cover
Contact Name
M. Irfan Islamy
Contact Email
irfan.islamy87@uin-malang.ac.id
Phone
+6285390790907
Journal Mail Official
madrasah@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia Telp/Fax: +62341-552398 Email: madrasah@uin-malang.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 19795599     EISSN : 2502194X     DOI : 10.1886
Core Subject : Education,
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is a journal published by Laboratorium Journal FITK UIN Malang, published twice a year in the June and December periods as a vehicle for scholarly communication in primary education and learning. Editors invite experts and academics to contribute texts, both in the form of conceptual ideas, application of theories, the results of educational research and teaching of elementary school, and literature review that is in line with the fundamental disciplines of education and learning. Focus and scope of Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is Development, and Design of Learning on Madrasah/Elementary school, Learning Strategy on Madrasah/Elementary school, Learning Evaluation on Madrasah/Elementary school, Education Management of Madrasah/Elementary school, Inclusive Education on Madrasah/Elementary school, Integration and interconnection based research on Madrasah/Elementary school, Teachers professionalism on Madrasah/Elementary school, Information and digital technology on Madrasah/Elementary school, and other relevant topics on the focus of Madrasah/Elementary school. The manuscript that loaded is the original manuscript and has never published with a maximum minimum of 20% similarity check
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar" : 8 Documents clear
Transformasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Pada Masa Pademi Covid-19 Purniadi Putra; Arnadi Arnadi
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.12948

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis transformasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan semua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Milles Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi model pembelajaran PAI yang digunakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas selama masa pandemi Covid-19 yakni blanded learning dengan menggunakan media sosial seperti Youtube dan Whatsapp. Pembelajaran PAI dengan moda daring dirancang oleh Sekolah menggunakan Grup Whatsapp. Sedangkan untuk pembelajaran PAI dengan moda luring, pertemuan tatap muka secara bergiliran, berkelompok, dan diatur jadwalnya.
Resiliensi pada Keluarga Buruh dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Novan Ardy Wiyani; Neli Rivqiana Makhmudah; Ahmad Sahnan
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.13172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resiliensi pada keluarga buruh dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Beji kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid digunakan triangulasi sumber data. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para orang tua yang bekerja sebagai buruh mengupayakan berbagai cara untuk tetap bertahan dalam setiap permasalahan yang dihadapi saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Upaya tersebut didukung oleh adanya dukungan sosial dari pihak madrasah dan pemerintah baik secara materi maupun non materi. Dengan upaya dan dukungan tersebut setiap masalah yang dialami oleh keluarga buruh dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bisa teratasi dan mereka bisa tetap mendidik anak-anaknya dengan baik pada masa pandemi covid 19.
Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar Miftah Audhiha; Rian Vebrianto; Mhmd Habibi; Asyti Febliza; Zul Afdal
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.13187

Abstract

Instrumen penelitian adalah faktor paling berperan penting dalam sebuah penelitian. Dengan adanya instrumen penelitian yang valid maka akan diperoleh hasil penelitian yang valid pula. Namun, jika instrumen penelitian yang digunakan dalam sebuah penelitian tidak valid, maka hasil yang didapatkan tentu tidak sesuai dengan harapan. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur objek dari sebuah variabel penelitian. Selain itu, instrumen penelitian digunakan juga untuk mengumpulkan data. Penelitian ini akan menguji sebuah instrumen kemandirian belajar yang sudah dikembangkan oleh peneliti. Instrumen kemandirian belajar yang dikembangkan terdiri dari 5 indikator yaitu: 1) inisiatif dalam belajar, 2) percaya diri, 3) tanggung jawab, 4) pemecahan masalah, 5) kontrol diri. Penelelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Berdasarkan analisis data, hasil akhir validasi dengan validator diperoleh nilai dengan skor 85% dengan kategori sangat baik. Kemudian, analisis data menggunakan SPSS Versi 26.00 for Windowsuntuk melihat konsistensi internal dengan menggunakan Cronbach Alpha yang melibatkan 50 orang siswa kelas V Sekolah Dasar yang dipilih secara stratified sampling dan random. Hasil validitas dari instrumen ini ditemukan 3 pernyataan tidak valid dan 37 pernyataan dinyatakan valid. Untuk itu item yang dinyatakan tidak valid tidak bisa digunakan dalam mengukur kemandirian belajar siswa. Hasil reliabilitas instrumen ini dinyatakan reliabel karena memiliki cronbach Alpha yang tinggi (0,947 0,6). Untuk itu, instrumen kemandirian belajar ini dapat digunakan untuk mengukur kemandirian belajar siswa.
Menumbuhkan Kreativitas Mengajar Guru Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi Melalui GSE (Google Suite Education): Kasus di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang Luq Yana Chaerunnisa; Andi Prastowo
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.12738

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kreativitas mengajar yang dilakukan oleh guru MI Miftahul Akhlaqiyah dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sebagaimana diketahui bahwa internet merupakan elemen penting sebagai sumber belajar dan media pembelajaran bagi peserta didik. Guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Bantuan pemerintah melalui GSE (Google Suite Education) merupakan langkah yang tepat untuk memanfaatkan fitur yang ada didalamnya sebagai penunjang proses pembelajaran. Aplikasi tersebut memiliki berbagai macam fitur seperti google classroom dan google meet yang memudahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Google Suite Education memudahkan guru dalam melakukan proses pembelajaran. GSE memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, seperti Google Classroom, Drive, Google meeting, akses video dan materi dapat tersimpan dengan mudah. Kata Kunci. Teknologi, Pandemi Covid-19, Google Suite Education, Sekolah Dasar, Kreativitas Mengajar Guru.Abstract. The purpose of this study was to determine the teaching creativity carried out by MI Miftahul Akhlaqiyah teachers in the implementation of online learning. As it is known that the internet is an important element as a source of learning and learning media for students. Teachers are required to be more creative and innovative. Government assistance through GSE (Google Suite Education) is the right step to take advantage of the features in it to support the learning process. The application has various features such as google classroom and google meet that make it easier for teachers to carry out technology-based learning during the Covid-19 pandemic. This research uses case study method. The author uses interview data collection techniques, observation and documentation. The results of this study indicate that Google Suite Education makes it easier for teachers to carry out the learning process. GSE has many features that can be used to support the learning process, such as Google Classroom, Drive, Google meetings, access to videos and materials that can be stored easily.Keywords. Technology, Covid-19 Pandemic, Google Suite Education, Elementary School, Teacher Teaching Creativity.
Distance Learning Assessment (DLA) Elementary School During the Covid-19 Pandemic Taufiq Satria Mukti; Sandy Tegariyani Putri Santoso; Wiku Aji Sugiri
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.13862

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a significant impact on the implementation of learning. Research that explores the implementation of distance learning assessments during the pandemic is carried out using a mix-method approach. This approach is used to explore quantitative and qualitative information in depth. Quantitative data were obtained by surveying the teachers of SD N 2 Ngijo and SD Integrative Islamic Pesantren Rakyat. Qualitative data were obtained by field study and interviews with school administrators (principals and teachers) and parents of students. The results showed that based on the aspects of Online Assessment Implementation, Assessment Principles, and Reliability of the assessment instruments used in distance learning assessments, the score was more than 60%. This percentage is in the excellent category for the implementation of distance learning assessment. However, in reality, many factors have a significant influence on the implementation of distance learning assessments. Economic factors are the main factors in providing supporting facilities and infrastructure in carrying out distance learning assessments that do not take place according to concepts and theories.
Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial Agus Mukti Wibowo
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.16023

Abstract

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan kebijakan asesmen baru yang cukup mengundang kontroversi, yaitu meniadakan UN dan diganti dengan mekanisme asesmen baru yaitu Asesmen Nasional. Penerapan Asesmen Nasional akan berdampak pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dampak tersebut dengan menggunakan teori kognitif sosial sebagai perspektif. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan; penentuan topik penelitian yang dilanjutkan dengan meninjau literatur, reduksi literatur untuk menemukan bukti dan temuan, pengorganisasian literatur, review literatur dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asesmen Nasional dapat berdampak terhadap paradigma pembelajaran, terutama menyangkut dua hal yaitu posisi asesmen dan literasi.  Dalam perspektif teori kognitif sosial, implikasi penerapan Asesmen Nasional terhadap pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat melalui analisis terhadap fungsi ketiga komponen yang ada di dalamnya, yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiga komponen ini dapat dianalogikan dengan konsep Triadic Resiprocal Caustation Bandura, dimana AKM dan Survei Karakter mewakili Person dan Behavior, sedangkan Survei Lingkungan Belajar mewakili Environment. Adapun aspek literasi membaca dan numerasi diletakkan bukan sebagai tujuan pembelajaran, melainkan sebagai alat yang wajib peserta didik kuasai cara penggunaannya. Sebab itu, guru dituntut untuk mendukung penyiapan kognisi masing-masing peserta didik dalam menguasai konten materi pelajaran berbasis pada penguasaan dua literasi tersebut.
Analysis of Difficulty of PGSD Students in Making Research Instruments Dyah Indraswati; Deni Sutisna; Mohammad Archi Maulyda; Arif Widodo; Ketut Sri Kusuma Wardani
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.11390

Abstract

The research aims to identify students difficulties in making research instruments and analyzing the factors of the students difficulties in making research instruments. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The study was conducted on 41 students of elementary school teacher Education (PGSD) semester seven year 2019/2020 Faculty of Training and Education science of Mataram University. Data collection techniques using interviews and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed, the biggest difficulties experienced by students when arranging instrument items and testing and analyzing the validity and reliability of the instruments to be worth using. As much as 40% of research instruments compiled by PGSD students deserve to be used, 40% of instruments still require revision, and 20% of unworthy instruments in meaning need to be proven validity and reliability. The factors that led to students of PGSD Mataram University have difficulty in making research instruments, among others: the lack of interest in reading thus experiencing confusion in distinguishing the conceptual definition and operational definition, the unknowing to ask if there are things that are less understandable, the lack of understanding the substance in each process they do so that there is often a discrepancy between the processes that one with the other, the students are less thorough, and they have their own views on the research.
Implementasi Permainan Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran Tematik Lina Izza Mazida; Dyah Afifah Andari
Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/mad.v14i2.11222

Abstract

   This research aims to expose data on the improvement of students' social skills by using stimulus through cooperative games by using quizzes as a reference for students in carrying out group games. Each task is carried out in a variety and variety of groups, so that learning can be carried out interactively and creatively. Cooperative games in MIN 2 Malang City are carried out on every thematic learning, in which there are several subjects. Thematic learning process, some subjects are taught integratively, thus learners are not only focused on one learning but in one lesson can simultaneously bring social skills in thematic learning.This study is a class-action study with observational data and documentation. Research in its implementation. In cycle I, 76% of students have been active in learning and 24% have not been active in learning. Students who are classified as passive the majority are male students, judging from the unresolved tasks given, not socializing with group friends, doing tasks individually. So that the expected increase in social skills is still not visible.  As a result of this study, students who were active during learning had an increase to 93% from the initial percentage of 76%, seeing an increase in the activeness of male and female students judging from the tasks that were completed well, already understood the task and ran in groups. Tell peers or other groups who don't yet understand the learning material. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2023): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 15, No 1 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 2 (2022): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 14, No 1 (2021): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 13, No 2 (2021): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 13, No 1 (2020): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 12, No 2 (2020): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 12, No 1 (2019): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 11, No 2 (2019): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 11, No 1 (2018): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 10, No 2 (2018): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 10, No 1 (2017): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 9, No 2 (2017): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 9, No 1 (2016): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 8, No 2 (2016): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 2 (2015): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2014): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2014): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 1 (2013): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5, No 2 (2013): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5, No 1 (2012): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4, No 2 (2012): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 4, No 1 (2011): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3, No 2 (2011): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 3, No 1 (2010): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 2 (2010): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2009): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1, No 2 (2009): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 1, No 1 (2008): Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar More Issue