cover
Contact Name
Forum Agribisnis
Contact Email
forum.agribisnis@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
forum.agribisnis@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Forum Agribisnis
ISSN : 22525491     EISSN : 26564599     DOI : https://doi.org/10.29244/fagb.11.2.101-108
Forum Agribisnis adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi antar peneliti, akademisi, dan penentu kebijakan dan praktisi dalam bidang agribisnis dan bidang terkait lainnya. Tulisan bersifat asli berisi analisis empirik atau tinjauan teoritis dan review buku terbaru. Forum Agribisnis dikelola oleh Magister Sains Agribisnis Departemen Agribisnis FEM IPB. Jurnal diterbitkan pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021" : 7 Documents clear
Daya Saing Ekspor Lada Indonesia di Pasar Amerika dan Eropa Putroe Balqis; Rahmat Yanuar
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.182-194

Abstract

Indonesia was one of the world's largest pepper exporters where America and some European Union countries are become the destinations of its exports. The purposes of this research was to analyze the development of Indonesian pepper exports and to analyze the competitiveness of Indonesian pepper exports in American and European market in the period 2004-2018. This research used descriptive analysis from trade data periode 2004-2018, in order to analyze the performance of Indonesian pepper. From the same data set, this study used competitiveness analysis with the Revelead Comparative Advantage (RCA) method, Export Product Dynamics (EPD), and Trade Specialization Index (ISP). The results showed that the area of crop land and production of Indonesian pepper had decreased, the development of Indonesian pepper exports was also quite volatile. Based on the calculation of RCA, Indonesia has competitiveness or comparative advantage for exports to Germany, the Netherlands, France, Italy and Belgium. The EPD value showed Indonesia was in a Retreat position in the Netherlands, Germany and Belgium. While Indonesia is in the position of Rising Star in Italy, Falling Star in France, and Lost Opportunity in America. The ISP value showed that Indonesia has strong competitiveness as an exporter of whole pepper.
Stategi Pengembangan PT Crowde Membangun Bangsa dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Nanda Putri Astari; Rita Nurmalina
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.122-132

Abstract

PT Crowde Membangun Bangsa merupakan perusahaan berbentuk financial technology yang menawarkan jasa permodalan untuk kegiatan pertanian. Dengan konsep peer to peer lending (P2P), perusahaan berfungsi sebagai platform untuk mempertemukan investor dan pelanggan. Untuk terus berkembang dan menghadapi persaingan di masa mendatang, PT Crowde Membangun Bangsa memerlukan penyusunan dan perbaikan model bisnis. Penelitian ini bersifat kualitatif, analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi tiap elemen Business Model Canvas (BMC) pada perusahaan, kemudian akan dilakukan perbaikan untuk menciptakan Business Model Canvas (BMC) yang baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bisnis pada PT Crowde Membangun Bangsa masih memerlukan perbaikan. Adapun alternatif strategi yang dapat diterapkan perusahaan untuk memperbaiki model bisnis perusahaan adalah perbaikan pada customer segment dengan penambahan perkebunan sebagai segmen baru dan komoditas sapi potong sebagai perbaikan dari segmen yang sudah ada, perbaikan pada elemen ini perlu didukung dengan perbaikan elemen lain yaitu mengaktifkan kembali investor perorangan sebagai tambahan financial key resources perusahaan, tambahan jenis fasilitas pinjaman untuk meningkatkan value proposition, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi pada elemen customer relationship dan key activities agar tambahan segmen konsumen diikuti dengan layanan yang maksimal dan aktivitas kunci yang efisien.
Aktivitas dan Biaya Produksi Usahatani Padi pada Program Upsus Pajale di Kabupaten Demak Rina Nadlrotul Musilah; Tursina Andita Putri; Anisa Dwi Utami
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.153-166

Abstract

Pada sektor pertanian, struktur biaya produksi dapat memengaruhi tingkat pendapatan petani serta daya saing industri di pasar dunia. Mengingat posisi beras sebagai komoditas pangan utama masyarakat Indonesia, maka pemerintah telah membuat program UPSUS PAJALE yang memberikan subsidi input seperti bibit, pupuk, dan alat pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan usahatani padi di Kabupaten Demak dan menganalisis struktur biaya produksi padi pada program UPSUS PAJALE di Kabupaten Demak. Penelitian dilakukan di lima kecamatan sentral produksi dengan melibatkan 100 petani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas usahatani padi sudah mulai menggunakan teknologi modern dan biaya yang mendominasi struktur biaya produksi padi adalah biaya lahan dan biaya tenaga kerja. Total biaya produksi padi pada penelitian ini mencapai Rp22.518.314,86 per hektar dengan persentase biaya tunai sebesar 72,17 persen dan biaya non tunai sebesar 27,83 persen.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Edamame Oleh Konsumen Rumah Tangga Pada Pasar Swalayan Di Jakarta Timur, DKI Jakarta Nadisha Ghassani; Suyono Suyono
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.167-181

Abstract

Kacang edamame merupakan suatu produk yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan baik produksi maupun pemasarannya karena produk ini memiliki keunggulan, khususnya dari segi rasa dan gizi. Beberapa pasar swalayan saat ini sudah menjual kacang edamame, oleh karena itu, perlu diketahui variabel bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kacang edamame. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui persepsi konsumen terhadap pelaksanaan bauran pemasaran kacang edamame pada pasar swalayan di Jakarta Timur, 2) Mengevaluasi pelaksanaan proses pengambilan keputusan pembelian produk kacang edamame pada pasar swalayan di Jakarta Timur, 3) Mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kacang edamame, 4) Mengetahui variabel bauran pemasaran yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kacang edamame. Penelitian ini dilakukan pada 4 pasar swalayan jenis hypermarket yang ditentukan secara secara purposive. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunujukkan bahwa :1) Pelaksanaan bauran pemasaran kacang edamame menurut persepsi konsumen dinilai baik, 2) Proses pengambilan keputusan pembelian kacang edamame terlaksana dengan baik, 3) Variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) dan bukti fisik (X5) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan kontribusi sebesar 62,6 %; 4) Variabel promosi (X4) memberikan pengaruh secara langsung yang paling besar dan pengaruh total sebesar 13,9 %.
ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG PROGRAM AGROEDUWISATA TAMAN TEKNOLOGI PERTANIS (TTP) CIGOMBONG, KABUPATEN BOGOR Dara Puspita; Ahyar Ismail; Burhanuddin Burhanuddin
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.109-121

Abstract

Program agroeduwisata merupakan salah satu program TTP Cigombong yang menjadi sarana untuk penyebaran hasil teknologi dibidang pertanian dan peternakan juga dapat menjadi salah satu unit usaha yang menghasilkan pendapatan. Dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung, pengelola obyek wisata harus mengetahui kelemahan dan kelebihan yang ada sehingga dapat mengetahui prioritas yang harus diperbaiki dan dikembangkan guna meningkatkan kepuasan pengunjung. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan (1) mengukur tingkat kepuasan pengunjung program agroeduwisata TTP Cigombong, (2) mengidentifikasi tingkat kepentingan dan tingkat kinerja program agroeduwisata TTP Cigombong. Penelitian dilaksanakan pada Bulan September-Oktober tahun 2020 melalui pengisian kuisioner oleh 34 pengunjung program agroeduwisata TTP Cigombong. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian pengunjung program agroeduwisata merasa puas dengan nilai CSI sebesar 78,79 persen. Peningkatan kepuasan pengunjung program agroeduwisata TTP Cigombong dapat dilakukan sesuai matriks IPA yaitu atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan adalah atribut keamanan lokasi dan fasilitas penginapan, atribut harus dipertahankan prestasi kinerjanya adalah manfaat agroeduwisata, ketanggapan pemandu, kebersihan dan kenyamanan lokasi, kesopanan dan keramahan pemandu, kemudahan komunikasi untuk penyelenggaraan kegiatan, paket kegiatan agroeduwisata yang ditawarkan, fasilitas penunjang, fasilitas konsumsi serta kerapihan pemandu, sedangkan atribut yang harus dilakukan perbaikan dengan prioritas rendah adalah harga tiket agroeduwisata, promosi, respon terhadap keluhan pengunjung dan kemudahan akses transportasi mencapai lokasi.
Analisis Layanan Callnak Centre Dalam Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong di Kota Parepare Usman Usman; Andi Nuddin; Sahabuddin Toaha
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.101-108

Abstract

Beef Cattle is one of the meat-producing resources that have great benefits for the fulfilment and improvement of community nutrition. The low population of Beef Cows is because most of the livestock are kept on a small scale with limited land and capital. In addition, the weather does not threaten animal health. To carry out preventive activities against outbreaks of disease in livestock, the government program CallNak Center. The research objective was to analyze the effect of animal health services, health status checks, and artificial insemination on the development of Beef Cattle. The research method used quantitative research with a cross-sectional study approach. The research was conducted in Parepare City from August 2020 to April 2021. The sampling technique used non-probability sampling with purposive sampling with a total sample of 73 breeders. The data analysis used in this study is the Chi-Square Test. The results showed that the majority of respondents (76,71%) felt the benefits of animal health services, and health status checks and respondents considered beneficial were 78,08%. Meanwhile, respondents who felt the benefits of Artificial Insemination (IB) services were 50,68% or only a difference of 1,36% were considered less useful. Respondents who stated that they had experienced the development of beef cattle since the CallNak Center was 82,19%, while only 17,81% had ever developed. The results of the analysis show that animal health services and health status checks and those which significantly affect Artificial Insemination do not significantly affect the development of cattle in Parepare City.
Pengaruh Penerapan Bea Keluar Biji Kakao Terhadap Daya Saing Serta Ekspor Produk Kakao Indonesia Maria Trisanti Saragih; Harianto Harianto; Heny Kuswanti
Forum Agribisnis Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29244/fagb.11.2.133-152

Abstract

The development of Indonesia's cocoa beans before the export duty policy shows that almost 90 per cent of cocoa beans exports were exported from total production which leads Indonesia as one of the biggest cocoa beans exporters in the world. However, on the other side, the cocoa exports to destination countries cause the domestic stock of raw materials for cocoa beans Domestic stock has decreased. Therefore, Indonesian government implements a cocoa bean export duty policy. This research aimed to analyze the effect of export duties policy on the competitiveness and exports of Indonesian cocoa products to export destination countries. Revealed Comparative Advantage (RCA) method is used to measure competitiveness, while Fully Modified Ordinary Least Square (FMOLS) is used to analyze the long-term effect of export duties on cocoa beans on competitiveness and exports of cocoa products. Based on the analysis result, all cocoa products have competitiveness. Indonesian cocoa butter has the highest competitiveness in export destination countries. Export duties policy has a long-term effect on competitiveness and exports of cocoa paste and powder but have no long-term effect on competitiveness and exports of cocoa butter.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2023): FA VOL 13 NO 2 SEPTEMBER 2023 Vol 13 No 1 (2023): FA VOL 13 NO 1 MARET 2023 Vol 12 No 2 (2022): FA VOL 12 NO 2 SEPTEMBER 2022 Vol 12 No 1 (2022): FA VOL 12 NO 1 MARET 2022 Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021 Vol 11 No 1 (2021): FA VOL 11 NO 1 MARET 2021 Vol 10 No 2 (2020): FA VOL 10 NO 2 SEPTEMBER 2020 Vol 10 No 1 (2020): FA VOL 10 NO 1 MARET 2020 Vol 9 No 2 (2019): FA VOL 9 NO 2 SEPTEMBER 2019 Vol 9 No 1 (2019): FA VOL 9 NO 1 MARET 2019 Vol 8 No 2 (2018): FA VOL 8 NO 2 SEPTEMBER 2018 Vol 8 No 1 (2018): FA VOL 8 NO 1 MARET 2018 Vol 7 No 2 (2017): FA VOL 7 NO 2 SEPTEMBER 2017 Vol 7 No 1 (2017): FA VOL 7 NO 1 MARET 2017 Vol 6 No 2 (2016): FA VOL 6 NO 2 SEPTEMBER 2016 Vol 6 No 1 (2016): FA VOL 6 NO 1 MARET 2016 Vol 5 No 2 (2015): FA VOL 5 NO 2 SEPTEMBER 2015 Vol 5 No 1 (2015): FA VOL 5 NO 1 MARET 2015 Vol 4, No 2 (2014): FA Vol 4 No 2 September 2014 Vol 4 No 2 (2014): FA Vol 4 No 2 September 2014 Vol 4, No 1 (2014): FA Vol 4 No 1 Maret 2014 Vol 4 No 1 (2014): FA Vol 4 No 1 Maret 2014 Vol 3 No 2 (2013): FA Vol 3 No 2 September 2013 Vol 3, No 2 (2013): FA Vol 3 No 2 September 2013 Vol 3 No 1 (2013): FA Vol 3 No 1 Maret 2013 Vol 3, No 1 (2013): FA Vol 3 No 1 Maret 2013 Vol 2 No 2 (2012): FA Vol 2 No 2 September 2012 Vol 2, No 2 (2012): FA Vol 2 No 2 September 2012 Vol 2 No 1 (2012): FA Vol 2 No 1 Maret 2012 Vol 2, No 1 (2012): FA Vol 2 No 1 Maret 2012 Vol 1 No 2 (2011): FA Vol 1 No 2 September 2011 Vol 1, No 2 (2011): FA Vol 1 No 2 September 2011 Vol 1, No 1 (2011): FA Vol 1 No 1 Maret 2011 Vol 1 No 1 (2011): FA Vol 1 No 1 Maret 2011 More Issue