cover
Contact Name
Idola Perdini Putri
Contact Email
charity@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6282262130800
Journal Mail Official
charity@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
https://journals.telkomuniversity.ac.id/charity/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : 26555336     DOI : https://doi.org/10.25124/charity
Journal of Charity is one of the scientific publication journals published by the Directorate of Research and Community Service (PPM), Telkom University. The aim of Charity is to build effective communication channels between stakeholders including academics and research institutions, the business world, government and society. In addition, it also aims to promote and disseminate research results in the development of theory and practice of community service, especially in Indonesia. Charity welcomes empirical and theoretical articles that discuss the Results of Community Experience. Manuscripts suitable for publication in Charity include domains such as business strategy and policy, entrepreneurship, Financial and Accounting Studies, human resource management, marketing, organizational behavior, organizational theory, Appropriate Technology and research methods implemented through Community Service.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 11 Documents clear
Penerapan Gaya Art Deco pada Environmental Graphic Design di SMKN 15 Bandung Nisa Eka Nastiti; Novian Denny Nugraha; Olivine Alifaprilin
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3856

Abstract

Proposal pengabdian masyarakat ini merupakan usulan pengajar program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. Berawal dari potensi SMKN 15 Bandung yang memiliki bangunan bekas zaman kolonial ini cukup tinggi untuk dikembangkan serta pentingnya media informasi. Masalah yang ada yaitu belum tersedianya Environmental Graphic Design pada SMKN 15 Bandung yang informatif, karena masalah tersebut maka penulis bertujuan untuk membuatkan Environmental Graphic Design pada SMKN 15 Bandung dengan gaya art deco. Perancangan ini bertujuan memberi informasi terkait ruang dan lingkungan yang ada di sekitar sekolah serta memberikan branding yang positif pada sekolah.
CLOUD CATALOG DAN PENGINTEGRASIAN MARKET PLACE DAN SOSIAL MEDIA UNTUK MEMBANTU PENJUALAN UMKM DI ERA NEW NORMAL Retno Setyorini; Bachruddin Saleh Luturlean; Rohmat Saragih; Agus Maolana Hidayat; Pramitha Aulia; Nuslih Jamiat; Patrick Adolf Telnoni; Rennyta Yusiana; Arif Kuswanto
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3561

Abstract

Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kab. Bandung, saat ini anggota PPKM berjumlah 300 jenis usaha dan terus bertambah setiap bulannya. PPKM yang bertujuan membangun kemandirian pengusaha kecil dan menengah yang professional, kuat serta bermanfaat bagi bangsa dan Negara, tentunya memerlukan suatu sistem yang mendukung operasonal dalam memasarkan produk mereka. Cloud Catalog bertujuan untuk menghimpun data yang berkaitan dengan produk UMKM dan penjualan di masa Era New Normal yang mana dalam melakukan transaksi menerapkan aturan protocol kesehatan. Dengan semakin berkembangnya teknologi dapat membantu UMKM dalam memperluas jangkauan pasar dalam memasarkan produknya. Namun dari seluruh anggota Paguyuban Usaha Kecil Menengah Regional Kabupaten Bandung (PPKM) masih dibawah 15% yang telah memiliki website dan menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk yang hasilkan. Selebihnya masih menggunakan media konvensional seperti brosur dan pameran dalam mempromosikan produknya. Pembangunan Cloud Catalog dengan mengintegrasikan marketplace dan social media yang sudah anggota PPKM gunakan dalam memasarkan produknya diharapkan mampu mengelola penjualan produk secara terpadu sehingga dapat meningkatkan penjualan produk UMKM. Pembangunan Cloud Catalog tersebut dilaksanakan melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB). Keyword: Cloud Catalog, Media Sosial, Marketplace, UMKM
PENINGKATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN MEREK DI MEDIA DIGITAL PADA KOMUNITAS SENTRA KREASI Rennyta Yusiana; Bachruddin Saleh Luturlean; Rohmat Saragih; Retno Setyorini; Wardhani Muhamad; Ichwanul Muslim Karo Karo; Heru Nugroho; Yahya Peranginangin
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3916

Abstract

Saat ini sosial media dapat digunakan sebagai media untuk melakukan transaksi produk bisnis yang dimiliki. Media yang biasa digunakan untuk digital marketing seperti: website, sosial media, email marketing, video marketing, iklan, SEO, dan lainnya. Digital marketing bertujuan untuk menjangkau pasar lebih luas dengan media internet. Setelah terhubung dengan calon konsumen, kita dapat melakukan edukasi kepada calon konsumen sekaligus melakukan branding terkait produk atau jasa yang kita jual. Di Kabupaten Bandung terdapat suatu Komunitas UMKM yaitu Komunitas Sentra Kreasi yang beranggotakan kurang lebih dari 150 anggota aktif. Produk yang dihasilkan beraneka ragam seperti: pakaian, makanan dan kerajinan. Saat ini pemasaran dengan sosial media belum optimal, karena sulitnya anggota UMKM memahami teknologi. Hal ini menjadi hambatan Komunitas Sentra Kreasi untuk merambah pasar yang lebih luas. Karena itu diadakan workshop tentang pemasaran dengan sosial media, yang bertujuan mengoptimalisasi dan meningkatkan penjualan. Luaran lain yaitu Pembangunan dan tutorial Web Media Edukasi Digital Marketing untuk anggota komunitas agar mudah menggunakan media online sebagai sarana pemasaran, diharapkan anggota Sentra Kreasi dapat memasarkan produknya dan mampu mengelola penjualan produk secara terpadu. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan (FIT) dan Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Universitas Telkom.
Digitalisasi Pelayanan Posyandu Melalui Sistem Informasi Posyandu Berbasis Website di Posyandu Anyelir RW 09 Kelurahan Burangrang Kecamatan Lengkong Kota Bandung Tatang Mulyana; Nopendri Nopendri; Seno Adi Putra; Tien i Fabrianti Kusumasari; Hanif Fakhrurroja; Setyorini Setyorini; Didit Adytia; Widianto Soekarnen; Derry Destian
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3632

Abstract

Posyandu adalah wadah pemberdayaan masyarakat yang diprakarsai oleh masyarakat dan dikelola oleh masyarakat bersama Pemerintah Desa/Kelurahan untuk memberikan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan masyarakat. Banyaknya sistem pelaporan dari Posyandu terkadang menjadi data yang tidak dianalisa secara baik. Hal ini dikarenakan rekapitulasi dan pengumpulan datanya terkadang tidak tepat waktu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hal tersebut adalah diwujudkan melalui sistem teknologi informasi. Sistem ini, dikenal dengan istilah digitalisasi, membantu analisa dari data secara cepat sehingga petugas kesehatan dimudahkan dalam melakukan pekerjaannya. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan ini bekerjasama dengan PT Mahawangga Winaya Indonesia melakukan digitalisasi pengisian data kader posyandu dan pengumpulan data bayi dan balita. Pengabdian ini terdiri dari tiga kegiatan utama yang berurutan, yaitu pembuatan program, pengujian, dan pelatihan. Kegiatan pembuatan program dan pengujian sudah dapat dilaksanakan, namun untuk kegiatan selanjutnya, yaitu berupa kegiatan pelatihan belum dapat dilaksanakan.
GERAKAN REBRANDING DIGITAL DAN PEMBANGUNAN APLIKASI KELOLA REDESAIN KEMASAN UMKM Anak Agung Gde Agung; Robbi Hendriyanto; Agus Maolana Hidayat; Pramitha Aulia; Fauzan Aziz; Arlin Ferlina Moch. Trenggana; Nadya Novandriani Karina Moeliono; Candra Wijayangka; Arry Widodo
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3917

Abstract

Di masa pandemi, trend penjualan secara online mengalami peningkatan yang sangat pesat, diantaranya disebabkan oleh pembatasan sosial, sehingga konsumen lebih memilih metode interaksi yang tidak mengharuskan kontak fisik. Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kab.Bandung merupakan paguyuban yang menaungi UMKM di wilayah kabupaten Bandung. Dalam masa pandemi, UMKM binaan kalah bersaing dalam penjualan online yang sudah ada, karena desain produk dan branding yang kurang menarik, atau ‘kekinian’. Beberapa masalah yang berhasil diidentifikasi oleh PPKM adalah kemasan produk para anggota UMKM yang dikemas dengan biasa saja tidak memberikan ciri khas produknya sehingga kurang menarik dimata konsumen, logo dan merk produk UMKM yang minimalis dan alakadarnya juga dinilai merupakan permasalahan dalam penjualan produk.Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini bekerjasama dengan PPKM untuk membantu permasalahan dengan melakukan rebranding produk secara digital dan pembangunan aplikasi kelola redesain kemasan produk UMKM binaan PPKM.
Pembuatan UV-C-Locker untuk Sterilisasi Barang Pengunjung di RSUD Kesehatan Kerja Jabar Rini Handayani; Marlindia Ike Sari; Tedi Gunawan; Kristina Sisilia; Syahputra Syahputra; Syarifuddin Syarifuddin; Devie Ryana Suchendra; Anak Agung Gde Agung; Arry Widodo; Roni Riandi
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3564

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, kebersihan dan sterilisasi barang bawaan menjadi sorotan utama. Saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maupun pada masa new normal, setiap orang dan tempat harus terjaga kesterilannya. Setiap orang harus melakukan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan menggunakan air dan sabun maupun menggunakan hand sanitizer, dan setiap barang yang dibawa juga harus dilakukan sterilisasi. Ramainya pengunjung pada RSUD Kesehatan Kerja merupakan potensi pertumbuhan ekonomi yang positif sekaligus ancaman penyebaran virus SARS-CoV2, penyebab Covid-19. Sterilisasi barang bawaan pengunjung dan pasien diharapkan dapat menekan penyebaran virus ini sehingga aktifitas dapat tetap berlanjut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Namun, sterilisasi dengan air dan sabun atau media alcohol seperti hand sanitizer dinilai tidak praktis, terutama untuk barang berukuran besar atau barang yang tidak dapat terkena cairan, seperti dokumen. Cara ini juga tidak efisien karena membutuhkan waktu yang relatif lama dalam proses sterilisasinya. Salah satu cara sterilisasi yang efektif dan efisien adalah menggunakan sinar UV-C, yang mampu membunuh virus hingga 99% dan membutuhkan waktu yang singkat. Untuk itu, dalam kegiatan ini dibuat loker sterilisasi satu tingkat dan dua tingkat dengan menggunakan lampu UV-C.
REDESAIN GRAFIS KEMASAN PRODUK KOPI PUNTANG DENGAN KONSEP ILUSTRASI LINE-ART Wirania Swasty; Arry Mustikawan
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3919

Abstract

Puntang Coffee merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah yang menjual berbagai varian produk kopi dari daerah Gunung Puntang, Kabupaten Jawa Barat. Walau memiliki Sembilan varian produk, namun desain yang ada hanya dibedakan berdasarkan warna dan tulisan produk saja. Tujuan utama dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah merancang kemasan kopi yang beragam disesuaikan dengan varian yang berbeda-beda; disesuaikan target pasar dan berkesan premium. Pelaksanaan program PkM dilakukan berbagai tahap, di antaranya survey lapangan, dokumentasi, dan wawancara; mengaudit desain kemasan yang ada; menyusun client & creative brief, sketsa desain, asistensi dan pengembangan desain, membuat final artwork, diakhiri membuat mock-up kemasan. Dengan dilaksanakannya program Pengabdian kepada Masyarakat berupa redesain kemasan ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dan daya saing produk di pasar lokal maupun global.
Workshop Dan Pelatihan Pembuatan E-Katalog Sebagai Media Penjualan Online Dan Cloud Application Untuk Umkm Saat Wfh Covid-19 Arry Widodo; Candra Wijayangka; R. Nurafni Rubiyanti; Ade Irma Susanty; Anita Silvianita; Romat Saragih; Gita Indah Hapsari; Prajna Deshanta Ibnugraha; Mia Rosmiati
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.2991

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku bisnis terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam meningkatkan bisnis yang mereka jalani. Setiap perusahaan yang profesional harus memiliki strategi penjualan, terutama di tengah wabah Covid-19. Strategi ini dibutuhkan sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan dan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk bertahan. Untuk itu, diperlukan strategi penjualan melalui E-Katalog pada media online, serta penggunaan cloud computing sebagai pusat pengelolaan data. Penggunaan teknologi ini harus mudah dipahami oleh pihak yang berkepentingan. Selain itu juga harus relevan artinya bisa digunakan oleh pelaku bisnis UMKM. E-Katalog tersebut juga harus andal, yaitu dapat digunakan terus-menerus sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan, tidak hanya di tengah kondisi wabah. Hasil yang diharapkan adalah masyarakat sasar dapat membuat E-Katalog sederhana, sehingga mampu bertahan di tengah kondisi bisnis saat ini dan dapat meningkatkan kompetensi masyarakat di masa depan
Pelatihan Media Digital dan Workshop Design Thinking bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Koperasi Mandiri Unggulan Bandung (SIMAUNG) Rahmiati Aulia; Aria Ar Razi
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3724

Abstract

Situasi Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global termasuk di Indonesia, mampu memberikan gambaran bagaimana situasi ini memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap ketahanan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain menghadapi situasi pandemi dengan perubahan yang mendadak, permasalahan yang masih paling sering dijumpai adalah ketidaksiapan para pelaku UMKM di tengah perkembangan era digital. Padahal dengan mengembangkan produk/jasa yang ditawarkan serta memanfaatkan media digital yang bersifat daring, harapannya para pelaku UMKM mampu mempertahankan keberlangsungannya ditengah kondisi yang terjadi saat ini. Pengadaan workshop design thinking menjadi salah salah satu metode yang diharapkan mampu membuat UMKM mengembangkan produknya ditambah lagi dengan adanya pelatihan penggunaan digital media akan memperluas pasar mereka. Oleh karena itu, Pengabdian kepada Masyarakat Program studi Desain Komunikasi Visual hadir menawarkan solusi untuk menambah wawasan para pelaku UMKM dalam mengembangkan produk/jasa yang mereka tawarkan serta memudahkan mereka memanfaatkan perkembangan media dalam menghadapi persaingan di era digital.
PENDAMPINGAN KELUARGA CERDAS BERMEDIA Fitria Ayuningtyas; Yul Tito Permadhy; Rini Riyantini
Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 1 (2022): Charity-Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : PPM Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/charity.v5i1.3499

Abstract

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Teknologi digital adalah teknologi yang dilihat dari pengoperasiannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Perkembangan media digital sudah semakin pesat, dengan perkembangan penetrasi penggunaan internet yang terus meningkat dari 5 tahun terakhir. Pada masa yang akan datang, perkembangan teknologi ini dipengaruhi tiga hal, yaitu transisi digital, konvergensi jaringan, dan infrastruktur digital. Dampak gadget bagi anak-anak mempunyai dampak yang baik dan buruk, seperti layaknya mata pisau yang ada manfaatnya namun ternyata ada juga dampak buruknya. perhatian dan pengawasan dari orang tua merupakan hal yang wajib dilakukan. Kegiatan diawali dengan proses observasi kemudian melakukan perizinan ke Kepala Sekolah maupun Ketua Komite MI Raudatul Athfal. Baik Kepala Sekolah maupun Ketua Komite menyambut permohonan kami dengan sangat baik. Setelah proses perizinan selesai, maka tim pun mengajukan permohonan waktu pelaksanaan agar dapat menyiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik. Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati yaitu tanggal 7 dan 14 Februari 2018 saat anak-anak sedang melakukan pembelajaran di dalam kelas, semua ibu-ibu dari siswa yang bersekolah di MI Raudatul Athfal kami kumpulkan di Ruang Aula. Tim mulai memaparkan informasi tentang perkembangan teknologi dan informasi, penggunaan gadget yang sehat di keluarga serta dampak positif dan negatif dari gadget. Para ibu-ibu dari siswa tersebut sangat menyambut dengan baik dan memberikan banyak pertanyaan-pertanyaan yang sangat menarik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11