cover
Contact Name
Ali Syahbana
Contact Email
syahbanaumb@yahoo.com
Phone
+6281373340681
Journal Mail Official
jurnalindiktika.pgri@gmail.com
Editorial Address
Mathematics Education Department, Universitas PGRI Palembang Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang, Indonesia 30251
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
ISSN : 26552752     EISSN : 26552345     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/indiktika
Core Subject : Education,
Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another journal.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN LKS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA GRAFIS Dewi Sarina Putri; Selvi Riwayati
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis berbasis Inkuiri Terbimbing berbantu media grafis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (four D) yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap pendesiminasian (Disseminate). Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 03 Kaur pada semester genap 2019/2020. Proses pengembangan LKS melalui 4 kali proses uji para ahli sampai dinilai memenuhi kriteria valid. Selanjutnya diujicoba terbatas kepada 6 siswa dan diperoleh kriteria praktis. Hasilnya diperoleh LKS yang valid dan praktis berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Prisma dan Limas kelas VIII SMP.
ETNOMATEMATIKA HADRAH AL-BANJARI SEBAGAI BASIS MASALAH OPEN-ENDED Rido Dwi Setiyawan; Rachmaniah Mirza Hariastuti
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5559

Abstract

Open-Ended merupakan suatu bentuk masalah yang diformulasikan dengan lebih dari satu penyelesaian. Pemberian masalah Open-Ended, khususnya pada mata pelajaran matematika di sekolah dipandang perlu dilakukan. Hal ini  dikarenakan masih terdapat siswa yang belum mampu mengkoneksikan konsep-konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan budaya. Etnomatematika merupakan matematika yang dipraktikkan dalam kelompok budaya yang diidentifikasi sebagai masyarakat nasional, suku, kelompok buruh, anak-anak dari kelompok usia tertentu serta kelas profesional. Hadrah Al-Banjari adalah salah satu budaya yang berkembang di Banyuwangi. Budaya ini memuat beragam konsep matematika yang menarik untuk dijadikan basis penyusunan masalah Open-Ended. Keliling dan luas lingkaran merupakan konsep matematika dalam Hadrah Al-Banjari yang dapat diaplikasikan pada masalah Open-Ended. Masalah ini diujikan pada tiga orang siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga subyek mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dari soal, membuat dan menyusun model matematika dari masalah yang diberikan dengan satu ide atau gagasan, menyusun minimal tiga strategi atau pendekatan untuk menyelesaikan masalah, dan menjelaskan hasil penyelesaian masalah sesuai permasalahan awal dengan kalimat sendiri.
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PERSAMAAN DIFERENSIAL Yunika Lestaria Ningsih; Putri Fitriasari
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5517

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa pendidikan matematika tentang penggunaan media video pembelajaran pada mata kuliah Persamaan Diferensial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 41 orang mahasiswa kelas 6A program studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang tahun akademik 2019/2020. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket. Angket yang digunakan peneliti mengikuti skala likert 4, karena itu setiap pernyataan mempunyai 4 pilihan, dengan skor tertinggi 4 dan terendah 1. Data dianalisis dengan bantuan program komputer Ms. Excel. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendapatkan frekuensi, persentase, dan rata-rata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan video pembelajaran pada mata kuliah Persamaan Diferensial adalah sangat positif. Video pembelajaran dapat membantu mahasiswa dalam belajar materi Persamaan Diferensial
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KELAS VII SMP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIMPUNAN Muhamad Akbar Maharati; Drajat Friansah; Lucy Asri Purwasi
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.4927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan dan untuk mengetahui kualitas LKS dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis meliputi (1) analisis kebutuhan; (2) analisis kompetensi dan instruksional. Tahap desain meliputi (1) penyusunan rancangan LKS; (2) membuat instrumen penelitian. Tahap pengembangan meliputi (1) pengembangan LKS; (2) validasi LKS; (3) revisi LKS; (4) ujicoba kelompok kecil. Tahap implementasi (1) ujicoba kelompok besar. Tahap evaluasi meliputi penilaian kualitas LKS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Xaverius Lubuklinggau. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKS yang dikembangkan meliputi angket ahli dan angket kepraktisan siswa. Angket ahli digunakan untuk mengukur kevalidan LKS sedangkan angket kepraktisan siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan LKS. Produk penelitian berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,08 berdasarkan penilaian tiga dosen ahli (ahli bahasa, materi dan media) dengan skor maksimal 4,00; dan (2) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 3,43 berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA Usmadi Usmadi; Sarah Ramdantini; ergusni ergusni
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5590

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 5 Padangpanjang belum berkembang secara optimal. Salah satu penyebabnya, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satunya dengan menerapkan  model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan one grup pretest-posttest design. Sampel ditarik berdasarkan teknik random sampling, sampel yang terpilih yaitu siswa kelas VII.3 SMPN 5 Padangpanjang dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui tes dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Simpulan hasil analisis data  bahwa setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat secara signifikan. Melalui uji t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG Septi Eka Wahyuni; Muslimin Tendri; Nyimas Inda Kusumawati
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5357

Abstract

Gaya belajar terdiri dari: gaya belajar Visual, gaya belajar Auditory, dan gaya belajar Kinestetik. Ketiga gaya belajar ini mempengaruhi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar diartikan sebagai hasil yang diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket yang dimuat pada google form sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya nilai raport siswa. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus regresi sederhana dibantu program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Palembang.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMAN 6 PRABUMULIH Rohana Rohana; Yusuf Hartono; Imam Adhitya Nugraha
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5443

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi matematis di SMA Negeri 6 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Prabumulih berjumlah 276 siswa yang terdiri 5 kelas XI.MIPA dan 3 XI.IPS pada tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil dengan teknik Cluster Sampling yaitu kelas XI.MIPA.3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan XI.MIPA.1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi matematis siswa Level 3. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi matematis di SMA Negeri 6 Prabumulih.
STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN Akbar Hidayat; Hussein Fattah; Nyimas Inda Kusumawati
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5356

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Sandika Sukajadi tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 249 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran Ekspositori, diperoleh nilai  10,700 dan  1,994. Sehingga  berada di daerah penolakan Ho, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Sandika Sukajadi.
KEEFEKTIFAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Nia Aulina; Andinasari Andinasari; Tika Dwi Nopriyanti
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project dengan strategi Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Pengolahan data uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test berbantuan SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project dengan strategi Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA Lukman Hakim
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v3i2.5411

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis metode penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, dan uji coba lapangan awal.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh kemdian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis metode penemuan terbimbing yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis sehingga pengembangan LKPD berbantuan multimedia efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10