cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
ISSN : 20862407     EISSN : 2549886X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and learning Physics research results that have been achieved, both at school and in college.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021" : 15 Documents clear
Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Venny Mulyana; Asrizal Asrizal; Fatni Mufit
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.8971

Abstract

Model pembelajaran yang dianggap mampu menguatkan pemahaman konsep peserta didik adalah model inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing (guided inquiry) merupakan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan siswa dalam melaksanakan proses investigasi untuk mengumpulkan data berupa fakta dan memproses fakta tersebut sehingga siswa mampu membangun kesimpulan secara mandiri guna menjawab pertanyaan atau permasalahan yang diajukan oleh guru. Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pemahaman konsep fisika siswa ditentukan melalui Effect Size (ES). Data penelitian diperoleh dari 10 artikel jurnal nasional dan internasional. Studi meta-analisis didasarkan pada dua kategori, yaitu jenjang kelas dan materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang tinggi pada jenjang kelas X dan XI, sedangkan untuk kelas XII memberikan pengaruh pada kategori sedang. Kedua model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang tinggi pada materi pembelajran suhu dan kalor, alat-alat optik dan listrik dinamis, dan untuk materi fluida berda pada kategori sedang.
Analisis Minat Dan Penguasaan Konsep Fenomena Kuantum Siswa SMA Melalui Aplikasi Game Quizziz Annisa Fitria Lukman; Nana Nana
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.7150

Abstract

Abstrak. Menjelang akhir abad ke-19 banyak perkembangan yang terjadi pada dunia fisika. Para fisikawan menemukan bahwa ada fenomena – fenomena baru atau yang disebut dengan fenomena kuantum yang dapat dijelaskan di awal era fisika modern. Era modern ini juga identik dengan era digital dimana banyak aplikasi pembelajaran digital yang bisa digunakan secara efektif sebagai media penunjang pembelajaran. Aplikasi interaktif Quizizz merupakan aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengetahui pemahaman konsep siswa secara interaktif dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat minat dan penguasaan konsep fenomena kuantum pada siswa SMA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning melalui aplikasi interaktif Quizizz dan dengan menggunakan metode penelitian tes dan observasi yang dilaksanakan selama 14 hari. Hasil analisis terhadap minat dan penguasaan konsep fenomena kuantum siswa SMA menunjukkan bahwa: (1) Persentase pemahaman siswa SMA terhadap konsep fenomena kuantum secara keseluruhan adalah 70%. (2) Persentase tingkat minat siswa terhadap pengaplikasian kuis interaktif menggunakan Quizizz adalah 80,6%. (3) Responden penelitian lebih memilih kuis dengan aplikasi interaktif Quizizz dibandingkan dengan pelaksanaan kuis manual dengan persentase 74,2%.  Kata Kunci : Game Quizizz, Konsep Fenomena Kuantum, Pembelajaran Siswa SMA.
Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika Mohamad Arif Hermawan
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.8067

Abstract

perkembangan era revolusi industri 4.0, berdampak besar terhadap pendidikan yang mengharuskan beradaptasi terhadap kemajuan teknologi yang dapat menunjang pembelajaran. Salah satu yang dapat menunjang pembelajaran yaitu media pembelajaran digital. Salah satu media digital yaitu videoscribe yang merupakan video berbasis animasi  dengan  berlatar atau background berwarna putih seperti papan tulis (Whiteboard). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran videoscribe berpendekatan STEM materi termodinamika. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif, Langkah penelitian meliputi persiapan (observasi awal, studi literatur, pembuatan media, dan pembuatan instrumen angket respon siswa), pelaksanaan, dan analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan media pembelajaran videoscrib berpendekatan STEM mendapatkan respon siswa sebesar 77,2 % dengan kategori baik.
Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dedi Ariyansah; Lukman Hakim; Rita Sulistyowati
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.9052

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring diperlukan bahan ajar elektronik yang dapat menunjang jalanya proses pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah bahan ajar berupa e-LKPD berbasis discovery learning praktikum fisika pada materi gerak harmonik sederhana untuk meningkakan pemahaman konsep berbantuan aplikasi phyphox yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Recearch and Development) dengan model pengembangan model ADDIE yakni Analisys, Design, Development, Implimentation, dan Evaluation. Hasil data analisis mennunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan mendapat persentase validitas sebesar 87,6% dengan kategori valid, hasil kepraktisan rata-rata 78,8% dan hasil keefektifan mendapatkan hasil rata-rata skor N-Gain 0,71 ­dengan kategori tinggi. Dengan demikian berdasarkan e-LKPD  yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajarn fisika
Penerapan Blended Learning Berbasis STEM Untuk Ketercapaian High Order Thinking Skills Siswa pada Materi Hukum Kepler Husnaini Inayatullah; Rudi Haryadi; Yudi Guntara
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.7804

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning bebasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Penting dalam mengambil penelitian ini agar kemampuan HOTS untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cikulur, Penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menggunakan metode penelitian secara kuantitatif, Hasil penelitian yang didapat yaitu Ketercapaian siswa terhadap HOTS untuk kelas eksperimen termasuk kedalam kategori yang sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 75% dan untuk kelas kontrol termasuk kedalam kategori sedang dengan persentase 61%. Kata Kunci : Berpikir tingkat tinggi, Blended Learning, STEM
Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card sort Dengan Simulasi PhET Pada Materi Lensa Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Amin Subhan
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.8325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card sort Dengan Simulasi PhET Pada Materi Lensa Dapat Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Karangduwur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian eksperimen pre eksperimen disign dengan jenis one shot case study. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, yakni dengan mendeskripsikan skor Sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Fisika, dan minat siswa serta respon siswa dengan menggunakan instrumen angket. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data uji t-test sample tunggal untuk menguji hipotesis. Uji dilakukan pada kelas eksperimen dan  kelas kotrol  dengan nilai target rata-rata nilai sikap ilmiah sebesar 2,5. Hasil perhitungan menghasilkan nilai sikap ilmiah rata-rata 2,9 pada kelas eksperimen dan rata-rata 1,9 pada kelas kontrol sehingga dilakukan uji komparasi untuk melihat pengaruh metode terhadap sikap ilmiah siswa menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 atau kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan metode yang diterapkan pada kelas kontrol.Kata kunci: Card Soet, Sikap Ilmiah, Ph ET.
Disain dan Validitas Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Vektor untuk Kelas X SMA/MA Tut Dunya Wahyuni Ilahi; Fatni Mufit; Hidayati Hidayati; Renol Afrizon
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.9324

Abstract

Penguasaan konsep dan prinsip fisika merupakan salah satu tujuan pembelajaran fisika dalam kurikulum 2013. Namun, kenyataan menunjukkan pemahaman konsep siswa masih rendah dan terjadi miskonsepsi. Ketersediaan bahan ajar berbasis IT untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa juga masih kurang. Permasalahan tersebut diatasi degan mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multimedia interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi serta menguji validitasnya. Berdasarkan hasil penelitian telah didisain multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi vektor dengan karakteristik: (1) multimedia disusun sesuai dengan empat sintak model pembelajaran berbasis konflik kongitif yaitu aktivasi prakonsepsi dan miskonsepsi, penyajian konflik kognitif, penemuan konsep dan persamaan, dan refleksi, yang bertujan untuk meningkatkan pamahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi vektor; (2) multimedia menggunakan aplikasi powerpoint dan macromedia flash. Hasil validasi multimedia interakif berbasis konflik kognitif pada materi vektor memiliki nilai kevalidan sebesar 0,83 dengan kategori sangat valid dalam hal substansi materi, desain pembelajaran, tampillan komunikasi visual dan penggunaan softwere pendukung.Kata kunci:Mutimedia interaktif, Model Konflik Kognitif, Vektor, miskonsepsi
Penerapan Problem Based Learning Berbasis Stem pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Hanifah Nur Rohmah; Andri Suherman; Indri Sari Utami
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.7900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis pada peserta didik dengan menggunakan penerapan problem based learning berbasis STEM dan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap Problem Based Learning berbasis STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design, dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttest. Penentuan sampel yang akan digunakan yaitu dengan purposive sampling pada kelas X MIA 1 di MA Syekh Mubarok Kabupaten Tangerang dengan 33 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah dengan tes sebelum dan sesudah pembelajaran (pretest dan posttest). Data dianalisis dengan uji n-gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan dengan skala likert untuk mengetahui tanggapan peserta didik terkait problem based learning berbasis STEM. Berdasarkan hasil uji n-gain pada peserta didik kelas X MIA 1 diperoleh rata-rata peningkatan nilai pretest dan posttest sebanyak 22,42%, dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,25 dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil skala likert diperoleh tanggapan yang rata-rata positif sejumlah 76,70%, dengan nilai 61,36 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mendapat respon positif oleh peserta didik.Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, PBL, STEM
Penggunaan Aplikasi Mentimeter sebagai upaya motivasi belajar Taruna Teknika pada Materi Mekanika Terapan Lusiani Lusiani
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.8338

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini menganalisis penggunaan aplikasi mentimeter sebagai upaya motivasi belajar taruna teknika pada materi mekanika terapan. Metode penelitian yakni survei serta kajian literature. Tempat penelitian di Program Studi Teknika Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan April 2020 dengan subjek sejumlah 40 taruna Teknika pada mata kuliah Mekanika Terapan. Pengambilan sampel di lingkup Akademi dikarenakan materi Termodinamika dan Mekanika terdapat pada kurikulum Akademi Kemaritiman. Pada kajian berikut, dianalisis data hasil belajar ranah kognitif dan afktif peserta. Hasil belajar kognitif dan afektif didapatkan melalui instrumen berupa media mentimeter serta mekanika terapan. Prosedur pengambilan data yaitu dengan 2 cara dengan sampel yang sama. Hasil belajar kognitif diperoleh menggunakan media mentimeter sedangkan hasil afektif melalu media angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis masing-masing, dengan deskripsi gambar dan grafik kedua media. Analisis perbandingan media mentimeter dan angket dijabarkan secara kualitatif dan kuantitatif. Simpulan pada penelitian ini yakni penggunaan aplikasi mentimeter sebagai upaya motivasi belajar taruna teknika pada materi mekanika terapan dalam ranah kognitif penguasaan awal taruna teknik pada materi mekanika terapan sudah cukup baik, sedangkan dalam ranah afektif dalam menambah motivasi belajar taruna, aplikasi mentimeter memiliki nilai 77,5% ini mengandung makna bahwa penggunaan aplikasi mentimeter dapat menjadi salah satu faktor menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan nilai diatas 75%. Sedangkan dalam menambah minat belajar, aplikasi mentimeter dapat juga menjadi salah satu faktor menumbuhkan motivasi belajar peserta dididk dengan nilai 75%. Penggunaan aplikasi mentimeter sebagai upaya motivasi belajar taruna teknika pada materi mekanika terapan tercapai dengan baik. Kata kunci: Mekanika terapan, Mentimeter, Motivasi belajar
Efektivitas Pembelajaran Fisika Daring di Era PAndemi Covid-19 Pada Sekolah yang Kesulitan Akses Internet (Studi Kasus Sekolah di Kabupaten Sumba Barat) Marcelina Magi Talu; Wahyu Hari Kristanto; Prima Warta Santhalia
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v12i2.9369

Abstract

Selama pendemi covid-19 melanda di Indonesia, pemerintah menerapkan pembelajaran dalam bentuk daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait proses pembelajaran daring di kabupaten Sumba Barat selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 sekolah di Sumba Barat, yaitu SMA Negeri  1 Wanokaka, SMA Negeri 1 waikabubak, dan SMA Negeri 1 Tanarighu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disebar terhadap siswa yang jurusan IPA dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan disetiap indikator. Hasil dari SMA Negeri 1 Wanokaka, SMA Negeri 1 waikabubak, dan SMA Negeri 1 Tanarighu berturut-turut yaitu 1) akses materi siswa cenderung sulit dengan persentase  75%, 83%, dan 59%, 2) kemampuan memahami konsep cenderung sulit dengan persentase berturut-turut 80%, 80%, dan 70%, 3) keaktifan siswa dengan persentase berturut-turut 76%, 61%, 69% masih cenderung sulit. 4) Masalah teknis cenderung sulit karena masih banyak siswa tidak memiliki Handphone/Laptop serta jaringan internet yang tidak stabil. Masalah teknis didapatkan persentase berturut-turut 69%, 61%, dan 69%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring di era pendemi covid kurang efektif. Rekomendasi penelitian selanjutnya dapat membuat instrument yang beragam tidak hanya membuat instrument mengungkap data kuantitaif, tetapi menggunakan instrument pengungkap data kualitatifKata kunci: Efektifitas, Pembelajaran Daring, Akses Internet

Page 1 of 2 | Total Record : 15