cover
Contact Name
Ahmad Yani
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
+628175784966
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok O No. 35. Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Abdi Masyarakat
ISSN : 27159108     EISSN : 27159108     DOI : -
Jurnal Abdi Masyarakat merupakan kumpulan artikel ilmiah hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat oleh semua kalangan yang bersifat ilmiah. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 2 kali setiap tahun pada bulan Juni, dan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 13 Documents clear
Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Sabun Detergent Bagi Masyarakat Desa Senyiur Kec. Keruak Lombok Timur Intan Kusuma Wardani
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.044 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.940

Abstract

Program Penerapan IPTEKS ini berjudul “Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Pencuci Piringdan Sabun Detergent bagi Masyarakat Desa Senyiur Kec.Keruak Lombok Timur.” Usaha sabun cuci piring dan sabun detergent ini termasuk satu usaha kecil, tapi memiliki potensi yang besar karena kebutuhan konsumsi akan sabun cuci piring dan sabun detergent di masyarakat cukup tinggi, di antaranya untuk keperluan rumah tangga. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra/masyarakat adalah masih banyak ibu rumah tangga yang tidak tahu melakukan kegiatan untuk menunjang penambahan perekonomian keluarga dan kurangnya pendapatan ibu rumah tangga sehingga untuk membeli sesuatu harus memilih dan memilah dengan kebutuhan keluarganya. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan berwirausaha dalam membuat sabun pencuci piring dan sabun detergent dan melatih para ibu-ibu rumah tangga di desa senyiur untuk membuat sabun pencuci piring dan sabun detergent secara mandiri atau home industri untuk keperluan rumah tangga.Adapun tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah: (a) tahap Pendekatan Persuasif/Persiapan, (b) tahap Pembinaan dan Pelatihan; materi yang akan dibekalkan kepada peserta pelatihan adalah materi pelatihan dalam bentuk teori dan video, dan (c) tahap Pelaksanaan Evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa setiap kelompok sudah dapat membuat sabun cair pencuci piring dan sabun detergent dengan benar dan pengadukannya juga sudah tepat sesuai dengan takaran waktu yang diberikan
Meningkatkan Kompetensi Pelatih Beladiri Tarung Derajat Melalui Iptek Keolahragaan Jamaludin Jamaludin; Subakti Subakti; Lalu Sapta Wijaya Kusuma
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.469 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.972

Abstract

Banyaknya minat  dan  antusias  masyarakat  terhadap  olahraga  tersebut  namun  tidak  didukung dengan  sumber  daya  yang  memadai,  diantaranya  adalah;  (1)  SDM  pelatih  masih kurang, (2) pembinaan berjenjang untuk pelatih sangat jarang diadakan, (3) pelatihan atau workshop dalam meningkatkan kompetensi pelatih masih sangat jarang, (4) model pelatihan yang monoton, (5) pengetahuan mengenai iptek keolahragaan oleh pelatih sangat minim. Berkaitan dengan permasalahan tersebut diatas kami tim pengusul menawarkan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra kedua mitra yaitu satlak Lombok Timur dengan cara workshop peningkatan sumber daya pelatih melalui penerapan IPTEK keolahragaan untuk mendapatkan hasil latihan yang berkualitas, dan diharapkan secara kuantitas akan bertambah,  baik  dari  SDM  pelatih  maupun  atlet.  Adapun  prosedur  yang  akan digunakan  untuk  melaksanakan  kegiatan  tersebut  adalah;  (1)  bekerja  sama  dengan mitra  dan  satlak  yang  ada  di  Lombok  Timur  untuk  memberikan  akses  informasi kegiatan tersebut, (2) metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut yaitu teori dan praktik di lapangan, (3) kegiatan tersebut diadakan selama 1 hari.
Kearifan Lokal Masyarakat Desa Seloto dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Di Danau Lebo Iwan Doddy Dharmawibawa
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.56 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.941

Abstract

Kearifan lokal merupakan suatu bentuk kearifan lingkungan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat disuatu tempat dan merupakan warisan nenek moyang dalam tata nilai kehidupan yang menyatu dalam bentuk religi, budaya,dan adat-istiadat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis kearifan local masyarakat Desa Seloto dalam pengelolaan sumberdayaalam d iDanau Lebo.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan Observasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di Desa Seloto ditemukan kearifan local yaitu budaya mali atau pamali, budaya mali tersebut diantaranya larangan menangkap ikan malam juam’at (No Roa Tu Bau Empa Petang Jemat), larangan menangkap ikan kecil (Bau Anu Rango Lepas Anu Ode) dan di bulan purnama (Bulan Buntar). Sementara di desa Air Suning dan Meraran memiliki kearifan local berupa kepercayaan kepada mahluk gaib penguasan perairan (Dea Bide).
Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiahpenelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Open Journal System (OJS) Pada Guru MGMP Olahraga Lombok Timur Sri Erny Muliyani; Lalu Hulfian; Isyani Isyani; Intan Primayanti; Susi Yundarwati
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.113 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.905

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik yang profesional, memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu. Guru selain memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didiknya pada jenjang pendidikan kebawah menengah, juga memiliki kewajiban untuk mengembangkan keprofesian melalui publikasi ilmiahatau publikasi inovatif.Berkaitan dengan publikasi ilmiah, banyak guru yang tidak memenuhi syarat untuk naik pangkat, hal ini disebabkan banyak guru yang masih kesulitan dan belum optimal dalam  menyusun dan mempublikasikan karya tulis ilmiah.  MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Olahraga Lombok Timur merupakan wadah bagi guru-guru di tingkat pendidikan jasmani dan kesehatan wilayah Lombok Timur dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan profesional guru melalui kegiatan diklat yang diadakan oleh mitra MGMP. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dosen IKIP Mataram sebagai mitra kegiatan MGMP hadir dalam upaya memberikan pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan langkah-langkah teknis mempublikasikannya di jurnal online atau OJS (Open Journal System), agar guru-guru Penjaskes yang tergabung dalam MGMP dapat lebih memahami dan memenuhi persyaratan untuk peningkatan profesionalitasnya
Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Program Latihan Pada Pelatih Dan Pembina Pencaksilat Kabupaten Lombok Tengah Nune Wire Panji Sakti; Supriadin Supriadin; Adi Suriatno; Sukarman Sukarman; Rusdiana Yusuf
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.623 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.950

Abstract

Latihan adalah proses penyempurnaan berolahraga melalui pendekatan ilmiah, khususnya prinsip-prinsip pendidikan, secara teratur dan terencana sehingga mempertinggi kemampuan dan kesiapan olahragawan, (Ambarukmi, et al,  2007). Latihan atau training adalah penerapan dari suatu perencanaan untuk meningkatkan kemampuan berolahraga yang berisikan materi teori dan praktek, metode, dan aturan pelaksanaan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai (Sukadiyanto dan Muluk, 2011). Sedangkan pendapat dari Chu & Myer (2013) “latihan merupakan suatu kegiatan yang sistematis dalam waktu yang panjang, ditingkatkan secara bertahap dan perorangan, yang bertujuan membentuk manusia yang berfungsi fisiologis dan psikologisnya untuk memenuhi tuntutan tugas”. Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa latihan adalah proses yang sistematis dari berlatih atau bekerja, yang dilakukan secara berulang-ulang, dengan kian hari kian bertambah jumlah beban latihannya. Pencak silat merupakan salah satu budaya asli bangsa indonesia. Dimana sangat diyakini oleh para pendekarnya dan pakar pencak silat bahwa masyarakat Melayu saat itu menciptakan dan mempergunakan ilmu beladiri ini sejak di masa prasejarah, karna pada masa itu manusia harus menghadapi alam yang keras dengan tujuan mempertahankan kelangsungan hidupnya (survive) dari berburu melawan binatang buas dan pada akhirnya manusia mengembangkan gerak-gerak beladiri. Kabupaten Lombok Barat memiliki penurunan prestasi khususnya pada cabang olahraga pencaksilat, mereka selalu ketertinggalan dalam hal prestasi atlet pencaksilat. Dilihat dari segi fisik, mereka sebenarnya bisa unggul dari atlet kota Mataram dan Sumbawa, yang selalu melihatkan progress yang begitu pesat dan hebat dalam hal prestasi. Saya sebagai akademisi melihat problem yang terjadi adalah kesalahan program latihan yang diterapkan, dan keegoisan sang pelatih yang selalu percaya program latihan yang tidak terukur.    Berdasarkan problem itulah, FPOK sebagai satu-satunya fakultas dilingkungan IKIP Mataram yang telah menunjukkan perkembangannya yang terus maju dan inovatif dalam bidang olahraga dari sejak awal berdiri hingga sekarang, sehingga saya selaku akademisi yang lahir di  Kabupaten Lombok Tengah, yang prihatin dalam hal perkembangan pencaksilat di Kabupaten kelahiran saya tersebut. Ingin memberikan perhatian lebih dalam memberikan program latihan yang tepat dan terukur terhadap pelatih dan pembina sesuai cabang olahraga pencaksilat di Kabupaten Lombok Tengah.
PELATIHAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA “STEPS AND ELICITE” UNTUK GURU BAHASA SD DAN TK IT YAYASAN PENDIDIKAN ARRAHMAN KEC. GERUNG, LOMBOK BARAT Ira Rahman; Arif Rahman; I Ketut Warta
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.15 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.910

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa, diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, maupun inovasi metode pembelajaran, selain pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan inovatif yang mendorong siswa dapat mencapai hasil belajar secara optimal baik di dalam belajar mandiri maupun didalam pembelajaran di kelas. Agar pembelajaran lebih optimal dan sesui dengan karakteristik siswa, maka diperlukan sebuah metodologi pembelajaran bahasa yang efektif dan selektif sesuai karakteristikdan situasi pesertadidik Dewasa ini, pengajaran bahasa khususnya bahasa Inggris dan Arab dengan menggunakan metode dalam pembelajaran masih belum optimal, kebanyakan guru menggunakan metode dan pendekatan masing-masing yang tidak terukur. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan mereka dalam memahami metode dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa. Untuk mencari alternatif solusi pemecahan masalah di atas, maka diadakan pelatihan metodologi steps dan elicits dalam pembelajaran bahasa. Dengan tujuan memberi pemahaman kepada guru-guru penggunaan metode efektif dalam pembelajaran bahasa, serta melatih guru-guru agar dapat mendesain bahan ajar yang sesui dengan karakteristik metode stepsdan elicite agar dapatmemaksimalkan kompetensi anak didik. Khalayak sasaran dari pengabdian ini adalah guru-guru SD dan TK, khususnya guru bahasa Yayasan Arrahman. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada tanggal 7 Juli dan 3 Agustus 2019 yang bertempat di Ggedung sekolah Yayasn Arrahman Gerung Lombok Barat. Dari hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah meningkatkan pemahaman guru-guru mengenai penggunaan metode pembelajaran bahasa steps and elicite serta keterampilan guru-guru dalam mendesai bahasan ajar sesuai dengan karakteristik metode. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar, karena berbagai pendukung terutama partiipasi peserta yang cukup antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Pelatihan ini hendaknya dilakukan pada sasaran yang lebih luas dan materi yang lebih komprehensif. Dengan demikian diharapkan kelak dapat membantu guru-guru bahasa dalam menggunakan metode dan pendekatan belajar bahasa sehingga mutu pembelajaran Bahasa,serta kompetensi siswa dapat lebih meningkat
Workshop Meningkatkan Kualitas Pengasuhan dan Keterampilan Orang Tua Dalam Pengasuhan Dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak Eneng Garnika
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.794 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.939

Abstract

Orang tua merupakan guru pertama dan utama, namun tidak ada sekolahan khusus untuk menjadi orang tua. Orang tua harus mau dan terus belajar untuk menerapkan pola asuh yang positif pada anak, sehingga dapat membentuk karakter positif masa selanjutnya. Ilmu pengasuhan dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti: seminar, workshop, pelatihan, buku-buku bacaan tentang pola asuh dan media lainnya. Pada dasarnya ada enam pilar penting dalam pengasuhan anak, antara lain: kemitraan/kerjasama ayah dan ibu, 4B (belailah, bicaralah, bermain dan berpikir), kesepakatan orang tua dan anak, memahami emosi anak, gaya bahasa positif, pola asuh tanpa hukuman. Pola pikir para ayah masa kini sudah mulai bergeser dan berannggapan bahwa mencari nafkah bukan tugas satu-satunya. Peran ayah dalam mendidik dan mengasuh anak sangat besar, keterlibatan ayah dalam mengasuh anak sangat penting dan dapat memberikan konstribusi positif bagi anak dalam kehidupan selanjutnya. Beberapa hal yang akan dimiliki anak saat ayah ikut andil dalam mengasuh anak, antara lain: lebih percaya diri, lebih pintar, berani mengambil resiko, pandai bergaul, lebih disiplin, berani mencoba hal baru, lebih toleran dan pengertian, lebih aktif, lebih kreatif dan lebih spontan
Pelatihan Pengolahan Nilai Dan Analisis Butir Soal Dan Hasil Belajar Berbasis Ms. Office Excel di SMP Islam Al-Azhar NW Kayangan Dahlia Rosma Indah; Hendrawani Hendrawani; Yusran Khery; Suryati Suryati; Husnul Hatimah
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.877 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.906

Abstract

Melakukan pengelolaan nilai, analisis butir soal dan hasil belajar siswa merupakan kewajiban setiap guru. Dengan begitu, guru akan dapat melakukan diagnosa masalah dalam pembelajaran, menyimpulkan tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran, dan memutuskan program tindak lanjut. Permasalahan yang ada di SMP Islam Al-Azhar NW Kayangan adalah, hanya sebagian kecil guru yang melakukan analisis butir soal dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan dokumen analisis hasil belajar yang ada. Hal tersebut disebabkan oleh sebagian besar guru menganggap anlisis butir soal dan hasil belajar sebagai kegiatan yang rumit dan memeerlukan waktu yang sangat banyak. Hampir semua guru tidak menguasai program yang dapat digunakan untuk mengolah data angka. Masalah ini dapat diatasi jika guru memiliki kemampuan mengoperasikan program Ms. Office Excel sehingga proses pengolahan nilai, anlaisis butir soal dan hasil belajar dapat dilakukan dengan lebih efisien. Kegiatan telah terselenggara dengan baik. Respon peserta kegiatan sangat baik dengan skor rata-rata penilaian total yakni 82.5
Budidaya Jamur Tiram Di Desa Darek Ali Imran; Supriadin Supriadin; Nune Wire Panji Sakti; Syahrir Syahrir
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1497.432 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.1001

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Pemilihan tempat pengabdian ini dilakukan berdasarkan potensi yang ada dan kondisi suhu serta kelembaban dilingkungan desa Darek sangat memadai dan mendukung untuk pembudidayaan jamur tiram.Selain itu, penduduk Desa tidak punya pekerjaan tetap sehingga sangat perlu untuk diberdayakan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan  untuk memberdayakan kelompok masyarakat yang tidak produktif menjadi masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Kegiatan pengabdian ini akan sangat bermanfaat begi masyarakat Desa Darek, diantaranya: (1) membantu masyarakat untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat dikembangkan secara mandiri atau kelompok sebagai sistem mata pencaharian alternatif;(2) meningkatkan perekonomian masyarakat yang mandiri melalui pembudidayaan Jamur Tiram yang bernilai ekonomi; (3) menghasilkan bahan pangan berupa jamur tiram yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat setempat maupun masyarakat lainnya. Oleh karena itu, program pengabdian ini sangat penting dilakukan. Dalam pelaksaannya, pengabdian kepada masyarakat ini akan menghasilkan luaran berupa: (1) menghasilkan bahan pangan berupa jamur tiram; dan (2) Laporan Pengabdian
PENULISAN ARTIKEL ILMIAHBERBASIS JURNAL ILMIAH BAGI GURU SMP-SMA KABUPATEN LOMBOK TENGAH Arif Rahman; I Ketut Warta; Jupri Jupri; Lalu Ari Irawan
Abdi Masyarakat Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.339 KB) | DOI: 10.36312/abdi.v1i1.911

Abstract

Kegiatan menulis ilmiah merupakan kegiatan yang membutuhkan pemahan dan dan keterampilan menulis secara akademis yangtidak dapat dipisahkan dari profesi guru dan dosen. Khususnya para Guru sebagai pendidik di sekolah tentu keharusan bagi mereka agar dpat mengembangkan profesi melalui tulisantulisan atau karya tulis ilmiah berdasarkan data dan temuan mereka di lapangan dalam aktivitas pendidikan.Namun demikian, sebagian besar mereka belum mampu atau tidak ada akses bagi guru-guru untuk menuangkanya dalam karya tulisan ilmiah berupa artikel jurnal, sehingga dapat menjadi bagian dari pengembangan profesi mereka sebagai pendidik.Berdasarkan pantauan dan hasildiskusi dengan beberapa guru SMP-SMA dan MGMP Bahasa Inggris batukliang Utara kabupaten Lombok Tengah, diketahui bahwa guru mengalami kendala dalam menulis artikel ilmiah dan kurang adanya informasi mengenai jurnal yang akan dituju. Oleh sebab itu, perlu adanya Workshop dan pendampingan lanjutan penulisan artikel ilmiah bagi guru agar bahan yang sudah ada tersebut dapat ditindaklanjuti untuk ditulis dalam format artikel ilmiah. Selain itu, juga perlu adanya informasi bagi guru tentang jurnal-jurnal yang dapat diakses untuk dapat diajukan artikel, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional.Target dari program workshop dan pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan menulis karya ilmiah bagi guru SMP-SMAKabupaten Lombok Tengah tentang jenis-jenis karya ilmiah, kaidah menulis karya ilmiah, dan menulis artikel secara profesional. Luaran dari program pendampingan ini adalah artikel ilmiah yang ditulis oleh guru SMP-SMA Kabupaten Lombok Tengah untuk diajukan ke jurnal nasional atau prosiding seminar nasional. Kegiatan ini diikuti oleh 45 orang guru yang berasal dari empat SMP dan tiga SMA negeri swasta yang berada di wilayah Kecamatan Kabupaten Lombok Tengah. Metode kegiatan yang dilaksanakan guna menyelesaikan permasalahan mitra adalah dengan pendekatan secara klasikal dan individual. Pendekatan klasikal digunakan pada kegiatan penyampaian materi secara teoritik langkah-langkah menulis artikel ilmiah. Pendekatan individual digunakan pada saat peserta pendampingan menulis artikel ilmiah yakni dengan metode workshop. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pendampingan ini, disimpulkan: (1) kemauan peserta dalam menulis artikel atau karya tulis ilmiah adalah cukup tinggi; (2) pemahaman peserta terhadap menulis artikel adalah kurang; dan (3) pemahaman peserta terhadap jenis tulisan adalah kurang. Hasil FGD menujukkan permasalahan yang dialami guru dalam menulis karya ilmiah. Permasalahan yang dialami oleh guru dalam menulis karya ilmiah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu masalah eksternal dan masalah internal.Masalah eksternal guru dalam menulis karya ilmiah adalah: (1) kurangnya informasi tentang hal-hal berkaitan dengan menulis; (2) sulitnya menemukan tempat bertanya ketika menulis; (3) keterbatasan referensi dalam menulis; dan (4) proses birokrasi (dibatasi satu jenis tulisan, seperti hasil PTK). Masalah internal guru dalam menulis karya ilmiah adalah: (1) lemahnya budaya menulis di kalangan para guru; (2) rendahnya motivasi guru untuk membuat karya tulis artikel ilmiah; (3) sebagian guru memandang proses birokrasi yang selalu mempersulit membuat mereka menyerah sebelum berusaha; dan (4) keterbatasan waktu untuk menulis

Page 1 of 2 | Total Record : 13