cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 63 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 63 Documents clear
Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Swasta Silindak T.P. 2020/2021 Evania Sianturi; Haryati Ahda Nasution
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Project Based Leraning dengan model pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Swasta Silindak. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimet dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen I (VIIA) dan kelas eksperimen II (VIIB). Kedua kelas diberikan pretest, kemudian diberikan perlakuan dikelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sedangkan dikelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan maka diberikan posttest kepada kedua kelas. Hasil dari penelitian sebelum diberikan perlakuan maka kemampuan kedua kelas sama yaitu thitung< ttabel yaitu 1,43< 1,877 sedangkan setelah diberikan perlakuan maka thitung >ttabel yaitu 2,091> 1,877. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diaajr menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Problem Based Instruction untuk mempermudah dalam memahami konsep materi pelajaran. Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Instruction dan pemahaman konsep.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIMTs AL-IKHLASIYAH SEI BULUH T.P. 2020/2021 Fauziah Fauziah; Desniarti Desniarti
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Dskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII 1 MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling dari nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 siswa yang termasuk dalam kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang dan  rendah.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 2 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mencapai 3 indikator kemampuan komunikasi matematis, 2 siswa dengan  kemampuan komunikasi matematis sedang mampu mencapai 2 indikator kemampuan komunikasi mateatis dan 2 orang siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah mampu mencapai 1 indikator kemampuan komunikasi matematis saja. Dari ke-6 siwa, 3 siswa memiliki minat belajar yang tinggi dengan perolehan persentase minat belajar 75% < Pm ≤ 100%, dan 3 siswa memiliki minat belajar Cukup dengan perolehan persentase minat belajar 50% < Pm ≤ 75%.Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Mateatis, Model Reciprocal Teaching, Minat Belajar.
ANALISI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SIWA SMP PADA MATERI BILANGAN BULAT Ira Fitria Rahayu; Indrie Noor Aini
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Majalaya Karawang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes uraian pada materi bilangan bulat untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum terpenuhi, bahkan tergolong rendah yaitu sebesar 40,83. Hal tersebut diperoleh dari  36 siswa yang mengerjakan tes, hanya  8 orang siswa yang termasuk kedalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 22,22%, kemudian 10 orang siswa pada kategori sedang dengan persentase sebesar 50%, dan 6 orang siswa termasuk kedalam kategori rendah dengan persentase sebesar 27,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah. Kata-kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat, Kemampuan Matematis
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS POKOK BAHASAN KECEPATAN JARAK DAN WAKTU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA Fyrda Jamiatul Hasanah; Ramlah Ramlah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada materi kecepatan, jarak, dan waktu dengan ditinjau dari kemampuan awal siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 3 orang dan berada di Desa Pasirtalaga II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu satu buah tes uraian dan wawancara dengan materi jarak, waktu, dan kecepatan. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data nilai kemampuan pemecahan masalah sedangkan data kualitatif berupa hasil wawancara yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal siswa. Analisis data dalam penelitian ini memiliki tiga tahapan, yaitu: 1) tahap perencanaan, pada tahap ini peneliti membuat sebuah instrument tes pemecahan masalah matematis dengan meliputi kisi-kisi, dan juga wawancara; 2) tahap pelaksanaan, pada tahap ini siswa diberikan sebuah test pemecahan masalah matematis, setelah itu dilanjutkan dengan wawancara mengenai soal yang diberikan.; 3) tahap evaluasi, pada tahap ini peneliti mengolah data yang telah diperolah ketika penelitian itu, lalu peneliti menyusun hasil dalam bentuk laporan dan mengevaluasi soal tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan  memahami dan tidak mengetahui rumus dalam sebuah soal kemampuan pemecahan masalah dengan materi keceptan, jarak, dan waktu untuk kelas V SD. Siswa juga tidak mengetahui prasyarat materi soal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis masih sangat rendah, begitu pula untuk kemampuan awal siswa juga masih sangat rendah. Kata-kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal, Kecepatan Jarak dan Waktu.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATEMATIKA Eka Putri Melania; Lessa Roesdiana; Haerudin Haerudin
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami efektivitas memanfaatkan media online di era pandemi covid-19 pada matematika, penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif deskriptif yang terfokus pada media online pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah 153 orang  mahasiswa, pelajar SD, SMP, SMA dan SMK di wilayah pulau Jawa pada matematika khususnya terhadap mahasiswa pendidikan matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Menggunakan metode survey dengan tetap memperhatikan homogenitas. Untuk instrumen yang dibagikan kepada responden mengenakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data yang diperoleh jika pembelajaran matematika dalam memanfaatkan media online sebagai sarana sangat efektif (7%), paling besar respoden memilih efektif dengan nilai (75%), sebagian dari mereka menilai kurang efektif senilai (9%) dan beberapa lainnya menilai cukup efektif (9%) cara meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara sebagai berikut: (1) Ketika membagikan bahas ajar sebaiknya lebih diringkas ; (2) Memperkecil ukuran video ketika membagikannya pada aplikasi chatting atau youtobe untuk menghemat kuota; (3) Menggunakan kreatifitas seperti animasi dan bahasa yang mudah dimengerti pelajar atau mahasiswa; (4) Membagikan bahan ajar sebelum memulai aktivitas pembelajaran; (5) Menyebarkan soal kepada seluruh siswa dalam bentuk berbeda tiap orangnya; (6) Ketika mengerjakan harus diberikan cara penyelesaiannya tentang hasil yang didapat; (8) Tepat waktu ; (9) Memberikan pesan singkat jika ada tugas dihari sebelumnya; (10) Menurunkan tugas pelajar atau mahasiswa. Kata-kata kunci: Media online, Pembelajaran dalam jaringan, Pandemi covid nineteen
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL Anita Anita; Ramlah Ramlah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan kemampuan awal siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VIII di kabupaten Bekasi yang telah dipilih secara purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jawaban siswa yang merujuk pada keenam indikator kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Facione dan melakukan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu inference, sedangkan siswa 2 dan 3 mampu memenuhi empat indikator yaitu interpretation, analysis, evaluation, dan inference. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang menunjukkan bahwa ketiga siswa memiliki kemampuan awal yang rendah. Kata-kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan awal, SPLDV.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Adinda Mulya Rizkiana; Attin Warmi
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal-soal matematika. Seperti halnya pada materi persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah materi yang memerlukan penyelesaian cukup tinggi karena terdapat beberapa cara dalam proses penyelesaian soal-soal terutama guna menentukan dan menemukan nilai variabel yang dicari. Sehingga pada setiap materi tersebut siswa diharapkan benar-benar menguasai konsep yang diberikan. Konsep yang telah dipelajari akan berguna untuk mempelajari materi selanjutnya. Maka dari itu, peneliti dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII-F di SMPN 1 Rawamerta. Rata – rata nilai total yang diperoleh dari siswa dikelas yang berkemampuan rendah 20 siswa, berkemampuan sedang 6 siswa kemampuan tinggi 5 siswa, dan kemampuan sangat tinggi 5 siswa. Kata-kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Linear Satu Variabel 
PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BENTUK KUE TRADISIONAL KHAS SUMATERA UTARA Marta Rohana Tampubolon; Nurdalilah Nurdalilah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep geometri siswa dengan menggunakan model project based learning berbasis etnomatematika pada bentuk kue tradisional khas Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek sebanyak 25 siswa dari kelas VIII C MTs Al-Washliyah Gedung Johor Medan tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi yang dilakukan pada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 88% dari 25 siswa yang mendapatkan nilai pemahaman konsep sudah tergolong sangat baik dan dapat dikatakan bahwa dalam proses pembelajaran pada materi geometri sudah tergolong memahami dengan jelas dan efektif, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses dan objek; (2) Siswa yang memiliki kemampuan baik sebanyak 12% sudah memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap proses. Namun, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap objek.Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Geometri, Etnomatematika, Project Based Learning
Analisis Kesulitan Belajar Dalam Masalah Kecemasan Pada Pembelajaran Matematika Fiqie Nur Azizah; Haerudin Haerudin
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII angkatan 2019/2020 di SMPN 2 Karawang Timur yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara untuk mengetahui tingkat kecemasan pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam masalah kecemasan pada pembelajaran matematika yaitu kurang menguasai konsep-konsep matematika sebelumnya, cara pembelajaran matematika yang monoton, kurangnya perhatian guru kepada peserta didik, kurangnya perhatian orang tua dan ketakutan, ketegangan serta kecemasan yang berlebihan.Kata-kata kunci: Kesulitan Belajar, Kecemasan Pembelajaran Matematika
PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA MTs SWASTA ASTHOFFAINA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Adlin Nur Batu Bara; Suwarno Ariswoyo
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah assosiatif dengan metode kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII MTs swasta asthoffaina dengan jumlah sampel sebanyak 17 siswa. Hasil analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan  = 11,477 + 0,546 X untuk pengaruh minat terhadap hasil belajar sedangkan persamaan untuk pengaruh motivasi terhadap hasil belajar yaitu  = 8,787 + 0,589 X. Hasil output analisis menunjukkan nilai korelasi antara minat terhadap hasil belajar yaitu 0,647. Koefisien determinasinya sebesar 41,9 % dan nilai signifikannya 0,005< 0,05. Sedangkan nilai korelasi motivasi terhadap hasil belajar 0,741, koefisien determinasinya 54,9 % , dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda menghasilkan persamaan  = 8,586 + 0,019 X1 + 0,573 X2. Korelasi antara minat dan motivasi terhadap hasil belajar yaitu 0,741. Koefisien determinasinnya 54,9 % dan nilai signifikannya 0,004 < 0,05. Dari hasil proses analisis, semua hipotesis diterima sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021. Kata-kata kunci: Minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar.