cover
Contact Name
Ishartiwi
Contact Email
-
Phone
+62274554689
Journal Mail Official
jpk_plb@uny.ac.id
Editorial Address
Department of Special Education, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Colombo No 1 Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
ISSN : 18580998     EISSN : 25806475     DOI : https://dx.doi.org/10.21831/jpk
Core Subject : Education, Social,
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The journal publishes traditional, ethnographic, and single-subject research; intervention studies, integrative reviews on timely issues, and critical commentaries; and special thematic issues.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus" : 7 Documents clear
Kebutuhan guru dan orang tua dalam layanan pendidikan bagi anak dengan hambatan majemuk di masa pandemi covid-19 Zykra Zakiah; Hermanto Hermanto
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.48627

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu akan kebutuhan guru dan orang tua dalam layanan pendidikan untuk anak dengan hambatan majemuk di masa covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan Google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 kebutuhan yang mendasar yang diperlukan oleh guru dan orang tua anak dengan hambatan majemuk dalam layanan pendidikan yang di lakukan pada masa covid-19, diantarinya dibutuhkannya (1) Home Visit, guru mendatangi rumah anak dengan hambatan majemuk, tentunya layanan ini juga harus di buat aturan dan disepakati oleh kedua belah pihak, antara guru serta orang tua dan (2) Perlu dilakukannya adaptif kurikulum untuk mengatur strategi dan perencanaan pembelajaran baik secara daring ataupun luring.
Analysis of nutritional status in children with intellectual disability during covid-19 pandemic Erick Burhaein; Irfatoni Irfatoni; Romy Abdul Rozak; Lili Kusmiati; Agus Setiabudi; Carla Cristina Vieira LourenÇo; Miftah Muhammad Basit
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.48354

Abstract

The aim of the study was to look at students' physical fitness conditions based on nutritional status (BMI) during the COVID-19 pandemic. The participants of this study were 28 intellectual disability (ID) students. This research instrument is a test of height and weight that has been standardized. Data analysis uses quantitative descriptive statistics. The results showed that measurements in boys are known as obesity is 1 boy (7,14%), overweight is 6 boys (42,86%), normal is 5 boys (35,71%), thinness is 2 boys (14,27%), and very thinness is 0 (0%). . The results showed that measurements in boys are known obesity is 3 girls (21.43), overweight is 4 girls (28,57%), normal is 3 girl (21.42%), thinness is 3 girl (21.42%), and very thinness is 1 girl (7.14%). The results of the study and discussion above concluded that the nutritional status of children aged 13-15 years during the COVID-19 pandemic was physically examined based on the status of the majority of BMI majority in obesity groups for boys and girls. Contribution for future studies, especially need to include several independent variables to determine the dominant variable that protects the nutritional status of children.
Internalisasi nilai religiusitas bagi anak dengan hambatan pendengaran (studi kasus di pondok pesantren khusus tunarungu Darul Ashom Yogyakarta) Bayu Pamungkas; Sinta Yuni Susilawati
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.50567

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya internalisasi nilai religiusitas bagi anak dengan hambatan pendengaran yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Khusus Tunarungu Darul Ashom Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai religiusitas bagi anak dengan hambatan pendengaran yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Khusus Tunarungu Darul Ashom menunjukkan bahwa terdapat 5 dimensi religiusitas yang dapat teraktualisasi dari diri anak anak dengan hambatan pendengaran yang belajar di pondok pesantren khusus tunarungu Darul Ashom.
Peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus melalui strategi pembelajaran station rotation berbasis tiered task (studi eksperimen di sekolah inklusif Sumatera Barat) Marlina Marlina; Grahita Kusumastuti; Nur Aufa Makmur; Ihsa Nabila
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.45776

Abstract

Pencanangan pemerintah tentang pemerataan pendidikan yang bermutu dibuktikan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi yang sejalan dengan falsafah pendidikan untuk semua. Salah satu strategi pembelajaran yang mengakomodir perbedaan kebutuhan belajar siswa adalah pembelajaran diferensiasi, menggunakan strategi Station Rotation (SR) dengan Tiered Task (TT). Masalahnya, belum semua sekolah inklusif menerapkan strategi ini dalam pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penerapan strategi pembelajaran SR dengan TT terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan Desain Eksperimen One-Group Pretest-Posttest, dengan jumlah guru peserta sebanyak 17 orang di empat sekolah inklusi di Sumatera Barat yang meliputi guru mata pelajaran dan kelas, 8 observer, dan 85 siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis berkebutuhan khusus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan skor sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran SR. Uji Peringkat Tanda Wilcoxon menunjukkan bahwa strategi pembelajaran rotasi stasiun berbasis tugas berjenjang selama perawatan menghasilkan kondisi yang signifikan secara statistik untuk keterampilan sosial yang ada (Z = -2,512, p = 0,012). Peningkatan ini terjadi karena SR dan TT menekankan pada fleksibilitas siswa berkebutuhan khusus dalam memilih kelompok belajar, evaluasi pembelajaran berdasarkan kemampuan SSN, serta dapat meningkatkan hubungan positif dan menghilangkan hambatan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus.
Pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Surabaya Yandika Fefrian Rosmi; Muhammad Nurrohman Jauhari
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.50886

Abstract

Pendidikan Jasmani adaptif menjadi solusi bagi siswa berkebutuhan khusus sebagai bentuk layanan untuk siswa yang kurang bergerak. Pola hidup kurang gerak memilki dampak ancaman kesehatan. Untuk itu pelaksanaan Pendidikan jasmani adaptif harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Guru sebagi sosok central dalam proses pembelajaran, diharpkan mampu melaksanakan tugas pengajaran dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi di Kota Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang mengukur data penelitian berupa angka–angka dan analisis menggunakan statistik. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode survei dengan teknik pengumpulan data angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendamping khusus di sekolah inklusi di Kota Surabaya. Sampelnya berjumlah 40 guru pendamping khusus. Data yang telah diperoleh melalui pengisian angket, kemudian diolah dengan analisis deskriptif melalui program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data melalui analisis deskriptif. Dapat diketahui hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Kota Surabaya yang masuk dalam kategori rendah sebanyak 5 responden dengan persentase sebesar 12.5%, pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Kota Surabaya yang masuk dalam kategori sedang sebanyak 28 responden sebesar 70%, dan pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Kota Surabaya yang masuk dalam kategori tinggi sebanyak 7 responden sebesar 17.5%. Hasil tersebut di atas dapat diartikan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di Sekolah inklusi Kota Surabaya dalam katagori sedang.
Pengembangan sistem komunikasi augmentatif dan alternatif pada notasi dalam pembelajaran musik anak autis Lalan Erlani; Ishak Gerard Bachtiar; Arif Taboer
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.49444

Abstract

Program layanan pembelajaran musik bagi anak autis dalam implementasinya masih banyak kendala dalam komunikasi antara guru dan siswa. Penelitian menunjukkan sebesar 50% anak dengan spektrum autistik tidak akan mengembangkan kemampuan bicara yang memadai untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya. Sehingga alat komunikasi seperti Augmentative and Alternative Communication (AAC) menjadi diperlukan. Penelitian ini bertujuan menemukan penggunaan yang tepat  Augmentative and Alternative Communication (AAC) pada notasi yang tepat dalam pembelajaran musik bagi anak autis yaitu bagaimana pengembangan sistem AAC dalam pembelajaran musik serta dampaknya pada kemampuan musik bagi anak autis. Mixed Method Research sebagai pendekatan dengan kualitatif deskriptif untuk mengeksplore data dalam menemukan ketepatan sistem AAC dan Single Subject Research untuk menganalisis perubahan kemampuan subjek. Tejuannya (1) Penggunaan AAC untuk pengembangan pada notasi musik anak autis adalah pengembangan kartu AAC berbasis asesmen yang dikelompokan berdasarkan materi, (2) Analisis dampak pengembangan yang berdampak signifikan terhadap penggunaan AAC pada notasi pembelajaran musik bagi anak autis yang ditunjukan pada perubahan kemampuan bermain musik materi notasi dengan mendukung fungsi komunikasi pada pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan mendasar dalam pengembangan sistem AAC selanjutnya.
Faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System (LMS) Dewi Ekasari Kusumastuti; Utomo Utomo; Misliyani Misliyani
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v18i1.45758

Abstract

Penggunaaan Learning Management System pada masa pandemi COVID-19 belum sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 24 orang mahasiswa berkebutuhan khusus di Salah satu Perguruan Tinggi Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pertanyaan terbuka dalam bentuk google form. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah triangulasi sumber yang dilengkapi dengan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System, yaitu: masih kurangnya aksesibilitas fisik dan non fisik bagi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System dilihat dari ketidaktersediaan buku panduan modifikasi dan video tutorial penggunaan dengan bahasa isyarat; ketidaktersediaan fasilitas input suara, audio dan virtual keyboard untuk mengakses fitur-fitur yang ada; serta kurang maksimalnya peran dan fungsi dosen, volunteer dan orangtua.

Page 1 of 1 | Total Record : 7