitu  1 atau 100%, untuk  tingkat kepraktisan dari media berdasarkan setiap aspek peniliaian angket respon peserta didik memiliki nilai skala persentase skor 84%-93% dan penilaian angket respon guru memiliki nilai sklala persentase skor 93%-100%, untuk tingkat keefektifan dari media berdasarkan persentase skor    N-Gain peserta didik yaitu 74%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi efek doppler yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika
PENGEMBANGAN INSTRUMEN MATERI FISIKA KELAS XI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR A. Heriati Asri; Kaharuddin Arafah; Helmi Helmi
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.31796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan menganalisis kualitas pengembangan instrumen materi fisika kelas XI agar dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Allen (1979) yang melalui 6 tahap yaitu plan the test, write item for each of the areas in the plan, administer all the item to a reasonably, conduct an item analysis, administer the revised test the another representative sample of examinee dan test standardization. Untuk mengetahui tujuan tersebut diperoleh koefisien validitas isi, koefisien reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda butir instrumen. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 8 Makassar terdiri dari 106 peserta  didik. Jumlah butir yang dikembangkan sebanyak 52 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini yaitu instrumen materi fisika kelas XI yang dikembangkan memiliki kualitas dengan kategori sangat layak berdasarkan hasil uji validasi ahli sebesar 0,96. Jumlah butir soal yang diujicobakan sebanyak 40 butir. Ujicoba instrumen dilakukan sebanyak dua kali dan menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,87 untuk ujicoba pertama dan ujicoba kedua. Dengan hasil analisis yang telah diperoleh maka instrumen materi fisika kelas XI yang dikembangkan tergolog valid dan reliabel baik secara teoretik maupun seara empirik. Sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal pilihan ganda sebanyak  33 butir soal. Kata Kunci : Instrumen Materi Fisika, Keterampilan Berpikir Kritis, Validitas, Reliabilitas
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN FISIKA MATERI OPTIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENE Nur Siti Fauziyyah Nurdin; Subaer Subaer; Abdul Haris
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.34728

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan metode pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui hasil pengembangan multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika, respon peserta didik terhadap multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika dan penilaian guru fisika terhadap multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika. Pengumpulan data penelitian, dilakukan melalui validasi atau penilaian pakar dan uji coba multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika pada peserta didik Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Majene, serta penilaian guru fisika terhadap multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika. Hasil analisis penilaian pakar menunjukkan bahwa besar koefisien validitas yang diperoleh melalui analisis Gregory ialah sebesar 1, artinya multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika yang telah dikembangkan dinyatakan valid. Respon peserta didik terhadap multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika yang dikembangkan memiliki hasil pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Majene dan kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Majene memiliki penilaian yang beragam. Analisis hasil penilaian guru fisika menunjukkan rerata persentase total sebesar 83,53 % yang artinya guru fisika memberikan respon yang positif terhadap multimedia interaktif pembelajaran fisika materi optika.Kata kunci : R dan D, ADDIE, Optika
PENGARUH KONSENTRASI AKTIVATOR (NaOH DAN HCl) TERHADAP KARAKTERISTIK KARBON AKTIF DARI TONGKOL JAGUNG Ahmad Saban; Jasruddin Jasruddin; Husain Husain
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.45044

Abstract

Sintesis karbon aktif dari limbah tongkol jagung dilakukan untuk memanfaatkan limbah biomassa. Penelitian ini bertujuan mensintesis dan mengkarakterisasi karbon aktif dari limbah tongkol jagung. Tahapan pembuatan karbon aktif dimulai dengan preparasi sampel yaitu pembersihan, pencucian, dan pengeringan. Tongkol jagung kemudian dikarbonasi pada suhu 400oC selama satu jam untuk menghasilkan karbon. Tahap selanjutnya aktivasi menggunakan NaOH dan HCl dengan variasi konsentrasi 5%, 10%, dan 15%. Karakterisasi karbon aktif menggunakan Scanning Electron Microscopy (SEM) dan X-Ray Diffraction (XRD). Hasil karakterisasi SEM menunjukkan bahwa karbon aktif yang diperoleh memiliki struktur permukaan yang tidak teratur dengan ukuran dan bentuk pori terbuka yang berbeda. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan bahwa karbon aktif yang diperoleh memiliki struktur amorf. Hasil penentuan kadar air dan kadar abu karbon aktif yang diperoleh adalah 2,97% dan 3,92%. Nilai kadar air dan kadar abu karbon aktif dari tongkol jagung ini telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI 06-3730-1995)
PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK SISWA SMA Rika Yussafitri; Derlina Derlina
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.48311

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi alat-alat optik untuk siswa SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan valid ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 94,37% dan ahli strategi pembelajaran dengan presentase 89,37%, serta validasi ahli media dengan presentase 94,37% yang termasuk kategori sangat valid. Respon peserta didik pada kelompok kecil sebesar 61,2% dengan kategori praktis dan pada kelompok besar sebesar 89,27% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil penilain tes hasil belajar pada kelompok kecil memperoleh kenaikan skor N-gain sebesar 0,4  dengan kategori sedang dan pada kelompok besar memperoleh skor N-gain sebesar 0,5  dengan kategori sedang, maka E-LKPD berada dalam kategori efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 MAJENE Dian Awaluddin Adam; Khaeruddin Khaeruddin; Kaharuddin Arafah
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.34499

Abstract

Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif fisika kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen hasil belajar fisika dalam ranah kognitif di tingkatan sekolah menengah atas (SMA). Subjek ujicoba penelitian ialah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Majene sebanyak 153 orang yang tersebar dalam 5 kelas. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan yang dikembangkan oleh Mardapi yang terdiri dari 9 tahap, yaitu menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes, dan menafsirkan hasil tes. Data hasil penelitian melaui proses validasi secara teoretik oleh dua pakar yang selanjutnya instrumen tersebut dilakukan uji coba sebanyak dua kali pada subjek yang berbeda guna mengetahui kualitas butir, tingkat validitas dan reliabilitas butir instrumen yang dikembangkan. Efektivitas hasil  pengembangan instrumen dapat dilihat dari hasil penilaian oleh dua orang guru fisika yang berada di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh sebanyak 23 Butir instrumen yang valid, reliabilitas 0,6541, dan efektivitas sebesar 94,85 %. 
ANALISIS KARAKTERISTIK CURAH HUJAN DENGAN MENGGUNAKAN KLASIFIKASI SCHMIDT-FERGUSSON DI KOTA MAKASSAR Juliati Juliati; Sulistiawaty Sulistiawaty; Vistarani Arini Tiwow
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i2.44069

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Analisis Karakteristik Curah Hujan dengan menggunakan Klasifikasi Shmidt-Fergusson di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola curah hujan dan menganalisis karakteristik curah hujan berdasarkan metode Schmidt-Fergusson di Kota Makassar. Data yang digunakan berupa data sekunder tahun 2012-2021 yang diperoleh dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Stasiun Klimatologi Kelas I Maros, dan Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Paotere Makassar. Hasil analisis menunjukkan pola curah hujan di Kota Makassar periode tahun 2012-2021 mempunyai pola curah hujan monsun, yang ditandai dengan terjadinya peningkatan curah hujan pada akhir dan awal tahun yaitu pada bulan Desember, Januari, dan Februari. Sementara itu curah hujan mengalami penurunan pada bulan Juli, Agustus hingga September yang merupakan terjadinya musim kemarau dengan intensitas curah hujan sangat rendah, sebaliknya pada bulan Desember, Januari,  dan Februari merupakan waktu terjadinya musim hujan sehingga intensitas curah hujan sangat tinggi. Berdasarkan klasifikasi Schmidt-Fergusson karakteristik curah hujan di Kota Makassar berada pada tipe C (agak basah) dengan nilai Q sebesar 55,7.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue