cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
INTEGRALISTIK
ISSN : 08537208     EISSN : 25495011     DOI : -
Core Subject :
Integralistik is a peer reviewed journal that covers the fields of scientific knowledge or academic that civics education studies. The Integralistik is a academic journal that centered in citizenship studies i.e. civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022" : 6 Documents clear
Eksistensi Perempuan Pesisir dalam Relasi Gender di Bidang Sosial dan Ekonomi Astuti, Sri Puji; Casmana, Asep Rudi
Integralistik Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/integralistik.v33i1.31774

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan mengenai eksistensi perempuan pesisir dalam relasi gender di bidang sosial dan ekonomi dengan melihat aktivitas dan interaksi kehidupan perempuan Tegalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan terhadap aktivitas perempuan pesisir yang tinggal di Kecamatan Tegalsari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data primer. Hasil penelitian menunjukkan  : 1) Aktivitas perempuan pesisir dalam bidang sosial dan ekonomi merupakan sebuah perwujudan eksistensi di dalam masyarakat, dimana perempuan mampu mengatur dirinya dan mampu membawa perubahan dalam berbagai bidang; 2) Bentuk aktivitas perempuan dalam menjaga eksistensinya di masyarakat diantaranya, perempuan pesisir aktif dalam kegiatan paguyuban, pengajian dan menjadi ketua RT/RW adapun di bidang ekonomi perempuan pesisir di Tegalsari membangkitkan perekonomian lokal dengan mengolah sumber daya kelautan. Riset ini merekomendasi, perempuan pesisir Tegalsari semakin memberanikan diri untuk menunjukkan jati dirinya, partisipasi pada pembangunan. Perlu adanya penguatan terhadap perempuan pesisir di masyarakat agar adanya keadilan gender untuk akses dan kesempatan yang sama. 
IMPLEMENTASI PENILAIAN RANAH AFEKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR Adawiah, Rabiatul; Darmiyati, Darmiyati; Efendi, Akhmad Riyan
Integralistik Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/integralistik.v33i1.32137

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa dengan menggunakan model Discovery Learning kombinasi Teams Games Tournament dan Examples Non Examples. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitan dilakukan terhadap siswa kelas IV semester genap SDN 1 Palam Banjarbaru tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 19 orang.  Data dikumpulkan  melalui  teknik observasi. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama hasil penilaian sikap siswa adalah : 26% sangat baik, 42% baik, 16% cukup baik dan 16% perlu bimbingan. Pada siklus kedua, 37% sangat baik, 42% baik, 11,5% cukup baik dan 11,5% perlu bimbingan. Pada siklus ketiga, 42% sangat baik, 47% baik, 11% cukup baik dan tidak ada siswa yang memiliki kriteria sikap yang kurang baik. Pada pertemuan ketiga tidak ditemukan  siswa  yang menunjukkan sikap tidak baik (perlu bimbingan) Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan Discovery Learning kombinasi Teams Games Tournament dan Examples Non Examples terbukti dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa.
Internasionalisasi Kapasitas Mahasiswa sebagai Upaya Penguatan Prestasi dan Rekognisi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Wijayanti, Tutik; Rachman, Maman; Ruhadi, Ruhadi; Kurniawan, Muhammad Andi; Irawan, Hendri; Paramita, Niken Diah; Hermawan, Dwi
Integralistik Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/integralistik.v33i1.32431

Abstract

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai Perguruan Tinggi Negeri mempunyai visi besar menjadi kampus berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Seiring dengan tuntutan internasionalisasi, perlu adanya loncatan akselerasi baik oleh mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan. Melalui optimalisasi pelayanan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan standardisasi internasional guna memenuhi tantangan pencapaian prestasi dan rekognisi dalam pengembangan kapasitas diri capacity building melalui Pendidikan non-formal. Capacity building bagi mahasiswa merupakan serangkaian pola pembinaan yang berkelanjutan guna mengarahkan mahasiswa pada potensi terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi minat dan bakat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES; menganalisis peran mahasiswa dalam internasionalisasi kapasitas mahasiswa sebagai upaya penguatan prestasi dan rekognisi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES; dan mengembangkan model pendampingan melalui penddikan non formal sebagai upaya internasionalisasi kapasitas mahasiswa dalam penguatan prestasi dan rekognisi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Dalam Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Research and Development (RnD) yang terbagi dari tiga kerangka besar. Pertama, tahapan studi pendahuluan. Kedua, tahapan pengembangan dan validasi. Ketiga, tahapan uji coba dan validasi. Adapun hasil dari penelitian ini dengan memberikan serangkaian pola pembinaan yang berkelanjutan dalam mengarahkan mahasiswa pada potensi terbaiknya sebagai upaya mewujudkan visi besar UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.
Sikap Nasionalisme SDN 3 Padurenan Azhari, Imam
Integralistik Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/integralistik.v33i1.32876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran jarak jauh dan strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa SDN 3 Padurenan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek daripenelitian ini adalah guru dan siswa kelas lima yang berjumlah 8 siswa. Hasil penelitian siswa SDN 3 Padurenan mempunyai sikap nasionalisme selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) antara lain bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa, menghargai keanekaragaman kebudayaan, menghargai jasa para pahlawan, dan mengutamakan kepentingan umum. Strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa di SD 3 Padurenan dengan kegiatan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran.
Menilik Kelayakan Substansi dan Bahasa Buku Ajar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Mahasiswa S1 Ilmu Hukum Universitas Negeri Surabaya Nugroho, Arinto; Rusdiana, Emmilia
Integralistik Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/integralistik.v33i1.31695

Abstract

Buku ajar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tidak tersedia di Prodi S1 Ilmu Hukum, sementara dinamika jaminan sosial utamanya terkait dengan ketenagakerjaan sangat tinggi. Jenis pekerjaan yang beragam dan diantaranya sangat beresiko terjadi kecelakaan kerja, jadi keberadaan buku ajar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menjadi keharusan untuk disediakan.  Buku ajar ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa untuk belajar secara mandiri karena memberi kemudahan bagi mahasiswa dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya, sekaligus sebagai wahana pengembangan materi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kebutuhan belajar mahasiswa.   Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan materi buku ajar, kepraktisan serta  keefektifan dari sisi bahasa buku ajar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, penelitian menggunakan pendekatan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE). Pengumpulan  data dengan angket tertutup yang hasilnya diolah dalam bentuk penskoran dan diskusi dengan para ahli. Data yang diperoleh dari instrumen evaluasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, dan menjadi bahan untuk memperbaiki  buku ajar. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa hasil berupa buku ajar masih memerlukan beberapa perbaikan dalam ketiga aspek kelayakan tersebut yakni kelayakan isi, dan kelayakan bahasa serta penyajian. Saran yang diajukan adalah urgensi penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan buku ajar bagi perguruan tinggi.
Penguatan budaya sekolah dalam pemahaman hak konstitusional melalui tim konstitusi Aulia, Syifa Siti; Supriyatin, Supriyatin
Integralistik Vol 33, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Civic Education Program, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/integralistik.v33i1.33264

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui atau mendeskripsikan sejauh mana peranan tim konstitusi dalam pemahaman hak konstitusional melalui budaya sekolah yang ada di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian yang menggunakan kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang diamati. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu Pembina Tim Konstitusi, anggota Tim Konstitusi dan siswa. Objek penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang di lakukan di dalam ke anggotaan Tim Konstitusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui budaya yang di terapkan d dalam Tim Konstitusi menjadikan siswa anggota Tim Konstitusi memiiliki pemahaman mengenai hak konstitusional sebagai warga negara. Dengan adanya pemahaman akan hak-hak konstitusional menjadikan anggota Tim Konstitusi mampu berpikir kritis, logis dan mampu menyampaikan pendapat di depan umum karena mereka terlatih untuk hal itu, sehingga hal tersebut secara tidak langsung menjadi teladan ataupun conoth bagi siswa maupun warga sekolah.           

Page 1 of 1 | Total Record : 6