cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1" : 15 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI TENTANG SERTIFIKASI GURU, STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SMKN Tri Atmadji Sutikno
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.767 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1268

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang sertifikasi guru, strategi penyelesaian konflik, motivasi kerja, terhadap produktivitas kerja. Populasi penelitian adalah guru-guru SMKN Malang Raya sedangkan sampel (278 guru) diambil secara acak. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi tentang sertifikasi guru, strategi penyelesaian konflik, motivasi kerja dalam kategori tinggi, dan produktivitas kerja guru dalam kategori sedang; (2) ada hubungan antara (a) persepsi tentang sertifikasi guru, strategi penyelesaian konflik dengan motivasi kerja, (b) strategi penyelesaian konflik, motivasi kerja dengan produktivitas, (3) tidak ada hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan produktivitas kerja.Kata Kunci: sertifikasi guru, strategi penyelesaian konflik, motivasi kerja, produktivitas kerjaTHE INFLUENCE OF PERCEPTION ON TEACHER CERTIFICATION, CONFLICT RESOLUTION STRATEGIES, AND WORK MOTIVATION ON WORK PRODUCTIVITY OF SMKN TEACHERS IN MALANGAbstract: This study was aimed to investigate the influence of perception on teacher certification, conflict resolution strategies, and work motivation on work productivity. The population was SMK teachers in Malang and the sample (278 teachers) was taken randomly. The data were analyzed using descriptive and correlational analyses. The findings showed: (1) perception about teacher certification, conflict resolution strategies, work motivation belonged to the high category while the work productivity belonged to the fair category, (2) there are relationships between (a) perception about teacher certification, conflict resolution strategies and work motivation, (b) conflict resolution strategies, work motivation and work productivity, (3) there is no relationship between perception about teacher certification and work productivity.Keywords: teacher certification, conflict resolution strategies, work motivation, and work productivity
KINERJA GURU MADRASAH DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA SERTIFIKASI DI SUMATERA SELATAN Nyayu Khodijah
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.587 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1263

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja guru setelah memperoleh tunjangan profesional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-komparatif. Sampel adalah guru-guru madrasah dan Pendidikan Agama Islam di Palembang dan Banyuasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumen, dan kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam kinerja guru setelah menerima tunjangan professional (1) dalam aspek rencana pembelajaran, pelaksanaan, dan asesmen; (2) antara mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan di daerah perkotaan; dan (3) antara mereka yang lulus melalui portofolio dan melalui PLPG.Kata Kunci: kinerja guru, program sertifikasi guruISLAMIC SCHOOL AND ISLAM RELIGION TEACHERS’ PERFORMANCE AFTER THE CERTIFICATION PROGRAM IN SOUTH SUMATERAAbstract: This research aimed at figuring out the teachers’ performance after they received their professional benefit. This research applied the descriptive-comparative method. The sample was Islamic school and Islam Religion teachers in Palembang and Banyuasin. The data were collected using questionnaires, interview, and documentation, and then analyzed quantitatively and qualitatively. The findings showed that there was no difference in the teachers’ performance after they received their professsional benefit (1) in the aspects of lesson planning, implementation, and assessment; (2) between those living in urban and rural areas; and (3) between those who pass the certification program through portfolio and professional training.Keywords: teacher’s performance, teacher certification program 
PENGEMBANGAN MODEL BUKU AJAR MEMBACA BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA SMP Kastam Syamsi,; Esti Swatika Sari; Setyawan Pujiono
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.972 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1262

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model buku ajar membaca berdasarkan pendekatan proses bagi siswa SMP. Ada tiga tahap dalam penelitian ini, yaitu (1) pendefinisian; (2) perencanaan dan pengembangan; dan (3) penyebarluasan. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis dan reflektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model buku ajar membaca telah dikembangkan berdasarkan pendekatan proses. Buku tersebut terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) pendahuluan, (2) bagian isi, dan (3) bagian tambahan. Setiap unit terdiri atas judul unit pembelajaran, kompetensi dasar, pramembaca, membaca, merespon, menggali teks, dan memperluas pemahaman.Kata Kunci: buku ajar membaca, pendekatan prosesDEVELOPING A PROCESS-APPROACH-BASED READING TEXTBOOK MODEL FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTSAbstract: This development research was aimed to produce a process-approach-based reading textbook model for Junior High School students. There were three stages in this research, i.e. (1) definition; (2) design and development; and (3) dissemination. The data were analyzed using the domain analysis technique with critical and reflective principles. The findings showed that the reading textbook model had been developed based on the process approach. This text book consisted of three parts, i.e. (1) introduction, (2) core materials, and (3) additional part. Each unit consisted of the title, competence, pre-reading, whilst-reading, responding, exploring the text, and extending comprehension.Keywords: reading text book, process approach 
HIGHER ORDER THINKING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA Tri Widodo dan Sri Kadarwati
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.552 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1269

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan ini ditujukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan berorientasi pembentukan karakter. Pembelajaran menggunakan higher order thinking berbasis pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-3 program IPA. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,84 (melebihi target). Siswa yang telah menguasai materi ada sebanyak 96,87%. Skor aktivitas adalah 83,81 (melebihi target). Karakter dan respon siswa terhadap pembelajaran termasuk pada kategori baik.Kata Kunci: higher order thinking, hasil belajar, aktivitas belajar dan karakterPROBLEM-SOLVING-BASED HIGHER ORDER THINKING TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT THROUGH STUDENTS’ CHARACTER BUILDING ORIENTATIONAbstract: This action research study was aimed to improve the students’ learning activities and achievement through character building orientation. The teaching used the higher order thinking and problem-based instruction strategy. The subjects were the XI-3 students of the Science program. The findings showed that the students’ achievement was 73.84 (higher than the target). The students who had mastered the lesson was 96.87%. The activity score was 83.81 (higher than the target). The students’ character and response to the teaching process belonged to the good category.Keywords: HOT, PBI, student achievement, student character
PANDANGAN BUNG KARNO TENTANG PANCASILA DAN PENDIDIKAN Dwi Siswoyo
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.039 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1264

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang esensial dari pandangan Bung Karno tentang Pancasila dan pendidikan. Metode penelitian historis ini mengkaji karya-karya Bung Karno. Data dianalisis dengan teknik analisis menggunakan pendekatan hermeneutika dialektis untuk memperoleh fusi horison makna tentang Pancasila dan pengembangan pendidikan nasional Indonesia. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran pandangan tentang urgensi nasionalisme dalam membangun bangsa dan urgensi Pancasila sebagai dasar filosofi negara termasuk sebagai dasar filosofi pendidikan nasional Indonesia, serta urgensi pendidikan nasional dalam membangun kepribadian (karakter) bangsa Indonesia. Pengembangan pendidikan nasional dilakukan menggunakan pendekatan “eklektik-inkorporatif-harmonis-dinamis”.Kata Kunci: nasionalisme, pendidikan nasionalBUNG KARNO’S VIEW ON PANCASILA AND EDUCATIONAbstract: This study was aimed at finding out Bung Karno’s essential view on Pancasila and education. This historical research method examined the philosophical works of Bung Karno. The data were analyzed using the hermeneutic dialectic approach to pick out the meaning horizon fusion on Pancasila and the development of the Indonesian national education. The findings showed a snapshot view of the urgency of nationalism in building the nation and the urgency of Pancasila as the country’s basic philosophy including Indonesia's national philosophy of education, as well as the urgency of the national education in building the nation’s character. The development of the national education was carried out through the ‘eclectic-incorporative-harmonious-dynamic’ approach.Keywords: nationalism, national education
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIDANG KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI BERBASIS METAKOGNISI Purnamawati .
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.665 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1258

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bidang keahlian elektronika industri berbasis metakognisi siswa (MPBKEI-BMs) dan perangkat pembelajaran di SMK yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi, model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. (2) Berdasarkan hasil ujicoba, model tersebut memenuhi kriteria praktis. (3) Berdasarkan hasil ujicoba, model tersebut memenuhi kriteria efektif, yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa, dan pencapaian kompetensi siswa baik secara individu maupun klasikal.Kata Kunci: pengembangan model pembelajaran, elektronika industri, berbasis metakognisiDEVELOPING A METACOGNITION-BASED LEARNING MODEL FOR INDUSTRIAL ELECTRONICSAbstract: This study aimed to develop a metacognition-based learning model and its instructional kits for the Industrial Electronics in Vocational High Schools satisfying validity, practicality, and effectiveness criteria. The findings were as follows. (1) Based on the expert and practitioner validation, the developed learning model was valid. (2) Based on the results of the try-out, the developed model and its instructional kits satisfied the practicality criterion. (3) Based on the results of the try-out, the developed model and its instructional kits satisfied the effectiveness criterion, indicated by students’ learning activities, their responses to the learning implementation, and their individual and classical learning competence attainment.Keywords: a metacognition-based learning model, industrial electronics, vocational high schools
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DALAM MATAKULIAH PENGATURAN MESIN LISTRIK Hamonangan Tambunan
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.499 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1260

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem e-learning dalam bentuk pembelajaran berbasis website. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang melibatkan mahasiswa, guru SMK, dan dosen. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: (1) analysis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implemementasi; dan (5) evaluasi. Data, yang dianalisis secara deskriptif, dikumpulkan melalui studi literature, reviu ahli, pengamatan, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis menunjukkan bahwa kebutuhan dasar kegiatan pembelajaran dalam mata kuliah pengaturan mesin listrik, adalah: (1) pengelolaan bahan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) penyajian materi; (4) dapat diunduh oleh siswa; (5) proses pembelajaran inkuiri; (6) proses evaluasi; dan (7) bahan tersebut dibuat dalam bentuk animasi.Kata Kunci: pembelajaran berbasis website, pengaturan mesin listrikDEVELOPING THE WEBSITE-BASED LEARNING FOR THE ELECTRICAL MACHINE REGULATION COURSEAbstract: This study was aimed at developing an e-learning system in the form of website-based learning. This was a research and development study, involving students, vocational high school teachers, and lecturers. The study stages were: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; and (5) evaluation. The data, analyzed descriptively, were collected through literature study, expert review, observation, interview, questionnaires, and documentation. The analysis showed the basic needs of learning activities in electric machine regulations, namely (1) the management of learning materials;(2) the learning process; (3) the presentation of the material; (4) downloadability by students; (5) inquiry learning process; (6) evaluation process; and (7) the material is made in the form of animation.Keywords: web-based learning in electric machine regulation 
STRATEGI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Husaini Usman; Nuryadin Eko Raharjo
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.538 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1253

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep strategi kepemimpinan pembelajaran. Perbedaan pembelajaran di SMK dengan SMA membawa konsekuensi strategi kepemimpinan pembelajaran yang berbeda pula. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis grounded theory. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan anggota komite sekolahsecara snowball. Orang kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Objek penelitian adalah pelaku, konsep, tempat, dan kegiatan. Keabsahan data dilakukan dengan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan komfirmabilitas. Langkah-langkah dan analisis data yang digunakan adalah model Lichman (2011). Penelitian menemukan bahwa strategi kepemimpinan pembelajaran adalah: keteladanan, pembelajaran di kelas dan luar kelas, kultur sekolah, dan penguatan.Kata Kunci: strategi, kepemimpinan pembelajaran, implementasi kurikulum 2013THE STRATEGY OF INSTRUCTIONAL LEADERSHIP TOWARD THE IMPEMENTATION OF CURRICULUM 2013Abstract: Theresearch was aim to find the strategy concept of instructional leadership. Different between VHS and HS learning bring coonsequency different of strategy of instructional too. The research used was qualitative with grounded theory type. Research instrument is the researchers ourself. Data collecting technique were used deep-interview, participation observation, and documentation. Reseach subjects areprincipal, vice principals, and school committee members with snowball. Key informan is principal. Research objects are: persons, concept, place, and activities. Verification of data was done by credibility, transferability, dependability, and comfirmability criteria. Stage and data analysis were used the Lichman model (2011). The research findings that the strategy of instructional leaderships are modeling, learning in and out classroom, school culture, and strengthening.Keywords: strategy, instructional leadership, implementation of curriculum 2013
EFL TEACHING AT GOOD SENIOR HIGH SCHOOLS Yudhi Arifani; Ali Saukah
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.103 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1261

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berusaha untuk mengungkap bagaimana guru-guru yang baik melaksanakan kegiatan pembelajaran yang baik di SMA unggulan. Empat dari enam belas guru Bahasa Inggris dari dua SMA unggulan dipilih berdasarkan kriteria standar guru dan kriteria tambahan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki kesamaan berikut: mereka (1) membangun komunikasi yang baik dengan siswa melalui pemodelan bahasa yang baik; (2) menjelaskan materi dengan cara deduktif dan induktif; (3) memberikan bantuan secara tidak langung; (4) melakukan koreksi kesalahan siswa secara tidak langsung; (5) mengecek pemahaman siswa melalui pertanyaan;(6) memberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu terlibat dan praktik menggunakan bahasa Inggris.Kata Kunci : pengajaran bahasa Inggris, sekolah unggulanEFL TEACHING AT GOOD SENIOR HIGH SCHOOLSAbstract: This study investigated how good EFL teachers implemented good EFL teaching activities at exemplary senior high schools. Four out of sixteen EFL teachers from two selected exemplary schools were chosen based on the criteria of the professional teachers’ standard and some additional criteria. The data were collected through documentation, observation, and interviews. The results showed that the subjects had the following in common: they (1) built good communication with their students as a good model of EFL speakers; (2) explained materials through inductive and deductive ways; (3) provided assistance indirectly; (4) corrected students’ errors indirectly; (5) checked students’ understanding through questions; (6) provided language practice and involved students in all classroom activities.Keywords: EFL teaching, good senior high schools
PENGEMBANGAN SMK MODEL UNTUK MASA DEPAN Slamet PH PH
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.353 KB) | DOI: 10.21831/cp.v5i1.1256

Abstract

Abstrak: Praktik penyelenggaraan SMK di Indonesia saat ini menunjukkan kelemahan-kelemahan sebagai berikut: menyelenggarakan fungsi tunggal, yaitu menyiapkan siswa untuk bekerja, untuk menjadi karyawan, dan kurang menyiapkan untuk menjadi wirausahawan, kurang cepat tanggap terhadap tuntutan-tuntutan pembangunan ekonomi, lemah keselarasannya dengan dunia kerja, dan tidak ada jaminan untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Tekanan-tekanan dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap SMK sangat banyak, tetapi beberapa hal berikut harus segera ditanggapi, yaitu rencana pembangunan jangka panjang nasional, cetak biru insan Indonesia cerdas dan kompetitif 2025, master plan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia, keanekaragaman kebutuhan masyarakat, kemajuan teknologi, dan tuntutan globalisasi. Agar SMK dapat memainkan peran lebih penting dalam pembangunan ekonomi, SMK harus memperluas fungsinya dari fungsi tunggal menjadi SMK Model yang menyelenggarakan fungsi majemuk yang selaras dengan kemajemukan kebutuhan masyarakat. Transisi dari SMK fungsi tunggal menjadi SMK Model (fungsi majemuk) memerlukan restrukturisasi dalam kebijakan, perencanaan, penganggaran, kelembagaan, dan sumber daya. Kata Kunci : kelemahan SMK, tekanan dan faktor yang berpengaruh terhadap SMK, fungsi tunggal, SMK Model, fungsi majemuk DEVELOPING VOCATIONAL SCHOOL MODEL FOR THE FUTURE Abstract: The current practices of vocational schools in Indonesia mostly show the following weaknesses: offering single function of preparing students for gainful employment, preparing students to become employees and lack of entrepreneurship preparation, slow response to economic development, weak link and match with the world of work, and no guaranttee for graduates to get decent work. The external forces and factors influencing vocational schools are numerous but the followings must be urgently responded: national long range development plan, blue print for national education long range development plan, master plan for accelerating and enlarging national economic development of Indonesia, diversity of society needs particularly the world of work, technological development, and globalization. In order vocational schools to be able to play more important roles in Indonesian economic development, they have to enlarge their functions from solely single function to vocational school model having multiple functions of serving diverse needs of society. The transition from single function to multiple functions requires restructuring policy, planning, budgeting, institutions, and resources required to run vocational school model. Keywords : vocational school weaknesses, vocational school challenges, vocational school model, single function, and multi-functions

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue