cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Intuisi
ISSN : 25412965     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah is the scientific publication media to accommodate ideas and innovation research results of psychology academicians and other experts who are interested in the field of Psychology. Vision intuition is to encourage the development of science-based psychology, indigenous psychology.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016" : 10 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS DZIKIR DENGAN OPTIMISME KESEMBUHAN PADA PECANDU NARKOBA DI PONDOK REHABILITASI Faizin, Mohamad Choirul
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran intensitas dzikir, mengetahui gambaran optimisme kesembuhan dan menguji hubungan antara intensitas dzikir dengan optimisme kesembuhan pada pecandu narkoba di pondok rehabilitasi. Populasi penelitian ini adalah pecandu narkoba di Pondok Remaja Inabah, Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 83 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua skala, yaitu skala intensitas dzikir dan skala optimisme kesembuhan. Skala intensitas dzikir yang digunakan terdiri dari 29 aitem, dengan koefisien validitas berkisar antara 0,287 sampai dengan 0,708 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,745. Sedangkan skala optimisme kesembuhan yang digunakan terdiri dari 29 aitem, dengan koefisien validitas berkisar 0,298 sampai dengan 0,702 dan reliabilitas berkisar 0,793. Hasil penelitian menunjukan bahwa optimisme kesembuhan pada kategori sangat tinggi dengan aspek yang menonjol yaitu personalization. Intesitas dzikir pada pecandu narkoba berada pada kategori sangat tinggi, dengan aspek yang menonjol yaitu enjoying. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa koefisien korelasi (r) intensitas dzikir dan optimisme kesembuhan pada pengguna narkoba sebesar 0,601 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p < 0,01). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara intensitas dzikir dan optimisme kesembuhan pada pecandu narkoba”. Disimpulkan bahwa jika intensitas dzikirnya tinggi maka tingkat optimisme kesembuhannya akan tinggi dan sebaliknya jika tingkat optimisme kesembuhannya rendah maka optimisme kesembuhannya akan rendah pula. Bagi peneliti selanjutnya, hendak meneliti maupun mengembangkan penelitian sejenis untuk dapat mengeksplor informasi lebih mendalam tentang intensitas dzikir, dengan metode penelitian kualitatif.Abstract. This study has conducted in order to investigate the depiction of dzikr intensity, the depiction of healing optimism, and examine the relation between them both to the drugs addicts. The population in this study is the drugs addicts in Pondok Remaja Inabah, Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya. Sampling technics that used in conducting the study is the purposive sampling technics. The amount of the samples in this study is 83 participants. The study data gathered using two scale, those are dzikr intensity and healing optimism scales. Dzikr intensity that is used with the 0,708 and reliability coefficient around 0,745. Meanwhile, the healing optimism scale that is used is included 29 items, with the validity coefficient around 0,298 to 0,702 and the reliability around 0,793. The result of the study shows that the healing optimism on the categories above is extemely high rates in line with the major aspect that is personalization. The dzikr intensity through drugs addicts on the extremely high category, on the major aspect that is enjoying. The result of the correlation test shows that the correlation coefficient (r) dzikr intensity and the healing optimism through the drugs addicts in amount of 0,601 and significant degree p value= 0,000 (p < 0,01). This result shows that there is a correlation between the dzikr intensity and healing optimism through the narcotics and drugs addicts. It was concluded that when the dzikr intensity comes higher then so does the healing optimism and the reverse, while the dzikr intensity comes lower then so does the healing optimism itself.
ANALISIS PERILAKU “STRIVING FOR SUPERIORITY” PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL Sujoko, Sujoko; Yuniati, Rosita
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Striving for superiority adalah suatu bentuk usaha yang digunakan untuk mengatasi perasaan rendah diri pada diri seseorang yang selanjutnya akan menghasilkan perasaan aman dan nyaman tanpa kekhawatiran dan kecemasan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep striving for superiority pada siswa yang tidak lulus ujian dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi striving for superiority tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan eksploratif maka analisis data yang digunakan adalah analisis data induktif deskriptif. Adapau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara langsung. Berdasarkan hasil wawancara maka dapat disimpulkan bahwa striving for superiority yang dilakukan oleh siswa yang tidak lulus ujian nasional lebih mengarah kepada strategi koping. Adapun strategi koping yang dilakukan oleh siswa yang tidak lulus ujian nasional tersebut dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:  emotion focused copying dan problem focused copying. Ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi strategi koping ini, yaitu; 1) faktor internal; keinginan dari dalam diri sendiri, 2) faktor eksternal; dorongan yang didapatkan dari lingkungan sekitar subjek; teman, guru, orang tua dan masyarakat yang ada disekitar subjek.Striving for superiority is an effort to cope with someone’s low self-reliance. This effort will then deliver safe and pleasant feeling for the person without feeling anxious and worry. This research is aimed to analyze striving for superiority concept of the students who didn’t pass the National Examination and also to find the factors affecting the concept.  This is a qualitative research using explorative approach, so, inductive descriptive analysis is applied for analyzing the data. Meanwhile, the method applied in this research is direct interview. The interview conducted by the researcher found that striving for superiority done by the student who didn’t pass the National Examination tended to use copying strategy. Furthermore, there are two kinds of copying strategy used by the student who didn’t pass the National Examination:  emotion focused copying and problem focused copying. The researcher then found that there are two factors affecting the strategy: 1) internal factor; self desire and 2) external factor; motivation from the environment; friends, teacher, parent, and society.
PENGARUH RELATION-ORIENTED LEADERSHIP BEHAVIOR TERHADAP WORK-LIFE BALANCE PADA WANITA PEKERJA Laela, Chofitnah Rohmatul; Muhammad, Amri Hana
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak.Wanita pekerja mempunyai peran dan tanggung jawab di dalam pekerjaannya serta di kehidupan pribadinya.Wanita rentan mengalami konflik peran, sehingga menjaga keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan (work-life balance) menjadi prioritas bagi wanita pekerja. Diduga, keseimbangan dapat tercapai ketika individu mendapat dukungan dari atasan yang dapat diwujudkan dengan gaya kepemimpinannya yang pro terhadap bawahan, yaitu relation-oriented leadership behavior. Penelitian ini bertujuan untuk: menguji ada tidaknya pengaruh tingkat relation-oriented leadership behaviorterhadap work-life balance. Subjek penelitian ini adalah karyawati Bank X di Semarang. Sampel yang diambil berjumlah 60 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat ukur sekaligus pengumpul data yang digunakan adalah 2 skala psikologi, yaitu: skala relation-oriented leadership behavior (30 aitem) dan skala work-life balance (35 aitem).Hasil pengolahan data menunjukkan Nilai F regresi sebesar  2861,980 dengan signifikansi 0,000 (p < 00).Hipotesis penelitian: “Ada pengaruh relation-oriented leadership behavior terhadap work-life balance pada wanita pekerja” diterima.Sumbangan relation-oriented leadership behavior terhadap work-life balance adalah sebesar  98,1 % dan sisanya 1,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.Abstract. This research is motivated phenomenon increase in the number of women who work. Women workers have a role and responsibility in his work and in his personal life. Women prone to conflicts of roles, so that the balance between life and work (work-life balance) is a priority for women workers balance can be achieved with the support of the boss that can be realized with pro-style leadership to subordinates, namely relations-oriented leadership behaviors. The subjects were female employee at a regional office of Bank X in Semarang. Samples were taken of 60 people using saturated sampling technique. Measuring tool used is the psychological scale. Collecting data in this study using a scale relations-oriented leadership behaviors (item 30) with reliability coefficient of 0.756 and the scale of work-life balance (item 35) with a reliability coefficient of 0.855. Value 2861.980 with a regression coefficient of 0.000 at the significance level of 5% siginifikansi. Donations relations-oriented leadership behaviors toward work-life balance amounted to 98.1% and the remaining 1.9% is influenced by other factors. So the research hypothesis "there is the influence of relations-oriented leadership behaviors toward work-life balance for women workers" acceptable.
PERSEPSI IBU TERHADAP KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK USIA DINI Teti Soge, Ellesa Margareth; Kiling-Bunga, Beatriks Novianti; Thoomaszen, Friandry Windisany; Kiling, Indra Yohanes
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran ayah dalam rumah tangga di Indonesia selama ini jauh dari aktivitas merawat dan mendidik anaknya yang masih berusia dini. Keseimbangan peran ayah dan ibu dalam mengasuh anak usia dini (AUD) memiliki sumbangsih penting dalam perkembangan anak secara holistik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui persepsi ibu terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan AUD di Kota Kupang, 2) untuk mengetahui upaya para ibu dalam melibatkan ayah atau mendukung terhadap keterlibatan pengasuhan. Penelitian ini dilakukan di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima orang ibu yang berdomisili di Kota Kupang. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa ibu merasa tugas pengasuhan anak adalah tugas besar ibu. Tugas ayah adalah bukan untuk mengasuh anak melainkan mencari nafkah. Waktu yang dihabiskan ayah untuk bersama-sama dengan anak masih sangat kurang. Kurangnya kerjasama serta pemahaman ibu dan ayah dalam pengasuhan anak juga melatarbelakangi minimnya peran ayah dalam pengasuhan. Dukungan dari ibu terhadap ayah yang berkaitan dengan pengasuhan sangat diperlukan untuk perkembangan yang seimbang.Father’s role in household in Indonesia up to now is still far from nurturing and educating their young children. Balance of role between father and mother in raising young children has important contribution in child’s development holistically. This research’s goals are: 1) to understand mother’s perception to father’s involvement in parenting young children in Kupang City: and 2) to know mother’s efforts in involving father or in supporting them to be involved in parenting. This research was done in Kupang City, East Nusa Tenggara Province. Method used was qualitative with descriptive approach. Participants were five mothers resided in Kupang City. Data collection techniques were interview and observation. Results showed that mothers felt that parenting is a big duty for them. Father’s role is not to parenting their children but instead to earn a living. Time spent by fathers to be with their children was still lacking. The lack of cooperation and also father’s and mother’s awareness in child parenting were also serves as cause of the the lack of fathers’ role in parenting. Support from mother to father that is related with parenting is needed for a balanced development process.
MORAL JUDGMENT PADA SISWA KELAS IX DI MTS AL-ASROR TAHUN 2015 DITINJAU DARI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL (PONDOK PESANTREN DAN RUMAH) Patrikasari, Destiana; Deliana, Sri Maryati
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilandasi oleh banyaknya fenomena kenakalan remaja mulai dari merokok, tawuran, narkoba, hingga seks bebas yang kini makin marak dalam kehidupan sehari-hari. Karena timbulnya kenakalan remaja ini seringkali dikatakan adanya krisis moral pada remaja. Moral judgment yang merupakan salah satu komponen perilaku moral seringkali diteliti karena banyaknya pandangan berbeda tentang moral judgment itu sendiri. Beberapa ahli sepakat bahwa moral terbentuk juga karena pengaruh dari lingkungan.Metode penelitian merupakan kuantitatif komparatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dari moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX MTs Al-Asror dilihat dari lingkungan tempat tinggalnya, yaitu mereka yang tinggal dirumah dan mereka yang tinggal di pondok pesantren, subjek penelitian merupakan 80 siswa kelas IX MTs Al-Asror, yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu 40 siswa merupakan siswa yang tinggal di rumah dan 40 siswa yang tinggal di pesantren dengan menggunakan teknik random sampling.Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data merupakan skalaMoral Judgment. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX MTs Al-Asror tidak menunjukkan adanya perbedaan moral judgment yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX baik mereka yang tinggal di rumah ataupun pesantren, rata-rata berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran agar pembimbing dari siswa kelas IX ini baik orangtua maupun pengurus pondok sebaiknya meningkatkan kepedulian sehingga tercipta lingkungan yang kondusif bagi remaja untuk bisa memaksimalkan perkembangan remaja.Abstract. This research based on phenomen the number of juvenile delinquency ranging from smoked, brawl, drugs, to sex is now more prevalent in everyday life. Because the incidence of juvenile delinquency is often said to be the moral crisis in adolescents. Moral judgment, which is one component of moral behavior is often observed because of the many different views about the moral judgment itself. Some experts agree that morals are formed as well as the influence of the environment.The research method is comparative quantitative. This research was conducted in order to determine whether there are differences of moral judgment shown by students of class IX MTs Al-Asror seen from the neighborhood, those who stay at home and those living in the boarding school, the subject of the research is 80 students of class IX MTs Al-Asror, were divided into 2 groups: 40 students are students living at home and 40 students who live in boarding schools using random sampling techniques.The instruments used in data collection is a fiscal Moral Judgment. Based on research data shows that moral judgment shown by students of class IX MTs Al-Asror showed no difference in moral judgment shown by students of class IX both those who live in homes or schools, the average in middle category.From these results the researchers advise that students of class IX supervisor of both parents and caretakers cottage should raise awareness so as to create a conducive environment for teens to be able to maximize the development of adolescents.
METODE PEMBELAJARAN OBSERVASIONAL DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN SEKOLAH (KETRAMPILAN MOTORIK, DAN KEMANDIRIAN) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Pramono, Ridwan Budi; Ahyani, Latifah Nur
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran observasional dalam meningkatkan kesiapan sekolah dalam hal ketrampilan motorik, dan kemandirian. Subjek penelitian adalah siswa TK B berusia 5-6 tahun. Jumlah subjek pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama yaitu masing-masing 16 anak, 8 anak berjenis kelamin laki-laki dan 8 anak berjenis kelamin perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan model The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. Desain ini menggunakan dua kelompok yang diamati yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan dua kali dengan menggunakan alat tes BG II dan CDI yaitu sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test). Perlakuan dengan metode pembelajaran observasional disampaikan dengan konsep dongeng dan sosiodrama berdasarkan modul pembelajaran observasional.  Abstract. This research aims to determine the effectiveness of observational learning methods to improve school readiness in terms of motoric skills, and autonomy. Subjects were students in kindergarten and 5-6 years old. The number of subjects in the experimental group and the control group at respectively 16 children, 8 child-sex male and 8 female children. The design of this research using the model of the untreated control group design with pretest and posttest. This design uses two groups were observed consisting of one experimental group and one control group. Measurements were performed twice using assays BG II and CDI ie before being given treatment (pre-test) and after given treatment (post-test). Treatment with observational learning methods presented with the concept of fairy tales and sociodramas based observational learning modules.
HUBUNGAN SIBLING RIVALRY DENGAN REGULASI EMOSI PADA MASA KANAK AKHIR Eka Saputri, Indah Kurnia; sugiariyanti, sugiariyanti
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Regulasi emosi adalah proses pengendalian emosi yang dilakukan secra sadar atau tidak sadar yang bertujuan agar ekspresi emosi yang ditunjukan sesuai dengan lingkungan disekitar. Regulasi emosi pada masa kanak akhir memberikan kontribusi bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Maraknya kekerasan yang dilakukan anak tidak lain karena kemampuan regulasi emosi anak yang rendah. Rendahnya kemampuan regulasi pada masa kanak akhir diduga disebabkan oleh  sibling rivalry yang dialami oleh anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan antara sibling rivalry dengan regulasi emosi pada masa kanak akhir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Langgar, SD N 2 Langgar, dan SD N 2 Kedarpan. Sampel penelitian berjumlah 150 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala sibling rivalry yang disusun berdasarkan teori dari Shaffer terdiri dari 29 aitem dan skala regulasi emosi yang disusun berdasarkan teori Gross terdiri dari 43 aitem. Skala sibling rivalry memiliki koefisian validitas antara 0,250 hingga 0,532 dan koefisien reliabilitas sebesar 0, 682. Skala regulasi emosi mempunyai koefisien validitas antara 0,206 hingga 0,478 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,728.  Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson yang dikerjakan dengan bantuan software statistik. Penelitian ini menghasilkan koefisien r = -0,169 dengan p =  0,038 sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang signifikan antara sibling rivalry dengan regulasi emosi diterima. Koefisien korelasi menunjukan tanda negatif sehingga arah korelasi keduanya negaitif. Artinya semakinn tinggi sibling rivalry maka semakin rendah regulasi emosi. Hasil analisis dan pengolahan data menunjukan bahwa sibling rivalry pada responden penelitian tergolong pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 59,34% berada pada kategori tinggi, 27,33% pada kategori sedang, 8% berada pada kategori sangat tinggi, dan 5,33% berada pada kategori rendah. Sedangkan tidak ada responden yang berada pada kategori sangat rendah. Pada gambaran umum regulasi emosi responden berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 51,33%, 38%pada kategori tinggi,dan 10,67% berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan tidak ada responden yang berada pada kategori rendah ataupun sangat rendah.Abstract.  Emotion regulation is the process of emotional control is done consciously or unconsciously aimed at keeping the expression of emotion is shown in accordance with the surrounding environment. Emotion regulation in childhood contribute to the social and emotional development of children. The rise of violence committed no other children because of the ability of emotion regulation of children is low. Low ability of regulation at the end of childhood thought to be caused by sibling rivalry experienced by children. Therefore, this study aims to determine the ties between sibling rivalry with emotion regulation in childhood. This research is a quantitative correlation. This study was conducted in SD N 1  Langgar, SD N 2 Langgar, and SD N 2 Kedarpan. These samples included 150 people. The sampling technique used was purposive sampling. The research data were taken using a scale sibling rivalry that is based on the theory of Shaffer consisted of 29 item and emotion regulation scale that is based on the theory of Gross consisted of 43 item. Scale sibling rivalry has validity coefficients between 0.250 to 0.532 and the reliability coefficient of 0, 682. emotion regulation scale has a validity coefficient between 0.206 to 0.478 and the reliability coefficient of 0.728. Data analysis method used is the Pearson correlation is done with the help of statistical software. This research resulted in the coefficient r = -0.169, p = 0.038 so the hypothesis that there is a significant relationship between sibling rivalry with emotion regulation is accepted. The correlation coefficient shows a negative sign so that the direction of the correlation of both negaitif. That is high  sibling rivalry, the lower the regulation of emotion. Results of the analysis and processing of the data showed that sibling rivalry on survey respondents classified in the high category with a percentage of  59.34% in the high category, 27.33% in the moderate category, 8% are at very high category, and 5.33% were the low category. While no respondents who are at very low category. At a general overview of the respondents emotion regulation in middle category with a percentage of 51.33%, 38% in the high category, and 10.67% are at very high category, while no respondents who are at low or very low category.
STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK ANTARPRIBADI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA PERANTAU LUAR PULAU JAWA DI KOTA SEMARANG Hasibuan, Adriana Agustina
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menggunakan teori strategi manajemen konflik yang dikemukakan oleh Goldstein (1990) yang mencakup lima strategi yakni confrontation, public private behavior, emotional expression, conflict approach avoidance dan self disclosure. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik quota sampling yang dilakukan kepada 500 mahasiswa perantau yang berasal dari luar Pulau Jawa berusia 18-30 tahun dengan jenjang pendidikan D3,S1 dan S2. Skala yang digunakan adalah skala strategi manajemen konflik yang diadaptasi dari conflict comuniccation style yang dikonstruk oleh Goldstein (1999). Skala original CCS terdiri dari 75 item. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan kepada 50 mahasiswa perantau. Hasil uji reliabilitas didapatkan koefisien sebesar 0.802 serta 27 item yang valid yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa perantau dari luar Pulau Jawa menggunakan conflict approach avoidance sebagai strategi dalam penyelesaian konflik yang dialami. Setelah conflict approach avoidance, selanjutnya dengan emotional expression, public private behavior, self disclosure dan yang terakhir confrontation. Conflict approach avoidance dianggap efektif dengan alasan menghindari konflik yang terjadi dan pemicunya dapat mengurangi munculnya konflik baru dengan cara cuek, diam, pergi dan pura-pura tidak mengetahui apa yang terjadi.Abstract. This research use conflict management strategy theory which is proposed by Goldstein (1999). The theory including strategies namely Confrontation, Public Private Behavior, Emotional Expression, Conflict Approach Avoidance, Self Disclosure.This research use a quantitative descriptive method. Sample is taken by using quota sampling technique, is done for 500 immigrant student in university. Immigrant students who comes from out of Java Island, attain the age of 18-30 years old with education ladder D3, S1, & S2. Scale which is used, is strategy management of conflict scale, adapted from conflict communication style constructed by Goldstein (1999).Original conflict communication style consist of 75 items. Validity test and reliability is done for 50 immigrant university students. The result of reliability test is obtained coefficient in the amount of 0,802 and 27 items who are valid to use. The result of research shows, that immigrant students from university, come from out of Java Island use conflict approach avoidance as strategy in conflict solution that they experienced. After conflict approach avoidance, then emotional expression, public private behavior, self disclosure, and the last is confrontation. Conflict approach avoidance is considered more effective with the reason avoiding conflict that occur and its cause can decrease appearance the new conflict with the manner indifferent, silent, go, and pretend not knowing what happen does.
PERBEDAAN ACADEMIC SELF EFFICACY DITINJAU DARI JENIS GOAL ORIENTATION Widyaningsih, Widyaningsih; Budiningsih, Tri Esti
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Parameter prestasi belajar yang mengutamakan perolehan nilai akademis dan tingginya nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) diduga akan mempengaruhi siswa untuk memilih cara- cara negatif sebagai manifestasi dari ketidakyakinannya terhadap kemampuannya sendiri. Padahal dalam menghadapi persaingan dan tantangan di dunia pendidikan sangat diperlukan academic self efficacy, khususnya untuk kelas XII yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan persiapan ke perguruan tinggi. Tinggi rendahnya academic self efficacy sangat erat kaitannya dengan jenis goal orientation yang dimiliki siswa, yaitu mastery goal dan performance goal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan academic self efficacy antara siswa yang memiliki mastery goal dan siswa yang memiliki performance goal pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Godong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain komparasional. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Godong. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan academic self efficacy yang signifikan antara siswa dengan mastery goal dan siswa dengan performance goal di SMA Negeri 1 Godong, dimana tingkat academic self efficacy siswa yang memiliki mastery goal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki performance goal dengan koefisien perbedaan sebesar 3,592 dan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0.01).Abstract. Learning achievement parameter prioritizes the acquisition of academic value and the high value of the minimum criteria (KKM) expected student affect to choose negative ways as manifestation of the uncomfortable student ability. However, to face competition and challenges in the education world needed academic self efficacy, specially for 12 grade students who will face the national examinition and to prepare to college. Low and high level of the academic self efficacy closely associated with the student type of goal orientation. The purpose of this research was to determine the differences of the academic self efficacy between student who have mastery goal and student who have performance goal in 12 grade students of SMAN 1 Godong. The method used in this research was quantitative with comparasional design. Subject of this research was 12 grade students of SMAN 1 Godong. The sampling technique used  was quota sampling. The result of this research showed that there were significant differences academic self efficacy between student with mastery goal and student with performance goal at SMAN 1 Godong, where academic self efficacy student with mastery goal is higher then student with performance goal with coefficient differences 3,592 and significant value p = 0,000 (p < 0,01).
KECENDERUNGAN PERILAKU DISRUPTIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DITINJAU DARI STRES PENGASUHAN IBU Novitasari, Resnia
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 8, No 2 (2016): Juli 2016
Publisher : Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku disruptif biasa muncul pada anak-anak. Namun demikian, hal itu bisa berdampak pada masa depan bila tidak segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara stres pengasuhan ibu dan perilaku disruptif anak-anak prasekolah. Subyek penelitian ini 70 ibu dari anak-anak prasekolah. Instrumen yang digunakan adalah Eyberg Child Behavior Inventory (ECBI) dengan skor alpha Cronbach sebesar 0,906 dan Skala Stres Parental (PSS) dengan alpha Cronbach skor 0,851. Formula analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai r = 0,258 (p = 0,031, p <0,05). Hasil lain yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan stres pengasuhan ibu berdasarkan usia anak-anak. Hasil penelitian ini akan dibahas kemudian.Disruptive behavior is commong among young children. Nevertheless, it could be challenging and has implication for the future if it did not resolved. This research was intended to examine the correlation between maternal parenting stress and disruptive behavior in preschool children. The subjects of this research were consisted of 70 mothers of preschoolers. The instruments were consisted of Eyberg Child Behavior Inventory (ECBI) with alpha Cronbach score 0.906 and Parental Stress Scale (PSS) with alpha Cronbach score 0.851. The data analysis used Spearman Rho correlation test, and the result was r = 0.258 (p = 0.031, p < 0.05). the result of this research also shown the differences of maternal parenting stress based on children’s age. The result of this research will be discussed later.

Page 1 of 1 | Total Record : 10