cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 25 Documents clear
Pengaruh Motivasi Belajar Fisika Terhadap Hasil Belajar di SMA N 5 Kota Jambi Firdaus Firdaus; Muhammad Akbar Pisnaji; Shintya Azzahra; M. Feby Khoiru Sidqi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.417

Abstract

Motivasi belajar sangat erat kaitannya dengan hasil belajar siswa. Lemahnya motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari menurunnya nilai hasil belajar peserta didik. Jadi dapat dikatakan bahwa motivasi belajar ini sangat penting, selain itu dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika pada materi fluida statis di SMAN 5 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantittatif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 4 Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 orang. Instrument yang digunakan yaitu berupa kuisioner tentang motivasi serta soal pilihan ganda tentang materi fluida statis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu motivasi presentase 78%. Sedangkan hasil belajar pesera didik pada mata pelajaran fisika materi fluida statis berada pada kategori cukup baik dengan presentasi 82%. Berdasarkan uji regresi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi yang baik dan positif antara motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 5 Kota Jambi.
Analisis Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di MAN 1 Merangin Sri Muslimatul Husna; Lodiana Siahaan; Ulfah Saniyyah; Aldi Muhamat Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 di MAN 1 Merangin pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan secara online mulai tanggal 4 Februari sampai dengan 31 Maret 2021 pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar fisika. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI IPA 1 dan 27 siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Merangin tahun pelajaran 2020/2021, sehingga total jumlah sampel sebanyak 54 responden, sedangkan populasinya adalah seluruh siswa MAN 1 Merangin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS 23, dengan melakukan uji–f atau uji one way ANOVA. Dari hasil uji–f atau uji one way ANOVA, maka diperoleh yaitu F hitung sebesar 0,803 sedangkan F tabel sebesar 4,03 sehingga diketahui F hitung < F tabel atau 0,803 < 4,03 maka H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan rata–rata hasil motivasi belajar fisika kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Adapun nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0,374 > 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (H0) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata–rata hasil motivasi belajar fisika kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2.
Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Module Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Siti Rabiatul Hasanah; Hadma Yuliani; Nur Inayah Syar; Eka Wahyu Nengsih; Jhelang Annovasho
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahuibahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran fisikatidak meningkatkan semangat belajar siswa; 2) mengetahui kebutuhan akan bahan ajar yang disusunsehingga komunikatif dan memiliki ilustrasi gambaryang menarik; 3) mendeskripsikan kesulitan belajarsiswa; 4) Mengetahui kebutuhan pembelajaran fisikayang membuat siswa memprediksi suatu fenomenadikehidupan sehari-hari dan mengobservasi suatufenomena. Penelitian ini termasuk dalam penelitiangabungan antara quatitative research dan qualitative research. Metode pengembangan untukmengembangkan produk e-module berbasis POE menggunakan model pengembangan 3D, yang terdiri; define, design, development. dibatasi pada define.Teknikpengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancaradengan guru fisika SMA kelas XI, dan angket analisiskebutuhan untuk siswa guna mengetahui permasalahdialami siswa terkait bahan ajar dalam mempelajarifisika. Angket analisis kebutuhan siswa disebarkansecara online melaui google form kepada siswa di kelasXI SMA Negeri 5 Palangka Raya. Hasil Penelitianmenunjukkan: 1)52,9% bahan ajar yang digunakandalam pembelajaran fisika tidak meningkatkansemangat belajar siswa; 2) 94,1% siswa bahan ajar yang disusun sehingga komunikatif dan memiliki ilustrasigambar yang menarik; 3) 64,7% siswa mengalamikesulitan memahami materi teori kinetik gas denganmodel pembelajaran digunakan guru saat pembelajaran; 4) dpembelajaran fisika yang membuat siswamemprediksi suatu fenomena dikehidupan sehari-hari88,2% dan 84,2 %m engobservasi suatu fenomena.
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Platform Zoom Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Yusryanto Yusryanto; Salmawati Salmawati
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.455

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan masih banyaknya pendidik dan peserta didik yang belum memaksimalkan akses internet di era globalisasi saat ini ditambah lagi situasi dan kondisi pada masa covid-19 mengharuskan setiap orang melakukan kegiatan di rumah. Blended learning merupakan cara belajar yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh dan perbedaan pendekatan blended learning menggunakan platform zoom terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Andowia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen melalui nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA (kelas eksperimen) dan Kelas VIIB (kelas kontrol). Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor pre-test siswa kelas eksperimen 67,982% dan siswa kelas kontrol 60,526% dari skor ideal. Sedangkan rata-rata skor post-test siswa kelas eksperimen 78,947% dan rata-rata skor post-test siswa kelas kontrol 69,737% dari skor ideal. Peningkatan dari persentase rata-rata skor pre-test dan post-test digambarkan oleh persentase rata-rata skor N-gain siswa kelas eksperimen 40,752% lebih tinggi jika dibandingkan persentase rata-rata skor N-gain siswa kelas kontrol yang hanya 22,613%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan blended learning menggunakan platform zoom efektif dan berpengaruh di dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Aljabar M. Ilham; Syarifuddin Syarifuddin; Dewi Silviana
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika siswa SMP dalam menyelesaikan masalah operasi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Hu’u yang dianalisis jawabannya, yang terdiri dari 2 orang dengan 1 subjek kategori jawaban benar dan 1 subjek kategori jawaban salah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara berbasis tugas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Subjek dengan kategori jawaban benar dapat melaksanakan 4 tahap pemecahan masalah dengan sangat baik yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, memeriksa kembali. 2) Subjek dengan kategori jawaban salah sudah mampu memahami masalah dan membuat rencana, namun subjek kurang mampumelaksanakan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali.
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022 Jofi Kuswanto; Muh. Nasir; Ariyansyah Ariyansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.463

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimental dengan desain equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wera. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan materi keanekaragaman hayati. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes, , observasi, Dari hasil penelitian, model pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan Literasi Sains pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 66.79 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79.29 sedangkan model pembelajaran gaided inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar74.64, dan nilai rata-rata posttest sebesar 85.71. Hasil uji hipotesis kemampuan literasi sains ditemukan nilai sig 2-tailed 0,02. Oleh karena nilai sig < 0,05, artinya H0 ditolak H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan model gaided inquiry berpengaruh terhadap Kemampuan Literasi Sains siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Wera. Kata Kunci : gaided inquiry, Kemampuan Literasi Sains
Pengembangan Pedoman Praktikum Budidaya Ulat Grayak (Spodoptera litura ) pada Konsep Insekta Kelas X Ahmad Fadli; Siti Wardatul Jannah; Rosdiana Eka Juniyati; Hermansyah Hermansyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.466

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku pedoman praktikum budidaya ulat grayak pada konsep insekta kelas X. Dengan adanya buku panduan ini diharapkan memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari demi tercapainya proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Deseminate (penyebarluasan). Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari segi penilaian ahli media dan ahli materi yakni rata-rata 84,5 sehingga memenuhi kriteria “Baik” dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diuji cobakan dengan melalui proses perbaikan sesuai dengan masukan dan saran.
Potensi Potensi longsor gunung gumitir sebagai dampak pengalihan fungsi lahan menjadi perkebunan kopi Jamalludin Jamalludin; Sudarti Sudarti; Wachju Subchan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.469

Abstract

Tanah longsor merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, hal ini disebabkan oleh susunan tanah, kemiringan dan penahannya. Alih fungsi lahan semakin memperbesar intensitas terjadinya tanah longsor suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi longsor akibat penanaman kopi pada lereng gunung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan kajian literature. Dihasilakan bahwa tanaman kopi pada lereng gunung gumitir memiliki dampak terhadap potensi longsor di daerah tersebut.
Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Ibrahimy 3 pada Isu Pencemaran Lingkungan di Pelelangan Ikan Mimbo Nikmatin Mabsutsah; Sudarti Sudarti; Wachju Subchan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.471

Abstract

Isu lingkungan di pelelelangan ikan Mimbo perlu adanya pendekatan secara ilmiah, salah satu langkahnya adalah dengan membuat siswa melek sains yaitu kemampuan memahami isu lingkungan, mengkomunikasikan, dan mengaplikasikan konsep lingkungan kedalam dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengindentifikasi isu lingkungan dan menganalisis kemampuan literasi sains siswa pada isu lingkungan di pelelangan ikan Mimbo, Situbondo. Penelitian ini dilakukan di SMP Ibrahimy 3, Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP dengan jumlah 200 siswa. Dengan demikian kemampuan literasi sains siswa berdasarkan literasi sains memiliki presentase nilai rata-rata aspek konten (55,9%), aspek proses (54.70%), dan aspek konteks (57,4%). Apabila ditinjau secara keseluruhan dari hasil penjabaran rata-rata nilai presentase menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa masih katogori rendah.
Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi Mashelin Wulandari; Astalini Astalini; Darmaji Darmaji
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v11i2.473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar Fisika Matematika I, dimana bahan ajar ini berupa e-modul.Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa kelas reguler A angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi yang berjumlah sebanyak 35 orang mahasiswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed method). Penelitian dengan metode campuran ialah menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian kuantitatif diperoleh dari angket kebutuhan mahasiswa, dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara pada mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS v.25 dimana hasil yang diperoleh adalah 62,9% menyatakan bahwa e-modul Fisika Matematika I ini dibutuhkan. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan Miles & Huberman dimana hasil wawancara ini menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar tambahan pada perkuliahan Fisika Matematika I yang menggunakan bahasa Indonesia dan yang lebih menarik agar mahasiswa mampu memahami materi dengan mudah dan terperinci. Dengan adanya e-modul ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar secara mandiri atau tanpa bimbingan langsung dari dosen.

Page 1 of 3 | Total Record : 25