cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 20852487     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The empirical research includes studies on the implementation of Islamic education in educational Islamic institution while theoretical study covers historical studies, expert finding and Islamic education content analysis from al-qur’an and hadist.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam" : 15 Documents clear
TAKTIK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SOSIAL SISWA Jumadi; Aries Musnandar
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.297

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter, taktik dalam membentuk kecerdasan sosial berbasis Value Clarification Technique, dan bentuk pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Value Clarification Technique dalam upaya membentuk kecerdasan sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Malang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian data dan kajian teori dari para ahli pendidikan karakter, ditemukan program pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter, taktik dalam membentuk kecerdasan sosial berbasis Value Clarification Technique, dan bentuk pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Value Clarification Technique dalam upaya membentuk kecerdasan sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Malang. Kesimpulannya pertama pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Malang adalah pembelajaran terintegrasi nilai karakter, ekstrakurikuler; pembiasaan, dan keteladanan, kedua taktik yang digunakan untuk membentuk kecerdasan sosial siswa dalam program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Value Clarification Technique adalah mengintegrasikan nilai karakter dalam kurikulum. Ketiga bentuk pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Value Clarification Technique dalam upaya membentuk kecerdasan sosial adalah kegiatan pembelajaran terintegrasi nilai karakter, pembiasaan, dan mengoptimalkan Bimbingan dan Konseling.
PENERAPAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN Devy Habibi Muhammad; Reza Hilmy Luayyin; Ummul Karimah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300

Abstract

Tujuan penelitian ini agar anak-anak mampu menunjukkan perkembangannya dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Qur’ani Sidogiri. Membaca sendiri merupakan suatu aktivitas yang sangat penting bahkan dianjurkan bagi seluruh umat islam. Dengan membaca kita akan mengetahui banyak ilmu pengetahuan ataupun berbagai macam informasi. Sama halnya dengan membaca kitab umat islam Al-Qur’an yang mana mampu membentuk langkah awal untuk mengenal dan memahami makna serta kandungan Al-Qur’an itu sendiri sehingga Al-Qur’an akan menjadi petunjuk untuk mencapai kesejahteraan umat manusia. Dalam membaca Al-Qur’an tentu harus dengan benar dan tepat, baik dari segi tajwid maupun makhrajnya. Penelitian yang dilakukan kali ini menggunakan metode PTK (Classroom Action Research). Dalam pengumpulan data penulis menerapkan beberapa teknik yaitu melakukan observasi, memberikan tes, serta dokumentasi. Setelah data yang dibutuhkan terpenuhi lalu penulis menganalisis data-data yang terkumpul. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik dan diserap dengan baik, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil prosentase ketuntasan di setiap tahapan siklusnya yaitu Pra-siklus ada 2 santri 13,3%, siklus I ada 6 santri 40%, dan siklus II ada 15 santri 99,9%.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 4 PASURUAN Ismatul Maula Ramadhani; Hastik Oktavianur Rahmawati; Fairuz Zubady Al Farizy
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.304

Abstract

Pelaksanaan desain pembelajaran di sekolah masih banyak yang tidak sama dengan materi pokok yang diberikan. Oleh sebab itu, dalam menguasai materi pokok masih rendah sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Maka guru harus menggunkan desain pembelajaran yang dapat merubah siswa menjadi aktif ketika proses pembelajaran, kemudian membimbing siswa untuk bekerja sama dengan teman sebayanya. Maka guru disini dapat menggunakan desain pembelajaran yaitu desain kooperatif Student Teams Achievement Division. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif menggunakan data yang bersumber dari guru, peserta didik serta wali murid. Pengumpulan hasil data dengan menggunakan teknik observasi berupa aplikasi zoom metting, wawancara melalui handphone dan berupa dokumentasi. Berikut adalah langkah-langkah dalam melaksanakan desain pembelajaran model kooperatif tipe STAD ini diantaranya adalah: Langkah utama. Persiapan mengenai perencanaan materi kemudian dilanjut dengan membentuk anggota. Langkah yang kedua. Tahap kegiatan inti adalah menjelaskan materi pokok pelajaran, sub tema materi, indikator pembelajaran, presentasi kelas kemudian membentuk kelompok yang setara. Langkah ketiga. Evaluasi berupa tes tulis dan lisan kemudian dijadikan dalam bentuk kuis. Langkah keempat. Pemberian punishment kepada individu dan juga kelompok dengan berdasarkan tingkatan kemampuan. Hasil data yang lain telah menunjukkan bahwa model desain pembelajaran tipe stad ini dapat mempengaruhi peningkatan pada minat belajar peserta didik.
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH MELALUI METODE DSKUSI DI MI NURUL ULUM PROBOLINGGO Farida; Lailatul Izzah; Ulil Hidayah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.307

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerpan metode diskusi mata pelajaran fiqih di MI Nurul Ulum Probolinggo. Misi pendidikan adalah menciptakan suasana belajar agar siswa selalu belajar dengan baikdan antusias. Suasana belajar yang demikain akan menciptakan kepositifan dalam belajar dengan mencapai hasil belajar yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan observasi menggunakan lembaran observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat apabila menerapkan model pembelajaran diskusi dari siklus I kesiklus II yang dilihat dari hasil belajar siswa, pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase 70%  yang merupakan nilai yang belum selesai, tetapi pada sikllus II, kinerja belajar siswa meningkat dengan tingkat kemenangan  rata-rata 80% dengan nilai penuh. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis diskusi dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas 1 MI Nurul Ulum.
PERAN PESANTREN AL-ISHLAH TAJUG DALAM MENUNJANG PEMAHAMAN KEISLAMAN SANTRI-SANTRI NUSA TENGGARA TIMUR DAN PAPUA MELALUI PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH Siti Maryam Munjiat Maryam; Abdullah Faqih; Umihani
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.311

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan peran Pesantren Al-Ishlah Tajug dalam menunjang pemahaman keislaman Santri-santrinya, menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran Fiqih Ibadah bagi santri NTT dan Papua, dan mendeskrisikan tentang kesulitan yang dihadapi dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis deskripstif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dekomentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara kepada pihak-pihak yaitu Asatidz dan Ustadazah pesantren Al-Ishlah Tajug. Hasil penelitian ini diantaranya adalah Peran pesantren Al-Ishlah Tajug dalam menunjang pemahaman santri dengan menerapkan program pembelajaran pesantren dan melakukan Implementasi nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan kepesantrenan. Pelaksanaan pembelajran fiqih ibadah dengan kitab Fathul Qorib sebagai sumber belajar dilaksanakan setiap hari rabu setelah sholat subuh, menerapkan metode ceramah, tanya jawab dan praktek dalam pembelajarannya, dan m3lakukan evaluasi setelah pembelajaran. Kesulitan yang didapati dalam prosesnya adalah Rendahnya pemahaman dasar keislaman dan sebagian muallaf, dan Perbedaan budaya dan kebiasaan.
EFEKTIVITAS IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH BOARDING firman firmansah; Desty Endrawati Subroto; Desi Kristanti; Arifin
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.312

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter pada pada sekolah boarding yaitu MA Hubulo, dimana madrasah tersebut mempunyai visi-misi terkait dengan pendidikan karakter yang diwujudkan melalui aktifitas pembelajaran baik di sekolah, kelas dan asrama sehingga menarik untuk dilakukan penelitian. Kajian ini dilaksanakan dengan memakai metode kajian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data riset diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis untuk mengetahui impelementasi pendidikan karakter yang di laksanakan di MA Hubulo. Hasil kajian memperlihatkan jika berbagai nilai karakter yang dilakukan pengembangan dengan model yang habituasi, integrasi, keteladanan serta manajamen lingkungan yang kondusif dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Kajian ini juga menunjukan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah boarding terbukti efektif di tengah-tengah kemajuan teknologi saat ini.
PENGGUNAAN DIGITAL HISTORY UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM MELAYU UNTUK MAHASISWA PRODI ILMU SEJARAH SEMESTER GANJIL Nirwan Il Yasin; Amir Syarifuddin
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan beberapa refleksi tentang praksis pembelajaran ditengah pandemic global da n wawasan sejarah digital sebagai solusi alternative yang dapat digunakan untuk mahasiswa bahkan masyarakat lokal. Metode Penelitian yang digunakan ialah Metode mix method (campuran), dengan pendekatan Kualitatif deskriptif (melalui studi pustaka dan wawancara) dan Kuantitatif (kuisioner). Pembelajaran sejarah dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Dengan demikian,masalah penelitian dirumuskan, data (terutam a dar iartikel peer-review) dikumpulkan, dikuatkan, disajikan dan dibaha ssesuai. Studi ini menemukan bahwa Covid-19 telah mengubah lans kappendidikan diseluruh dunia ,termasuk Indonesia. Mengingat kondisi pandemi yang tidak menguntungkan, banyak lembaga pendidikan mengalihkan pengajaran dan pembelajarannya keonline. Inimemberikan berbagai tantangan sekaligus peluang untuk menggunakan berbaga imedia digital baru dalam pendidikan, termasuk sejarah digital. Muncul pada akhirabad ke-20, sejarah digital memberikan peluang bagi para dosen atau pendidik sejarah untuk memanfaatkannya sebagai sumber pembelajaran sejarah, khususnya sejarah lokal. Menggunakan berbagai sumber utama yang tersedia secara online, dosen dapat merancang bahan ajar baru atau pembelajaran berbasis proyek tentang sejarah lokal.
PERAN EFIKASI DIRI SEBBAGAI MEDIASI PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA Makmur Solahudin; Heru Sujiarto; Usep Kosasih; Achmad Mudrikah; Sutaryat Trisnamansyah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.314

Abstract

Memasuki era new normal saat ini, banyak perubahan pada di sektor kehidupan termasuk di dalamnya perubahan pada sektor pendidikan. Perkembangan teknologi digital dan dampak dari pandemic covid 19 mempercepat perubahan metoda pembelajaran. Saat ini pembelajaran bisa dilakukan baik secara daring, luring maupun hybrid, sehingga proses pembelajaran dapat harus selalu bertatap muka. Kondisi ini menjadikan harapan sekaligus tantangan tersendiri bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa baik secara langsung maupun melalui efikasi diri mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan analisa jalur. Populasi adalah seluruh mahasiswa yang kuliah di Kota Depok dengan sampel sejumlah 410 mahasiswa yang diambil secara random sampling. Hasil penelitian menunjukan pengaruh langsung dukungan sosial terhadap resiliensi akademik sebesar 0,261, nilai sig. 0.000, pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi akademik sebesar 0,233, sig. 0.000, pengaruh tidak langsung dukungan sosial terhadap resiliensi akademik melaui efikasi diri sebesar 0.099, pengaruh tidak langsung 0,233 < 0,261 (pengaruh langsung). Kesimpulan dukungan sosial berpengaruh langsung positif signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa, namun efikasi diri tidak mampu memediasi berpengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi mahasiswa secara signifikan.
MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN ISLAMIC CULTURE TERHADAP PERUBAHAN SOFT SKILLS PESERTA DIDIK Muhammad Fendik; Eni Fariyatul Fahyuni
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.315

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya korelasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan  dan Islamic Culture terhadap Soft Skills pada peserta didik. Untuk meningkatkan kopetensi dan keahlian profesional peserta didik SMK dibutuhkan Praktik Kerja Lapangan (PKL).Namun pada kenyataannya kegitan PKL justru tidak sesuai dengan tujuan yang di inginkan sekolah. Dengan PKL dan Islamic Culture yang memiliki nilai karakter Soft skills islami, peserta didik bisa mengembangkan soft skills yang dimilikinya. Karena soft skills mengandung aspek karakter kerja yang didasarkan pada 4 sifat nabi muhammad SAW yaitu: Siddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Metode yaang di gunakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi dengan menyebarkan angket dengan skala likert 1 - 5. Teknik analisa data menggunakan IBM SPSS versi 28.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen Praktik Kerja Lapangan   memiliki korelasi positif terhadap Soft Skils Peserta Didik 83,7%. Islamic Culture memiliki korelasi positif terhadap Soft 64%. Sedangkan Korelasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan  dan Islamic Culture terhadap Soft Skills Peserta Didik Di SMK Al Falah Kota Probolinggo memiliki korelasi positif sebesar 86,4%.
Desain Lingkungan Belajar Berkonten Pola Asuh Pada Lembaga Pendidikan Islam Abdul Jalil; Muhammad Fahmi Hidayatullah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnalrisalah.v8i3.317

Abstract

Lembaga pendidikan Islam pada hakikatnya mengemban misi untuk membentuk generasi yang sempurna dengan kecerdasan intelektual, akhlak mulia (perilaku), dan hati yang bahagia selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Upaya mewujudkan misi tersebut memerlukan lingkungan yang mendukung pembelajaran dengan muatan parenting dengan menyesuaikan kebutuhan lembaga pendidikan dalam pembelajarannya. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah analisis kualitatif-literatur. Peneliti menggali data berdasarkan literatur yang ada dan melakukan analisis mendalam untuk mendapatkan makna tersirat dari literatur terkait inovasi lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menemukan bahwa desain lingkungan belajar dengan muatan parenting di lembaga pendidikan terdiri dari: pola asuh permisif-humanistik, pola asuh otoriter-perilaku, pola asuh demokratis-konstruktivis, dan pola asuh kognitivistik yang tidak terlibat. Keempat pola asuh tersebut dapat diterapkan pada pesantren, madrasah/sekolah, pendidikan keluarga, dan majelis ta'lim.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 3 No 1 (2106): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 3 No. 1 (2106): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2023) Vol. 8 No. 4 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol 8 No 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 7 No. 2 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol 7 No 2 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol 7 No 1 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 7 No. 1 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 6 No. 2 (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 6 No 2 (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 6 No. 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 6 No 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 5 No 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 5 No. 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 5 No. 1, March (2019): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 5 No 1, March (2019): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 2, Sept (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 2, Sept (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1, March (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 1, March (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 2 No. 1 (2015): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 2 No 1 (2015): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2014): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2014): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam More Issue