cover
Contact Name
Marisi Butarbutar
Contact Email
stiesultanagungps@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
stiesultanagungps@gmail.com
Editorial Address
Jalan Surabaya No.19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan
ISSN : 23384328     EISSN : 26862646     DOI : 10.37403
Core Subject : Economy,
Jurnal ini merupakan jurnal manajemen karya ilmiah seleksi terbaik dan layak untuk dimuat yang dikelola oleh TIM STIE Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal terbit secara berkala pada bulan Juni dan Desember. Semoga Jurnal ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberi wawasan serta pemahaman baru bagi para pembaca, khususnya yang berhubungan dengan Akuntansi dan Manajemen.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI GAYA KEPEMIMPINAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT SIRINGO RINGO Asnaida Nasution; Sumitro Sarkum; Eva Fitria
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.343

Abstract

PT Siringo-Ringo untuk mencapai tujuan perusahaan, membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bersinergi diantara sesama karyawan. Tujuan penelitian ini menganalisis pengarug budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kohesivitas kelompok dan kepuasan kerja karyawan. Pendekatan menggunakan teknik kuantitatif, data dianalisis dengan bantuan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil analisis SPSS membuktikan bahwa menerapkan budaya organisasi dan kepemimpinan yang baik serta berkomitmen dalam organisasi dapat meningkatkan kohesivitas kelompok sehingga juga meningkatkan kepuasan kerja. Serta berperan penting karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap kohesivitas kelompok sehingga perannya akan mempengaruhi terciptanya kepuasan kerja karyawan. Selain itu, kohesivitas kelompok juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan
PENGARUH FASILITAS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI PEMEDIASI PADA PUBLIK KOPI PEMATANGSIANTAR Andy Wijaya; Hengki Mangiring Parulian Simarmata; Erbin Chandra; Muhammad Imam Fahri; Sisca Sisca
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.356

Abstract

Dewasa ini, bisnis kuliner sudah sangat menjamur di mana-mana. Di Kota Pematangsiantar sendiri terdapat ratusan tempat kuliner dengan berbagai variasi jenis makanan yang dapat dipilih oleh konsumen, seperti rumah makan, cafe, dan coffe shop. Bisnis coffe shop dinilai tidak hanya menawarkan makanan dan minuman saja, tetapi juga menawarkan fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dengan harapan pengunjung akan merekomendasikan tempat ini kepada teman ataupun kerabat mereka sehingga akan meningkatkan pengunjung coffe shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas terhadap minat beli konsumen dengan word of mouth sebagai pemediasi pada Publik Kopi Pematangsiantar. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik anallisis data terdiri dari uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas terhadap minat beli konsumen dengan word of mouth sebagai pemediasi pada Publik Kopi Pematangsiantar. Saran dari hasil penelitian ini adalah pihak coffe shop sebaiknya menerapkan diskon dan promo dengan konsep yang berbeda setiap minggunya, menggunakan mesin grinder yang dapat mengurangi biaya dalam pembelian bahan kopi dan menghasilkan kualitas kopi yang jauh lebih baik, serta memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi yang lebih efektif dalam menjangkau pengunjung yang lebih luas.  Today, the culinary business has mushroomed everywhere. In Pematangsiantar City itself, there are hundreds of culinary places with various types of food that consumers can choose from, such as restaurants, cafes, and coffee shops. The coffee shop business is considered not only to offer food and drinks, but also to offer facilities that can provide comfort for visitors in the hope that visitors will recommend this place to their friends or relatives so that it will increase coffee shop visitors. This study aims to analyze the influence of facilities on consumer buying intention with word of mouth as a mediator in Publik Kopi Pematangsiantar. Data is collected by using questionnaires, interviews, and documentation. The research instrument test used is validity test and reliability test. Data analysis techniques consist of normality test, qualitative descriptive analysis, and quantitative descriptive analysis. The results of the study can be concluded that there is positive and significant influence between facilities on consumer buying interest with word of mouth as a mediator in Publik Kopi Pematangsiantar. Suggestions from the results of this study are the coffee shop should use a grinder machine that can reduce costs in purchasing coffee ingredients and produce much better quality coffee, apply discounts and promos with a different concept every week, and use social media as a better promotional platform. effective in reaching a wider audience.
PENGARUH WORK ENVIRONMENT LEADERSHIP STYLE DAN ORGANIZATION CULTURE WORK DISCIPLINE TERHADAP JOB SATISFACTION DAN PERFORMANCE Rosmalinda Rosmalinda; Sumitro Sarkum; Daslan Simanjuntak
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui apakah work environtment, leadership style, organization culture, work disipline berpengaruh terhadap job satisfaction dan performance di Dinas pendidikan labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 96  kuisioner yang valid. Metode analisis statistik yang digunakan adalah SPSS. hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa work environment berpengaruh negatif namun signifikan terhadap job satisfaction dan berpengaruh positif signifikan terhadap performance, adanya pengaruh leadership style, organization culture dan work disipline terhadap performance, dan adanya pengaruh positif signifikan job satifaction terhadap performance
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SMA SWASTA TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR Darwin Lie; Efendi Efendi; Andy Wijaya; Julyanthry Julyanthry; Dinar Sahara Arrada
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.357

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan komitmen sebagai variabel intervening pada SMA Swasta Tamansiswa Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari guru tetap yang berjumlah 34 orang dan seluruhnya dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Kepemimpinan kepala sekolah sudah baik, komitmen sudah tinggi dan kepuasan kerja guru sudah puas; 2. Terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan kepala terhadap komitmen dibuktikan dengan hasil regresi Z = 5,700 + 0,485X dan terdapat pengaruh yang positif antara komitmen terhadap kepuasan kerja guru dibuktikan dengan hasil regresi Ŷ = 16,985 + 0,877Z.  3. Terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen dibuktikan dengan nilai r = 0,699 dan nilai determinasi sebesar 48,8%. Hubungan yang kuat dan positif antara komitmen dengan kepuasan kerja guru dibuktikan dengan nilai r = 0,744 dan nilai determinasi sebesar 55,4%. 4. Hasil uji hipotesis  ditolak, artinya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen dengan hasil  = 5,527 ˃  dan taraf signifikan 0,000 ˂ 0,05. Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru hasil  = 6,306 ˃  dan taraf signifikan 0,000 ˂ 0,05. This study aims to determine the influence of the principal’s leadership on teacher’s job satisfaction with commitment as intervening variable at SMA Tamansiswa Pematangsiantar. The population in this study consisted is permanent teacher’s amount 34 people and all of them were used as samples. Data collection was carried out among others by questionnaires, interviews and documentation. The research instrument test used is the validity and reliability test. The data analysis technique cinsisted of normality test, qualitative descriptive and quantitative descriptive analysis. The result of the study can be concluded as follows: 1. Principal’s leadership is good, commitment is high and teacher’s job satisfaction is satisfied;2. There is a positive influence between leadership on commitment as evidenced by the regression results Z = 5,700 + 0,485X and there is a positive influence between commitmen to teacher’s job satisfaction as evidenced by the regression results Ŷ = 16,985 + 0,877Z. 3. There is a moderately high and positive relationship between the principal’s leadership and commitmen as evidenced by the value of r = 0,699 and the determination value of 48,8%. A moderately high and positive relationship between commitmen and teachers job satisfaction is evidenced by the value r = 0,744 and the determination value of 55,4%. The result of the hypothesis test  are rejected, meaning that the principal’s leadership has a positive and significant effect on commitment with the results  = 5,527 ˃  and significant level of  0,000 ˂ 0,05. Commitment has a positive and significant effect on teacher’s job satisfaction. The result of   = 6,306 ˃  and significant level of  0,000 ˂ 0,05.
DIGITAL MARKETING TO CUSTOMER VALUE AND CUSTOMER ENGAGEMENT IN REPEAT PURCHASE ON THE MARKETPLACE Desi Susanti
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.339

Abstract

Digital marketing is the use of electronic media by marketers to promote products or services to the market. With the popularity of broadband Internet and the rapid development of network technology in recent years, traditional marketing has also gradually shifted to digital marketing. Likewise, consumers have started to look and be interested and switch to the marketplace. This study examines the influence of digital marketing on the marketplace. In digital marketing activities, of course, it cannot be separated from the exchange of consumer values (customer value) and the formation of engagement (customer engagement). This research was conducted by distributing questionnaires to 200 people who made repeated purchases at the marketplace in Riau Province. The results of the observations will be analyzed using the Structural Equation Model (SEM) method. The results of the analysis using the Structural Equation Model (SEM) conclude that digital marketing has a direct influence on customer value and customer engagement in the marketplace. Customer value and customer engagement have a direct influence on repeat purchases in the marketplace. And digital marketing has an indirect influence on repeat purchases through customer value and customer engagement in the marketplace.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BUMDES SEKECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU Walmi Sholihat; Fatti Corrina
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.360

Abstract

Secara umum laporan keuangan BUMDes tidak berbeda jauh dengan laporan keuangan lembaga lainnya seperti Neraca, laporan Laba/ Rugi serta Laporan Perubahan Modal. Laporan keuangan dibutuhkan untuk mengungkap kinerja keuangan BUMDes secara keseluruhan sepanjang satu periode. Dari delapan BUMDes yang ada di Kecamatan Pasir Penyu seluruhnya belum lengkap dalam pelaporan keuangan. Metode analisis yang dilakukan dengan uji hipotesis yang melibatkan 40 orang responden yang didapat dari Perangkat Desa dan Anggota BUMDes Sekecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Setelah dilakukan Uji Hopotesis dan didapat bahwa Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Pelatihan mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan BUMDes Sekecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu.
PENGARUH KINERJA DOSEN, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU Islamuddin Islamuddin; Khairul Bahrun; Ade Tiara Yulinda; Tongam Sihol Nababan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.350

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of lecturer performance, service quality and facilities on student satisfaction at the University of Muhammadiyah Bengkulu. The type of research used in this research is descriptive quantitative method. the population in this study were students of the University of Muhammadiyah Bengkulu. The sample used in this study was 637 respondents. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique uses Multiple Linear Regression Test, and Hypothesis Testing, namely T Test and F Test. The results of this study can be concluded that the Lecturer Performance variable has a positive and significant effect on Student Satisfaction, Service Quality has a positive and significant effect on Student Satisfaction, then Facilities have an effect on Student Satisfaction, and Lecturer Performance, Service Quality and Facilities together have a positive and significant effect on Student Satisfaction at the University of Muhammadiyah Bengkulu. Keywords: Lecturer Performance, Service Quality, Facilities, and Student Satisfaction 
PENGARUH LIKUIDITAS DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP PROFITABILITAS YANG BERDAMPAK PADA NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ady Inrawan; Darwin Lie; Debi Eka Putri; Suci Indah Rukmana
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.364

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui gambaran Likuiditas, Pertumbuhan Aset, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan 2. Untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Pertumbuhan Aset terhadap Profitabilitas 3. Untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda, analisis linear sederhana koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Dari hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa likuiditas dan pertumbuhan aset berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. 2. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa likuiditas dan pertumbuhan aset berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. 3. Dari hasil uji koefisien korelasi dan determinasi bahwa terdapat hubungan yang sangat rendah antara likuiditas dan pertumbuhan aset terhadap profitabilitas, terdapat hubungan yang sedang antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan. 4. Dari hasil uji F diketahui bahwa likuiditas dan pertumbuhan aset berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. 5. Dari hasil uji t diketahui bahwa likuiditas dan pertumbuhan aset berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. The objectives of this research are: 1. To determine the description of Liquidity, Asset Growth, Profitability and Company Value 2. To determine the effect of Liquidity and Asset Growth to Profitability. 3. To determine the effect of profitability on company value. This research was conducted using qualitative descriptive analysis methods and quantitative descriptive analysis. The Objectives this research used oil and gas mining sub sector companies listed on the Indonesia. The data was collection by using the documentation method. The analysis technique used is the multiple linear regression analysis, simple linear regression analysis, the correlation coefficient, the coefficient of determination and hypothesis testing. The results of this research can be concluded as follows: 1. From the results of multiple linear regression analysis, it is known that liquidity and asset growth have a negative effect on profitability. 2. From the results of simple linear regression analysis, it is known that liquidity and asset growth have a negative effect on profitability, profitability has a positive effect on firm value. 5. From the results of the correlation coefficient test and determination that there is a very low relationship between the independent variable liquidity and asset growth on the dependent variable profitability, From the results of the correlation coefficient test, it is known that there is a moderate relationship between profitability and firm value. 7. From the results of the F test, it is known that liquidity and asset growth have no significant effect on profitability. 8. From the results of the t test, it is known that liquidity and asset growth have no significant effect on profitability, and profitability has a significant effect on firm value.
PENGARUH EKONOMI NASIONAL DISELENGGARAKAN BERDASARKAN DEMOKRASI EKONOMI DENGAN PRINSIP KEBERSAMAAN EFESIENSI BERKEADILAN BERKELANJUTAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DI DINAS KOPERASILABUHANBATU Sulaiman Juhdi Harahap; Ade Parlaungan Nasution; Abdul Halim
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.346

Abstract

Penelitian ini di Lakukan di Dinas Kabupaten Labuhanbatu dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan yang ada di Dinas Koperasi Kabupaten Labuhanbatu yang berjumlah 33 Karyawan. Metode pengumpulan data penyebaran angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwasanya adanya pengaruh ekonomi Nasional terhadap wawasan lingkungan,adanya pengaruh Demokrasi Ekonomi terhadap wawan lingkungan, dan Prinsif Kebersamaan Efesiensi berkeadilan terhadap wawasan lingkungan. Dari hasil Uji Statistik Regresi Linier Berganda diperoleh persamaan
ANALISIS KANONIK KARAKTERISTIK KONSUMEN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PEMBELIAN KEMBALI PADA MARKET PLACE TOKOPEDIA Harkim Harkim; Christ Holy S.; Audina Simanungkalit; Denny Martin Tambunan; Sofiyan Sofiyan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/sultanist.v9i2.351

Abstract

Perubahan besar yang disebabkan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan telekomnukasi telah merubah prilaku dan gaya hidup masyarakat luas dalam segala sendi-sendi kehidupan mereka. Internet menjelma menjadi media baru bagi pemasaran produk dan jasa, dan tempat transaksi jual beli secara digital dalam wadah yang bersifat virtual (maya). Sehingga jika dahulu konsumen harus mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan atau toko secara langsung untuk membeli sebuah produk atau jasa. Tujuan dalam penelitian ini adalah melakukan analisis korelasi kanonik hubungan karakteristik konsumen dan kualitas pelayanan pada market place Tokopedia dengan kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian kembali yang dilakukan pelanggan pada market place tokopedi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi kanonik untuk menggambarkan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen secara bersamaan. Analisis korelasi kanonik merupakan teknik statistika multivariat yang dikembangkan oleh Hoteling (1936), metode ini dikembangkan untuk mengidentifikasi dan mengukur tingkat keratan hubungan linier antara dua himpunan variabel, himpunan variabel dependen dan himpunan variabel independen yang diukur pada unit sampling yang sama. Variabel independen yang mempunyai hubungan paling kuat yakni yang memiliki dengan nilai muatan kanonik terbesar dengan kepuasan konsumen dan keputusan pembelian kembali adalah variabel kualitas pelayanan. Sedangkan Variabel yang memiliki kontribusi terbesar dalam kelompok variabel dependen adalah variabel kepuaasan pelanggan dengan bobot kanonik terbesar. Sedangkan  Variabel yang memiliki kontribusi paling besar dalam kelompok variabel independen adalah variabel kualitas pelayanan dengan bobot kanonik terbesar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10