cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 55 Documents
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA Falina Noor Amalia
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkatan kecepatan membaca dan membaca pemahaman mahasiswa. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Teknik analisis data adalah teknik tes. Teknik penganalisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes pemahaman bacaan berupa nilai rerata. Prosedur penganalisisan data adalah mengukur kecepatan membaca (KM), mengukur pemahaman isi (PI), dan mengukur kemampuan membaca (KMP). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kecepatan membaca mahasiswa adalah 244,83 kpm dengan pemahaman isi sebesar 61,11%. Hal ini menunjukkan bahwa kecepatan membacanya masih berada di bawah standar untuk kecepatan membaca mahasiswa, yaitu 350 kpm. Seseorang dikatakan memiliki pemahaman terhadap bahan bacaan apabila dapat menjawab pertanyaan mengenai teks antara 40—60%, dengan demikian mahasiswa telah dapat dikatakan memahami bacaan karena memiliki tingkat pemahaman 61,11%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cenderung membaca secara perlahan untuk lebih memahami isi teks, sehingga kecepatan membaca mereka berada di bawah standar, sedangkan pemahaman isinya memenuhi standar mahasiswa
PENGARUH MODEL INFORMATION SEARCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSITIF Siti Ramodhona; Nurhayati Nurhayati; Nurbaya Nurbaya
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.705 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model information search terhadap kemampuan menulis karangan ekspositif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Simple random sampling dengan desain Control Group Pretest Post-test. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu X.2 dan X.5 Jumlah sampel penelitian seluruhnya 58 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelas kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan sampel random sehingga didapatlah rincian kelas 33 siswa kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas X.5 sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis karangan ekspositif. Teknik penganalisisan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai ratarata tes awal menulis karangan ekspositif 63,8438 dan kelas kontrol 63,5556. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 84,6250 dan kelas kontrol 75,9259. Hal ini menujukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis karangan ekspositif pada siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang, pada kelas eksperimen sebesar 84,625 dan kelas kontrol sebesar 12,3703. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan (thitung) > (ttabel) atau (6,539) > (2) dengan df= 57 pada tingkat signifikasi 95% (α=0,025). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan ekspositif antara siswa yang diajarkan menggunakan model information search dan siswa yang tidak menggunakan model information search
WARNA LOKAL DALAM NOVEL JURAI: KISAH ANAK-ANAK EMAK DI SETAPAK IMPIAN KARYA GUNTUR ALAM Ria Ayu Wahyuni; Latifah Ratnawati; Kasmansyah Kasmansyah
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.106 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian makalah ini adalah bagaimana warna lokal yang terdapat dalam novel Jurai: Kisah Anak-Anak Emak di Setapak Impian karya Guntur Alam. Dengan tujuan mendeskripsikan kelokalan yang terdapat dalam novel Jurai: Kisah Anak-Anak Emak di Setapak Impian. Metode penelitian ini meggunakan metode analisis deskriptif. Teori yang digunakan yang teori antropologi sastra yang terdiri dari beberapa unsur budaya. Unsur budaya tersebut meliputi, (1) Peralatan kehidupan (alat-alat produksi, senjata, wadah, makanan, pakaian, tempat berlindung dan perumahan, dan alat-alat transportasi), (2) mata pencarian, (3) sistem kemasyarakatan, (4) sistem bahasa, (5) sistem kesenian, (6) sistem pengetahuan, dan (7) sistem religi (agama, kepercayaan atau keyakinan). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa unsur budaya yang sering muncul dalam novel Jurai: Kisah Anak-Anak Emak di Setapak Impian yaitu sistem bahasa, sedangkan unsur budaya yang sedikit muncul yaitu sistem pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel tersebut dapat memberikan masukan dalam pengembangan literasi sastra dengan melihat unsur kebudayaan yang terdapat dalam karya sastra.
CERITA “RAJO NURALAM”: PENELUSURAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL Latifah Ratnawati
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.874 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat di dalam cerita “Rajo Nur Alam”. Cerita ini tergolong pada cerita asal-usul karena di dalamnya diceritakan asal-usul beberapa wilayah yang ada di Sumatera. Cerita ini nyaris tidak dikenal lagi, terutama oleh generasi muda. Padahal di dalam cerita ini terkandung nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif analisis, data dikumpulkan menggunakan teknik catat/rekaman, dan data dianalisis menggunakan hermeneutika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa cerita “Rajo Nur Alam” ini mengandung enam nilai kearifan lokal, yaitu: kerukunan dan penyelesaian konflik, pikiran positif, kesopansantunan, pelestarian dan kreativitas budaya, kerja keras, dan gotong royong. Oleh sebab itu, cerita ini perlu diresosialisasikan kepada generasi muda dan pelajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui dunia pendidikan.untuk mewujudkan manusia yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO SISWA KELAS V SD 1-10 KARTIKA PADANG Afnita Afnita; Atmazaki Atmazaki; Novrianti Novrianti
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.64 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat "Peningkatan Kinerja Guru SD Kartika 1-10 dan 1-11 Padang”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Kartika 1-10 Padang dengan menggunakan media audio (tape recorder). Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan menulis narasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan menggunakan media audio, dapat dilihat peningkatan pada tahap prapenulisan siklus I pertemuan I adalah 62 dan pertemuan II adalah 69 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 85 dengan kualifikasi baik dimana keseriusan, keaktifan dan kreatifitas siswa membuat kerangka karangan semakin meningkat. Kemudian tahap penulisan siklus I pertemuan I adalah 66 dan pertemuan II meningkat menjadi 72 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 87 dengan kualifikasi baik, pilihan kata, ejaan, tanda baca, alur dan kesesuaian judul tulisan siswa semakin baik. Pada tahap pascapenulisan siklus I pertemuan I adalah 67 dan pertemuan II adalah 72 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 87 dengan kualifikasi baik, dimana kebersihan, kerapian dan kreatifitas siswa menyusun mading semakin meningkat.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS KONTEKS Atmazaki Atmazaki; Afnita Afnita; Farel Olva Zuve
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.162 KB)

Abstract

Membaca merupakan aspek esensial dalam upaya menciptakaan masyarakat yang literat, yaitu masyarakat yang mampu memanfaatkan bacaan untuk memperkaya rohani dan meningkatkan kualitas hidupnya. Menyadari akan pentingnya arti membaca bagi kehidupan maka kebiasaan membaca harus dipupuk dan ditumbuhkembangkan sedini mungkin. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media yang mampu menimbulkan motivasi dan keinginan anak untuk membaca.Salah satunya dengan membuat bahan ajar. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid ditinjau dari segi isi, penyajian, kebahasaaan dan grafika untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid ditinjau dari segi isi, penyajian, kebahasaaan dan grafika untuk siswa kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model bahan ajar membaca teks deskripsi yang digunakan untuk menilai keterampilan membaca siswa kelas VII SMP/MTS. Diharapkan dengan adanya bahan ajar keterampilan membaca ini mampu meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam membaca.
ADVERBIA JUMLAH DALAM TEKS TERJEMAH ALQURAN: KAJIAN FUNGSI DAN KATEGORI Sudarmini Sudarmini
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.011 KB)

Abstract

Adverbia sebagai kategori tertutup dalam bahasa Indonesia cenderung jarang diteliti, apalagi pada teks terjemahan seperti Teks Terjemah Alquran (TTA).Adverbia jumlah merupakan adverbia yang digunakan untuk menyatakan ‘jumlah’ atau kuantitas. Permasalahan yang diteliti terfokus pada adverbia jumlah dalam TTA yang mengandung etika berbahasa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adverbia jumlah dalam TTA dalam dua perspektif, yaitu fungsi dan kategori.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode simak bebas libat cakap (SLBC) dan dokumentasi, dilanjutkan dengan teknik catat.Data dianalisis dengan metode agih, teknik dasar BUL dan teknik lanjutan teknik lesap, teknik ganti, teknik sisip, dan teknik balik.Hasilnya,(1) penanda adverbia jumlah yang ditemukan sebagian, sedikit, segala, sebahagian, banyak, semua, seluruhnya, semua...seluruhnya,(2)Ditemukan 9 pola klausa yang yang mengandung penanda adverbia jumlah: SPK, SP, SPOK, SPPEL, PSK, SPO, POPEL, PS, dan PKPEL. Fungsi K sebanyak 12, fungsi S sebanyak 6, fungsi PEL sebanyak 6, fungsi P sebanyak 4, dan O sebanyak 2, (3) Kategori frase yang diduduki adverbia jumlah: FN (FN langsung, FN tidak langsung, dan FN dalam F Prep., F Preposisional, dan FV dalam F Preposisional.
PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Suherli Kusmana
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.82 KB)

Abstract

Perkembangan peradaban saat ini memaksa pelajar kita harus beroleh kompetensi berpikir tingkat tinggi agar dapat menyelesaikan permasalahan dengan cara berpikir kritis, inovatif, kreatif, serta hidup bersama manusia lain dengan damai dan harmonis. Pelajar kita juga harus dapat bersanding dan berkompetisi dengan pelajar negara lain sehingga harus memiliki kemampuan literasi, bukan hanya memahami wacana tetapi juga harus dapat menggunakan dan dapat merefleksikannya dalam kehidupan. Sementara itu, kemampuan literasi dasar para pelajar kita berdasarkan pengukuran yang dilakukan lembaga internasional selalu berada di urutan bawah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membudayakan literasi dasar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan pertimbangan beberapa kajian maka dilakukan pengembangan budaya literasi melalui penajaman kompetensi dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 yang direvisi. Kompetensi dasar yang secara khusus dimaksudkan untuk pengembangan budaya literasi terdapat 28 Kompetensi Dasar yang masing-masing 14 kompetensi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs dan SMA/MA. Pengembangan kompetensi literasi dalam pembelajaran ini dilengkapi pula oleh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
PENGARUH METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TAJUK RENCANA Rika Hardayanti; Nurhayati Nurhayati; Zahra Alwi
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.76 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) terhadap kemampuan memahami teks tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA.1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan metode REAP dan kelas XI IPA.2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengelolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 59,34 dan tes akhir sebesar 76,11 sedangkan hasil tes awal kelas kontrol sebesar 59,39 dan tes akhir sebesar 68,36. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 16,77 pada kelas eksperimen dan sebesar 8,97 pada kelas kontrol. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa t hitung> t tabel atau 3,515 > 1,995 dengan df =69 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan metode REAP dan siswa yang diajar dengan motode konvensional dalam pembelajaran memahami teks tajuk rencana (μ1 ≠ μ2)” diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode REAP lebih berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks tajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII Masayu Rochma Agustia Anwar; Subadiyono Subadiyono; Ali Masri
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 1 (2017): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.242 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang siswa yang diambil dengan teknik sampel bertujuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa kelas eksperimen dari skor pretes sebesar 61,38 meningkat menjadi 71,85. Ratarata skor pretes kelas kontrol adalah 61,21, sedangkan rata-rata postes adalah 65,05. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan saintifik mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan pendekatan konvensional jika diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII.