cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal MEKANIKAL
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
KINERJA PEMANAS AIR DARI PANAS BUANG AIR CONDITIONER DENGAN HEAT EXCHANGER TIPE SHELL AND TUBE Mustafa Mustafa; Reyhan Kiay Demak; Muhammad Hasan Basri
Jurnal MEKANIKAL Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Mekanikal Juli 2017
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.04 KB)

Abstract

Air Conditioner (AC) merupakan perangkat yang berfungsi untuk memindahkan kalor dari temperatur rendah ke temperatur tinggi. Kalor yang diserap dari ruangan yang didinginkan dibuang ke lingkungan melalui perangkat kondensor dalam bentuk panas buang (waste heat). Pada penelitian ini panas buang pada perangkat AC digunakan untuk memanaskan air sehingga panas buang dapat dirubah menjadi energy yang berguna, panas buang pada kondensor dipindah kedalam air menggunakan heat exchanger tipe shell and tube dengan variasi laju aliran air 1, 2 dan 3 LPM. Hasil pengujian selama 3 jam untuk tiap variasi laju aliran menunjukan bahwa desain heat exchanger tersebut dapat menaikkan temperatur 60 Liter air sebanyak 13-14 oC, tidak terdapat pengaruh signifikan dari variasi laju aliran air terhadap laju transfer kalor kedalam air, akan tetapi COP gabungan dari proses refrigerasi dan pemanasan air menunjukan kinerja Sistem dengan laju aliran 1 LPM lebih baik dibangdinkan 2 dan 3 LPM.Kata Kunci: Air Conditioner, Heat recovery, Pemanas Air, Shell and tube, Heat Exchanger.
PENGGUNAAN STRAIN GAGE (LOAD CELL) UNTUK ANALISA TEGANGAN PADA PEMBEBANAN STATIK BATANG ALUMINIUM Magga, Ramang
Jurnal MEKANIKAL Vol 2, No 1 (2011)
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.562 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of strain (vertical and horizontal directions) in analyzing the static loading stress on the aluminum rod. Research use aluminum rod with dimensions of 110 cm long and 30 cm, height 32.8 mm and 1.2 mm thick, two strain gage to the vertical direction and two for the horizontal direction. Giving the load from 500 grams to 10,000 grams is done. Results show that areas closed to vertical support (T2 = 26647375.311) has very high voltage compared to area in the middle (T1 = 2628679.465). Whereas, for the horizontal direction shows that the area near the support (T2 = 2629098.313) is much greater than in the middle pedestal (T1 =2659709.133).
PENGARUH TEMPERATUR FLUIDA PENDINGIN TERHADAP UNJUK KERJA SISTIM TERMOLEKTRIK Kennedy, Kennedy; Anwar, Khairil; Anggara, Moch Briand
Jurnal MEKANIKAL Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Mekanikal Juli 2017
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1255.805 KB)

Abstract

Unjuk kerja sistem pendingin termolektrik (TEC) dipengaruhi oleh kemampuan pelepasan kalor pada sisi panas TEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur fluida pendingin pada sisi panas TEC  dalam terapannya pada kotak pendingin termoelektrik. Penelitian ini menggunakan box styrofoam berkapasitas 10 liter dengan sebuah TEC1-12706 dan menggunakan water block aluminum sebagai heat sink. Air di gunakan sebagai fluida kerja bertemperatur 2OC serta laju aliran fluida 1, 3 and 6 liter per menit. Pada sisi dingin TEC ditempatkan cold sink dan fan dengan kecepatan udara yang konstan yang kemudian dibandingkan dengan hasil penilitian pada fluida pendingin bertemperatur 30OC dengan kondisi dan variasi laju aliran yang sama.Hasil menunjukkan penurunan temperatur kotak pendingin sangat dipengaruhi oleh temperatur dan laju aliran pendingin pada sisi panas TEC, temperatur fluida yang rendah menurunkan beda temperatur sisi panas dan dingin TEC (ΔTp). Pada temperatur fluida yang sama perubahan laju aliran fluida tidak berdampak signifikan pada perubahan ΔTp dan serapan kalor Qc yang terjadi, hal ini diakibatkan oleh adanya perubahan pergerakan elektron yang di tunjukkan dengan perubahan arus listrik dan menghasilkan peningkatan pelepasan kalor ruangan kotak pendingin, namun di sisi lain akan meningkatan daya input sistim yang berdampak pada COP sistim.Kata Kunci : Temperatur fluida pendingin, Daya input,  COP.
KONFIGURASI SISTEM KEMUDI DAN PENGGERAK KENDARAAN TRAKTOR PERTANIAN DALAM BERBAGAI ARAH GERAK Soemardji, Leo; Mustofa, Mustofa
Jurnal MEKANIKAL Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.592 KB)

Abstract

This study aims to describe and show the configuration of the integration between the steering system on both front wheel drive system and the controller at the rear wheels on the vehicle type agricultural tractors. The system comprises four tractor steering wheel. Model analysis of the movement of the system displayed good mathematical equation model moves toward forward, rewind and play with various configurations. Further analysis was performed in Mathlab program that makes it easy to see variations of the steering angle, wheel speed drive and motion of different models using the specific parameters that correspond to the size of one type of agricultural tractors. The ability to move the steering wheel in different directions and the steering wheel angle greatly affect the ability of the tractor to resist external forces that occur when the through road, especially elevation and slippery. This analytical model can be developed for other types of agricultural vehicles, such as lawn mowers and off-road vehicles.
PENGARUH SANDBLASTING TERHADAP STRUKTUR MIKRO PADA SEKRUP IMPLAN BAJA TAHAN KARAT AISI 316L Mukhsen, Muhammad Iqbal; Mahardika, Muslim; Suyitno, Suyitno
Jurnal MEKANIKAL Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Mekanikal Januari 2017
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.167 KB)

Abstract

Penelitian kali ini menjelaskan tentang terjadinya perubahan struktur mikro pada material baja tahan karat 316L.Penggunaan bahan Stainless Steel 316L sangat cocok digunakan dalam pembuatan sekrup implan.Perlakuan sandblasting kepada sekrup implan dapat meningkatkan kekerasan dan kekasaran permukaannya sehingga terjadinya perubahaan struktur mikro.Tekanan penembakan dilakukan secara konstan dengan tekanan 7kg/cm2.Metode penembakan dilakukan dengan cara berputar untuk mendapatkan keseragamaan pada permukaan sekrup implan. Hasil perubahaan setelah sandblasting menunjukkaan perubahaan pada struktur mikro.Perubahaan terlihat dengan mengecilnya butiran pada daerah yang terkena sandlasting dan adapula yang mengalami abrsi pada beberapa percobaan.Kata Kunci :Sandblasting, Struktur Mikro, Sekrup, Implan, AISI 316L
JENIS MATERIAL PAHAT POTONG DAN RUN OUT TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA SILINDER PADA PROSES BUBUT Hendra, Hendra; Sutarmadi, Sutarmadi; Indriani, Anizar; Hernadewita, Hernadewita
Jurnal MEKANIKAL Vol 4, No 2 (2013): JM Vol. 4 No. 2, Juli 2013
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.218 KB)

Abstract

Machining process is part of the production process where cutting process of work piece is done by using machine tools. Machine tools are used in the machining process includes lathe machines, milling machines, shaping machines, drilling machines and other machine tools. For a cylindrical work piece the cutting process can be done by using a lathe. Lathe process can make cylindrical objects, holes, taper and other forms. In the cutting process of work piece with a lathe machine are required high accuracy and precision especially for work piece such as shafts , pistons and objects that serve as a connecting other components. Work piece with high accuracy and precision can be obtained by use the reliable of machine tools, cutting condition, the selection of machining elements and material of cutting tools; operators have a skill for operation of machine tools. Cutting conditions such as mounting work pieces that are not center (run out) or overhang of work piece with strong pressure between head stock and tail stock can be resulting deflection. Run out and deflection happened can be cause the cutting force is not uniform. Therefore cause damage to the work piece and machine. Damage on the work piece can be seen from the quality of the cutting (surface roughness) and for machine on the case of chatter or vibration arising from the cutting force. In this paper we will focus to determine the effect of cutting tools material and run out of material on the surface roughness where as machining element used is the depth of cut and feeding. Work piece used is made of medium carbon steel.
PENGARUH VARIASI JARAK EXTERNAL FLAP PADA AIRFOIL NACA 23012, JOUKOWSKI 12%, GOTTINGEN 79 SERTA NASA SUPERCRITICAL 0406 DENGAN MENGGUNAKAN AUTODESK CFD Heriyadi, Heriyadi; Anwar, Khairil; Muchsin, Muchsin
Jurnal MEKANIKAL Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Mekanikal Januari 2018
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1570.568 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi tekanan, kecepatan, serta perbandingan nilai koefisien lift/drag dari keempat airfoil ketika dipengaruhi variasi jarak external flap dengan metode numerik menggunakan software Autodesk CFD.Variasi jarak external flap dilakukan secara vertical sepanjang 2.5 – 7 mm dengan interval 0.5 mm. Selain itu sudut serang (AoA) yang digunakan pada airfoil utama ialah sebesar 5°. Sedangkan pada external flap AoA yang digunakan sama, namun terhadap AoA airfoil utama. Kemudian panjang chord external flap sebesar 20% dari panjang chord airfoil utama dan total nilai bilangan Reynold yang digunakan dalam proses simulasi ialah sebesar 53000.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan distribusi tekanan, kecepatan serta nilai koefisien lift dan drag ketika dipengaruhi variasi jarak hanyalah terjadi pada airfoil asimetris (Gottingen 79 & Naca 23012) yang mana pada airfoil Gottingen 79 perubahan terjadi seiring dengan bertambahnya jarak hingga pada jarak maksimum yaitu 5 mm. Sedangkan pada airfoil Naca 23012 perubahan signifikan hanya terjadi pada satu jarak saja yaitu 4,5 mm. Selain itu perbandingan nilai koefisein lift/drag tertinggi dari keempat airfoil terjadi pada airfoil Joukowski 12% sebesar 26.91. Hal ini dikarenakan nilai koefisien drag yang terjadi pada airfoil Joukowski sangatlah rendah bila dibandingkan pada airfoil lainnya. Selanjutnya perbandingan koefisien tertinggi diikuti oleh airfoil Gottingen 79 sebesar 26.37, lalu airfoil Naca 23012 sebesar 23.22 dan yang terendah pada airfoil Nasa SC 0406 sebesar 10.73.Kata Kunci : Airfoil, External Flap, Koefisien Lift, Koefesein Drag, Metode Numerik, Autodesk CFD
PENGARUH PERUBAHAN BEBAN TERHADAP KINERJA TURBIN CROSSFLOW Hatib, Rustan; Larasakti, Andi Ade
Jurnal MEKANIKAL Vol 4, No 2 (2013): JM Vol. 4 No. 2, Juli 2013
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.553 KB)

Abstract

Cross water turbine is a water turbine radial flow where the flow of water in and out of the rotor through the rotor peripheral circle of the same. These turbines are often used for Power Plant Mikrohodro. For the characteristics of this turbine is strongly influenced by the opening of the blade, as well as the load on the turbine wheel each valve opening. Thus it is necessary to do research on the relationship between the load and adjust the opening round as well as the opening of the blade on each valve 500, 700 and 900. In this study, the load varied from 0.5 to 5 kg at the opening of the valves 500, 900 700dan. The research method used is a real experimental method. From this study it was found that the change in the valve opening is different loads affect the performance of cross-flow water turbines. Nt 224.6 kW biggest, biggest Nh 231.9 kW and the greatest efficiency is 96.85% obtained at the opening of the valve 900, a load of 5 kg with a rotation of 250 rpm.
PENGARUH DIAMETER NOZZLE TERHADAP HASIL SERBUK DARI LIMBAH ALUMINIUM MELALUI METODE ATOMISASI AIR Hamzah, Muhammad Sadat; Syam, Alimuddin; Sutara, I Wayan
Jurnal MEKANIKAL Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Mekanikal Januari 2018
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.483 KB)

Abstract

Metalurgi serbuk merupakan metode pembuatan benda benda yang menggunakan logam serbuk sebagai bahan dasar. Proses dalam teknologi metalurgi serbuk terdiri dari pembentukan serbuk, compacting, sintering dan finising. Salah satu metode dalam pembuatan serbuk logam dengan metode atomisasi airDalam penelitian ini serbuk dibuat dengan menggunakan metode atomisasi air, Prinsip kerja alat  atomisasi ini adalah  aluminium limbah yang sudah dicairkan dialirkan  melalui  nozzle yang terletak dibagian atas, dengan variasi  diameter nossel 5, 6 dan 7 mm kemudian di semprot dengan air dengan tekanan  25 kg/Cm2 dan sudut water sprayer  60. Selanjutnya cairan aluminium akan terurai menjadi butiran butiran serbuk.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  diameter nossel mempengaruhi hasil produksi serbuk dengan metode atomisasi air. Hasil penelitian dengan diameter 5 mm  menghasilkan serbuk  41,7%, diameter 6 mm  menghasilkan serbuk  25% dan diameter 7 mm  menghasilkan serbuk %. Hasil serbuk aluminium optimum dihasilkan pada diameter 5 mm. Bentuk serbuk hasil proses atomisasi air sebagian besar adalah irregular, acicular dan flake.Kata kunci: aluminium, Limbah,  metalurgi serbuk , diameter nossel
PENGARUH LINGKUNGAN KOMPOSIT SERAT SABUT KELAPA UNTUK APLIKASI BALING-BALING KINCIR ANGIN Bakri, Bakri; Chandrabakty, Sri; Alfriansyah, Alfriansyah; Tahir, Mohammad
Jurnal MEKANIKAL Vol 5, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal MEKANIKAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.795 KB)

Abstract

Abstract: Environmetal Effect of Tensile, Modulus and Shear Strength of Coir Fibre Composite. The aim of this research is to know the environmetal effect of tensile, modulus and shear strength of coir fibre composite. In this research, coir is used as reinforcement and matrix uses epoxy resin. Coir is soaked in water with 5% NaOH during 24 hours. Composite is moulded with 17 % fibre volume fraction and 83% matrix volume fraction. Then, the tensile specimen used ASTM D638-02 and shear specimen used ASTM D5379 standard. Universal Testing Machine is used to test of these spesimens. The specimens of tensile and shear include without and with treatment to environmental influence during 10, 20, and 30 days. The result shows that tensile strength, modulus and shear strength  of  specimen treatment during 10, 20, 30 days are not significantly decreased   from  specimen without treatment. This result can be used as recommadation for material of wind blade for the future.   Keywords: composites, coir fiber, shear strength, tensile strength

Page 1 of 11 | Total Record : 110