cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
WIDYA LAKSANA
ISSN : 14104369     EISSN : 25496859     DOI : -
Core Subject : Education,
Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and August
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022)" : 18 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGOPERASIKAN ZOOM MEETING DAN MENGELOLA GOOGLE FORM UNTUK MENDUKUNG PROSES DAN EVALUASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR) Sukirman Sukirman; Sarwahdi Sarwahdi; Arie Setyaga Handika
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.84 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.30001

Abstract

Aktivitas belajar dari rumah (BDR) merupakan kegiatan belajar mengajar beserta evaluasinya yang dilakukan dari rumah secara daring. Untuk mendukung aktivitas tersebut dibutuhkan aplikasi pendukung, antara lain Zoom Meeting sebagi media komunikasi berbasis video secara real-time dan Google Form sebagai perangkat evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan, Surakarta, dalam mengoperasikan aplikasi Zoom Meeting dan mengelola Google Form guna mendukung proses dan evaluasi BDR. Metode yang digunakan terbagi menjadi 4 tahap yaitu analisis, formulasi permasalahan, tindakan solutif, dan evaluasi. Tindakan solutif dibuat dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari ceramah singkat, tutorial, dan praktik mandiri. Evaluasi dilakukan setelah selesai kegiatan menggunakan kuesioner online. Hasil evaluasi dari 24 guru partisipan yang terlibat menunjukkan bahwa nilai rata-rata setiap item pertanyaan kuesioner adalah sama dengan atau di atas 80%. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa peserta merasa memperoleh informasi sesuai dengan yang diharapkan untuk mendukung aktivitas BDR dan mereka merasa puas dengan kegiatan yang dilaksanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan ini berjalan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang dibuat di tahap analisis awal.
SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN DAMPAK COVID-19 DI KELURAHAN BABAT JERAWAT PAKAL KOTA SURABAYA Faridha Nurhayati; Endang Sri Wahjuni; Irma Febriyanti; Bambang Ferianto Tjahyo Kuncoro; Hamdani Hamdani; Arifah Kaharina
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.663 KB)

Abstract

AbstrakProgram pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan meningkatkan kepedulian dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dampak akibat covid-19 di Kota Surabaya, melalui penyuluhan terkait bagaimana upaya pencegahan covid-19 di lingkungan keluarga dan pembagian sembako kepada warga Babat Jerawat Pakal Kota Surabaya. Keberlanjutan dari program ini adalah warga dapat menerapkan pola pencegahan covid-19 melalui gerakan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) serta pembagian sembako dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok. Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dilakukan di balai RW XI kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya pada warga yang terdampak Covid-19 sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa warga memberikan respon positif dan antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan.Kata Kunci: Covid-19, Penyuluhan, Sembako AbstractThis community service program aims to provide socialization and increase awareness in efforts to prevent and the impact of Covid-19 in the City of Surabaya, through counseling on how to prevent Covid-19 in the family environment and distribution of basic necessities to residents of Babat Jerawat village Pakal district, Surabaya city. The continuity of this program is that residents can apply the pattern of prevention of Covid-19 through the 3M movement (wearing masks, washing hands and keeping their distance) and the distribution of groceries can help meet basic needs. The community service program was carried out at the RW XI hall of the Babat Jerawat Village, Pakal District, Surabaya for 60 people affected by Covid-19. Based on the results of the activity, it can be concluded that the residents responded positively and were enthusiastic about the activities carried out
Pelatihan English for Business dan Kearsipan Bagi Lulusan SMA/K Anak Bina Yayasan Bulir Padi Syarief Darmoyo; Rakhdiny Sustaningrum
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.046 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.30495

Abstract

Untuk mensukseskan Program Vokasi Pemerintah Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FEB UAJ)dan Yayasan Bulir Padi berinisiatif untuk menyelenggarakan pelatihan vokasi bagi lulusan SMA/K. Peserta pelatihan berjumlah 9 orang dan dilaksanakan di FEB Unika Atma Jaya pada 26 dan 27 Juni 2019. Pelatihan difasilitasi oleh dosen-dosen FEB Unika Atma Jaya dengan menggunakan metode diskusi, bermain peran, menonton film, dan praktek. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi, fasilitator, penyelenggaraan, dan fasilitas pelatihan mendapat penilaian yang baik dari peserta. Selain itu, hasil observasi dan wawancara dengan peserta menunjukkan bahwa mereka sangat antusias dan aktif dalam proses pembelajaran dan menyatakan bahwa pelatihan memberi wawasan/ilmu pengetahuan yang sangat berguna untuk para calon pencari kerja.Kata kunci: bahasa inggris,kearsipan, pelatihan vokas
PKM SEKOLAH BERBASIS KESEHATAN DAN LINGKUNGAN DI SD NEGERI 5 SINGAKERTA UBUD GIANYAR BALI Ni Kadek Dwipayani Lestari; Nyoman Ngurah Adisanjaya; I Wayan Rosiana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.614 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.32438

Abstract

The health and environment program is a program that focuses on the school's commitment to preventing disease during a pandemic and maintaining cleanliness and preserving the environment. This program is in line with the government's goals to jointly protect the environment amid the Covid-19 pandemic. The choice of primary school is not only because basic education is accepted here, it is also possible to instill environmental awareness as early as possible in school children to care more about the surrounding environment and instill the importance of health protocols. Singakerta 5 State Elementary School is located on Jalan Raya Br. Tunon No. 4 Singakerta Ubud Gianyar Bali, where this school has been accredited A. The number of male students is 52 students and 54 girls and has 9 teachers. This school is led by I Wayan Metro as the Principal of the School. From the results of field observations, 3 main problems were obtained, namely 1) Environmental Health in particular how to provide knowledge about personal health for elementary school children, prevention of viruses and bacteria and provision of adequate health facilities, 2) Problems in the field of Information Technology (Computer), in accordance with the circular of the Governor of Bali to hold E-Learning in their respective homes during school holidays, so that knowledge and training are needed for teachers and students about the system, 3) Problems in the field of Biology, according to the objectives of environment-based schools, are appropriate training and assistance, especially in the field of Biology. Activities in the field of Environmental Health include the provision of health protocol facilities, assistance in the management of health protocols, procurement of garbage bins, assistance for sorting waste and composting. And in the field of information technology, namely assistance in the use of E-learning such as Google meet and Google classroom. Meanwhile, in the field of Biology, training and assistance in the maintenance and cultivation of plant nurseries will be conducted. Each activity is measured the level of progress of its success by conducting tests both before and after the activity, monitoring and evaluating scheduled.
PKM PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PANDAN WANGI DI DESA CEPAKA, KEDIRI, TABANAN Anak Agung Ayu Putri Permatasari; Ni Kadek Yunita Sari; I Made Endra Puniawan
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.681 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.32530

Abstract

Tanaman  pandan wangi tumbuh subur di negara beriklim tropis, yang biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bahan masakan untuk membuatnya wangi dan enak. Daun pandan wangi mengandung zat alkaloida, polifenol, flavonoida, tannin, saponin dan juga zat warna alami. Senyawa tersebut dapat berperan sebagai anti bakteri, mengontrol kadar gula darah, mencegah kanker, mengatasi masalah gigi dan gusi, mengatasi kram, mengurangi rambut rontok dan masalah sakit kepala.. Salah satu perkebunan pandan wangi  yang terdapat  di Bali yaitu UD. Melonila, yang terletak di Jalan Raya Munggu Desa Cepaka, Tabanan Bali. Hasil perkebunan pandan wangi biasanya dipasarkan ke pasar tradisional. Setelah dipanen tanaman ini harus segera didistribusikan agar tetap segar.  Sedangkan tanaman yang  merupakan sisa hasil panen memiliki kualitas yang hampir sama, tumbuh dengan cepat akan tetapi  tidak mudah untuk dipasarkan. Oleh karena itu banyaknya hasil panen dari tanaman pandan wangi ini yang selalu tumbuh dengan cepat dan mudah  menjadi permasalahan yang dialami oleh mitra, sehingga mitra ingin berinovasi mengembangkan produk dari  limbah tanaman kemangi menjadi desinfektan alami. Oleh karena itu dilakukan pengembangan terhadap produk dengan menentukan merk dagang dan desain kemasan serta pemasaran produk yang dilakukan melalui sosial media. Berdasarkan hasil PKM didapatkan bahwa kelompok tani mengalami rata-rata peningkatan pengetahuan mengenai pemanfaatan limbah pandan wangi sebesar 83%. Kata Kunci : Desa Cepaka,  desinfektan alami, inovasi, pemasaran
PEMBERDAYAAN DESA ADAT DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA UNTUK MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN EKONOMI INKLUSIF KOMUNITAS KRAMA Ni Ketut Sari Adnyani; Ni Komang Febrinayanti Dantes
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.145 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.33827

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaturan pengelolaan pariwisata dan penyerapan tenaga kerja lokal dengan pemberdayaan desa adat dalam pembangunan pariwisata di Provinsi Bali. Jenis program PKM hukum normatif, yaitu program PKM hukum yang didasarkan pada bahan hukum primer dan sekunder. Pendekatan program PKM ini menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan filosofis dan pendekatan sejarah. Teknik analisa bahan hukum menggunakan teknik hermeneutika hukum. Hasil program PKM menunjukkan bahwa urgensi pengaturan penyerapan tenaga kerja lokal dari krama desa adat mencerminkan upaya perwujudan pertumbuhan ekonomi inklusif bagi komunitas krama desa adat di Provinsi Bali.Pemberdayaan desa adat tidak memberi tekanan pada pengusaha pariwisata dalam kebijakan penerimaan tenaga kerja lokal. Kombinasi lintas sektor yang diterapkan Pemerintah Daerah Provinsi Bali menjembatani kebutuhan pertumbuhan ekonomi inklusif berupa penyediaan lapangan pekerjaan dan fasilitas pelatihan maupun pendidikan magang sebelum direkrut sebagai tenaga kerja di masing-masing daerah di Provinsi Bali. Hasil program PKM ini signifikan dengan pemberdayaan desa adat dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif komunitas krama desa adat di Provinsi Bali.
PELATIHAN DASAR PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE DAN PAINT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 UMEANYAR Gede Beny Indrawan; Gusti Ayu Gita Mulya Sari; Kadek Utari Darma Putri; Dwi Prima Handayani Putri; Luh Joni Erawati Dewi
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.649 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.34066

Abstract

AbstractThis community service (P2M) activity was carried out purposefully to provides insight into the importance of technology, enhanced basic skills of operating computers, and enhanced skills in using the fundamental computer applications, such as Paint, Microsoft Office Word dan Microsoft Office Power Point for 4th, 5th, 6th grade student from Public Elementary School 1 Umeanyar. This activities was carried out by lectures method and discussion between the student and the speaker, followed by practice using computers to test student understanding about the material that has been presented before. The results ofthis activity are student understanding of the basics computer operation and skills in using fundamental computer applications, including the use of the Microsoft Power Point application to create interactive media products and the use of Microsoft Word to create documents, which are very useful as a provision for preparing themselves for higher education levels. Keywords : Gen A, ideal conditions, training, technology
PELATIHAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA DI DESA WISATA MELER Sebastianus Menggo; Yosefina Rosdiana Su; Rizki Adiputra Taopan
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.827 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.34908

Abstract

Village tourism objects offer valuable assets that can be utilized by the village government in accelerating the welfare of the village community. The utilization of these assets cannot be separated from English communication competence. English competence has an effect on the quality of tourist services, particularly for foreign visitors. This service activity aims to improve communication skills in the English language of tourism and awareness of the essence of hospitality toward twenty-five persons in Meler village tourism. The service was carried out at the traditional house of Meler village and Meler tourist village cottage for four months (March - June 2021), once a week. The methods used to achieve this goal are lectures, question and answer, discussion, role-playing, demonstrations and personal presentation. The results show that the training participants understand the role of hospitality in tourism services and increase the fluency of communicating English in the tourism field.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF BERMUATAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR MELALUI HYBRID LEARNING Retno Winarni; St Y Slamet; Jenny IS Poerwanti; Muhammad Ismail Sriyanto; Septi Yulisetiani; Ahmad Syawaludin
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.921 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.37151

Abstract

This service activity aims to improve creative writing skills with character education for elementary school teachers through face-to-face and virtual training. The participatory method was used in this training to stimulate teachers to be active in practicing poetry writing both in theory and practice. Face-to-face meetings were held twice for theoretical training, while virtual meetings were held for practical training in writing poetry and presenting it. Based on the results of scoring the ability to write poetry in the posttest session, the classical ability in writing poetry was 84.90%, where at the pretest stage it was 70.79%. The results show that poetry writing training containing character education through a mixed face-to-face and virtual method (Hybrid Learning) is able to improve the ability of elementary school teachers in writing creative poetry types. The improvement in the poetry writing skills of the participants was seen in all aspects of writing poetry, including themes and meanings, the power of imagination, accuracy of diction, and the message.
PEMANTAPAN LITERASI MULTIMEDIA GURU-GURU SMPK SANG TIMUR DALAM PERANCANGAN MEDIA AJAR DIGITAL Daniel Ginting; Vincentius Valiandy Jiuangga
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 11 No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.361 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v11i1.38219

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMP Katolik Sang Timur, Malang. Guru-guru dari SMPK Sang Timur saat ini menghadapi kendala dalam mengelola kelas pengajaran jarak jauh. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan observasi kegiatan remote teaching dan dilanjutkan dengan workshop. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengalaman guru SMPK Sang Timur dalam mengelola kelas jarak jauh dan hasil pelatihan yang telah mereka ikuti untuk meningkatkan kemampuan mendesain media digital. Hasil pre-test dan post-test melalui analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata pre-test dan post-test. Rata-rata post-test (76,44) jauh lebih tinggi daripada pre-test (36,33). Disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui workshop ini berdampak positif dalam memantapkan pengetahuan guru SMPK Sang Timur dalam hal penyiapan media digital untuk pembelajaran jarak jauh.Kata kunci: Multimedia, digital, media, pengajaran jarak jauh, pandemi, COVID-19

Page 1 of 2 | Total Record : 18